Lazada Menonaktifkan Toko dengan Tuduhan Tanpa Bukti

Pada tanggal 21 September 2023, tiba-tiba saya mendapat pemberitahuan bahwa akun Lazada saya dinonaktifkan dengan pelanggaran 48 poin oleh Lazada. Tuduhannya adalah “Anda telah ditemukan mengirim pesanan yang berbeda dengan yang Anda cantumkan di Halaman Produk.” Nama toko saya: Cibiuk Store.

Namun kami tidak merasa melakukan hal tersebut. Setiap pesanan yang diterima selalu dikirim sesuai dengan produk yang ada di SKU. Namun pihak Lazada menuduhkan hal tersebut, terlebih lagi tanpa bukti. Bukti dari pelanggan yang melapor atau hal lainnya yang menguatkan toko kami melakukan pengiriman pesanan tidak sesuai dengan produk yang di listing.

Saya sudah melakukan chat dengan live agent Lazada, tapi mereka tidak memberikan solusi yang tepat, malah terkesan mengulang-ulang pesan dari notifikasi Lazada tentang pelanggaran 48 poin. Padahal saya sudah tahu tentang 48 poin tersebut.

Namun tetap pihak Lazada tidak mampu memberikan alasan dan bukti bahwa saya mengirim pesanan berbeda dengan yang ada di listing, dan akhirnya diminta untuk melakukan banding. Tentu saja saya mengikuti sarannya dan melakukan banding.

Saat banding, saya juga diminta mengirimkan bukti bahwa saya mengirimkan produk yang sesuai. Tentu saja saya tidak memilikinya, karena tidak pernah mendokumentasikan setiap pesanan yang masuk. Karena tidak tahu akan mendapatkan tuduhan seperti ini dari Lazada.

Terlebih lagi, mengapa hanya kami sebagai pemilik toko yang diminta bukti saat banding? Mengapa pihak Lazada tidak juga memberikan bukti saat menuduh pemilik toko dan langsung memberikan pelanggaran 48 poin.

Tentunya setelah banding dan menunggu sampai tanggal 29 September 2023, banding tetap ditolak. Belum lagi saldo ditahan selama 90 hari. Itu sangat menyakiti pedagang kecil seperti saya.

Alisa Qurotul Munawaroh
Garut, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Lazada Menonaktifkan Toko dengan Tuduhan Tanpa Bukti

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Lazada Menonaktifkan Toko dengan Tuduhan Tanpa Bukti

oleh Alisa Qurrotul dibaca dalam: 1 menit
1