Allo Fresh Menjual Produk Kadaluwarsa

Terima kasih Media Konsumen atas dimuatnya surat keluhan saya ini.

Kejadian berawal pada tanggal 4 Oktober 2023 yang lalu, saya melakukan pesanan barang melalui aplikasi Allo Fresh, salah satunya adalah Es Krim Diamond Ogura 700 Gr untuk cucu saya yang masih balita. Saya berada di kota yang berbeda dengan lokasi pesanan barang yang berada di Kota Medan.

Beberapa hari kemudian, saya mendapatkan kiriman WhatsApp dari ibunya bahwa Es Krim tersebut sudah kedaluwarsa sejak 27 Agustus 2023. Saya benar-benar kaget, karena memang sebelumnya saya sudah sering pesan Es Krim dan beberapa produk makanan lain melalui Allo Fresh.

Karena saya yakin barang-barang Allo Fresh yang langsung diambil dari Transmart, tidak mungkin ada yang kedaluwarsa, karena sudah melalui beberapa tahapan hingga sampai ke tangan konsumen. Namun kali ini saya kecolongan.

Saya langsung mengirim email ke Allo Fresh untuk memberitahukan kejadian tersebut. Kemudian saya mendapatkan balasan bahwa pihak Allo Fresh meminta barang dalam kemasan dan kondisi utuh karena mungkin prosedur atau ketidakpercayaan akan hal tersebut. Lalu saya membalas dengan memberitahukan bahwa kondisi Es Krim sudah dimakan, tetapi saya kembali mendapat jawaban yang sama.

Setelah 2 hari kemudian, saya tiba-tiba mendapatkan email lagi dari Allo Fresh yang memberikan saya voucher potongan harga 20% maksimal Rp30.000 (tiga puluh ribu rupiah) dengan berbelanja Rp150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah). Serta “pengakuan secara tidak langsung” telah menjual Es Krim yang kedaluwarsa.

Di sini saya sedikit geram, tetapi juga lucu. Mereka memberikan voucher, tetapi juga meminta untuk berbelanja dengan nominal tertentu yang harganya berkali-kali lipat dari harga Es Krim tersebut, tanpa memikirkan efek samping memakan Es Krim yang sudah kedaluwarsa bagi anak kecil. Mungkin efek samping tersebut tidak langsung muncul sekarang, tapi apakah ke depannya tidak berdampak pada tubuhnya?

Bagi para konsumen yang akan melakukan pembelian barang melalui Allo Fresh, apalagi produk yang memiliki masa kedaluwarsa, sebaiknya diperhatikan dengan baik. Karena kita tidak tahu dari ribuan produk yang tidak dicek masa kedaluwarsanya masih dijual.

Apakah ini kesalahan yang tidak disengaja atau malah disengaja karena kita melakukan pesanan secara online dan tidak langsung memilih barang? Hanya Allo Fresh dan Tuhan yang tahu.

Muhammad Izazad
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Allo Fresh Menjual Produk Kadaluwarsa

  • 15 Oktober 2023 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Wahh bahaya Allo Fresh, bukan masalah harga dan kompensasinya, produk yang dijual sudah kadaluwarsa sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi buat anak balita

    4
    1
    • 15 Oktober 2023 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Bener banget, kita ga tau efek kedepan nya makanan kadaluarsa seperti itu ke tubuh anak kan….

      2
      1
    • 17 Oktober 2023 - (01:13 WIB)
      Permalink

      Ini si bapak logikanya dimana yah…. Klo pihak Allo fresh tidak mengakui menjual barang kadaluarsa sebenarnya BISA SAJA, toh tidak ada bukti video unboxing, es krim nya pun sudah habis di makan,yg ada cuman kaleng dengan tanggal, bisa saja kan Nemu kaleng dimana,TAPI Pihak ALLO fresh tetep berusaha menjaga image dari brand nya dan berusaha bertanggung jawab dengan memberi kompensasi berupa voucher yg bahkan tanpa bukti yg VALID kasusnya
      Eh malah di sebarkan, nyari panggung ta pak?
      Ati² lawan anda korporasi tanpa bukti valid bisa berabe

      1
      1
      • 17 Oktober 2023 - (10:18 WIB)
        Permalink

        Komentar Bapak/Ibu kan masih sebatas Kalo2 ya? Sedangkan ini fakta sih Pak/Bu bukan kalo2… lanjutkan nyari kaleng bekas nya Pak/Bu dan teruslah hidup dalam ketakutan menyuarakan kebenaran….

    • 15 Oktober 2023 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Sepertinya ini toko tidak ada pengecekan rutin masa kadaluarsa produk yg dijualnya. Kelemahan konsumen seringnya main lahap saja tanpa dicek terlebih dahulu masa kadaluarsanya setelah habis baru ingat iseng² cek masa kadaluarsannya.
      Pasal 62 ayat 1 Jo Pasal 8 dan 9 UU Nomor 8 Tahun 1999, Sub Pasal 143 Jo Pasal 99 UU No.18 Tahun 2012 Diancam pidana atau denda.

      3
      1
    • 15 Oktober 2023 - (19:31 WIB)
      Permalink

      Lohh kok, sudah dimakan baru di cek kadaluwarsa nya, sudah begitu yg di salahkan mini marketnya sungguh aneh sekali. Seharusnya barang trsebut di cek lebih dahulu sebelum digunakan atau dimakan bukan sebaliknya..

      2
      5
      • 15 Oktober 2023 - (19:43 WIB)
        Permalink

        Seharusnya barang trsebut di cek lebih dahulu sebelum DIJUAL atau DIKIRIM bukan sebaliknya

        4
        1
        • 15 Oktober 2023 - (19:46 WIB)
          Permalink

          Betul Pak Putra…
          Sepertinya Quality Controlnya Perusahaan ini yang ga bener…

        • 15 Oktober 2023 - (23:02 WIB)
          Permalink

          Tony… Jadi boleh ya toko kirim barang kadaluwarsa?? Kali aja ngga di cek sebelum makan.. lumayan. Kalo ternyata di cek bisa balikin lagi gitu?? Logika macam apa ini? Orang jualan makanan itu harus ada quality control, barang out of date/ kadaluwarsa harus di buang.. BAHAYA… paham ngga??

          Memang sebaiknya konsumen jaga2 cek tgl kadaluwarsa juga , tapi seharusnya toko yang lebih berkepentingan MEMASTIKAN makanan yang dikirim itu masih LAYAK untuk di konsumsi… Jadi sudah benar konsumen komplain ke toko walopun terlambat.

          3
          1
      • 15 Oktober 2023 - (19:44 WIB)
        Permalink

        Tidak cek tanggal kadaluarsa karena sudah terlanjur yakin sama “Brading” Pak, Perusahaan Besar masa jual Produk Kadaluarsa.

        Supermarket tidak boleh disalahkan Berarti boleh ya Pak Supermarket jual Produk Kadaluarsa? Udah biasa kasih makan keluarga nya makanan kadaluarsa ya Pak? Masih pada hidup?

        1
        1
      • 15 Oktober 2023 - (19:45 WIB)
        Permalink

        Pak Tonny Yth
        Tidak cek tanggal kadaluarsa karena sudah terlanjur yakin sama “Branding” Pak, Perusahaan Besar masa jual Produk Kadaluarsa.

        Supermarket tidak boleh disalahkan Berarti boleh ya Pak Supermarket jual Produk Kadaluarsa? Udah biasa kasih makan keluarga nya makanan kadaluarsa ya Pak? Masih pada hidup

        2
        1
        • 15 Oktober 2023 - (23:06 WIB)
          Permalink

          Allo Fresh x Transmart x CT Group

          -Transmart sekarang mulai lesu ngikutin jejak Giant,ada pengurangan pegawai.Bisa jadi produk expired karena tidak adanya tenaga sorting lagi.

          -Harga produk yg dijual lebih mahal dibanding supermarket sebelah (mungkin target pasarnya bener2 orang kaya)

          -Promoan harus pake rekanan bank mereka (Supermarket lain aja gak gini amat)

          -Promoan bank mereka cuma bisa dipake di merchant mereka (lagi-lagi nyari cuan gini amat)

          -Belanja pake voucher transmart yg dibeli di e-commerce,ribetnya minta ampun.Padahal brand sebelah cuma scan barcode voucher selesai.Yg transmart ini harus lewat email dan verifikasi lewat link asli.Astaga…

          1
          1
          • 16 Oktober 2023 - (06:08 WIB)
            Permalink

            Meluruskan sedikit. Btw sebelumnya kesalahan fatal allofresh disini adalah ketika email penawaran solusi, pertama dengan email tersebut mereka telah mengakui bahwa benar produknya kadaluarsa, ditambah solusi yang ditawarkan bukan menenangkan pelanggan tapi justru mengajak perang (dalam hal ini saya yakin, semua management yg terlibat, minimal terkena SP3).

            Soal lesunya transmart dengan produk diamond, saya fikir tidak ada relevansinya. Produk diamond ice cream sendiri adalah produk vendor atas nama sukanda djaya, dan ini dimaintence oleh spg dari vendor bukan karyawan trans retail.

            Setelah komplain ini sampai kemanagement pusat saya yakin, customer akan mendapat penangan yang lebih serius.

            Disini jika management pusat kembali berdalih tentang produk yg diharuskan masih utuh, video unboxing. customer cukup melampirkan email pemberian solusi tersebut. Itu sudah menjadi pengakuan allofresh bahwa mereka bersalah.

 Apa Komentar Anda mengenai Allo Fresh?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Allo Fresh Menjual Produk Kadaluwarsa

oleh Raffliecious dibaca dalam: 1 menit
17