Tagihan PLN Melonjak Setelah Penggantian Meter Digital Tanpa Dokumentasi

Salam kenal. Saya adalah pelanggan PLN daerah Jakarta Pusat, yang biasanya terhubung ke gardu PLN cabang Bandengan. Nomor ID pelanggan: 542100536524. Pembayaran dan pemakaian meter selama ini terbagi menjadi 3 pihak, yaitu rumah tinggal pemilik, warung kelontong dan bengkel motor, dengan persentase yang sudah kami sepakati bersama.

Pada awal bulan Oktober 2023 ini, saya terkejut dengan lonjakan tagihan listrik saat itu. Setelah saya tanya ke orang-orang di rumah, ternyata diketahui pernah ada penggantian meteran listrik dari analog menjadi digital pada bulan September 2023. Namun sayangnya tidak pernah ada dokumentasi dan surat bukti proses penggantian tersebut dari petugas PLN saat itu, yang seharusnya mencantumkan berapa angka terakhir dari meteran lama sebelum dicabut.

Pada tanggal 3 Oktober 2023, akhirnya saya melaporkan kasus ini ke PLN-123 dan dibuatkan laporan, yang katanya bisa kita cek progresnya lewat aplikasi PLN Mobile. Namun karena tidak ada tindak lanjut dari petugas PLN, maka saya sempat membuat laporan lagi ke PLN-123 pada tanggal 7, 16 dan 18 Oktober 2023. Berikut saya lampirkan hasil pengecekan nomor laporan saya di aplikasi PLN Mobile.

Bisa kita lihat bersama, status laporan saya di PLN Mobile pada tanggal 3, 7 dan 16, langsung diselesaikan oleh petugas PLN secara sepihak, dalam waktu tidak sampai 1 jam. Tanpa ada konfirmasi dan tindak lanjut kepada pelanggan/pelapor. Sedangkan nomor laporan tanggal 18 Oktober 2023, tidak saya catat lagi karena sudah terlanjur kecewa dengan respons dan pelayanan PLN yang seperti ini.

Dalam kurun waktu 3-18 Oktober ada WA yang mengaku sebagai petugas PLN, tetapi hanya menjanjikan adanya kunjungan petugas PLN ke rumah yang tidak pernah terealisasi. Berikut saya lampirkan screen capture chat-nya.

Bisa kita lihat, di awal petugas PLN tersebut mengaku ada kesalahan pencatatan meter yang hanya diambil dari angka perkiraannya sendiri, yang baru ketahuan ketika terjadi pergantian meter. Alasan bahwa petugas tidak mendapatkan angka meter juga sangat absurd. Karena lokasi meter ada pada warung kelontong yang selalu buka 24 jam setiap hari. Kecuali memang petugasnya tidak mau datang kunjungan, alias korupsi dari tunjangan transport.

Foto meter yang disertakan juga bisa saja ambil dari punya orang lain. Ketika saya tanya bukti-buktinya, petugas tersebut tidak dapat memberikannya dan malah mengulur-ulur waktu, serta tidak berani datang kunjungan. Saya harap pihak PLN tidak menutup mata dan mau menyelesaikan kasus kecurangan ini sebelum tanggal 20 Oktober 2023, yang menjadi tanggal jatuh tempo pembayaran.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk menuliskan keresahan ini. Untuk semua pembaca Media Konsumen, saya harap bisa mengambil pelajaran dari kasus ini. Ketika ada petugas PLN mau melakukan sesuatu pada meteran listrik di rumah kita, sebaiknya selalu difoto/divideokan, sebagai dokumentasi jika ke depannya terjadi sesuatu yang merugikan. Terima kasih.

Kristian
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Tagihan PLN Melonjak Setelah Penggantian Meter Digital Tanpa Dokumentasi

  • 20 Oktober 2023 - (07:58 WIB)
    Permalink

    Utk sobat Kristian Jakpus,saran saya utk menghindari kejadian yg msh hangat dmna ada pelanggan yg didenda hingga 33jt,ttp kawal dan awasi proses penggantian Kwh meter. Pastikan ada Surat Tugas resmi dr PLN terkait utk menghindari kasus serupa. Mengingat listrik di negara ini hny dimonopoli oleh satu perusahaan saja. Beda dg SPBU yg bnyk pilihan. Salam sehat buat Anda.

    6
    0
    • 20 Oktober 2023 - (08:19 WIB)
      Permalink

      Iya bang karena kebetulan saat penggantian meter di rmh hanya ada istri & ortu yg tdk terlalu paham prosesnya. Dan kurang ajarnya petugas PLN tsb juga tdk menjalankan SOP dgn memberikan penjelasan kpd pelanggan dan tdk memberikan dokumen tanda terima bukti pergantian meter setelah selesai prosesnya

  • 20 Oktober 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Gampang, kalau ada wktu, kekantor PLN minta invoice 1 bulan sebelum ganti meteran, disitu bisa liat posisi angka meterannya (soalnya diinvoice online tdk tertera) jadi misalny angka meteran di invoice trakhir di angka 1234, tinggal cocokkan dengan tagihan terakhir yg tercatat di meteran aslinya, misal posisi meteran udah 1834 brarti harus dibayar yg 600 nya..

    Mengira ngira angka dimeteran itu udh biasa terjadi kalo masih analog krema ptugas ga datang, tpi nnti kalo memang kelebihan bayar, akan di diskon ke bulan berikutnya, ini saya bru ngalamin pas banget bulan lalu di kios jualan, tagihan rata² di 210rban, tiba tiba tagihan september jadi 320rban, krena memang curiga itu angkanperkiraan, akhirnya bulan oktober ini tagihan keluar cuman di angka 80rb.

    Kalau ga mau ribet, pakai yg token, kelebihan token pasti akurat, tpi ya ga bisa nunggak 20hri kyk pascabayar, jadi sangat berasa sperti mahal kalo memang yg rajin nunggak.

    • 20 Oktober 2023 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Masalahnya posisi angka meter terakhir waktu dicabut itu petugasnya tdk info ke pelanggan. Jadi hanya dia sendiri yg tau angkanya. Sedangkan meteran digital yg baru dipasang angkanya mulai dari 0 lagi. Makanya yg saya pertanyakan kenapa proses pergantian meter dgn angka terakhir tdk ada dokumentasinya utk diketahui secara bersama.
      Kalau saya ke kantor PLN utk cek angka meter di bulan sebelomnya juga jadi sia2 karena kita sudah tdk punya angka meter terakhir yg aktualnya utk dibandingkan.

      • 20 Oktober 2023 - (10:56 WIB)
        Permalink

        Meteran yg lama pasti PLN masih pegang, liat aja angkanya stop berapa disitu, trus ditambah ke meteran baru, ga masalah meteran baru mulai dari 0, jadi klo meteran baru ketulis 300, brati sisa tambah 300 ditambah sama selisih angka yg dimeteran lama. Lalu bandingin deh angka meteran di inovie sbelum ganti meteran dan invoice terakhir.

        • 20 Oktober 2023 - (11:10 WIB)
          Permalink

          Meteran lama memang sudah diangkut oleh petugasnya waktu pergantian di bulan September tanpa diperlihatkan kepada pelanggan. Jadi sudah tdk ada jejaknya jika misalkan sudah masuk gudang barang bekas di PLN sudah bergabung dgn meteran2 dari pelanggan lainnya yg bentuknya sama semua. Dan ada kemungkinan (dalam rentang waktu 1 bln ini) kondisi meternya sudah mengalami modifikasi sehingga angkanya sudah tdk sama saat pertama kali dicabut.

        • 20 Oktober 2023 - (20:15 WIB)
          Permalink

          Tagihan PLN di rumah tinggal saya (blora, Jawa Tengah) juga naik 3kali lipat dari tagihan sebelumnya….. Setelah saya laporkan pada, petugas pengecekan meter tiap bulan baru ada tanggapan pada bulan berikutnya, dan ditemukan keteledoran atas penggantian meter digital oleh petugas karena kurang teliti dalam penggantian, padahal setelah penggantian meter digital, lampu indikator tanda pada meter menyala, dan ditemukan kesalahan pada pemasangan, dan itu merugikan saya sebagai pelanggan. Apakah pln akan mengembalikan kelebihan pembayaran jika pemakaian daya tiap bulan tetap (dan kesalahan ada pada petugas pengecekan meter)

          • 21 Oktober 2023 - (10:57 WIB)
            Permalink

            Karena listrik negara ini masih dimonopoli PLN makanya etos kerjanya masih asal2an. Kesalahan internal petugasnya sendiri selalu dibebankan kepada pelanggan. Kalau harga batubara naik otomatis tarif kwh ikut naik. Ketika harga batubara turun mana ada tarif kwh ikut turun.

  • 20 Oktober 2023 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Petugas PLN:
    Tolong bantu pencet tombol yg saya lingkari hijau dst…dst..

    Pelanggan:
    Wah besok aja deh, tinggi soalnya

    Pembaca : wew …..

  • 20 Oktober 2023 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Benar seperti komentar @yudho diatas, dikhawatirkan dikemudian hari nanti tiba-tiba anda di jatuhi denda karena telah mengganti meteran tanpa izin setelah bertahun-tahun berlalu.
    Saya kemarin menaikkan daya aja diberikan kertas/surat tanda serah terima dari petugas yg datang.
    Jika tagihannya selisih sangat BESAR, minta aja disamakan seperti tagihan rata-rata 3bulan terakhir.
    Minta petugas untuk datang kembali memeriksa, apakah Segel-segelnya asli atau “jangan-jangan”??? Dan jangan lupa Dokumentasikan saat petugas datang memeriksa, juga minta surat tanda bukti/tanda terima pergantian kWh meter.

    • 20 Oktober 2023 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Kalau meteran yg baru sudah aman bang. Kemarin malam ada petugas yg datang utk cek dan tanya2 (bukan petugas yg sama seperti sebelomnya). Waktu dia cek meteran sudah saya foto dan videokan.
      Tagihan saya rata-rata 3 bln bahkan 8 bln terakhir itu stabil (bisa dilihat pada lampiran fotonya) makanya sya heran kalau dibilang angka meter pada bln2 sebelomnya hanya berdasarkan perkiraan petugas, lah berarti selama 8 bln tsb petugasnya tdk pernah kunjungan utk cek angka meter. Padahal itu kan sudah menjadi tugas & tanggung jawabnya. Bahkan saya sudah sempat tawarkan jika memang tdk mau kunjungan silahkan WA saya agar bisa saya bantu kirimkan foto angka meter yg real.
      Sekarang PLN ngakunya ada perbedaan angka meter tapi tdk ada buktinya saat proses pergantian meter.
      Waktu tadi malam saya ceritakan ke petugasnya tdk dpt bukti tanda terima saat proses pergantian meter pun dia bingung “koq bisa ya, padahal seharusnya diberikan”
      Nah kan…

  • 21 Oktober 2023 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Fyi, sekarang ini kita bisa kirim foto angka meter mandiri di aplikasi pln mobile dimulai setiap tanggal 23 tiap bulannya..

    • 21 Oktober 2023 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Info yg saya dengar malah meteran digital yg baru sudah bisa terkoneksi ke center PLN sehingga tdk perlu petugas pencatat meter lagi

  • 21 Oktober 2023 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami, saya beli rumah yg swkarang saya tempati dari 2015 sampai 2022,tagihan saya paling banyak 400 000,namun setelah di ganti meteran dari awal 2023 sampai saat ini tagihan saya jadi rata2 1 jutaan.
    Pertanyaan saya kenapa gitu ya, saya pernah komplain ke pihak PLN,melalui petugas pemcatatan setiap bulan datang, namun tidak bisa menjawab Lapor ke PLN tidak ada solusi.
    Akhirnya saya simpul kan lapor juga percuma karena PLN perusahaan Monopoli,andai saja ada perusahaan lain seperti PDAM,saya yakin pasti pelanggan PLN sudah banyak yg kabur.

    • 25 Oktober 2023 - (11:28 WIB)
      Permalink

      Iya pak namanya juga perusahaan monopoli, jadi kerjanya suka2 mereka. Toh semua org tdk punya pilihan lain lagi meskipun dibuat dongkol.

  • 23 Oktober 2023 - (16:49 WIB)
    Permalink

    datang aja langsung ke kantor pln nya bawa bukti bayar 3 bukan terakhir
    2 bulan yg lalu saya jg mengalami kasus yg mirip
    abis ganti meteran digital tagihan yg bisanya 300ribu melonjak jadi 4jt++
    lapor via telepon ga ada tindakan
    akhirnya ke kantor langsung dan amsalah beres dan ternyata banyak yg mengalami kasus yg sama dan nominal yg melonjak tinggi

    • 25 Oktober 2023 - (11:32 WIB)
      Permalink

      Kalau kasus saya sudah diberikan jawaban karena perbedaan angka meter aktual dgn angka meter tagihan di bulan2 sebelomnya yg ternyata hanya hasil perkiraan si petugas catat PLN. Tapi utk angka meter aktual justru tdk diperlihatkan kepada saya sbg pelanggan karena meteran yg lama langsung dibawa oleh si petugas tanpa menyerahkan surat tanda bukti pengerjaan pergantian meter

 Apa Komentar Anda mengenai PLN?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Tagihan PLN Melonjak Setelah Penggantian Meter Digital Tanpa Dokumenta…

oleh Kristian dibaca dalam: 2 menit
18