Permintaan Pindah Alamat IndiHome Tidak Ditangani Secara Serius dan Bertele-tele

Saya merupakan pelanggan setia IndiHome lebih dari 4 tahun yang lalu, dengan nomor layanan: 1413631065**. Karena pindah rumah, saya mengajukan Permintaan Pindah Alamat (PDA) melalui telepon ke 188, pada tanggal 23 Oktober 2023. Waktu itu disampaikan oleh CS, bahwa jaringan tersedia dan tinggal menunggu link di email untuk mengunggah berkas syarat PDA.

Tanggal 25 Oktober 2023, saya melakukan tindak lanjut lagi ke 188 terkait link email yang belum masuk. Namun jawaban dari CS hanya menyuruh saya untuk menunggu dan memberi petunjuk untuk mengunggah lagi. Pada hari Jumat tanggal 27 Oktober 2023, saya melakukan tindak lanjut lagi ke 188 dan dijanjikan bahwa link akan dikirim dalam waktu 1×24 jam. Namun sampai hari Sabtu, email juga belum saya terima.

Pada hari Minggu tanggal 29 Oktober 2023, saya melakukan tindak lanjut lagi ke CS 188 dan dijanjikan percepatan lagi. Namun hingga saat ini, tanggal 31 Oktober 2023, belum ada tindak lanjut yang diberikan.

Yang menjadi pertanyaan, apakah pelayanan IndiHome seperti ini dalam menanggapi permintaan pelanggan? Kami sudah melaksanakan kewajiban kami dengan membayar tagihan rutin tiap bulan dan tidak pernah telat, tetapi hak konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang tidak diperhatikan?

Konsumen merasa dirugikan karena tidak bisa mengakses internet, tetapi tagihan bulanan tetap berjalan. Mohon menjadi perhatian IndiHome terkait pelayanan tersebut karena ini menyangkut hak konsumen yang dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Konsumen.

Setelah mencari informasi melalui penelusuran daring, kasus yang sama ternyata banyak terjadi, dan ini terkesan bertele-tele. Namun, agak menggelitik ketika kami menerima panggilan telepon promosi dengan sangat gencar, sedangkan permintaan pelanggan tidak ditanggapi secara serius dan cenderung hanya mendapat jawaban “Mohon menunggu.”

Kami merasa kecewa karena tidak ada kepastian yang diberikan. Mohon menjadi perhatian dari IndiHome yang sekarang telah bergabung dengan Telkomsel, yang seharusnya secara pelayanan semakin baik dan berorientasi pada kepentingan pelanggan, bukan hanya berorientasi pada profit.

Wardoyo
Purbalingga, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Permintaan Pindah Alamat IndiHome Tidak Ditangani Secara Serius dan Bertele-tele”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen pada tanggal 1 November 2023 oleh Bapak Wardoyo mengenai Permintaan Pindah Alamat IndiHome Tidak...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Permintaan Pindah Alamat IndiHome Tidak Ditangani Secara Serius dan Bertele-tele

  • 1 November 2023 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Pindah indihome tidak seperti pindah listrik pln pak, pln tinggal cantol selesai. Jika pindah rumahnya dekat cuma 50 atau 100 meter itu mungkin bisa dengan mudah, tp jika pindah rumah pindah desa, kecamatan atau kabupaten akan lebih baik anda matikan dulu indihome anda, karena kasus2 sebelumnya di mk sini, belum tentu di rumah baru anda ada jaringan atau odp yg tersisa. Harus nunggu slot yg ada br bisa dipasang.

    • 1 November 2023 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Komentar bapak ada betulnya kalau bapak berurusan dengan provider internet penyedia tingkat desa, tapi akan tidak relate ketika berurusan dengan perusahaan BUMN skala nasional. Konsumen butuhkan kepastian tindakan bukan janji-janji entah kapan realisasinya,kalaupun jaringan ditempat baru tidak tersedia sampaikan, sebagai konsumen kan bisa cari opsi lain pakai provider lain bukan digantung tapi tagihan tetap berjalan

      1
      4
      • 1 November 2023 - (21:14 WIB)
        Permalink

        Saya juga pernah mengalami hal tersebut,saya ajukan pindah dan langsung ke telkom plaza dijanjikan segera dipasang dalam 3×24 jam akhirnya betele2 dan banyak alasan inilah itulah akhirnya saya tutup via email lgsg ke indihomecare. Trs saya ajukan pasang baru lgsg di pasang. Saran saya berurusan saja lgsg sama indihome pusat (via email) karena respon mereka lebih cepat karena ada bukti tertulis.

      • 3 November 2023 - (07:07 WIB)
        Permalink

        Mohon maaf bapak saya pengguna indihome sudah 14 tahun ,tapi memang dari dahulu tidak bisa sistem pindah lokasi dari menghitung dari jarak kabel dari odp kerumah,itu ada batas maksimum 100 meter lebihd ari tidak bisa,paling bapak cabut lalu pasang baru dirumah yang akan ditempati,kabel fiber itu riskan dengan jarak terlalu jauh apalgi box odp yang yang terpasang itu biasanya rata rata penuh ,jadi menurut saya bapak coba ajukan pemasangan baru yg lama bapak putus

    • 2 November 2023 - (12:40 WIB)
      Permalink

      @herymulyanto
      Kata siapa pindah PLN hanya tinggal cantol. Maaf peraturan PLN sekarang udah beda. Kita ada aturan nya, pindah tempat meteran aja dari samping rumah ke depan rumah yang hanya berjarak 2 meter. Harus ada rekaman terus kirim ke pusat, padahal itu masih satu rumah bukan pindah rumah. Kalau tidak ada lqporan ya kami cabut. Kalau mau bandingin indihome sama PLN. Soal tindakan dan Pelayanan jauh lebih baik PLN yang cepat dan menindak lanjuti nya cepat. Apa apa juga tidak dipersulit

      • 2 November 2023 - (14:09 WIB)
        Permalink

        Setuju, sekarang transformasi pelayanan PLN luar biasa bagus terutama keluhan pelanggan, bahkan kita bisa tracking teknisi yang ditugaskan lewat PLN Mobile

        • 2 November 2023 - (14:31 WIB)
          Permalink

          Karna pelayanan BUMN yang tidak memihak siapapun dan mementingkan kepuasan pelanggan dan semua masyarakat hanya PLN. Yang lain mungkin bisa belajar dari pelayanan PLN. PLN selalu belajar dari masalah. Mau dia pelanggan lama atau baru, mau yang pasang 1 atau 10 doang tetep dilayani dengan baik. Mau yang masalah 1 rumah walau jarak nya jauh tetep di tanggani. Mau dia pelanggan bagian pemerintah atau bukan tetep dilayani dengan baik. Karna PLN selalu bekerja memegang teguh visi dan misi BUMN, mau bagaimana pun PLN tetep bagian dari BUMN. Dari rakyat dan untuk rakyat. Walau saya bukan dari PLN dan pernah dibagian PLN ealau hanya sebntar. Pengalaman bekerja di PLN pasti ada manis nya karna bangga aja pernah jadi bagian mereka, kalau membuat pelanggan puas dan bilang makasih itu rasanya sneeng. Ngga bilang makasih pun tetep seneng bisa membantu masyarakat.

  • 1 November 2023 - (20:22 WIB)
    Permalink

    sudah umum sepertinya pak wardoyo,
    pengalaman pribadi saya memang begitu 🙂
    jika sudah mau tutup layanan, baru di datangkan sesegera teknisinya ke lokasi,
    tapi sayangnya ada team survey datang, ujung ujung nya teknisi lapangan mengatakan “sudah tidak ada slot di dekat sini” saya cari ada di titik lain, tapi kabel nya darinperusahaan hanya bisa 200meter, kalau mau dipasang akan dintarik kabel lebih dari 200meter maka dikenakan biaya pribadi”

    pertanyaan nya, perusahaan sebesar ini, hanya menaruh nasib nya di tangan teknisi lapangan.
    yang juga notaben nya belum tentu tidak ada slot,
    dan saran saya untuk perusahaan, lebih baik coba survey aja, audit langsung internal systemnya gimana. masa hanya menaruh nasib pada teknisi lapangan.

    trus tolong di berikan aja survey consumer yang baru pasang, ada gak di minta uang tarik tarik kabel, alasan kabel nyebrang dll 🙂

    just saran ya, biar bisa maju.

    buat yg keluh kesah yang sama, saran saya darinpada tagihan terus berjalan dan tidak ada kejelasam, pasang aja provider lain.
    hitungan jam selesai pemasangan.
    gak banyak ini itu.

    • 2 November 2023 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Dan tebakan Pak Ricko tepat, kemarin disurvei oleh teknisi jawabannya ODP sudah penuh jadi PDA tidak bisa dikerjakan. Ya sebetulnya sangat disayangkan untuk perusahaan plat merah dalam hal penanganan komplain yang kurang, terkait keluhan bapak teknisi dilapangan mungkin tiap daerah berbeda-beda karena setahu saya yang dilapangan itu vendor bukan karyawan organik indihome.

 Apa Komentar Anda mengenai pindah alamat IndiHome?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Permintaan Pindah Alamat IndiHome Tidak Ditangani Secara Serius dan Be…

oleh Wardoyo dibaca dalam: 1 menit
9