Data Pribadi Saya Disalahgunakan untuk Transaksi Menggunakan Kredivo

Saya ingin menceritakan kronologi kejadian yang saya alami. Pada tanggal 6 September 2023, ada yang memulihkan akun email saya. Pada tanggal 17 September 2023, tiba-tiba email saya diretas untuk melakukan transaksi di Kredivo, yaitu transaksi MyTelkomsel sebesar Rp300 ribu (berhasil). Lalu pelaku berusaha melakukan transaksi lagi setiap harinya, tapi gagal. Tanggal 30 September 2023, pelaku berhasil transaksi kembali di MyTelkomsel sebesar Rp300 ribu.

Saya baru sadar saat tanggal 26 Oktober 2023, dikarenakan saya menerima email tagihan terus menerus dari Kredivo. Selama ini saya abaikan karena saya merasa tidak pakai dan tidak mempunyai akun tersebut. Bahkan di hp saya tidak install aplikasi Kredivo.

Saya otomatis kaget dan saya langsung lapor ke Kredivo. Namun pihak Kredivo meminta saya untuk melampirkan KTP dan foto selfie. Namun tidak saya berikan karena saya takut disalahgunakan lagi.

Saya tidak tahu pelaku mendapat data diri saya di mana. Anehnya, saat pengajuan Kredivo disetujui, tidak ada email apa pun ke saya. Akan tetapi saat pelaku sudah menggunakan transaksi, baru terlihat ada email transaksi berhasil, untuk pembelian di MyTelkomsel sebesar Rp300 ribu sebanyak 2 kali transaksi.

Saya curiga apakah ada orang dalam Kredivo sendiri yang menggunakan KTP saya? Di mana-mana, verifikasi untuk melakukan transaksi biasanya menggunakan identifikasi wajah. Nah kok bisa saya yang gak punya akun Kredivo tiba muncul tagihan atas nama saya?

Bagaimana bisa, Kredivo yang legal, dengan mudah memverifikasi dan tidak bisa membedakan mana orang dan mana aplikasi atau software yang digunakan pelaku? Sedangkan selama ini saya verifikasi apa pun harus menggunakan wajah.

Saya merasa sangat dirugikan, karena data diri saya disalahgunakan. Namun sepertinya Kredivo tidak mau tahu dan terus mengirim surat tagihan ke saya. Saya melihat di berbagai media bahwa sering terjadi kasus seperti ini. Namun Kredivo tidak berusaha untuk mencari tahu, malah menekan orang yang menjadi korban untuk tetap bayar.

Saya juga utarakan, jika ingin saya bayar, tolong saya diberi bukti nomor telepon yang digunakan untuk akun Kredivo tersebut. Mohon OJK dibantu selidiki kasus ini, karena gak hanya saya. Banyak orang di luar yang menjadi korban seperti saya, data diri digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Lantas apa yang harus saya lakukan sekarang? Bagaimana jika Kredivo menyebarluaskan data diri saya?

Frida Ika
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Data Pribadi Saya Disalahgunakan untuk Transaksi Menggunakan Kredivo”

Sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf atas pengalaman tidak menyenangkan yang telah Ibu Frida Ika alami, sebagaimana disampaikan dalam surat konsumen...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Data Pribadi Saya Disalahgunakan untuk Transaksi Menggunakan Kredivo

  • 4 November 2023 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Kepada seluruh rakyat INDONESIA dimanapun berada… Jgn sekali kali anda mencoba untuk menggunakan jasa KREDIVO.. apapun alasannya dan apapun yg kredivo berikan dgn berbagai iming iming kemudahannya, dll..!!
    Cukuplah saya dan mkin rekan” Yg lainnya yg sdh menjadi korban keganasan orang” Yg ingin memperkaya dri hasil yg diharamkan. .

    Tanpa tau menau, sya yg menjadi korban pembajakan aplikasi.. Dan pihak kredivo tdk mau peduli sedikitpun.. Dan akhirnya saya hrs menanggung biaya kredit tsb selama satu thn….
    Maka demikian di jaman digital yg modern ini, kita tdk ush ikut ikutan so modern, bila kemampuan IQ kita msh di bawah rata rata.. Kita cukup hidup dgn standard kemampuan yg telah kita miiki..
    Dan pada akhirnya akan menyengsarakan kita sendiri..!!
    Demikian pemberitahuan ini sya buat dgn sebenar benarnya.. 🙏

    وَسَّلاَمْ… 🙏

  • 10 November 2023 - (03:11 WIB)
    Permalink

    Ngeri ya.. Data pengguna di indo banyak yang bocor, Semestinya fintect harus ada verifikasi yang aman bukan cuma modal foto selfie tapi wajib verifikasi video juga. Btw dpt email dr PrivyID ga? jadi alih2 bikin email baru biar pemilik ga tau datanya dipakai si maling malah ambil alih email kamu apa biar mudah lolos verifikasi Privy ya

  • 13 November 2023 - (18:36 WIB)
    Permalink

    Terimakasih media konsumen sangat membantu saya. Dalam hal ini masalah sudah selesai pelaku sudah ketemu yang memakai KTP saya dan membayarnya.
    Saran dan masukan untuk kredivo mohon berhati2 dalam mengapprove pengajuan seseorang yang jelas2 data berbeda. Jangan terlalu mudah untuk acc apalagi kredivo legal. Case ini selesai dan akun saya juga sudah berhasil di tutup permanen. Thanks all

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem verifikasi Kredivo?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Data Pribadi Saya Disalahgunakan untuk Transaksi Menggunakan Kredivo

oleh Promo dibaca dalam: 1 menit
8