Kapok Pakai Kartu Kredit UOB

Pada tanggal 28 September 2023, saya ada transaksi online menggunakan kartu kredit UOB senilai Rp7.274.000. Namun karena stok barangnya kosong, transaksi saya di-refund. Proses refund-nya selesai tanggal 20 Oktober 2023, sementara tagihan saya jatuh tempo tanggal 4 November 2023. Jadi saya berpikiran tidak usah bayar tagihan lagi, karena sudah di-refund dan saya cek di aplikasi juga sudah tidak ada tagihan.

Namun tiba-tiba saya dikenakan bunga keterlambatan bayar pada bulan selanjutnya. Saya konfirmasi dong ke CS dan jawaban CS adalah tidak bisa dihapus bunganya, karena proses refund-nya melewati tanggal cetak tagihan, yaitu tanggal 17 Oktober 2023.

Lalu saya tanya, jatuh tempo tanggal 4 November 2023 dan refund tanggal 20 Oktober 2023, berarti logikanya sudah bayar atau belum? Kemudian saya minta penutupan kartu kredit saya, karena sudah malas lihat Bank UOB dan CS-nya tidak bisa jawab.

Setelah itu saya telepon lagi CS lain dan katanya bisa dibantu untuk menutup kartu saya, karena memang sudah tidak ada tagihan. Akhirnya pada tanggal 15 November 2023, CS Bank UOB melalui live chat di aplikasi menginfokan, bahwa kartu kredit saya sudah ditutup.

Namun tiba-tiba hari ini tanggal 19 November 2023, kartu kredit saya aktif lagi di aplikasi UOB dan saya dikenakan bunga keterlambatan lagi. Saya sudah chat ke 3 agen CS, tetapi jawabannya berbeda-beda dan saya belum dapat kejelasan sampai sekarang.

Apakah UOB sedang kesulitan finansial sampai harus mencari segala cara untuk mengenakan biaya-biaya gak jelas ke nasabahnya?

Hartono
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kapok Pakai Kartu Kredit UOB”

No. 23/CEA/0180 Jakarta, 27 November 2023 Kepada Yth., Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Hartono Dengan...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Kapok Pakai Kartu Kredit UOB

  • 21 November 2023 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Sy juga mengalami hal yg sama dgn UOB ,mengenai hadiah yg tdk kunjung diberikan …capeK Banget berurusan dgn UOB.
    Selalu jawaban akan segera diproses tapj tdk ada kelanjutannya ….

    4
    1
    • 22 November 2023 - (10:29 WIB)
      Permalink

      Kejadiannya sama dengan saya pak. Penutupan kartu terkesan berbelit belit dan juga sangat susah, sudah habis waktu dan biaya untuk tlp ke UOB Care ujung” Nya tidak ada solusi dari pihak tersebut. Saya pun mengalami nya penutupan 4 kartu tambahan dari 2022 sampai tahun ini kartu tidak tertutup dan aktif padahal untuk kartu fisik pun tidak dapat. Pelayanan buruk UOB semoga penutupan kartu utama saya lancar juga sudah capek waktu dan biaya untuk tlp ke UOB

  • 21 November 2023 - (09:31 WIB)
    Permalink

    seharusnya kalo sudah mo ditutup minta surat keterangan LUNAS atau penutupan kartu agar di lain waktu kalo ada kejadian yang tidak diinginkan kita ada buktinya, kalo cuman by telp tidak ada buktinya.
    utk bunga sepertinya bapak emang kena bunga ditrx 7 jutaan, karena sudah masuk cetak tagihan. minta dihapuskan dulu bunganya lalu tutup dan jangan lupa minta suket lunas

    • 21 November 2023 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Setelah saya protes sudah ditutup gan..diatas sudah saya jelaskan dengan jelas pada tgl 15 kartu saya yg YOLO sudah tidak ada di aplikasi dan sudah saya pastikan dengan CS Agi Friro..tiba2 tgl 19 november aktif lagi kartu saya dan ada kena cas bunga lagi

  • 21 November 2023 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Emang sepertinya UOB & TMRW itu agak rada-rada ya.
    Aku kebetulan pakenya jenis TMRW, untuk refund sih tidak ada masalah, yang sering kejadian adalah kalau transaksi merchant luar, contoh Udemy indonesia. Di invoice yg di tagihkan (via email) dalam Rp, tapi ketika masuk e-statement itu dari $ di konversi ke Rp. Jadinya ada selisih nilai kurs. Belum lagi, total tagihan dibawah 5 jt, tapi terus terusan di kenakan bea materai.

  • 21 November 2023 - (11:09 WIB)
    Permalink

    sy ga bisa menilai krn tidak ada bukti statement cc dan pembayaran tanggal berapa aja. setau sy memang kalo sedikit saja kurang bayar, maka akan ditagihkan bunga keterlambatan dari TOTAL tagihan. mungkin masih sisa entah itu biaya materai, entah itu biaya admin, yg jelas sebelum jatuh tempo posisi sudah harus lunas, ga boleh kurang bayar Rp 1 pun

    2
    1
    • 21 November 2023 - (18:34 WIB)
      Permalink

      Harusnya sudah saya jelaskan di atas bahwa jumlah yg saya transaksikan sudah di refund dgn nominal yg sama..bagaimana bisa kurang bayar lagi

  • 21 November 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Di beberapa bank, refund itu tidak dianggap pembayaran. Jadi memang harus dibayar terlebih dahulu, baru dikreditkan pada tagihan berikutnya.

    Agar lebih aman, bayar tagihan kartu kredit sesuai nominal pada lembar tagihan. Toh kalau ada pengembalian pasti akan dikreditkan lagi pada lembar tagihan bulan berikutnya.

  • 22 November 2023 - (04:00 WIB)
    Permalink

    Yg jd acuan bukan tgl jatuh tempo Pak tapi tgl cetak tagihan. Kebetulan saya ada CC yg tgl cetak tagihannya di tgl 16. Sedangkan untuk proses refund biasanya kurang lebih 14hari kerja. Pernah ngalamin refund begini jg, karna sudah lewat tgl cetak tagihan mau ga mau dibayar dulu, nanti bulan depan dikreditkan/dikembalikan sm banknya.

  • 22 November 2023 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Waduh.. jd harus gmn caranya spy penutupan CC nya bener2 closed. Ga open lg spt case bapak.

    UoB ada aplikasinya kah? Sy jg newbie di UOB

  • 22 November 2023 - (06:59 WIB)
    Permalink

    Bank UOB, baru saja meng akuisisi Citibank.
    Saya pemegang KK Ctbank.selama proses pengalihan ke UOB, belum tahu apakah rating pelayanan nya akan sama seperti Ctbank.
    Selama ini Citibank, fast respon jika ada hal2 urgent nasabah.
    Semoga saja, tidak ada kendala.. karena bbrp syarat aturan pembayaran jatuh tempo, juga berubah begitu juga bill statement.
    Contoh, KK saya jatuh tempo pembayaran setiap tgl. 12, bill statement di kirim By email setiap tgl 27.
    Otomatis transaksi lewat tgl 27, mnjdi tagihan bulan depan.
    Namun sekarang bill statement yang di kirim , total tagihan yang tercantum hanya transaksi pembelian saja. Sedangkan
    tagihan telepon & PLN, yang selama ini lewat KK Ctbank., , Dan ada transaksi yang lewat cicilan 3bulan..itu tidak ada .
    Biasanya Ctbank akan mencantumkan cicilan 1, 2 dan ke 3..
    Khawatir jadi tagihan double berikutnya dan dibebankan bunga…
    Saya hrs extra hati hati… dan bertanya lewat chat terus ke Cs.

  • 22 November 2023 - (07:20 WIB)
    Permalink

    UOB memang memiliki sistem yang ribet dan Customer Service yang tidak dibekali dengan Product Knowledge yang baik. Beda dengan CITIBANK yang barusan di akuisisi mereja, bagai langit dan bumi perbedaannya dari semua sisi.

    Di saya pribadi, permasalahan transisi Miles Citibank ke Poin UOB sampai sekarang juga belum selesai, Customer Service yang menangani tidak paham dengan masalah yang ada. Hopeless sih dengan UOB, kalau bukan karena Poin Miles yang berlaku seumur hidup dari CITI sih saya juga akan menutup kartu kredit UOB ini, sungguh malas berurusan dengan CS nya.

    Terima kasih

    • 24 Desember 2023 - (01:56 WIB)
      Permalink

      aturannya emang gitu bang. di tokopedia juga udah dijelasin kalo ada refund yg diproses setelah tanggal cetak, itu harus dibayar full sesuai dg nominal tagihan yg tertera di estatement. kalo udah dibayar nanti bakal dikreditkan/dibalikin oleh pihak bank

  • 22 November 2023 - (17:05 WIB)
    Permalink

    Setahu Saya sih memang begitu. Tetep bayar dulu tapi Nanti tagihan Bulan berikutnya Ada refund.

  • 22 November 2023 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Kalau refundnya stlah tanggal cetak tagihan ya prinsipnya memang harus dibayar dulu. Karna refund berjalan stlah tanggal cetak ya hitungannya masuk tgl cetak tagihan berikutnya. Jd yg sdh tercetak harus dibayar. Karna refund itu didebet di tagihan berikutnya. Karna yg tercatat di sistem adalah tagihan yg tercetak dan harus dibayar

    • 28 November 2023 - (15:09 WIB)
      Permalink

      Waduh koq saya jd takut yaa untuk meneruskan dr citibank ke UOB pd hal saya customer setia citibank dr thn 2007, klo menurut saya citibank memang debesss, tlg klo bisa UOB meneruskan sistemnya di citibank

      • 29 November 2023 - (08:37 WIB)
        Permalink

        Sama bang. Saya sebelumnya pakai Citi Cashback. Banyak benefitnya. Mulai cashback 1% selamanya dan unlimited, bisa Citi Payall yang sangat membantu kalau butuh dana urgent tanpa bunga malah dapat cashback 1%, bisa transaksi QRIS pakai sumber dana CC. Sekarang diganti Yolo Card yang gak ada gunanya buat saya. Btw, CC TMRW nya masih berguna sih buat saya beli bensin dapat cashback 6%

  • 7 Desember 2023 - (23:39 WIB)
    Permalink

    soal refund saya juga pernah di MNC.
    di MNC refund tidak dianggap pembayaran.
    nah mungkin UOB sistemnya sama seperti ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank UOB?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Kapok Pakai Kartu Kredit UOB

oleh Senzation dibaca dalam: 1 menit
23