Mohon Shopee Food Berlaku Adil kepada Driver atas Kesalahan Saya Sebagai Merchant

Dear Shopee,

Saya sebagai merchant (Mie BeWe 100% Halal) cukup kecewa dengan kebijakan ShopeeFood kepada driver (Afriyanto: 085378945***). Saya ingin menyampaikan kronologi atas ketidakadilan yang telah Shopee lakukan kepada driver.

Dikarenakan kesalahan saya (sebagai merchant), driver menjadi tumbal atas kesalahan saya. Saya mengklik buka 24 jam di aplikasi dan driver 3x datang di dini hari (ada pada lampiran), dan juga menelpon ke kami. Cuma karena kami sudah tidur sehingga tidak tahu ada telepon dan ada orderan masuk, dan memang kami sudah tutup.

Saya telepon Shopee pada hari Minggu pagi (10 Des 2023) mengadukan hal ini, dan diminta menunggu. “Logika akal sehat”: Shopee menyuruh menunggu 3 hari kerja percuma, dan meminta driver ajukan banding. Ajukan banding sudah dilakukan, tapi kalau disuruh menunggu 3 hari kerja sama saja bohong, soalnya akun driver otomatis terbuka dalam 3 hari kerja.

Saya telepon lagi pada hari yang sama masih disuruh menunggu. Hari ini 11 Desember 2023 saya telepon lagi Shopee karena tidak ada hasil memuaskan atas ketidakadilan ShopeeFood kepada driver.

Pukul 12 saya ditelepon Shopee diminta kirim email SS kalau keklik 24 jam, 12:50 saya kirim email ke Shopee (screenshot) kalau saya ke-klik buka 24 jam. Saya juga sudah kirim, tapi masih tidak ada tindak lanjut yang nyata.

Sudah 1×24 jam, lebih tidak ada tindak lanjut dari Shopee, dan saya telepon lagi ke Shopee pukul 3 sore ini, dan masih harus menunggu.

Saya sebagai merchant merasa bersalah dan melakukan hal ini untuk keadilan bagi driver tersebut, karena saya merasa sudah tidak adil (zhalim) kepada driver Shopee sehingga harus membantunya, dan menyangkut mata pencaharian driver-nya.

Tapi kalian (ShopeeFood) yang bekerjasama dengan driver secara langsung malah berlaku tidak adil, dan seperti bertele-tele dan seperti menyepelekan hal ini! Selama 3 hari kalian (Shopee) menutup akun driver tersebut, maka kalian harus bertanggung jawab dan wajib memberikan kompensasi kepada driver tersebut atas ketidakadilan ini.

Driver sudah malam-malam mau datang ambil makanan, tapi kalian tidak hargai, cuma karena tokonya yang tutup malah kena imbas dari kesalahan saya. Kenapa bukan akun saya yang di-suspend 3 hari!

Mohon perbaiki kebijakan kalian, jangan melakukan perbuatan tidak adil!

Abdurrahman
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

49 komentar untuk “Mohon Shopee Food Berlaku Adil kepada Driver atas Kesalahan Saya Sebagai Merchant

    • 14 Desember 2023 - (12:38 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai istri dari driver ojol sering mendengar keluhan suami & teman²drivernya tentang kesalahan merchant yg tokonya “tutup” tapi di aplikasi “buka” Sehingga akun shopee di susped oleh pihak shopeefood, bukan hanya 3 hari tapi sampai 7 hari. Kami sebagai keluarga terutama anak & istri yg harus dinafkahi terbengkalai sampai 1 minggu hanya gara²hal seperti itu. Kami mohon kepada pihak shopeefood agar memperbaiki sistem. Para driver sudah susah payah menunggu orderan, panas kepanasan, hujan kehujanan demi mencari rejeki untuk keluarga, tapi pihak shopeefood seperti menganggap sepele kepada para driver. Seperti konsumen yg seenaknya memberikan rating untuk driver ”pesanan tidak sampai dll”padahal konsumennya sendiri yg dihubungi tidak ada respon sehingga driver menitipkan pesanan ke security, tp driver yg disalahkan sehingga akun shopee driver ditangguhkan beberapa hari. Jd tolong lah kepada seluruh konsumen & pihak shopeefood untuk berlaku adil kepada seluruh driver. Bukan hanya untuk shopeefood tp untuk semua aplikasi lainnya. Krn seluruh driver sudah bekerja semaksimal mungkin utk mengantarkan pesanan dgn resiko yg tinggi ketika diperjalanan. “SEMANGAT UNTUK PARA PEJUANG RUPIAH”

      6
      17
  • 12 Desember 2023 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Shopee terhadap driver terlihat tegas. Giliran terhadap konsumen yang di tolak tidak tegas

    8
    10
  • 12 Desember 2023 - (22:27 WIB)
    Permalink

    mungkin jika shopee tidak memberikan, pihak merchant sebagai pihak yang “bersalah” bisa memberikan sedikit kompensasi kepada driver

    9
    22
    • 13 Desember 2023 - (06:48 WIB)
      Permalink

      itu sudah pasti saya pribadi lakukan, karena hati nurani pribadi.. Hanya yang perlu ditekankan bukan itu, tapi SOLUSI atas apa yang terjadi, kalau kompensasi dari merchant itu hanya sebatas saat itu, kalau terulang sama yg lain bagaimana ? yang harus dirombak adalah ketidakadilan..
      apakah semua merchant akan melakukan hal yang sama “memberikan kompensasi” ?
      itu juga saya katakan MENGAPA bukan saya sebagai MERCHANT yang Terkena SUSPEND ? kenapa DRIVER, bukankah itu seharusnya.. baca tulisannya sampai selesai
      kalau kebijakan ketidakadilan dibiarkan maka akan ada korban2 selanjutnya

      14
      2
        • 14 Desember 2023 - (09:14 WIB)
          Permalink

          iya kak.. saya juga harus lebih hati2 agar jgn sampai terulang, ini aja jualannya sempet saya stop.. krn merasa belum puas kalalu abang drivernya belum narik, alhamdulillah kemaren siang ada telpon dan email dari shopee pusat ke saya(dipalembang) dan sudah membuka akun si abang drivernya… dan membuat saya semangat lagi jualannya..

      • 14 Desember 2023 - (10:07 WIB)
        Permalink

        Benar adanya semua yg anda katakan, cz adik saya juga seorang driver shopeefood, dan sering mengeluh atas kejadian tsb. Lanjut di viralkan saja ke media TikTok/ YouTube bang kalau dari pihak shopeefood masah bodoh dengan apa yg sudah anda share saat ini

        1
        7
  • 12 Desember 2023 - (23:28 WIB)
    Permalink

    pkerjaan hrs pny sampingan yg laen. dlm arti pny lbh dari 1. hal itu dlakukan oleh orng yg sukses

    9
    1
    • 13 Desember 2023 - (06:57 WIB)
      Permalink

      driver itu juga kan itu pekerjaan, apa semua orang harus mempunyai pekerjaan lebih dari 1 pak ? hancur pabrik dan perusahaan2 kalau karyawan2 semuanya bekerja sebagai sampingan..hehehee

      6
      2
  • 13 Desember 2023 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Kenapa gak anda aja yang memberikan kompensasi ke driver? Kan kesalahan ada di pihak anda.

    3
    11
    • 13 Desember 2023 - (06:52 WIB)
      Permalink

      itu sudah pasti saya pribadi lakukan, karena hati nurani pribadi.. Hanya yang perlu ditekankan bukan itu, tapi SOLUSI atas apa yang terjadi, kalau kompensasi dari merchant itu hanya sebatas saat itu, apa tidak akan terulang sama yg lain?
      yang harus dirombak adalah ketidakadilan KEBIJAKAN atas ATURAN yang berlaku

      Apakah semua merchant akan melakukan hal yang sama “memberikan kompensasi” ?
      KENAPA Bukan MERCHANT yang kena SUSPEND (tidak bisa berjualan) 3 hari, mengapa DRIVERNYA ? Baca Artikelnya sampai selesai,, saya pun telpon ke SHOPEEFOOD KENAPA Bukan Saya YANG Di suspend

      itu juga saya katakan MENGAPA bukan saya sebagai MERCHANT yang Terkena SUSPEND ? kenapa DRIVER, bukankah itu lebih adil

      kalau kebijakan ketidakadilan dibiarkan maka akan ada korban2 selanjutnya

      • 14 Desember 2023 - (12:45 WIB)
        Permalink

        Andai saja semua resto seperti abang ini,, mau mempertanggung jawabkan kesalahan & punya hati nurani,, ”SEHAT & SUKSES SELALU BANG,, SALAM DARI BANDUNG”

        -istri driver ojol- ☺

        5
        8
  • 13 Desember 2023 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Memang begitulah si sapi, apa2 by sistem sampai kepala ga dipakai dipasrahi sistem.
    Padahal yang mantau sistem anak magang.
    Kan kocak.

    1
    7
  • 13 Desember 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    kayaknya sih menurut sistem merchant gak salah, tapi si driver jadinya disupend, yang patut dipertanyakan itu mengapa harus 3 hari dan lama banget, emang selama itu kah, pantesan SDMnya rendah untuk kasus seperti itu butuh waktu lama.

    1
    10
  • 13 Desember 2023 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Mudah²an dg adanya surat ini pihak shopee bisa merubah sistemnya.
    Soalnya walo resto ato merchant ato customer yg salah, tetep aja driver yg kena sangsi.
    Naek bandng juga percuma sebagian besar tetep ditolak walo udh dikasih bukti² yg valid.
    Semoga semakin banyak resto seperti ini yang mau membantu push ke pihak shopee, soalnya selama ini pihak resto/merchant cuma minta maaf doang ga lebih, malah banyak yg cuma diem seribu bahasa doang.
    3x cancel walo alasannya bener tetep kena suspen, kelamaan ke resto karena kena macet ato pas kena palang kereta ditutup pun kena suspen.
    Naek bandng tetep di tolak.
    Semoga bisa berubah sistemnya.
    Terimakasih buat abangnya yg udah bantuin drivernya, semoga sukses selalu usahanya.
    🙏🏼☺️🙏🏼

    3
    5
    • 14 Desember 2023 - (09:18 WIB)
      Permalink

      amin kak.. mungkin ini juga imbas kurangnya saya bersedekah.. jadi ditegur sama Allah SWT.. sama cuma belajar mencoba menolong yg saya bisa.. alhamdulillah kemaren pihak shopee pusat telp kesaya(palembang) dan membuka akun drivernya kembali… alhamdulillah rasa senang melihat abang drivernya bisa narik lagi

      • 14 Desember 2023 - (20:55 WIB)
        Permalink

        Alhamdulillah….
        Saya sebagai driver shopeefood dan atas nama rekan² driver yg lain mengucapkan teramat banyak terimakasih atas usahanya turut membantu.
        Sukses selalu dan semoga semakin ramai usahanya.
        Semoga bisa ditiru oleh resto dan merchant yg lain.
        🙏🏻🙏🏻🙏🏻

        3
        5
    • 14 Desember 2023 - (12:42 WIB)
      Permalink

      Betul sekali pak,, selalu driver yg disalahkan. Sampai ditangguhkan 3-7 hari. Dan itu berimbas kepada anak & istri/keluarga driver yg harus puasa sampai akunnya bisa aktif lagi. Ga adil rasanya pak 🥲

      1
      6
  • 13 Desember 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pembaca merasa tersentuh membaca artikel yang bapak tulis mengenai kekeliruannya. Semoga laris kedepannya ya pak dan diberikan solusi terbaik. Amiin

    • 14 Desember 2023 - (09:23 WIB)
      Permalink

      makasih kak… saya belajar agar tidak zhalim sama orang, meskipun mungkin saya pernah zhalim baik sengaja ataupun tidak, karena kebetulan kezhaliman ini jelas adanya.. saya mencoba membantu sebisanya, dan kemarin pihak shopee pusat telpon ke saya dan juga kirim email sudah buka akun driver tersebut.. makasih buat shopee juga, cuma saya balas emailnya hanya berharap jgn ada hal yg serupa terjadi kepada driver2 lainnya, dan shopee bisa merubah kebijakannya, harus melihat dari segala sisi keadilannya.. kalau pihak resto seperti saya sudah merasa bersalah, harusnya pihak shopee segera menindaklanjutinya secepatnya..makasih juga doanya kak..

  • 13 Desember 2023 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Driver makanan onlen pastinya selalu kerja di lebih dari satu kemitraan, kalau SF lagi disuspend, dia masih bisa terima kerjaan di GF

    • 14 Desember 2023 - (09:29 WIB)
      Permalink

      Biasanya iya kak.. cuma saya dengan di SF ini yang kencang,, di GF utk wilayah Palembang sendiri sulit kk.. saya aja di GF ada,, tapi sehari cuma kadang ada 1 atau 2 orderan bahkan tidak ada,,, tapi kalau di SF bisa 40 orderan.. cuma saya lebih suka kalau saya yg di suspend agar tenang hati saya kak.. tapi alhamdulillah kmrn shopee sudah buka akun drivernya jam 14:26 siang…

      Media Konsumen Indonesia ini sudah banyak dan banyak sekali membantu, dulu pernah kasus lain juga saya terbantu oleh media ini saya juga ikut di MEdia Konsumen Indonesia ini sudah hampir 7 tahun.. dan saya sangat2 merasa terbantu sekali.. Semoga Media Konsumen.com selalu terus berkembang dan maju

  • 14 Desember 2023 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Drivernya dihubungi kak, ditanya sehari penghasilan dari driver rata2 dapat berapa. Nanti dikali 3 hari. Itu kakak bayari sebagai kompensasi. Kalau kakaknya ada dana, paling ga hati tenang. Kalau ga ada dana ya minta maaf aja, khan kakak juga ga sengaja.

    Kalau masalah prosedur perusahaan shopee harus dirombak ulang sepertinya agak susah. Perusahaan pasti punya alasan sendiri terhadap SOPnya masing2.

    • 14 Desember 2023 - (09:11 WIB)
      Permalink

      iya kak.. hari itu juga saya kasih dengan perhitungan yg seperti ini.. krn saya juga belajar memposisikan diri sebagai orang lain.. mudah2an ini bisa menghapus dosa2 saya krn telah zhalim..

    • 14 Desember 2023 - (09:44 WIB)
      Permalink

      @Nurina,
      Bukan prosedur sistem nya yang dirombak. Memodifikasi sistem, cost nya besar.

      Tapi, CS nya diisi oleh orang2 yang paham untuk “problem-solving” jika ada kasus (contohnya seperti kasus TS ini dan banyak lainnya).

      Tambahkan (jika belum ada dalam existing-system), modul untuk forward kasus ke level lebih tinggi agar langsung diputuskan penyelesaiannya.
      Sistem memberikan batasan waktu respon untuk atasannya. Jika melebih waktu, sistem menyimpan histori reaksi Atasan tsb.

      Seringkali kasus terjadi hanya diselesaikan “by sistem” dan hanya sampai di level CS operator saja.
      Tidak heran penyelesaian masalahnya hanya mengikuti output dari sistem.

      Terkesan bahwa pihak aplikator masih menganggap CS bagian yang kurang begitu penting.
      Pihak aplikator menganggap bagian CS cukup diisi orang2 yang hanya klak-klik sistem saja (mengikuti apa yang sudah didesain dalam sistem).
      Padahal bagian ini merupakan ujung tombak jika terjadi masalah antara user nya (baik mitra maupun customer) dengan aplikator.

      Mungkin seperti itu… 🙏

      • 14 Desember 2023 - (09:55 WIB)
        Permalink

        Tidak heran juga, banyak kasus yang diselesaikan oleh pihak aplikator setelah publikasi di medsos.
        Seharusnya, penyelesaian seperti ini menjadi PR prioritas buat aplikator.
        Turunkan persentase komplain yang dipublikasi ke medsos.

    • 14 Desember 2023 - (09:31 WIB)
      Permalink

      iya kak.. alhamdulillah sudah dihari minggu saat driver disuspend saya langsung berikan kompensasi.. sebelumnya drivernya menolak.. cuma saya bilang kalau anda ga terima saya malah tambah merasa bersalah.. alhamdulillah drivernya baik mau terima..
      kemarin juga jam 14:26 driver sudah bisa narik lagi… alhamdulillah senang liatnya

  • 14 Desember 2023 - (09:21 WIB)
    Permalink

    Gentle nya anda mengakui kesalahan sudah sangat keren sekali, dgn mengakui dan memposisikan anda sebagai driver sama dengan anda menghargai pekerjaan mereka.. Luar biasa sekali pa..semoga rejeki dan usaha yg anda jalankan sekarang makin laris pa.

    • 14 Desember 2023 - (09:33 WIB)
      Permalink

      amin pak.. saya bnyk belajar dari driver juga yg kerja 24 jam,, sementara saya masih tdur terpulas saat mata mereka terjaga untuk mencari nafkah.. semga kk juga rezekinya dimudahkan dan dilancarkan dan kesalahan ini tidak saya ulangi lagi

      • 14 Desember 2023 - (09:40 WIB)
        Permalink

        ksus ini lbh mnarik lagi
        “kurir shopee tidak profesional,paket gagal kirim”

        kurir g pny plsa🤣

        8
        1
  • 14 Desember 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Setuju juga, klu kesalahan di merchant harusnya merchant yg diberikan teguran… Bukan malah driver yg di suspend… Krn sudah jelas driver menjalankan pesanan dan ternyata tutup. Jadi bukan kesalahan driver donk

    2
    1
    • 14 Desember 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Sudah sering seperti itu bang,, resto tutup tapi diaplikasi buka, alhasil akun driver langsung di suspen 3-7 hari

      1
      6
  • 14 Desember 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Mau shope food. Mau shope online, mau spx. Mau shope voucher
    Smua pd mslh
    Emank bnr kurir shopee tidak profesional paket gagal kirim

  • 14 Desember 2023 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Hebat ya akun driver nya, bs sampai 3x lbh berturut-turut gtu dapat orderan di resto yg sama nya. Dr sekian banyaknya driver shopeefood, knp dr 3x lbh orderan yg masuk ke restonya dapat drivernya dia2 jg, secara berturut2 lg?? Normalnya mah dr 3 orderan yg masuk pasti dapat drivernya beda2. Sekedar info aja, banyak driver2 shopeefood yg bertindak curang (melanggar kode etik) yaitu dgn cara menggunakan aplikasi mod, tuyul dan fake gps yg bs membuat akunnya menjadi gacor dan menjadi prioritas dlm mendapatkan orderan di resto2 incarannya. Menurut saya sih akun drivernya itu ditahan (suspend) bkn hanya semata2 karna mengcancel orderan atau meminta orderannya dicancel karna restonya tutup tp bs jg karna sistem shopee mendeteksi dia melakukan pelanggaran kode etik seperti yg sdh saya sebutkan diatas, terdeteksinya dari mendapatkan orderan 3x berturut2 di resto yg sama dan jg 3x orderan berturut2 yg masuk ke restonya.

    • 14 Desember 2023 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Maaf kk.. itu jam nya dini hari(larut malam), dia dapat 3 x diresto saya.. 1 kali ada driver lain yg dpt..
      pukul 00:56 dapat ke driver itu, dibatalkan 01:25
      pukul 01:53 didapat driver lain, dibatalkan 01:59
      pukul 04:27 didapat driver itu lagi, dibatalkan 04:38
      pukul 04:53 didapat driver itu lagi, dibatalkan 05:04

      dan saya rasa wajar kalau ybs masih terkena orderan resto saya terus, krn jarak lokasi saya dan rumahnya tidak terlalu jauh, dan belum lagi waktunya sangat Larut (Dini Hari sampai Fajar) dan kalau saat dini hari di Palembang jarang ada Driver yang mau Narik

    • 15 Desember 2023 - (08:24 WIB)
      Permalink

      Loh loh loh.. Koq jadi suudzon gitu? Situ kalo ojol udh ngojol berapa tahun? Atau jadi driver SF udh berapa lama? Masa kaga ngarti sistem orderan shopee.. 🤦‍♂️🤦‍♂️

 Apa Komentar Anda?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Mohon Shopee Food Berlaku Adil kepada Driver atas Kesalahan Saya Sebag…

oleh Abdurrahman Abdurrahman dibaca dalam: 1 menit
49