Pembatalan Tanpa Konfirmasi Flash Sale Advan Official Store dan Kesimpulan Sendiri dari CS Tokopedia

Sebelum 12.12, saya sudah mempersiapkan amunisi dan semangat begadang untuk ikut berpartisipasi belanja di Harbolnas. Saya menahan hasrat agar tidak menghabiskan saldo dan Gopay coin agar bisa membeli barang di Harbolnas tersebut.

Gambar di bawah adalah harga produk dan dapat kita lihat bahwa produk tersebut terbatas. Sementara pada harga Rp 4.999.999 setelah diubah, toko tidak ada batasan item yang dijual.

Waktu menunjukkan pukul 00.00 WIB 12 Desember 2023, Harbolnas resmi dimulai. Ribuan produk diskon dan flash sale membanjiri war discount 12.12 Tokopedia.

Karena tidak dapat produk special war discount 12.12 yang pada malam itu TV Samsung berukuran 55″, akhirnya saya memutuskan untuk melihat produk flash sale Tokopedia dan menemukan laptop dengan harga yang cukup menggiurkan. Yaitu laptop ADVAN Notebook Laptop Workpro Intel I5 14” FHD IPS 8GB 256GB Win 11 – Gold dari toko Advan Official Store dengan harga Rp. 455.500,- (Empat Ratus Lima Puluh Lima Ribu Lima Ratus Rupiah).

Tanpa menunda-nunda, saya langsung melakukan checkout barang tersebut karena produk tersebut terbatas di etalase. Saya tidak tahu pastinya berapa yang dijual flash sale, yang jelas produk tersebut ada batasan kuantitasnya di promo tersebut.

Betapa bahagianya saya ketika berhasil melakukan checkout dengan total pembayaran sejumlah Rp. 512.600,-. Sangat bersemangat, saya sampai lupa mengubah alamat pengiriman ke alamat rumah kakak saya.

Pada malam itu, saya cukup bahagia karena seumur hidupku berbelanja online dan mengikuti war serta flash sale, akhirnya malam itu saya bisa menebus produk yang saya butuhkan dengan harga terjangkau. Tidur nyenyak malam itu, tapi semua kebahagiaan itu sirna setelah jam 11.41 admin dari Advan Official Store meminta saya membatalkan transaksi tersebut karena kesalahan menulis harga.

What?!! Emang waktu menulis harga tidak diperiksa dulu sebelum diterbitkan? Alasan kesalahan tulis harga yang seharusnya Rp 4.999.000 jadi Rp 455.500 itu tidak masuk akal. Kalau harga Rp 499.900 bisa jadi salah input, korelasi 9 salah jadi 5 itu bagaimana ceritanya? Di keyboard QWERTY, angka 5 di tengah, angka sembilan di ujung kanan, jadi salah memasukkan harga itu bukan alasan.

Karena Advan sepertinya tidak mau mengirim barang checkout saya, saya mencoba menghubungi bantuan Tokopedia Care. Namun, sayangnya, CS Tokopedia membatalkan transaksi atas kesimpulan CS itu sendiri, tanpa mencari solusi yang melindungi hak-hak konsumen. Seolah CS tidak peduli atas kerugian waktu, uang yang tertahan, dan kekecewaan yang konsumen alami, dan seolah membiarkan penipuan flash sale tersebut tanpa ada sanksi.

Kepada Advan, tolong berbisnis yang bertanggung jawab. Kalau tidak sanggup buat flash sale, jangan buat flash sale. Kalau kalian salah menaruh harga, setidaknya bertanggung jawab atas kesalahan Anda sendiri.

Kepada Tokopedia, tolong yang berbuat curang di-ban untuk tidak bisa berjualan di Tokopedia selama periode waktu tertentu, agar menjadi efek jera supaya berhati-hatilah dalam membuat harga dan promo.

Saya tunggu jawaban dari kedua belah pihak, Advan Official Store dan Tokopedia.

Harto Sijabat
Siak, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Pembatalan Tanpa Konfirmasi Flash Sale Advan Official Store dan Kesimpulan Sendiri dari CS Tokopedia

  • 13 Desember 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Seenaknya minta transfer selisih harga, itu bisa aja mau menipu (bodo amat mo status official kek). Kalau ada pembeli yang transfer ke rekening diluar invoice, kalau ada kendala/dibatalkan, uang yang balik hanya sejumlah invoice.

    • 13 Desember 2023 - (16:32 WIB)
      Permalink

      kirim surat kapan ka ?
      koq saya kirim surat dari beberapa hari blm ditayangkan juga ya
      gmn nih min media konsumen

      • 14 Desember 2023 - (00:42 WIB)
        Permalink

        Ini memang akal -akalan Advan aja buat naikin trafic, Samsung jualan TV dari 5jt ke 1jt aja kayaknya gak ada yg komplen ya?

      • 14 Desember 2023 - (03:29 WIB)
        Permalink

        Kalau gak salah saya nulisnya di tanggal 12.12 pukul 9 malam kak. Masih hangat2nya lah kak, posisi masih emosi bercampur aduk dengan kekecewaan.
        🤣🤣🤣🤣

      • 16 Desember 2023 - (05:45 WIB)
        Permalink

        Saya sudah gak terlalu percaya sama advance, barang yang di jual suka cacat katanya memang dari sananya seperti itu, beli HP, tablet 3X , layarnya ada spot dent titik putih, di bilang normal, pernah ke service center di bilang maaf gak bisa di benerin karena gak pernah megang produk itu, ada teknisinya bilang gitu…,

    • 14 Desember 2023 - (03:18 WIB)
      Permalink

      Nah itu juga yang perlu di waspadai kak, habis kirim uang diluar toped, barang gak di proses pulak, apa gak hancur.

  • 13 Desember 2023 - (16:13 WIB)
    Permalink

    Kasus seperti ini mungkin kurangnya koordinasi antara penjual (advan) dan toped sendiri. Mungkin saja toped memang mengadakan flashsale produk advan dengan selisih biaya ditanggung toped. Cuma mungkin advan tidak mengerti dan tidak mau rugi, nah terjadilah kasus ini.

    • 13 Desember 2023 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Kayaknya nggak sekedar masalah koordinasi.
      Setahu saya, untuk ikut flash-sale ada tahapannya.
      Mulai dari mendaftarkan produk, menentukan diskonnya, dll.
      Setelah itu, menunggu proses seleksi dari Tokped.

      Yang ditanggung Tokped itu dalam bentuk voucher (ditanggung penuh atau sebagian).

      Kejadian seperti ini (alasan salah harga) sudah sering terjadi dan masuk MK.
      Tokped sepertinya menikmati juga alasan salah-harga ini (??)
      Mungkin lumayanlah, flash-sale jadi rame… Toko jadi nggak rugi, promo murah-meriah modal ngeles aja.
      (gak perlu budget gede buat promo).
      Semua hepi…. pengunjung flash-sale jadi memble…

      Kasus2 kayak gini perlu diviralkan.
      Supaya Tokped sadar, kepercayaan orang lama2 jadi turun.

    • 14 Desember 2023 - (03:23 WIB)
      Permalink

      Emang niatnya mau nipu aja kali kak, karna tokopedia sudah buat aturan2 flash sale. Tapi karna seler gak maur keluar biaya ya gini jdi nya, iphone 15 harga 12 ribu aja gak ada komplainan kok di mk, berarti iphone nya real di kirim kan. Nah si advan ini kayaknya emang sengaja mau nipu, mungkin mau naikin trafik pengunjung tokonya tanpa modal, siapa yg tau.

  • 13 Desember 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Kayaknya emang kesalahan harga alias drama.Itu yang cek out bisa ratusan orang bahkan ribuan saat itu.Jadi inget fs iPhone 14 harga Rp900ribuan di Blibli.Ternyata drama juga.

  • 13 Desember 2023 - (20:51 WIB)
    Permalink

    YLKI harusnya memantau lebih intensif kegiatan ecomm seperti ini. Sudah sering terjadi (kalau bisa dikatakan PENIPUAN) kayak gini. Produk yang tidak sesuai, salah input harga, atau yg paling kasar beli laptop dapat bata. Dan yang mirisnya selalu saja konsumen yg dirugikan. Kalau memang YLKI atau lembaga sejenisnya tidak bisa hadir dalam kasus2 yg merugikan konsumen, buat apa lembaga tersebut ada?
    Sebagai konsumen yg dirugikan, kita tidak berbicara sebatas nilai transaksi, ada beberapa hal yg tidk ternilai yg seharusnya menjadi perhatian. Kerugian waktu dan emosional kita mau diganti dengan apa? Secara pribadi, sy bisa memaklumi kegalauan bapak Harto Sijabat, dan semoga ini mendapat kan perhatian khusus dari aplikator dan seller. Kita ini manusia, bukan robot yg tidak punya emosional!

  • 14 Desember 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    tampak nya bkn kesalahan harga , krn mrk masih memaksa kirim gift card . bahkan masih memaksa untuk bayar kekurangan nya

    advan di tandai saja brand nya

    • 14 Desember 2023 - (08:41 WIB)
      Permalink

      dan salah tulis harga , kok bs ikut flash sale war , bkn nya ada bbrp tahap klik ya sblm ikut war , salah harga salah klik nya bs bbrp kali

  • 14 Desember 2023 - (10:30 WIB)
    Permalink

    Ts tenang saja tidak usah khawatir, nanti pasti dikasih voucher oleh toped untuk beli itu laptop dgn harga 400rb an, toped br dapat transferan dr tik tok puluhan trilyun, kl cuma segitu kecil. Meski yg beli ratusan seperti yg saya lihat, dikasih semua itu nanti.

  • 14 Desember 2023 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Harga offline toko di pulau jawa itu, 4.178.000 blm dinego. Paling mentok dpt diskon 50rb.
    Ngibul tuh adminnya “harga terbaik” tp msh getok 4,5jt.
    Adminnya kurang jln2 ke lapangan. Malas gerak 😂

    • 15 Desember 2023 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Sebenrnya saya mau ikutan juga kak.cuma pas pembayaraan sya chat dl advan nya.gak dijawab2 walaupun posisi admin nya online.dr situ dah ketauan gimmick.dripada kena prank dan uang ntr ngendep ke saldo tokped ngenakin pihak tokped.makanya gak sya bayar.sekarang tokped mau dia official seller nya.dah gimmick semua promo nya.klao barnag receh gak gimmick.kalo barnag nilai gede 99% gimmick

      1
      1
  • 14 Desember 2023 - (17:34 WIB)
    Permalink

    FS toko ijo & oren memang ngadi2. Masih mending FS toko biru. Cuma ya itu barang yg di-sale nggak ada yg menarik.

  • 14 Desember 2023 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Yang berbentuk mall pasti walau salah dilindungi semoga cepat terselaikan mslhnya…. Dan pernah baca jga di media konsumen flash sale dpt HP infinix klo nga salah ,nga dikirm2 sampai batal otomatis, setelah update kesini pihak infinix menghubungi coustumer dan memberikan kompensasi dr hrga HP untuk cekout lagi produknya

  • 18 Desember 2023 - (04:52 WIB)
    Permalink

    Alasan salah harga sudah sangat sering dipakai penjual marketplace yang tidak siap dengan antusias gelaran tanggal kembar. Biasanya malah dilakukan brand besar, mungkin karena ternyata orderan masuk melebihi budget promo mereka.

 Apa Komentar Anda mengenai flash sale Tokopedia?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Tanpa Konfirmasi Flash Sale Advan Official Store dan Kesimp…

oleh eNdson dibaca dalam: 2 menit
28