COD Shopee J&T Sudah Terkirim dan Dibayar Pembeli, Lalu Dibilang Hilang dan Diganti Seenaknya

Toko kami pada tanggal 3 Desember 2023 mendapat pesanan COD lewat toko Shopee. Kurirnya Shopee perintahkan kirim lewat J&T. Tanggal 7 Desember, dalam detail pengiriman, dalam perjalanan ke rumah pembeli. Sampai tanggal 15 Desember ternyata status tidak berubah-ubah.

Kami berinisiatif mengirim pesan WhatsApp ke pembeli untuk memberi tahu bahwa barang sudah diterima 1 minggu yang lalu (kami lampirkan chat di WA dan Chat di Shopee Chat). Kami melaporkan ke CS Shopee. Ternyata tanggal 16 Desember 2023 jam 19.28 tiba-tiba dibilang HILANG barangnya.

Pembeli sudah terima barang dan membayar barang, ongkos kirim, dan biaya COD. Dibilang hilang begitu saja dan diganti cuma 50% (ada di lampiran buktinya). Maaf ini masuk Penipuan. Karena fakta berbeda dengan yang Shopee infokan.

Willy
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “COD Shopee J&T Sudah Terkirim dan Dibayar Pembeli, Lalu Dibilang Hilang dan Diganti Seenaknya

  • 18 Desember 2023 - (14:47 WIB)
    Permalink

    Wah ini modus baru lagi kah, kok enak tinggal bilang barang hilang, kemudian cuma ganti ongkir saja,yg gak beres yg mana expedisi atau pihak SH****nya ..padahal dilihat dari chat pembeli sdh terima dan bayar barangnya…

    4
    13
    • 19 Desember 2023 - (03:11 WIB)
      Permalink

      Matikan cod. Sya dulu kl terima orderan cod ngeri2 sedap. Sekarang sudah tak matikan di semua mp.

      1
      15
    • 19 Desember 2023 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Q pernah jga loh bang termasuk orang yg beruntung, 3 x dpt barang gratisan dr hrg 70 120,trahir 250 sama kasusnya spt itu, cuma bedanya q bayar tfr barang lama sampe hinga masa estimasi brahir, nga lama barang dinyatakan hilang dana dikembalikan ke saldo. Brpa hari barang dianter wkwkk klo bgini siapa yg salah

      1
      5
  • 18 Desember 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Terimakasih gan sudah share… Pengalaman dan modus baru kurir nakal j&t nya, barang cod dibayar sesuai nominal sama buyer tp sama kurir laporan blm dikirim karena duit setoran cod diembat sendiri Mayan 1jtan nilai nya dan laporan barang hilang kurir ganti ke perusahaan cmn 10x dr ongkir sebesar 600k an jd kurir cuan 400k an…

    Terimakasih share nya modus kurir nakal baru nya.

    8
    12
    • 19 Desember 2023 - (14:14 WIB)
      Permalink

      Pihak Expedisi dan Shopee ampun.sampai capek hubungi CS nya. Ke sana juga di pingpong lempar² tanggung jawab
      😪

      • 20 Desember 2023 - (05:19 WIB)
        Permalink

        Saya kasih tau bang.. Saya juga kurir di salah satu ekspedisi.. Untuk permaslahan abang.. Itu yang salah murni pihak kurir nya bang.. Itu uang cod nya emang sengaja di sikat sama tu kurir.. Lalu dia laporan barang hilang otomatis yang ganti itu mah pihak ekspedisinya karena kan pakek asuransi.. Skrng banyak kurir yang kek gitu bang.. Muter uang cod.. Temen gua juga ada yg kek gitu.. Tapi besok nya udah di serah terima sama dia.. Kalau untuk kurir pada kasus abang sih itu bangsat namanya awkwkwk.. Proses aja bang.. Uang 1juta lebih itu banyak loh.. Abang dtg ke jnt terdekat lalu abang critain kronologi smuanya.. Entar pihak jnt cbg rumah abang akan menghubungi jnt cbg kota penerima.. Nah nanti ktmu dah kurir yg nakal nya.. Abang jan nyalahin shopee nya.. Shopee mah kgk tau apa”.. Dia dpt info dri ekspedisi kalau barang hilang ya jelas nerima bang..

        3
        2
    • 20 Desember 2023 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Wow… Enak banget anda asal tuduh
      Mana ada kurir ganti 10* ongkir ke perusahaan klo barang ilang… Klo ada pada seneng orang jadi kurir…. Klo kirim barang mahal tinggal alasan ilang aja, trs ganti deh 10* ongkir

      Nih gue kasih tau sebagai orang yg bekerja sebagai kurir.
      Klo ada paket hilang, kurir wajib mengganti full 100% dari nilai kehilangan kepada perusahaan plus akan mendapat kan penalti dari perusahaan.
      Jangankan hilang, barang rusak pun klo pembeli komplen, kurir kadang harus ganti kepada perusahaan.

      Nah kenapa paket sering hilang? Karena daerah pengantaran kurir umumnya dalam gang- gang sempit, sehingga terpaksa meninggalkan paket jauh tanpa pengawasan. ( ga percaya? Liat aja kurir di daerah anda, sering ninggalin paket atau engga ? ?

      Nah mungkin untuk kasus penulis, paketnya ada yg ambil atau temuin dan ketika penemu paket melihat bahwa itu paket cod, maka penemu paket mengantarkan langsung ke pembeli. Dengan harapan mendapatkan uang cod.

      Memang ada oknum kurir yg suka embat paket tp itu jarang krn rugi, gaji tetap dipotong dan dipecat juga.

      Mengenai penggantian 10*ongkir ke penjual, itu kan yg ganti perusahaan aplikator dan bukan kurir yg bersangkutan.

      2
      5
  • 19 Desember 2023 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga seller dan ingin berbagi pengalaman juga. Hampir setiap minggu mengalami hal begini, sampai cape komplen, saat ini aja kurir sicepat yg lagi saya adukan. Memang ini modus yg sudah lama dipakai para oknum kurir, menggelapkan uang cod dengan cara memanipulasi status pengiriman, saya pernah sampai diretur amplop kosong, padahal paket dah diterima dan dibayar pembeli. Di semua jasa kirim ada oknum seperti ini. Minggu lalu saya sampai ‘ancam’ shopee dan jnt akan tempuh jalur hukum dan alhamdulillah akhirnya dibayar full. Memang salah satu cara paling aman kita pakai asuransi, tapi ini juga dilema krn di shopee seller dikenakan biaya tambahan 0,5% beda dengan di toped pembeli yg dikenakan. Saran saya lawan terus gan, jangan mau menyerah, up terus kasus ini di sosmed. Jnt takut kok sama sosmed, karyawanya pernah chat saya mohon2 jangan up di sosmed, pusat bisa murka klo di up ke sosmed 🤣🤣

    8
    9
    • 19 Desember 2023 - (09:38 WIB)
      Permalink

      Wahh pernah juga ya agan. Gila masak J&T banyak yg seperti ini.
      Trks infonya agan

    • 20 Desember 2023 - (23:40 WIB)
      Permalink

      Kalo anda pikir kiriman COD seringkali bermasalah. Ya tutup aja layanan COD ditoko anda.. Kan selesai masalahnya

      Asal anda tau.. Bagi kurir paket COD itu merepotkan.

      Pertama. Pembeli sering tidak ada ditempat dan tidak titip uang
      Jadi kurir harus bolak balik

      Kedua, upah yg diterima kurir itu sama aja untuk paket COD maupun non COD tapi repotnya beda

      Ketiga, pembeli sering beralasan tidak ada uang, sehingga paket hrs dikembalikan… Ini kurir ga dapet upah loh

      Keempat, kurir harus menyetor uang COD di hari yg sama dan kebetulan ditempat gue bekerja itu ga ada kasir, jadi uang COD wajib transfer ke perusahaan di hari yg sama.
      Bayangin klo COD nya banyak, uang nya banyak yg kecil atau jelek… Itu kurir harus cari tukeran dulu tiap malem buat disetor lewat ATM

      NAH mengingat kesusahan ini, klo anda me non aktifkan layanan COD di toko anda, gue rasa malah lebih baik

      2
      1
  • 19 Desember 2023 - (10:11 WIB)
    Permalink

    Kami udah tanya di chat shopee. Karena mau komunikasi perihal brg hilang tersebut.

    2
    1
  • 19 Desember 2023 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya jualan hp di shopee, kirim via jnt reguler sama beli asuransi.
    Barang hilang diganti cm 10% ongkir.
    Saya komplain shopee katanya tidak ada asuransi pengiriman, akhirnya saya balik lagi ke tempat drop paket minta resi & bukti ada asuransi. Trus saya komplain ke jnt pusat, jawaban nya sama bilang tidak ada asuransi.
    saya minta cek lagi akhirnya baru bilang ada asuransi.

    Habis itu baru diganti dana full. Dan itu jg harus dikomplain berkali2 baru dibalikkan dananya.

    2
    9
  • 19 Desember 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Saya pernah mengalami hal yg sama, tapi Alhamdulillah nya dulu saya di ganti full.
    Sekitar th 2018-2019’an. Total pesanan sekitar 1,9jt barang sudah sampai dan cust sudah bayar tapi status pengiriman nya masih dalam pengiriman. Tapi Alhamdulillah dari pihak shopee dan expedisi bertanggung jawab dan di ganti full, tapi lumayan lama nunggu nya sekitar 2 bulan baru di ganti.

    1
    5
  • 19 Desember 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Saya ikut prihatin dengan kasus yg menimpa saudara, tetapi kita tidak boleh berburuk sangka terlebih dahulu ,karena menurut sya itu tidak mungkin dilakukan oleh pihak kurir j&t ,karena setiap ada paket /barang yg hilang maka sang kurir akan mendapatkan denda seharga barang + denda ptmp yang harus dibayar sekitar300-500 rb an ,, kenapa saya bisa bisa berpendapat begitu ,karena saya sendiri kurir j&t ,, salam sejahtera dari j&t express kota pati

    2
    3
    • 19 Desember 2023 - (23:20 WIB)
      Permalink

      Makanya buat kurir kalau barang sudah di delivered, langsung di sistem foto dan diterima. Jangan dibiarkan gitu.

      2
      4
      • 20 Desember 2023 - (05:37 WIB)
        Permalink

        Itu sudah tentu kak, karena kerja kami ditarget dari atasan paket harus clear 1 hari ,karena harus mengejar rate delivery,, tetapi paket yg los scan / tidak ada datanya harus menunggu tembak scan deliv dari admin

        1
        2
      • 20 Desember 2023 - (18:17 WIB)
        Permalink

        Sistem jnt, jam 12 udah harus selesai wkwk. Gatau mau tau kendala apapun. Makanya banyak yang sukseskan di ujung hari.

  • 19 Desember 2023 - (23:19 WIB)
    Permalink

    saya juga kemaren tanggal 18 Desember 2023
    mengalami kejanggalan saat mengirim
    pesenan,setatus di pelacakan pesenan keteranganya pelanggan menolak pembayaran COD,trus saya hubungin ke pembelinya dan ternyata paketnya sudah di terima,nah si pembeli tadi mengirim vidio unboxing bahwasanya isi paket kosong(hilang).
    dan yang anehnya si pembeli bisa menerima paket tanpa membayar ke kurir,padahal itu sistim COD.
    saya merasa kayak di permainkan oleh kedua orang tersebut,bisa di pastikan kurir sama pembeli saling kenal(bertemen deket).
    dan sekarang saya lagi masa proses melaporkan ke pihak shopee.

    3
    4
  • 20 Desember 2023 - (02:44 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya sbg penjual di s**** dan menggunakan jasa kirim J&t memang selalu bermasalah, dari mulai paket returan tdk di serahkan ke penjual, paket yg gagal kirim setelah berhari² resi tdk update.
    Complain langsung ke pihak agen terkait tdk di tanggapi dan coba langsung ke j&t pusat nya pun ttp tdk pernah ada solusi.
    Harusnya dari pihak J&T ada evaluasi unt kurir² yg bermasalah (nakal) jangan di biarkan terus menerus dan terkesan memberikan support atas tindakan²nya.
    Kedepannya semoga pihak J&T bisa lebih amanah dan tdk ada lagi penjual/pembeli yang di rugikan.

    • 20 Desember 2023 - (05:24 WIB)
      Permalink

      Wkwkw ini mah emng kek gitu.. Dtng ke kantor jnt nya kak nanti bakal banyak paket return dari shipeer yang di simpen.. Awkwkwk ditimbun biar beranak katanya awkwk

      • 20 Desember 2023 - (05:28 WIB)
        Permalink

        ini mah masalah orang gudangnya wkwk. gatau juga sistemnya gimana.
        mau sekalian angkut dalam sebulan apa gimana,🤣🤣

  • 20 Desember 2023 - (09:32 WIB)
    Permalink

    Saran sih untuk seller yg jualan barang dengan harga yg lumayan mendingan nonaktifkan COD dan setiap pengiriman resi bagian bawah (keterangan produk) digunting untuk bukti jika terjadi gagal kirim agar lebih mudah mengajukan komplain ke jasa pengiriman

  • 22 Desember 2023 - (06:43 WIB)
    Permalink

    Jika tiktokshop gak buka lagi jnt bakal gulung tikar. Hal penanganan delive dan retur..SPX, JNE, NINJA, itu jauh lebih baik dr jnt.

 Apa Komentar Anda?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

COD Shopee J&T Sudah Terkirim dan Dibayar Pembeli, Lalu Dibilang …

oleh willy dibaca dalam: <1 menit
28