BNI & JCB Tidak Konsisten dalam Merealisasikan Promo Kartu Kredit BNI JCB Ultimate

BNI & JCB merilis kartu kredit JCB Ultimate pada tanggal 21 September 2023 dengan memberikan opsi welcome bonus dan spending rewards yang sangat menarik, seperti:

  • Welcome bonus 3 juta
  • Spending rewards berupa tiket pesawat atau cashback dengan nominal 15 juta rupiah.

Pada saat saya apply pada malam rilis, yaitu 21 September 2023, untuk welcome bonus 3 juta, syarat dan ketentuannya adalah sebagai berikut:

“Cashback Rp 3 Juta dengan minimum transaksi Rp 10 juta sekali transaksi/struk pada bulan pertama sejak kartu kredit disetujui”

Berikut adalah bukti bahwa saya mengajukan kartu kredit di malam kartu rilis dan di-approve pada keesokan harinya. Seharusnya saya ikut, dan BNI harus menepati/memakai syarat dan ketentuan pada saat pengajuan, bukan malah menerapkan peraturan baru kepada saya yang sudah mengajukan lebih awal.

Untuk sekarang, saya sudah beberapa kali menghubungi customer service mengenai welcome bonus ini. Berapa kali mereka meminta bukti screenshot karena menurut mereka selalu ada klausa “Transaksi Pertama” di syarat dan ketentuan yang mengharuskan transaksi 10 juta di transaksi pertama setelah pengajuan kartu kredit.

Mereka bahkan meminta saya untuk kirim screenshot membuktikan bahwa syarat dan ketentuan yang saya lihat pada saat pengajuan tidak memiliki klausa “Transaksi Pertama”. Tetapi setelah saya kirim bukti email di atas, email/interaksi saya dengan BNI seperti tidak diperhatikan lagi.

Customer service hanya membalas dengan menyatakan bahwa belum ada jawaban dari PIC dan tidak memberikan estimasi lebih lanjut kapan akan dapat jawaban. Ini sudah berlalu lebih dari 3 bulan lebih, dan cashback yang dijanjikan 60 hari kerja belum masuk sampai sekarang. Customer Service agent juga tidak konsisten; ada yang mengabarkan bahwa saya sudah memenuhi syarat, ada yang mengabarkan tidak tahu, dan ada juga yang mengabarkan bahwa saya tidak memenuhi syarat.

Sampai detik ini, jawaban tetap sama yaitu, belum ada jawaban dari PIC dan tidak ada yang CS atau saya atau siapapun bisa lakukan.

Untuk masalah kedua:

Spending rewards: Tiket PP bisnis Jakarta – Tokyo dengan syarat:

  1. Minimum spend per bulan 50 juta selama 3 bulan
  2. Akumulasi spend selama 3 bulan 200 juta

Karena saya baru menerima kartu saya di bulan Oktober. 3 Bulan yang saya jalani atau harusnya 3 Bulan yang semua bisa jalani pertama adalah Oktober, November, Desember.

Pada saat pertengahan Desember, saya sudah memenuhi semua syarat tetapi tidak diperbolehkan klaim karena harus menunggu sampai Januari karena 3 bulan harus berakhir. Saya mengerti dan menunggu sampai Januari 1.

1 Januari 2024 00:01 AM, saya kembali menghubungi BNI karena saya jujur takut akan kata-kata kuota dan saya mau menjadi yang pertama untuk klaim spending reward ini. Anehnya, customer service yang menangani saya (saya menelpon beberapa kali) bilang bahwa sedang maintenance dan tidak bisa klaim, dan coba lagi di jam 6, 7, atau 8 pagi.

Pada pukul 7 pagi di hari yang sama, saya menelpon dan dibantu dengan agent menghitung manual syarat dan ketentuan dan memastikan saya memenuhi semua nominal dan syarat yang ditentukan BNI. Pada saat pembuatan pelaporan, CS dengan lantangnya mengatakan jika saya sudah memenuhi syarat dan ketentuan dan akan dihubungi secepatnya 4 hari.

Setelah 4 hari tanpa jawaban, saya kembali menghubungi BNI, dan dikatakan bahwa saya masih dalam antrian penanganan dan masih belum pasti eligible untuk program ini. (Padahal sebelumnya sudah dikonfirmasi eligible, dan padahal untuk proses pembuatan tiket klaim, CS harus memastikan bahwa syarat dan ketentuan sudah terpenuhi). Estimasi pun dinaikkan menjadi 30 hari/1 bulan.

Pada hari ini (12 Januari), saya kembali menelpon lagi karena saya takut kasus saya spending rewards ini menjadi seperti sama dengan welcome bonus yang hanya terus dibilang sedang ditangani tanpa ada estimasi waktu penanganan.

Ternyata benar, CS mengabarkan bahwa kuota habis untuk klaim setelah tanggal 11 Januari 2024. Tetapi ketika saya menanyakan apakah berarti klaim sebelum 11 Januari termasuk kuota, CS tidak bisa merespon dan hanya mengulang kata-kata seperti berikut.

“Kita sedang menunggu jawaban dari PIC dan belum ada jawaban dari PIC untuk sekarang. Jika ada jawaban, kita akan segera kabari bapak.”

Kata-kata ini sangat tidak asing di telinga saya mengingat tidak ada kasus saya yang selesai dan hanya disuruh menunggu tanpa ada estimasi waktu lebih lanjut. Saya juga bertanya apakah ada batasan wajar berapa lama PIC harus menjawab, contohnya seperti 1 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. PIC tidak menjawab akan ditindaklanjuti, tetapi ternyata tidak, menurut CS, PIC bisa dan boleh untuk tidak menjawab email, dan kita sebagai konsumen hanya bisa menunggu tanpa ada estimasi yang pasti. Estimasi pun kembali dinaikkan menjadi 60 hari kerja.

Saya juga mendapatkan berita dari beberapa orang yang sudah mendapatkan WA untuk konfirmasi tiket pesawatnya, dan saya tanya pada mereka kapan mereka klaim, dan semua klaim di antara tanggal 1 dan 2 Januari dan semua di atas jam 9 pagi.

Saya jadi bingung, apakah BNI tidak memproses klaim berdasarkan kapan klaim itu masuk? Karena jika seperti itu, kenapa yang klaim lebih baru malah diproses lebih dulu.

Karena program ini tiba-tiba ada “KUOTA”, apakah tidak secara logis lebih baik jika memproses siapa yang klaim terlebih dahulu? Apa poinnya kita klaim cepat-cepat jika proses klaimnya acak?

Ricky Septiawan
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “BNI & JCB Tidak Konsisten dalam Merealisasikan Promo Kartu Kredit BNI JCB Ultimate”

Menanggapi keluhan Bapak Ricky Septiawan di www.mediakonsumen.com pada tanggal 13 Januari 2024 berjudul “BNI & JCB Tidak Konsisten dalam Merealisasikan...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “BNI & JCB Tidak Konsisten dalam Merealisasikan Promo Kartu Kredit BNI JCB Ultimate

  • 13 Januari 2024 - (21:46 WIB)
    Permalink

    Sedih bacanya. Padahal Semua sudah terpenuhi. Mhon kerjasamanya BN* DAN JC*. Menurut aku dia adalah customer yang Setia.

    4
    2
  • 14 Januari 2024 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Saya ngak pernah percaya program gini, to good to be true. Karna ada syarat bintang2 yg tidak di sampaikan. Makanya saya malas apalagi jcb promo kadang ngk jelas.

    1
    1
  • 14 Januari 2024 - (12:33 WIB)
    Permalink

    Penulis disini.

    Hari ini saya dihubungi oleh Pihak BNI Kartu Kredit. Apakah saya shock ? Ia, ini pertama kali saya di hubungi oleh PIHAK BNI, biasanya selalu saya yang menghubungi tanpa ada telepon balik dari BNI.

    Apakah konten teleponnya memuaskan? Tentu saja tidak, customer service hanya mengulang kata kata yang sama dan mengulang akan di eskalasi , urgent, konfirmasi balik dengan PIC, lagi lagi tanpa ada konfirmasi estimasi waktu. Sekali lagi tidak ada yang berbeda dengan telepon telepon sebelumnya.

        • 15 Januari 2024 - (10:50 WIB)
          Permalink

          Menarik, BNI juga tidak jelas dengan program free annual fee nya. Saya juga memiliki JCB Ultimate, tapi setiap melakukan konfirmasi melalui CS, mereka selalu menolak dengan alasan tidak ada program free annual fee pada JCB Ultimate. Padahal saya dulu di bulan ketika apply tidak ada tertulis statement free annual fee tidak berlaku pada JCB Ultimate.

          BNI begitu mengecewakan dan sangat semena mena. Perihal cashback dan tiket Jepang ini juga sudah melanggar peraturan OJK karena tidak disebutkan di awal bahwa ada Kuota untuk program ini.

          Begitu mengecewakan. Saya akan segera membuat surat pembaca untuk ini.

  • 15 Januari 2024 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Sy sdh kena annual fee 1jt pd Desember yg tidak bs d waive & terpaksa sy bayar padahal baru pake 1 bulan. Brsan sy telp BNI Call centre & mrk bilang kuota tiket pesawat cuma utk 10 orang pertama yg klaim. Sudah ditutup aja kartu nya. Penipu annual fee. Gak jd dpt promo malah rugi annual fee 1 jt. Bye BNI. Semoga tidak ada lg yg tertipu.

  • 16 Januari 2024 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Tidak bisa berkata apa-apa lagi atas kekecewaan mengikuti program spending reward sudah 2 bulan ikutin konsisten, dijanuari denger sudah habis sedangkan di info awal sd 31 maret 2024, sungguh sungguh……… ok tq

    #KecewaProgramBankBNI

  • 17 Januari 2024 - (17:10 WIB)
    Permalink

    saya dr november menanyakan kepastian dari welcome bonus, sebelum mereka konfirmasi via telp yg saya rekam, maka kartu tidak akan saya aktifkan
    berkali2 mereka menelpon memaksa untuk mengaktifkan kartu sampai saat ini kartu tidak saya aktifkan dan tiba2 pagi ini dari BNI menelpon dan memberitahukan adanya iuran tahunan dengan cara yang tidak sopan yang bahkan kartunya sendiri belum diaktifkan dan memaksa untuk membayar
    bahkan mereka bilang bahwa kartu tidak bisa ditutup kalau iuran tahunan belum dibayar
    barusan saya telp lagi untuk minta kartunya ditutup saja dan saya tidak akan membayar iuran tahunan untuk kartu yg bahkan belum diaktifkan
    cukup kecewa dengan customer service BNI yang kurang profesional

  • 13 Februari 2024 - (09:34 WIB)
    Permalink

    kasus saya sama persis. bela belain spend diatas 10 juta di transaksi pertama kena kurs yg kurang oke pake kartu ini, welcome bonus tidak jelas. cs bilang eligible dulunya, skrg jawabannya seperti robot ngulang ngulang.
    udah bela2xin spend banyak juga buat tiket busineas, setengah jalan melihat perubahan termnya saya stop spend lagi.
    annual fee juga sebagai kewajiban saya bayar, skrg menuntut apa yang harusnya hak saya welcomw bonus aja gak keluar keluar

  • 20 Februari 2024 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Benar, ditulis Promo adalah sampai dengan maret 2024, tapi ternyata bukan per billing cycle , setelah spend 150 juta pada billing cycle des, jan, feb, per 18 dan saya claim 10% cashback malah tidak dikasik karena desember yg dihitung adalah 1-31 des

    untuk ke depannya juga tidak bisa karena saya tidak boleh pakai periode jan, feb, maret, yg isa hanya des , jan, feb, padahal di web bilang MARET 2024, alasan customer service karena spending harus hanya sampai debruari 2024, dan maret hanya utk claim.

    Say mesara BNI dan JCB ini PENIPU ulung. karena saya jadi kehilangan spending rewards lain dari 150 juta yg saya sudah gesek tersebut di BNI JCB.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BNI JCB Ultimate?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

BNI & JCB Tidak Konsisten dalam Merealisasikan Promo Kartu Kredit…

oleh Ricky dibaca dalam: 3 menit
12