Syarat dan Ketentuan Promo Kartu Kredit BNI JCB Ultimate yang Berubah-ubah

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah membantu memediasi keluhan saya kepada Bank BNI terkait kartu kredit BNI Amex Vibe, dalam surat yang sebelumnya dimuat tanggal 5 Juli 2023. Surat tersebut telah ditanggapi dengan baik oleh bank BNI dan masalah sudah terselesaikan dengan baik.

Dalam surat pembaca saya kali ini, saya mengungkapkan keluhan untuk yang kedua kalinya terhadap pelayanan Bank BNI, yang terkesan tidak konsisten dalam menyusun program promosi kartu kredit.

Pada bulan Oktober 2023, Bank BNI meluncurkan kartu kredit BNI JCB Ultimate, dengan program menarik yang memberikan welcome bonus 3 juta rupiah dan menjanjikan hadiah berupa tiket ke Jepang dengan ATAU cashback Rp15 juta bagi pemegang kartu yang bertransaksi Rp50 juta selama 3 bulan. Tentu saja saya termasuk orang yang sangat tergiur dengan iklan ini dan turut mencoba mengajukan kartu kredit ini dan syukurnya pengajuan saya diterima.

Dalam halaman apply kartu kredit tersebut (screenshot terlampir) serta welcome pack yang saya terima (foto terlampir), tidak disebutkan bahwa ada jatah alokasi kuota yang diberikan untuk hadiah tiket maupun cashback tersebut. Sehingga bagi pemegang kartu yang sudah menerima kartu tersebut di bulan Oktober dan November 2023, tentu mereka sudah mulai mengakumulasi transaksi demi bisa melakukan klaim atas reward tersebut, dikarenakan butuh melakukan transaksi 3 bulan agar bisa melakukan klaim hadiahnya.

Namun pada bulan November 2023, tiba-tiba BNI menambahkan klausul “bila alokasi kuota masih tersedia”. Tidak dijelaskan pula berapa banyak kuota yang tersedia dalam klausul baru ini, serta tidak ada juga update real time dari BNI terkait dengan jatah kuota yang tersisa. Klausul baru ini bahkan tidak dikomunikasikan dengan baik kepada staf BNI yang menanggapi email dan telepon dari nasabah. Saya melampirkan screenshot email dari staf BNI yang jelas-jelas menuliskan bahwa program ini tidak dibatasi oleh kuota.

Lalu, beberapa orang yang sudah melakukan redeem ke staf BNI Call pada bulan Januari 2024, malah diinformasikan bahwa kuota redeem sudah tidak tersedia lagi. Hal ini juga terkonfirmasi dalam berita yang dimuat Bank BNI di website mereka pada tanggal 11 Januari 2024. Padahal program seharusnya berakhir pada bulan Maret 2024 (dalam screenshot terlampir). Otomatis, pemegang kartu yang menerima kartu di bulan November 2023 seperti saya, sudah tidak lagi memiliki kesempatan untuk melakukan redeem spending reward, dikarenakan masih harus melakukan akumulasi transaksi di bulan Januari. Sedangkan di bulan Januari saja kuotanya sudah habis.

Saya paham bahwa pihak bank memang memiliki hak untuk mengubah klausul program kapan pun. Namun alangkah lebih bijaksananya – agar nasabah tidak tidak bingung – bank mengkomunikasikan terlebih dahulu kepada semua konsumennya, setidaknya 30 hari sebelumnya bila ingin melakukan pergantian syarat dan ketentuan. Praktik ini umum dilakukan di banyak bank lain, agar nasabah memiliki waktu untuk mengambil keputusan terbaik sebagai respons atas syarat dan ketentuan yang baru.

Saya juga berterimakasih kepada bank BNI yang sudah berkomitmen memberikan welcome bonus saya sesuai syarat dan ketentuan. Meskipun saya mewakili kekecewaan beberapa nasabah lain yang tidak mendapatkan welcome bonus karena terjadi perubahan syarat transaksi yang sebelumnya bersifat akumulatif online dan offline (Rp10 juta dalam 1 bulan pertama), lalu diganti menjadi Rp10 juta dalam transaksi pertama (masih bebas offline atau online), lalu diubah lagi menjadi harus offline (seluruh screenshot terlampir). Perubahan syarat secara mendadak ini mengakibatkan banyaknya nasabah yang gagal mendapatkan welcome bonus.

Saya juga berharap JCB Indonesia bisa melakukan evaluasi atas kerjasama yang dilakukan dengan Bank BNI ini. Mengingat sebelumnya JCB Indonesia sudah melakukan kerja sama serupa dengan bank swasta lain di Indonesia dan tidak terjadi hal-hal seperti ini. Mengingat Bank BNI merupakan salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, saya rasa BNI perlu menjaga reputasinya dengan baik, salah satunya dengan cara berkomitmen menghadirkan program dengan ketentuan yang konsisten. Jangan berjanji manis di awal lalu syarat dan ketentuannya diubah tengah jalan, apalagi acara launching-nya saja besar-besaran.

Adrian Siaril
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Syarat dan Ketentuan Promo Kartu Kredit BNI JCB Ultimate yang Berubah-ubah”

Menanggapi keluhan Bapak Adrian Siaril di www.mediakonsumen.com pada tanggal 15 Januari 2024 berjudul “Syarat dan Ketentuan Promo Kartu Kredit BNI...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Syarat dan Ketentuan Promo Kartu Kredit BNI JCB Ultimate yang Berubah-ubah

  • 15 Januari 2024 - (12:23 WIB)
    Permalink

    Saya menunggu respon yang baik dari Bank BNI, terkait kekecewaan nasabah-nasabah yang mengikuti program BNI JCB Ultimate ini.

  • 15 Januari 2024 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Pak Adrian yang telah menyuarakan keluhan kami. Saya setuju bahwa bank memiliki hak untuk mengubah ketentuan, namun untuk kasus kali ini, saya punya kesan bank “memaksakan agar hanya pemilik kartu tertentu” yang dapat menikmati promosi yang disebutkan diatas. Tentunya bank juga memiliki kewajiban untuk mengkomunikasikan ketentuan tersebut kepada seluruh pengguna jasanya. Hal inilah yang menurut saya belum dilakukan oleh pihak bank, setidaknya sampai saat ini. Salah satu contohnya adalah bahwa terdapat perubahan terkait kuota welcome bonus, yang mana belum saya terima informasi resminya dari pihak bank, padahal saya masih berkomunikasi dengan pihak bank melalui sarana email.

    Semoga melalui media konsumen ini, pihak bank berkenan untuk lebih konsisten untuk menepati promosinya. Terima kasih

  • 15 Januari 2024 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih Pak Adrian karena menulis kekecewaan yang kita yang punya CC JCB Ultimate BNI. Mudah mudahan pihak BNI membaca dan merespon. Saya berharap agar pihak BNI cepat memberikan kembali reward seperti awal janji marketing mereka.
    Jika memang diawal sudah di letak Snk yang seperti ini saya rasa konsumen tidak akan protes dan kecewa berat seperti ini.
    Tetapi perubahan yang mendadak dan langsung memutuskan menyelesaikan event spending reward seperti ini akan sangat menjatuhkan kepercayaan nasabah terhadap bank.

    Besar harapan saya agar bank sekelas BNI bisa menjaga kepercayaan konsumen konsumen. Karena konsumen yang kecewa tidaklah sedikit.

  • 15 Januari 2024 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Saya berharap pihak bank BNI bisa segera menyelesaikan masalah ini, karena ini bukan lah masalah yang sepele. Ini merupakan TANGGUNG JAWAB BANK BNI terhadap HAK nasabah yang telah berusaha memenuhi kriteria untuk mendapatkan reward dari kesepakatan pertama kali. Apalagi saya rela kena charge kartu kredit dari merchant-merchant yang tadinya tidak menerima kartu kredit hanya untuk mengejar spending reward.

    Sungguh saya sangat kecewa terhadap BNI, sekali lagi saya berharap BNI bisa menemukan solusi yang terbaik apalagi ini menyangkut kepercayaan akan reputasi BANK BNI yang dimana saat ini bank terbesar nomor 4 di Indonesia.

    Thank you!

  • 16 Januari 2024 - (03:38 WIB)
    Permalink

    Setuju ko, saya juga kecewa. Sudah memenuhi syarat November Desember jadi bingung apa fokus untuk spending bulan Januari. Syarat ketentuan Cashback 15juta berubah”, dari tidak ada batas kuota menjadi ada kuota. Kalo emang mau ya dari awal sudah tertulis ada batas kuota nya, jangan di tengah” program baru di rubah batas kuota nya. Ini kan merugikan dan mengecewakan banyak nasabah, yg fokus pemakaian nya di kartu BNI JCB ULTIMATE. Memang bank berhak merubah syarat dan ketentuan nya tapi tidak begini tiba” dan berubah tidak hanya sekali tapi beberapa kali perubahan snk. Kecewa BNI

  • 16 Januari 2024 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Kalau mau mengubah syarat tidak etis jg d tengah2 dan berlaku mundur. Berlaku selanjut ny yg fair pasti nasabah masih bs trima. Ini berlaku mundur & seenak ny sendiri kayak perusahaan kelas teri yg keabisan amunisi utk memenuhi janji promo ny. Cara kerja ny tidak benar sama sekali. Promo kartu kredit laen yg skala perusahaan jauh lebih kecil dr BNI saja tidam ingkar janji & tidak perlu ditagih kalo sudah memenuhi ketentuan promo langsung diberi. Ini sudah ditagih masih ingkar janji :(.

  • 16 Januari 2024 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Periode Nov-Des-JAN masih tidak jelas.. kuota yg sangat sedikit.. dengn permintaan yang sangat besar…. Sangat tidak beranggung jwb.. WB pun blm masuk.. n reedem pun da brp x tlpn cs.. dan AF juga sudah di tagihkan.. jngn” ponzi dana AF di gunakan untuk marketing . Pikirkan orang” yg sudah berjuang transaksi 150jt /200 jt .. cb anda di posisi kita.. di janjiakan tapi di bohongin.. jangan untuk meredam. Maka yg periode okt-nov- des saja yg dapat..

  • 21 Januari 2024 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Saya juga termasuk korban spending reward yang terkena “prank” dari BNI JCB ultimate ini, sudah spending sampai 200 juta dari November ke Januari, tiba2 syarat dan ketentuannya diubah, dibatasi kuota hanya 10 untuk tiket dan 30 untuk cashback 15jt. Tidak etis sekali BNI ini mengubah2 syarat dan ketentuan program promo ketika sudah berjalan 2-3 bulan. Jangan2 kalau saya ada tabungan/KPR/investasi di BNI juga nanti syarat dan ketentuannya bisa berubah2, saya jadi takut jadi nasabah BNI.

  • 6 Februari 2024 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Jadi Bank BNI gimana ini terkait welcome bonus yg sudah 60 hari tidak kami terima2??????

  • 6 Februari 2024 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Sama kak, saya juga salah satu yg dikecewakan, kalau tau ada kuota cuma 10 biji sapa yg mau spend 200jt demi berebut 1 indonesia raya.. Terus terang mending di spend kan ke kartu lain yg jelas2 reward nya lebih baik.. Spending sudah jalan baru keluar kata2 kuota
    semacam escape plan, untuk meloloskan diri.. Tolong pihak BNI kembalikan yg mana seharusnya sudah menjadi hak kami..

    #kembalikanhakkami

  • 7 April 2024 - (20:44 WIB)
    Permalink

    JIKA ADA 1 KATA UNTUK PROGRAM KK JCB DARI BANK BNI = PARAH !!!!!!!!!
    MENGECEWAKAN DAN SANGAT MENJEBAK NASABAH !
    SANGAT MERUSAK KREDIBILITAS BNI SEBAGAI INSTITUSI BESAR !!
    MENGUBAH SYARAT KETENTUAN DI TENGAH JALAN
    TANPA PEMBERITAHUAN KEPADA NASABAH EXISTING/LAMA
    LAIN KALI KALAU BIKIN PROGRAM KALAU BLM ADA ANGGARAN YANG CUKUP UNTUK PROMO TOLONG TIDAK USA DILUNCURKAN DARI AWAL ..
    DAN JIKA SUDAH DILUNCURKAN TOLONG LAH BERTANGGUNG JAWAB
    BANK = INSTITUSI YANG HARUSNYA MENJAGA KREDIBILITAS KEPERCAYAAN BUAT NASABAH
    TAPI KALAU SEPERTI INI MEMBUAT NASABAH SANGAT RAGU DENGAN KREDIBILITAS BNI DAN PRODUK LAIN YANG DITAWARKAN KPR,MODALKERJA,TABUNGAN KARENA SANGAT BAHAYA KALAU KITA AMBIL PROGRAM JANGKA PANJANG SEPERTI KPR TAPI DIUBAH DITENGAH JALAN SEPERTI INI… SANGAT2 MERUGIKAN NASABAH..
    MOHON SOLUSI BIJAK DAN YANG TIDAK MENGECEWAKAN DARI BANK BNI TERKAIT MASALAH INI !

    #KORBANBANKBNI
    #KEMBALIKANHAKKAMI

 Apa Komentar Anda mengenai Promo kartu kredit BNI?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Syarat dan Ketentuan Promo Kartu Kredit BNI JCB Ultimate yang Berubah-…

oleh Adrian Siaril dibaca dalam: 2 menit
12