Sangat Kecewa dengan Biaya Overlimit CIMB Niaga yang Tidak Bisa Dihapuskan

Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah memberikan kesempatan memuat surat saya terkait kartu kredit CIMB Niaga.

Saya sudah menjadi nasabah CIMB Niaga lebih dari 10 tahun, baik itu tabungan, KTA maupun kartu kredit. Namun baru kali ini saya sangat kecewa dengan kartu kredit CIMB Niaga, yang “mencari uang” hanya karena penggunaan kartu kredit melebihi limit sebesar Rp20.000 (dua puluh ribu rupiah). Itu pun bukan murni pemakaian saya, tapi karena biaya admin dan biaya meterai.

Saya dikenakan biaya overlimit dan bunga total Rp900.900 (Overlimit Total Rp500.000 + Bunga Rp400.900), pada 2 tagihan terakhir saya, November dan Desember 2023.

Saya sudah komplain ke customer care CIMB Niaga 14041 dan email 14041@cimbniaga.co.id sebanyak 3 kali, memohon supaya biaya overlimit tersebut bisa dikreditkan kembali. Namun permohonan ini ditolak semua.

Untuk bunga memang bisa dikreditkan kembali, setelah saya komplain tentang perhitungan bunga. Bagaimana bisa kekurangan bayar Rp69.134 yang diakibatkan saya masih mengajukan permohonan penghapusan biaya overlimit pada tagihan bulan November 2023, malah dikenakan biaya bunga sebesar Rp400.900?

Selama ini saya selalu membayar tagihan saya full payment dan sebelum jatuh tempo. Namun dengan sulitnya penghapusan biaya overlimit tersebut dan juga peraturan yang “aneh” dari CIMB Niaga dengan menagih biaya overlimit 2 kali (seolah-olah mencari kesempatan pada saat pemakaian overlimit), saya berencana untuk menutup semua akun saya di CIMB Niaga.

Saya punya kartu kredit dari bank lain, mereka lebih fleksibel dalam hal overlimit. Bahkan ada yang tidak dikenakan biaya walaupun overlimit berbulan-bulan. Beda dengan CIMB yang langsung mengenakan biaya overlimit pada saat terjadi overlimit, dan akan akan dikenakan 2 kali di 2 tagihan.

Jadi buat pengguna kartu kredit CIMB agar lebih berhati-hati, kelebihan pakai Rp20.000 dikenakan denda Rp500.000. Sangat kecewa!!!

Junatan Darmawan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sangat Kecewa dengan Biaya Overlimit CIMB Niaga yang Tidak Bisa Dihapuskan”

No. 055/CB/MBCX/CC/I/2024 31 Januari 2024 Kepada Yth: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Junatan Darmawan...
Baca Selengkapnya

9 komentar untuk “Sangat Kecewa dengan Biaya Overlimit CIMB Niaga yang Tidak Bisa Dihapuskan

  • 18 Januari 2024 - (08:07 WIB)
    Permalink

    CIMB sudah lama mengenakan biaya-biaya tertentu. Kalau kartu kredit ada biaya notifikasi yang selalu naik (awalnya 5 rb sekarang sudah 10 rb). Belum lagi yang kartu debit juga mau dikenakan biaya bulanan. Era bakar duit sudah usai, silakan pilih bank yang lebih menguntungkan. Btw, aturan overlimit fee sangat menjebak itu, jangan-jangan kelebihan pakai Rp 1 juga kena denda ratusan ribu.

  • 18 Januari 2024 - (08:25 WIB)
    Permalink

    sebenarnya sih bayar jangan terlalu pas, kita gak tau biaya siluman apa nanti yang muncul di next statement bulan berikutnya. dari limit 35 jt terpakai semuanya, seharusnya bisa jaga jaga dan hati hati kalo kena OL karena limit yang gede itu.. mudahan aja next sisakan limitnya jangan terlalu pas banget..

      • 19 Januari 2024 - (17:21 WIB)
        Permalink

        bener. analis lebih pinter sekarang. bnyk juga user tokped yg diblok karna gestun. kalo bukan gestun, mungkin bisa dihapus itu overlimit. analis juga manusia. wkwkw

  • 18 Januari 2024 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Yang namanya overlimit di semua bank juga begitu. Mau kelebihan 100 perak juga sudah termasuk over limit. Tergantung kebijakan banknya aja mau mengabulkan permintaan penghapusan dari kamu atau tidak. Namun hal itu sepenuhnya kewenangan bank, jadi tidak bisa marah kalau bank menolaknya.

    • 20 Januari 2024 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Per Jumat kemarin Tgl 19 Januari 2024 Saya sudah telp call center CIMB untuk pengajuan penutupan kartu dengan alasan “kecewa tidak bisa hapus biaya overlimit”. Tetapi sampai skr belum di proses penutupan kartunya karena tidak mendapat sms no laporan dan tidak di tlp oleh bagian penutupan kartu. Setelah saya cek mutasi kartu kredit
      saya hari ini biaya overlimit Rp. 500.000 sudah dikreditkan kembali ke kartu kredit saya tanpa ada konfirmasi dari CIMB. Saya apresiasi tanggapan dari CIMB tapi seharusnya bisa selesai dengan cukup buat pengaduan di call center 1 kali saja. Terima Kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank CIMB Niaga?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Sangat Kecewa dengan Biaya Overlimit CIMB Niaga yang Tidak Bisa Dihapu…

oleh Junatan dibaca dalam: 1 menit
9