UOB Meremehkan Keluhan Pelanggan

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, karena Media Konsumen sudah memuat surat saya yang berjudul “Promo Cashback UOB TMRW Waktu Indonesia Menabung Tidak Jelas dan Transparan“, pada tanggal 22 November 2023. Berkat itu, pihak UOB akhirnya mengirimkan detail perhitungan WIN September versi UOB hari itu juga, setelah saya menunggu 1 bulan lebih. Sayangnya, case belum close hingga sekarang.

Setelah saya cross check dengan data saya, ada 2 transfer masuk dari rekening bank lain yang tidak dihitung padahal tercantum di e-statement TMRW September. Jika UOB fair dan menaati aturan yang dibuatnya sendiri, kedua transfer tersebut seharusnya dihitung. Yang mana jika 2 transfer tersebut dihitung, seharusnya saya eligible mendapat Reward Bulanan WIN Your Majesty (145.000), Duluan Lebih Cuan Your Majesty (206.250), dan Rajin Makin Cuan Your Majesty (247.500).

T&C pada website resmi

Pada hari itu juga, 22 November 2023, saya sanggah email UOB dengan melampirkan e-statement bulan September dan memberikan highlight pada 2 transfer yang dimaksud. Saya meminta penjelasan kenapa UOB tidak menghitung 2 transfer masuk tersebut.

Email sanggahan dengan lampiran e-statement
Kedua transaksi yang tidak dihitung UOB

Seperti biasa, CS UOB responsnya luar biasa lama dan lagi-lagi malah memberikan tiket baru yang kemudian berubah lagi pada tanggal 11 Desember 2023. Jadi total tiket yang saya terima hanya untuk 1 case ini adalah 4 tiket, yaitu 231014100641, 231107109432, 231121126004, 231211128170. Jujur, saya sampai kesulitan melacak nomor tiket saya.

Case ini sudah menggantung 3 bulan sejak 14 Oktober 2023. Hingga surat ini dibuat, 19 Januari 2023, tidak ada penjelasan yang jelas dan transparan dari UOB. Setiap saya follow up, CS hanya memberikan jawaban template “Saat ini masih dalam proses dan sudah kami bantu teruskan ke pihak terkait agar prosesnya dapat lebih dipercepat”. Karena lama dan tidak jelasnya tanggapan dari UOB, saya naikkan case ini kembali ke Media Konsumen.

Clara Cyntiarini
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “UOB Meremehkan Keluhan Pelanggan”

No. 24/CAD/0020 Jakarta, 26 Januari 2024 Kepada Yth., Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Perihal : Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Clara Cyntiarini...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “UOB Meremehkan Keluhan Pelanggan

    • 22 Januari 2024 - (00:02 WIB)
      Permalink

      Ya begitulah pak 🤣 Namanya juga emak-emak. Tetapi terutama karena penasaran dan gemas UOB responnya lama sekali.

      2
      1
  • 21 Januari 2024 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Turut prihatin tapi menurut pengamatan saya tanggal transaksi keduanya yang di kolom sebelah kiri itu jelas tertulis tanggal 31 Agustus kak bukan di bulan September, bisa jadi karena itu makanya tidak dihitung dan pihak UOB memutuskan bahwa tidak eligible untuk mendapatkan cashback.

    Fyi aja saya sudah lama jadikan UOB TMRW everyday account sebagai rekening utama saya dan selalu dapat kok promo cashback nya selama memenuhi syarat & ketentuan. Malahan kadang tiba2 aja dapat cashback ratusan ribu padahal sedang tidak memantau apakah ada program cashback atau tidak.

    8
    1
    • 22 Januari 2024 - (00:01 WIB)
      Permalink

      Jadi saya transfer tgl 31 Agustus, tetapi karena tengah malam, dana baru masuk tanggal 1 September.

      Saya nasabah UOB baru 1 tahun. Seperti kak Mega, kadang juga dapat rewards tanpa sadar itu program apa. Untuk yang September ini memang sengaja ikut rewards dan pindahkan dana.

      Tetapi yang saya keluhkan terutama adalah tanggapan UOB yang begitu lama. Jika mereka paham T&C nya, seharusnya mereka bisa menjawab pertanyaan saya secara cepat.

      1
      2
    • 23 Januari 2024 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Seingat saya, saya pernah baca kalau transaksi yg diperhitungkan adalah sampai hari kerja terakhir di bulan berjalan maksimal di jam 20.30 WIB. Semoga Ibu cepat diberikan jawaban yang memuaskan dari pihak UOB ya.
      Saya juga merasa respon mereka sangat lambat, keluhan saya belum solved juga. Dan nomor tiket juga sudah beragam, kalau mau disharing entar kepanjangan, hah ya sudahlha 😮‍💨😮‍💨😮‍💨

    • 22 Januari 2024 - (10:34 WIB)
      Permalink

      Iya, sampai bingung track emailnya.. Kemarin malah saya dapat tiket baru sehingga total 5 tiket.

      1
      1
  • 22 Januari 2024 - (08:30 WIB)
    Permalink

    udah tau probelmatic uob, kemaren kena eh skarang kena lagi, mending pindah bank, ngga ada kapoknya, wkwkwk

    1
    1
    • 22 Januari 2024 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Bukan kena lagi pak, tetapi memang case-nya belum solved saja dari bulan Oktober hehehe.

      1
      1
  • 22 Januari 2024 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Menurut aturan batas transfer UOB akhir bulan (tanggal 30 atau 31) itu di akhir jam kerja sekitar jam 17:00, bukannya malem atau tengah malem, ya jelaslah jadi ga dihitung cashbacknya. Apalagi yg dihitung kan saldo rata² harian dari tanggal 15, bukan saldo yg masuk mendadak di akhir bulan

    1
    1
    • 22 Januari 2024 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Kalau yang promo KONTAN, betul ada ketentuan maksimal tanggal 15 pada jam 17, tetapi yang saya tanyakan di sini adalah Promo WIN. Untuk Promo WIN, sesuai yang tercantum di web https://www.tmrwbyuob.com/id/id/promotions/win-campaign.html# tidak dicantumkan batas tanggal dan jam transfer untuk Reward Bulanan. Untuk Reward Duluan Lebih Cuan, baru ada ketentuan batas tanggal 15 pukul 17.00 WIB.

      1
      1
      • 22 Januari 2024 - (14:38 WIB)
        Permalink

        Tetep aja harus dibarengi minimal transaksi bulanan, sedangkan itu udah masuk tanggal valuta di tanggal 1, jadi ga sah

  • 22 Januari 2024 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Kalau transaksi bulanan sudah saya lakukan juga pak, baik di Agustus maupun di September, saya sudah lakukan transaksi top up gopay/qris dll 10 kali.

    Yang agak membingungkan memang transfer 31 Agustus itu dihitung di bulan Agustus atau September. Kalau tidak dihitung di bulan September karena alasannya yang dihitung adalah tanggal transaksi (bukan tanggal valuta), maka seharusnya rewardnya dihitung untuk WIN Agustus. Tetapi untuk 2 transaksi tsb tidak dihitung UOB baik di bulan Agustus maupun September.

    Jika memang tidak eligible, saya tidak mempermasalahkan, asal ada penjelasan dari UOB yang sesuai dengan keterangan di website. Masalahnya, sejak Oktober saya hanya mendapat jawaban template “sedang diinvestigasi” 😅 Di instagram pun banyak yang mengeluhkan respon UOB dan CS mereka yang kurang product knowledge.

  • 22 Januari 2024 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Saya pikir hanya komplain saya yang diremehkan UOB. Sudah berbagai cara, lewat email, chat di applikasi, telp, datang ke UOB Plaza (3x, 2kali ke layanan perbankan dan 1 kali ke lt 22 (bagian collection) yang akhirnya diarahkan ke lt 23 (bagian contact center)). Tiketnya saya catat sudah berganti-berganti sampai 5 kali. Masalahnya sejak November, saya salah bayar yg harusnya ke cashplus malah saya transfer ke cc, padahal cc sudah saya cicil saat itu. Saya minta bantuan pemindahan dana tersebut, tapi tanggapannya tidak segera sampai akhirnya kena penalti. Padahal logikanya kalau saya pindahkan dana itu, akan terjadi pemakaian dana di cc dan silakan muncul biaya2. Lagian limit saya masih ada.

    Sekarang masalahnya merembet kemana2 dan mengacaukan cash flow saya. Sampai sekarang masalahnya belum selesai. Dulu pernah di Citibank kejadian serupa, saya telp cs selesai dalam hitungan jam. Benar-benar downgrade banking experience saya sejak dipindah ke UOB dari Citibank.

    • 22 Januari 2024 - (20:53 WIB)
      Permalink

      Saya juga salah satu nasabah migrasi, tetapi untungnya dari sisi pembayaran CC, saya tidak mengalami kendala. Tetapi yang saya soroti terutama adalah lambatnya respon mereka dalam menangani keluhan pelanggan. Dulu case di Citibank selalu selesai dalam hitungan jam, maksimal 3-5 hari kerja. Di UOB, 3 bulan bahkan belum selesai. Banyak nasabah migrasi Citibank yang komplain di Media Konsumen dan Instagram TMRW.

  • 24 Januari 2024 - (07:52 WIB)
    Permalink

    Terima kasih infonya. Jika memang ada ketentuan maksimal jam 20.30 tsb, makin menunjukkan bahwa UOB tidak transparan karena sudah saya baca berkali-kali di website bahwa tidak ada statement itu. Kecuali reward Duluan Lebih Cuan, di situ memang sangat jelas ada maximal jam 17.00.

    Setuju dengan kak Anita, respon UOB sangat lambat. Jika memang tidak eligible pun tidak apa asalkan ada alasan yang jelas & memang sudah tercantum di website. Baru kali ini saya ketemu bank yang tidak bisa jawab pertanyaan nasabah sampai 3 bulan 😂

  • 6 Februari 2024 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Update: UOB akhirnya mengkreditkan Reward saya meskipun belum lengkap sesuai ketentuan. Terima kasih Media Konsumen.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank UOB Indonesia?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

UOB Meremehkan Keluhan Pelanggan

oleh clarac dibaca dalam: 1 menit
17