Permohonan Pertanggungjawaban Terkait Pengembalian Ongkir oleh Lion Parcel dan Tokopedia

Pada tanggal 19 November 2023, sebagai penjual di Tokopedia dengan nama toko “Jagoan Laptop”, saya ingin menyampaikan keluhan terkait pengembalian ongkos kirim (ongkir) oleh pihak Lion Parcel dan Tokopedia terkait ongkos pengiriman.

Pada awalnya, kami mengirimkan paket menggunakan layanan Lion Parcel dengan nomor invoice sebagai berikut:

  • INV/20231119/MPL/3573308052
  • INV/20231119/MPL/3573312820
  • INV/20231119/MPL/3573334544
  • INV/20231119/MPL/3573350168
  • INV/20231119/MPL/3573372714

Berikut adalah bukti follow-up Tokopedia Care, dan bukti pengiriman yang digagalkan oleh Lion sudah diberikan sejak 1 Desember 2023.

Namun sangat disayangkan, paket tersebut dikembalikan oleh pihak Lion Parcel dengan alasan tidak dapat dikirim, dan diinfokan oleh CS-nya bahwa ongkir dikembalikan ke saldo penjual.

Dalam upaya untuk tetap memberikan layanan yang baik kepada pelanggan, kami memutuskan untuk mengirim ulang paket menggunakan kurir JNE, dengan total ongkir sebesar Rp1.575.000, untuk kelima paket tersebut.

Setelah paket berhasil sampai ke tangan pembeli, kami menemui kendala yang tidak diharapkan. Ongkir yang seharusnya dikembalikan ke saldo kami, menurut kebijakan Tokopedia, tidak dikembalikan kepada kami. Kami telah menunggu selama dua bulan dengan ketidakpastian terkait tanggung jawab dari pihak Tokopedia.

Sangat disayangkan bahwa hingga saat ini, baik pihak Tokopedia maupun Lion Parcel saling melempar tanggung jawab tanpa memberikan solusi yang memuaskan. Sebagai penjual, kami merasa tidak adil jika harus bertanggung jawab atas biaya ongkir yang seharusnya menjadi tanggung jawab pihak kurir yang melakukan pengembalian.

Kami memahami bahwa setiap bisnis menghadapi tantangan. Namun, kami meminta pertanggungjawaban yang jelas dan adil terkait situasi ini. Harap dipertimbangkan untuk memberikan solusi yang memadai agar kasus serupa tidak terulang dan dapat menjaga kepercayaan penjual terhadap platform Tokopedia.

Kami mengharapkan tanggapan yang cepat dan solutif terkait permohonan pertanggungjawaban ini. Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Terima kasih Media Konsumen. Hormat kami,

Agung
Jagoan Laptop
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Permohonan Pertanggungjawaban Terkait Pengembalian Ongkir oleh Lion Parcel dan Tokopedia”

Yth. Media Konsumen, Sehubungan dengan adanya surat pembaca dari Bapak Agung sebagai owner “Jagoan Laptop” di Media Konsumen dengan judul...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Permohonan Pertanggungjawaban Terkait Pengembalian Ongkir oleh Lion Parcel dan Tokopedia

  • 24 Januari 2024 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Informasikan juga masalah ini ke DPR RI komisi 11, dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN),

    Help, up, komen, dan bagikan juga : https://mediakonsumen.com/2024/01/22/surat-pembaca/indihome-aktivitas-tanpa-batas-teknisi-lapangan

    1
    3
    • 25 Januari 2024 - (06:12 WIB)
      Permalink

      Terus terang komentar anda itu benar2 ktnltjsjsjsbandhsjwbshdjryhebdskxb 😀

      1
      1
  • 27 Januari 2024 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Kepada Tim Tokopedia dan Lion Parcel,

    Salam hormat,

    Saya ingin menyampaikan terima kasih atas upaya dan perhatian Anda dalam menangani kasus pengiriman yang gagal melalui layanan Lion. Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil untuk menyelesaikan permasalahan ini.

    Setelah mendapatkan pemberitahuan bahwa masalah tersebut telah berhasil diselesaikan, saya merasa lega dan berterima kasih atas pemahaman serta respons positif yang diberikan oleh pihak Tokopedia dan Pihak Lion Parcel. Saya juga menghargai tindakan preventif yang diambil untuk mencegah situasi serupa di masa mendatang.

    Saya berharap bahwa pengalaman positif ini akan mencerminkan komitmen Tokopedia dan Lion Parcel dalam memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas. Jika ada hal-hal lain yang perlu saya bantu atau klarifikasi lebih lanjut, harap beri tahu saya.

    Terima kasih sekali lagi atas penanganan yang baik dan pelayanan yang diberikan oleh Tim Layanan Pelanggan Tokopedia Dan Lion Parcel.

    Hormat saya,
    Agung

    Jagoan Laptop

  • 27 Januari 2024 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Hampir Semua expedisi + aplikasi jual beli online banyak sindikat kriminalnya,semua yang berbau online saya duga banyak sindikat kriminalnya,yang off line aja banyak pa lagi yang online tidak tau orang orangnya alamat tepatnya dll,makanya KLO menyelesaikan masalah ya pastinya lempar sana lempar sini via chat tidak mgkin via Tlp cara cara pasang modus operandinya untuk menghindar dari tanggung jawab ya via chat 😀😀😀😀,seandaiya di Tlp bisa jawabanya sudah pasti akan di sampaikan ke pihak terkait,pihak terkait itu siapa sebenarnya yang bertanggung jawab,KLO yang menerima komplenan anak buah atau agen yang tidak bisa apa apa

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Lion Parcel di Tokopedia?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Permohonan Pertanggungjawaban Terkait Pengembalian Ongkir oleh Lion Pa…

oleh Agung dibaca dalam: 1 menit
4