Tolong Tokopedia, Di Mana Pesanan Saya Sebenarnya?

Terima kasih Media Konsumen sudah menerbitkan artikel saya. Langsung saja, tanggal 6 Februari 2024, saya pesan gula aren dari Tokopedia. Alamat saya di Kabupaten Tangerang, sedangkan toko yang mengirimkan pesanan saya ada di Tangerang Selatan. Pengiriman sesama Tengerang, tetapi sudah 11 hari tidak jelas pesanan saya ada di mana.

Jika saya lacak pengiriman, terhenti pada tanggal 10 Februari 2024. Saya chat seller, tetapi hanya dijawab “Ekspedisi tidak bisa dihubungi.” Jawaban seperti ini apa?

Ekspedisi ini adalah kurir rekomendasi Tokopedia, tapi tidak bisa dihubungi ketika ada masalah. Di mana tanggung jawab Tokopedia? Akhirnya, saya membuat komplain tanggal 14 Februari 2024. Tanggal 15 Februari, saya lacak ganti kurir lagi lalu stuck lagi.

Namun sampai saya membuat artikel ini pada tanggal 17 Februari 2024, tidak ada sama sekali pihak Tokopedia/seller yang menghubungi saya. Jawabannya hanya jika saya tanya saja. Itupun hanya template “Mohon tunggu.”

Kalau memang barang saya hilang, kenapa tidak mau mengganti uang saya? Bahkan saya chat di diskusi komplain pun tidak direspons. Sungguh tidak bertanggung jawab.

Ini bukan soal harga pesanan saya, tapi soal tanggung jawab Tokopedia terhadap kesalahan yang dibuat kurir rekomendasinya. Terima kasih.

Sri Wahyuni
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “Tolong Tokopedia, Di Mana Pesanan Saya Sebenarnya?

  • 19 Februari 2024 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Ini tipe konsumen agak berbeda, beberapa kali mengalami dapat konsumen spt ini. Paket belum juga sampai komplain ke seller, ya cuma bisa jelaskan pakat sdh sampai dimana, itu saja. Kadang tdk terima juga penjelasan spt itu, paket harus sampai hari juga, kl tdk batalkan saja. Mungkin dikira seller juga merangkap jasa kirim. Tp memang jasa kirim kurir rekomendasi tokopedia ini sangat bermasalah, karena jasa kirimnya tidak jelas, dalam artian jasa kirim dr kota asal dan kota tujuan itu bisa gonta ganti. Misal dr kota asal dikirim pakai jne nanti dikota tujuan yg mengirim ke buyer bisa ganti jnt atau sicepat dll.

    6
    2
    • 19 Februari 2024 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Coba baca lagi. Saya bahkan gak mention nama sellernya. Ini saya lebih ke tokopedia nya. Coba posisikan juga sebagai pembeli. Itu udah 12 hari sesama TANGERANG bos. Wajar kali nanya ke seller. Itu udh 12 hari dan saya gak bilang mau nyampe saat itu juga. Gimana sih komennya. Yah klo bisa dibatalkan mau nya juga dibatalkan. Kamu bilang kamu seller masa gak tau. Klo barang udh dkirim kita pembeli gak bisa batalin. Baca lebih teliti sebelum komen

      8
      1
    • 19 Februari 2024 - (14:45 WIB)
      Permalink

      Dan setelah saya buat komplain ini saya langsung ajukan komplain ke tokopedia. Jd udah gak nanya lagi ke sellernya. Tapi apa iya gak direspon sama sekali di diskusi komplain itu hal yg wajar? Klo iya sih yaudah berarti cukup tau seller macam apa anda ini

      2
      1
  • 19 Februari 2024 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Kalau kondisi seperti ini ya yang harus disalahkan pihak tokped. Karena sudah mengarahkan konsumen ke kurir rekomendasi.
    Biasanya, pihak kurir sdh ada perjanjian bagi hasil dengan pihak marketplace dengan catatan perusahaan kurir tsb “direkomendasikan”.

    • 19 Februari 2024 - (20:13 WIB)
      Permalink

      Sudah 3 bln dana saya TIDAK DIKEMBALIKAN OLEH TOKOPEDIA, kata penjual barangnya dinyatakan hilang, katanya barang sudah diserahkan ke kurir tapi Kurir katakan barang belum di siapkan oleh penjualnya.
      Saya tidak tahu siapa MALING nya, sudah lebih 30 kali chatting dgn Tokopedia care + TANYA – itu semua ROBOT. Barangnya TIDAK PERNAH DI KIRIM dan tidak ada tgl pengiriman, saya tungguin di rumah sudah 3 bln menanti dana dikembalikan, “toko BERKEBUN” katakan tunggu platform yg selesaikan dana saya.
      Mungkin TOKOPEDIA sudah tidak bisa dengar ( mungkin juga sudah jadi ROBOT ). Banyak saya kirim komentar tentang buruknya pelayanan TOPED – dan ada saran dari pembaca utk saya, tapi semua angin sepoi-sepoi bagi TOPED.
      Ini invoice saya mohon Top Management TOKOPEDIA bisa bantu clear kan dana saya yg di tahan : INV/20231030/MPL/3535982080 – Pembelian di TOKO BERKEBUN.
      3 bulan dana saya di PAKAI OLEH TOKOPEDIA tanpa restu dari saya.

      1
      1
  • 20 Februari 2024 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Coba chat ke twitternya topped, langsung fast respons, di media yg laen jarang ditanggapi, paket saya dah 1 minggu ga tau dimana, komplen melalui twit langsung direspons, diproses kemudian saldo direfund, kayaknya selain itu jarang direspons

    • 20 Februari 2024 - (20:48 WIB)
      Permalink

      Waaah, senang dengarnya.
      Terima kasih informasinya, mudah-mudahan dana saya bisa cepat di kembalikan.

  • 20 Februari 2024 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Hal kaya gini dah sering. Kalo dah lewat estimasi tiba mending langsung pencet komplain, emang butuh waktu lagi tapi uang bakal aman diganti + kalo aktifin asuransinya, percuma nanya seller juga krna mereka jualan doang, yang ngirim pihak ekspedisi sebagai pembeli anda harus mandiri juga komplen langsung ke pihak ekspedisi.

    • 21 Februari 2024 - (06:29 WIB)
      Permalink

      Komplain ke tokopedia kali. Masa ke ekpedisi. Lah kita beli lewat tokopedia kok. Apa gunanya tokopedia sebagai marketplace klo ada maslaah pengiriman kita langsung ke ekspedisi. Enak dong tokopedia nya gak ada tanggungjawabnya hadehh inget ya itu kurir rekomendasi tokopedia. Kita gak bisa pilih. Mandiri sih mandiri. Apa gunanya kita bayar biaya layanan tokopedia klo ada maslaah kita yg ribet sendiri. Aneh bgt

  • 21 Februari 2024 - (06:43 WIB)
    Permalink

    Update: akhirnya barang sampai. Tanpa ada permintaan maaf apapun dr tokopedia. Tanpa ada penjelasan apapun kenapa bisa 2 minggu lamanya untuk sesama tangerang. Apa itu terselip. Apa itu ada masalah dengan kurirnya. Saran utk tokopedia. Klo kita cuma di kacangin begini mending gausah ada biaya layanan saat bayar. Di toko orange aja sekarang diberlakukan kompensasi klo melebihi batas akhir pengiriman barang tidak sampai. Di tokopedia ada batas maksimal pengiriman juga tapi gada efek nya. Klo udh lewat ya dibiarin aja kecuali kita yg nguber2. Itu juga gak direspon. Klo direspon pun biasa cuma robot yg jawab ‘mohon tunggu”. Jd gunanya batas maksimal pengiriman itu apa ya tokopedia? Toko ijo ini bener2 lama2 akan ditinggalkan pemakainya

 Apa Komentar Anda mengenai kurir rekomendasi Tokopedia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Tolong Tokopedia, Di Mana Pesanan Saya Sebenarnya?

oleh Wahyuni dibaca dalam: 1 menit
12