Barang Hilang dalam Pengiriman Retur Barang, Pihak Tokopedia Sepertinya Menghindari Tanggung Jawab

Permisi, saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen dan tim karena telah membuat platform dan komunitas untuk saling berbagi tentang banyak hal di sini. Saya izin untuk berbagi beberapa isu yang menurut saya sangat mengganggu, meskipun belum tentu mengganggu bagi yang lain.

Pada tanggal 25 Desember 2023, saya memesan 1x charger Xiaomi dari toko mall dengan harga 225.000. Barang diklaim dari pabrik asli (pihak pertama). Setelah barang sampai pada tanggal 30 Desember 2023, saya memeriksa nomor seri pada barang, yang ternyata tidak terdaftar di website pihak pertama.

Setelah pemeriksaan lebih detail, charger tersebut bukan asli pabrikan pihak pertama, melainkan hanya original OEM. Saya mengajukan komplain pengembalian barang dengan alasan tidak original pabrik pihak pertama, dan karena harganya 40% lebih mahal dari produk OEM pada umumnya. Penjual juga setuju untuk pengembalian/retur barang.

Pada tanggal 04 Januari 2024, saya sudah mengembalikan barang via JNE (otomatis dari Tokopedia). Namun, barang tersebut tidak kunjung sampai, sambil berdiskusi dengan pihak Tokopedia di pusat resolusi.

Pihak Tokopedia menutup komplain pada tanggal 18 Januari 2024 dan meneruskan dana ke penjual tanpa mengetahui keberadaan barang tersebut, seperti dijelaskan dalam chat berikut:

“Ya, memang benar ada informasi dan saran untuk mengisi form kehilangan produk, tapi apakah seperti itu caranya? Apakah tidak bisa diuruskan gitu?”

Namun, setelah penyelesaian otomatis, saya mengajukan komplain lewat Tokopedia Care dan diinstruksikan untuk mengisi form klaim asuransi pada tanggal 21 Januari 2024.

Namun, setelah saya mengisi form tersebut, sampai sekarang belum ada tanda-tanda perkembangan pasti. Yang ada hanya disuruh menunggu tanpa ada kepastian, seolah-olah ingin menghindar dari tanggung jawab.

Waktu yang saya habiskan tidak sedikit, dan saya juga punya tanggungan lain yang harus diurus, daripada mengurus penanganan komplain yang tidak jelas ini.

Ini kali pertama saya diribetkan dengan sistem yang aneh seperti ini, walaupun menurut beberapa orang masalah ini kecil, tetapi tetap perlu dishare agar kejadian seperti ini tidak terulang.

Untuk para teman-teman, hati-hati berbelanja di Tokopedia. Setelah kejadian ini, masih ada lagi kejadian yang saya alami, tetapi tidak akan saya kumpulkan karena mungkin akan terlalu panjang dan akan saya tulis setelah pesanan benar-benar selesai.

Terima kasih kepada tim Media Konsumen dan untuk teman-teman yang membaca surat ini. Teruntuk pihak Tokopedia, saya tunggu itikad baiknya untuk memperbaiki masalah ini dan menjamin tidak mengulang lagi pada yang lainnya.

Arifin
Sumenep, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Barang Hilang dalam Pengiriman Retur Barang, Pihak Tokopedia Sepertinya Menghindari Tanggung Jawab

  • 20 Februari 2024 - (19:21 WIB)
    Permalink

    “Ya, memang benar ada informasi dan saran untuk mengisi form kehilangan produk, tapi apakah seperti itu caranya? Apakah tidak bisa diuruskan gitu?”

    belanja online memang harus mau repot terutama jika ada masalah.. tidak ada yg bisa bantu uruskan seperti calo

    2
    1
  • 20 Februari 2024 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Tokopedia calon bangkrut bang. Udah jual jual saham, biar lepas dari semua biaya pengeluaran yang besar.

  • 22 Februari 2024 - (15:10 WIB)
    Permalink

    Lain kali beli charger di toko resmi merek yang bersangkutan, jangan cuma beli di toko embel-embel Official Store (jika di TokPed).

    Karena banyak toko online memang jualan barang KW (alias palsu, mendekati original/OEM). Gak cuma produk Xiaomi saja, itu termasuk merek besar seperti Samsung untuk adaptor 25W banyak yang KW di toko itu “Toleda Indonesia”.

    Jika sudah begitu, mau gak mau harus terima dengan lapang dada (ikhlas), apalagi toko yang nakal seperti itu jadi banyak kasus yang merugikan konsumen.

    Maka dari itu, pihak ketiga macam Tokopedia (platformnya) saja sudah enggan dengan kelakuan toko/penjual yang seperti itu.

    Jadi pelajaran saja, lain kali belilah ditoko terpercaya (baca dulu syarat dan ketentuan, retur, garansi, dll) itu juga penting sebelum membeli.

  • 22 Februari 2024 - (17:16 WIB)
    Permalink

    harusnya seler official hanya menjual produk ASLI bkn OEM/KW kalo disope ada garansi ORIGINAL ditoped harusnya juga ada utk seller Official dulu ada yg pernah klaim karna membuktikan barangnya KW dapat kompensasi

  • 22 Februari 2024 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Kasian ama tokped sekarang….bahkan untuk klarifikasipun mereka ogah. Mau dibawa kemanalah ni tokped di masa yg akan datang….satu persatu pemegang sahamnya melepas kepemilikan sahamnya, terakhir taobaopun jual juga sahamnya tokped. Kalo para pemegang sahamnya aja udah pada jual2lin gini alamat……(isi sendiri)

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Barang Hilang dalam Pengiriman Retur Barang, Pihak Tokopedia Sepertiny…

oleh Arifin dibaca dalam: 1 menit
6