Blibli Tidak Mau Membayarkan Dana Penjual untuk Retur Bermasalah, Pembeli Kirim Barang Salah, Penjual Disalahkan

Saya sangat kecewa dengan proses retur Blibli yang terus memberi saya masalah sebagai penjual.

Pada tanggal 17 Januari 2024 saya mendapat komplain dari pembeli bahwa produk yang diterima dusnya penyok dan mereka mau retur. Disini saya menyanggah retur karena produk yang saya kirim tidak dalam keadaan penyok dan sudah dipacking aman dengan bubble dan kardus (saya kirimkan video packing ke pihak Blibli) sehingga masalah ada dalam pihak kurir logistik.

Tidak ada masalah sampai di sini dan Blibli pun memberi saya solusi bahwa retur akan ditanggung oleh pihak logistik. Dan dana penjualan saya terima.

Namun pada tanggal 12 Februari tiba-tiba saya mendapat penarikan dana di Blibli tanpa ada pemberitahuan dan konfirmasi apapun sebelumnya.

Setelah saya cek di ringkasan pembayaran, penarikan dana ini adalah terhadap order retur yang sebelumnya sudah selesai di bulan Januari.

Ternyata pembeli mengirimkan barang yang salah dan bukan yang saya kirimkan. Lalu entah bagaimana saya sebagai penjual yang disalahkan dan Blibli mengirim barang salah tersebut ke saya dan menarik dana saya.

Saya pun segera menyanggah retur tersebut karena kenapa saya sebagai penjual dikirimkan barang yang tidak saya kirimkan sebelumnya? Barang yang dikirim pun sudah penyok parah sehingga tidak mungkin dijual kembali. Setelah proses lama akhirnya Blibli mengirim kurir untuk mengambil kembali barang retur yang salah tersebut.

Sampai disini saya berharap tidak ada masalah lagi dan dana penjualan saya segera dikembalikan. Namun follow up dari Blibli sangat lambat dan terus memberi alasan untuk tidak membayarkan dana penjualan saya.

Pada tanggal 7 Maret 2024 tiba-tiba saya ditelpon oleh pihak Blibli yang memberi tahu saya bahwa mereka tidak akan membayar dana penjualan saya dikarenakan pihak Blibli melakukan double bayar untuk order tersebut sebelumnya. Kaget saya mendengar hal tersebut, karena saya tahu bahwa tidak ada double bayar terhadap order tersebut dan hal itu tidak pernah terjadi di Blibli.

CS ngeyel dan terus bilang ada double bayar sehingga saya ajak CS yang menelpon saya untuk bersama cek ringkasan pembayaran di Blibli. Setelah dicek bersama terbukti tidak ada double bayar di order tersebut. CS langsung memutuskan telpon dan berdalih bahwa akan dicek lagi ke finance.

Sampai saat ini tanggal 14 Maret 2024 dana penjualan belum saya terima. Saya sangat kecewa dan kesal dengan Blibli yang membuat banyak kesalahan dan menahan dana penjualan saya.

Untuk para penjual di Blibli diharap berhati-hati dengan retur Blibli yang sangat sepihak dan rawan dengan masalah. Ini bukan pertama masalah retur yang saya hadapi, sebelumnya juga ada masalah pembayaran retur Blibli pada 1 November 2023 dimana akhirnya dana saya dikembalikan pada 28 Januari 2024. Namun kali ini masalah lebih besar sehingga surat pembaca ini saya kirimkan.

Tri Rosanti
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Blibli Tidak Mau Membayarkan Dana Penjual untuk Retur Bermasalah, Pembeli Kirim Barang Salah, Penjual Disalahkan”

Menanggapi keluhan atas proses retur yang disampaikan Ibu Tri Rosanti, merchant Sanclovery, pada 14 Maret 2024 di kanal Mediakonsumen.com. Perkenankan...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Blibli Tidak Mau Membayarkan Dana Penjual untuk Retur Bermasalah, Pembeli Kirim Barang Salah, Penjual Disalahkan

  • 14 Maret 2024 - (20:16 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg mirip jg sy alami, tp setelah sy cek data settlement, orderan tersebut sudah pernah dibayarkan, lalu pada saat terjadi pemotongan, ada pembayaran lagi utk order yg sama, jd kalau dihitung total settlement hari itu, udh bnr jumlahnya, karna ada penambahan yg langsung dikurangin lg. Gak ngerti kenapa dibuat seperti itu. Mungkin karna sudah pernah dibayar lalu ada pembayaran hasil klaim ke ekspedisi, yg jelas sy gak rugi sih.

  • 15 Maret 2024 - (09:59 WIB)
    Permalink

    ini kebanyakan marketplace online terlalu buyer oriented, harusnya customer oriented (buyer dan seller)
    banyak seller dirugikan mungkin dr oknum buyer yang nakal

    mhn solusi nya yang terbaik
    terimakasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Blibli Tidak Mau Membayarkan Dana Penjual untuk Retur Bermasalah, Pemb…

oleh sant1 dibaca dalam: 2 menit
2