Surat Pembaca

J&T Tidak Mengembalikan Paket Retur ke Seller

Saya selalu seller marketplace TikTok Shop. Ada barang retur (gagal pengiriman ke customer) yang belum saya terima sampai saat ini. Dengan resi: JX2183437163 dan JX2272050974. Kedua resi tersebut dengan kasus yang berbeda.

Resi JX2183437163 paket retur hilang di gerai J&T Jatimakmur. Dan janjinya akan diganti oleh gerai BKI 70 Jatimakmur tanggal 8 Maret 2024, tetapi sampai sekarang belum ada penggantian. Jika ditanya, hanya mengulur-ulur waktu. Padahal saya sampai bersabar memberikan mediasi dan waktu kepada pihak gerai.

Resi JX2183437163 juga tidak dikembalikan. Sempat saya tanyakan langsung dengan sprinter pick up paket J&T Jatimakmur BKI 70. Menurut informasi, barang saya retur sudah berubah bentuk dari baju menjadi pensil alis. Saya sudah melakukan upaya mediasi secara internal kepada pihak J&T Jatimakmur melalui WhatsApp group. Tetapi saya tidak mendapatkan respon (pesan saya tak diacuhkan). Sampai menanyakan ke pihak QC tetap tidak ada respon baik.

Mohon pihak J&T dapat melakukan inspeksi atas masalah ini. Karena ini bukan pertama kali terjadi di saya. Setelah saya tanyakan pihak QC Retur J&T Jatimakmur, sistem retur J&T sangat berbeda dengan ekspedisi lain. Yang seharusnya status di marketplace pengembalian paket retur berhasil jika sudah diterima seller. Tetapi berbeda dengan J&T, status paket di marketplace telah berhasil dikembalikan ke seller padahal barang tersebut belum diterima di seller.

Di sini sudah satu pelanggaran, di mana J&T secara sepihak menutup retur paket di marketplace padahal paket retur belum diterima seller. Untuk teman-teman seller, harap berhati-hati masalah retur.

Dengan 2 kasus ini, saya ingin solusi dan pertanggungjawaban dari pihak J&T karena sangat banyak waktu tersita menghubungi dan mediasi ke orang-orang yang tidak memiliki tanggung jawab atas pekerjaannya. Saya tidak akan berhenti komplain sampai hak saya dipenuhi.

Saya anggap masalah ini sangat serius karena ada oknum di dalam J&T melakukan tindak pidana penggelapan barang retur. Saya berharap masalah ini tidak melebar yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan publik terhadap J&T.

Terima kasih.

Harliadi
Kota Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini: