Rekening PermataMe Diblokir Tiba-tiba, Padahal Tidak Melakukan Kesalahan Apapun

Pada tanggal 25 Februari 2024, saya membuat rekening PermataMe melalui online, di aplikasi PermataMobile X. Saya tertarik untuk membuka rekening karena sedang ada promo nasabah baru. Setelah mendaftar, dan diterima, nomor rekening saya: 993610**85 dengan atas nama Laila Nurjanah. Ini penting disebutkan, dengan tujuan agar pihak PermataBank bisa mengetahui saya.

 

Saya mulai menabung sekitar Rp25.300.000 pada  tanggal 1 Maret 2024. Saya melakukan 3x transaksi top up e-wallet Ovo pada tanggal 3 Maret 2024, dengan tujuan mengikuti syarat ketentuan transaksi nasabah baru, serta sekaligus ikut promo 3x transaksi untuk mendapatkan 50.000 Permata point.

Pada tanggal 10 Maret 2024, masalah muncul ketika saya ingin membuka aplikasi mobile banking saya. Saya tidak bisa login dan membuka m-banking saya. Saya kira ini hanya maintenance dan akan segera pulih. Namun besoknya saya kembali mencoba membuka m-banking Permata, tetap tidak bisa login. Saya bingung, padahal tidak melakukan kesalahan apapun. Seperti dijelaskan sebelumnya, saya hanya melakukan 3x transaksi Ovo pada tanggal 3 Maret 2024.

Saya memutuskan untuk menelpon pihak PermataBank. Namun pihak CS PermataBank tidak tahu alasan kenapa ini bisa terjadi. Mereka hanya mengatakan saya harus pergi ke cabang. Saya mengatakan keberatan jika harus pergi ke cabang. Karena itu butuh waktu, biaya dan tenaga, karena lokasinya sangat jauh. Saya tinggal di desa, bahkan di kota saya tinggal tidak ada kantor cabang PermataBank. Harap diingat, bahwa saya tidak melakukan kesalahan apapun. Saya menelepon 2x untuk memohon solusi lain, tapi hasilnya tetap sama, harus pergi ke cabang.

Di sini saya ingin memohon untuk pihak PermataBank. Tolong buka blokir rekening saya ini. Saya ingin mengambil uang saya kembali sekitar Rp25 juta. Saya tidak habis pikir, jika saya harus mengeluarkan biaya dan tenaga ekstra, padahal saya tidak melakukan kesalahan apapun.

Saya bertanya kepada setiap teman yang biasa memahami masalah perbankan dan bertanya di berbagai forum. Mereka bertanya apakah hp saya di-root? Saya jawab tidak. Apakah saya melakukan scan QR berlebihan? Saya jawab bahkan saya belum memakai fitur itu. Saya hanya 3x transaksi Ovo, tapi rekening saya diblokir. Rekening saya tidak bisa ditransfer oleh rekening lain.

Bisa teman-teman bayangkan, kondisi saya adalah janda. Saya memiliki anak balita yang harus saya urus seorang diri. Dengan alasan kesehatan medis yang tidak bisa saya sebutkan di sini, tidak mungkin saya membawanya pergi ke cabang, sementara anak saya tidak bisa ditinggal di rumah.

Selain itu untuk pergi ke cabang PermataBank dibutuhkan kendaraan. Saya harus menyewa kendaraan itu dan juga supirnya. Tentu itu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Harap selalu ingat satu hal, bahwa di sini saya tidak melakukan kesalahan apapun.

Terakhir, untuk pihak PermataBank. Tolong buka rekening saya tanpa saya harus ke cabang. Jika berkenan, saya mengikuti setiap aturan dalam mengikuti promo, mohon untuk mencairkan promo itu, sebab itu berharga bagi saya.

Dan tentu pesan untuk saya pribadi dan teman teman, lebih baik buat rekening bank yang lokasi rumahnya dekat dengan cabang. Sebab akan sangat merepotkan bahkan jika itu bukan kesalahan nasabah.

Terima kasih. Mohon untuk tidak menghujat saya, saya tidak pernah tahu respon netizen seperti apa🙏. Mungkin bagi teman teman pergi ke cabang adalah hal mudah dan itu adalah resiko yang harus ditanggung, karena memiliki bank yang jauh dari lokasi rumah.

Laila Nurjanah
Kab. Subang, Jawa Barat


Update melalui X:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Rekening PermataME Diblokir Tiba-tiba, Padahal Tidak Melakukan Kesalahan Apapun”

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Laila Nurjanah, berjudul “Rekening PermataME Diblokir Tiba-tiba, Padahal Tidak Melakukan Kesalahan Apapun”...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Rekening PermataMe Diblokir Tiba-tiba, Padahal Tidak Melakukan Kesalahan Apapun

  • 1 April 2024 - (11:55 WIB)
    Permalink

    uang 25jt itu ditransfer dr rek pribadi atas nama anda sendiri jg atau atasnama orang lain ? kalo rek pengirim atas nama orang lain itu hal wajar, krn jaman skrg banyak penipuan dan pencucian uang dg membuka rek baru, sehingga bank butuh verifikasi lanjutan

    itu murni rek nya di blokir sistem tidak ada urusannya dg hp di root / bukan, kalo hp di root itu notifnya ada di awal begitu app dibuka dan app nya gak akan bs dibuka dr awal, kalo sudah sampai sukses buka rek dan transaksi itu artinya bukan masalah dr hp

    • 1 April 2024 - (12:21 WIB)
      Permalink

      Atas nama Keponakan saya. Dari rekening Neobank

      Bahkan jika diperlukan pembuktian kebenaran itu keponakan saya beneran atau bukan. Bisa lewat Kartu keluarga .

      Sedang berandai-andai.
      Baiklah. Jika seandainya seseorang baru pertama kali buka rekening tabungan apapun. Dia belum pernah punya rekening dimana pun.

      Lalu mengikuti promo Permata yang diharuskan mengisi saldo 25juta dan hold selama beberapa bulan/hari. Sudah pasti itu dikirim dari rekening orang lain (karena dia tidak punya rekening di bank lain)

      Menurut saya, tindakan ini terlalu berlebihan. Karena pihak pengirim dana tidak melakukan pelaporan apapun kepada penerima rekening.

      Seandainya ada pelaporan dari pengirim dana. Maka tindakan pemblokiran adalah hal yang sangat bagus dan keren.

      Disini jelas tidak akan mungkin adanya pelaporan dari keponakan saya (pengiriman dana) kepada saya penerima dana. Karena itu bukan penipuan, Gestun, atau tindak kejahatan.

      • 1 April 2024 - (12:24 WIB)
        Permalink

        Jika media konsumen atau pihak permata meminta saya memberikan bukti KK saya bersedia kirim lewat email

        Atau bila perlu video verifikasi keponakan saya dengan sadar dan tanpa paksaan mengirim saldo ke rekening saya. Itu bisa kami lakukan dengan mengirim lewat email

      • 1 April 2024 - (14:17 WIB)
        Permalink

        nah benar kan dugaan sy, pasti pengirimnya dr bank lain bukan nama anda sendiri.. dimana mana motif tipu tipu dan cuci uang sperti itulah caranya ! mau anda benar atau tidak itu adalah deteksi sistem, semua transaksi besar yg masuk akan dianggap fraud jika beda nama, apalagi di rek baru, sistem gak peduli apapun alasan anda.

        ya datang aja ke cabang nanti akan di verifikasi data anda doang, kalo gak datang ya gak bakalan selesai..

        kenapa sy bisa tau ? sebab hal seperti itu puluhan orang yg mengalaminya, sy beberapa kali baca postingan spt itu di FB ataupun di grup grup telegram sejak th 2021

        • 1 April 2024 - (17:08 WIB)
          Permalink

          Detek sistemnya harus diperbaiki karena berlebihan dan kurang gercep kalau memang dibutuhkan

          Berlebihan karena
          Tidak ada pelaporan dari pengirim tapi sistem “berinisiatif” melakukan tindak keamanan

          Kurang gercep. Karena jika memang ada tindak penipuan dan pencucian uang. Uang itu pasti sudah raib duluan ditarik sama penipu/penjahat sebelum sistem berinisiatif memblokir rekening . Contohnya saja rekening saya butuh sekitar 10 hari lebih sejak menerima transfer dari keponakan saya. Bayangkan jika itu beneran hasil nipu. Pasti duitnya sudah jadi uang kertas ditarik di ATM

    • 1 April 2024 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Betul, jika tahu bakal seperti ini . Saya tidak akan mau ikut buka rekening.

      Tapi disini apakah saya salah membuka rekening untuk mengikuti promo itu?

      Apa hal melanggar yang saya lakukan sehingga rekening saya di blokir dan harus pergi ke cabang?

      Sebenernya garis besar disini yang dibahas bukan tentang promo tapi terkait nasabah yang tidak melakukan kesalahan apapun tapi rekeningnya di blokir dan diminta ke cabang.

  • 1 April 2024 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Sama kak seperti punya saya persis, pas laporan pertama alasannya ktp buram sampe harus ke dukcapil ganti ktp. Kemudian langsung kecabang untuk pengkinian data. Sampe saat ini rekening saya masih belum di akses. Nyesel banget buka rekening ini. Kapok banget

      • 1 April 2024 - (18:37 WIB)
        Permalink

        Awal saya telp permata tel gabisa ngebantu dan disuruh kecabang. Tetapi kecabangpun belum bisa bantu cuman dibuatkan laporan kepusat. Kemudian ditelp cabang ternyata suruh pengkinian data karena ktp rusak. yang saya heran kenapa ga di reject dari awal.

        Setelah urus ktp kecabang lagi untuk dibantu pengkinian data dan dikirimkan data saya kepusat karena cabang gabisa bukain.
        Tapi hingga saat ini saya masih belum bisa akses rekening saya. Mana cabang permata gasemua kota ada, menguras energi dan mental.

  • 4 April 2024 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah
    Terimakasih kepada Allah yang telah mengabulkan doa, kepada Mediakonsumen yang membantu menerbitkan surat pembaca dan Permata Bank yang telah membuka rekening saya kembali

    Rekening sudah bisa digunakan. 🙏

 Apa Komentar Anda mengenai PermataBank?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Rekening PermataMe Diblokir Tiba-tiba, Padahal Tidak Melakukan Kesalah…

oleh Laila Nurjanah dibaca dalam: 2 menit
11