Tokopedia Resolution Center Kenapa? Klaim Barang Hilang Pengiriman SiCepat Terlalu Lama

Saya berharap surat ini bisa ditayangkan oleh Media Konsumen. Karena saya benar-benar kecewa dengan pelayanan Tokopedia terkait Resolution Center, yang penyelesaiannya makin lama makin larut tanpa kejelasan dan membuat kecemasan, baik dari pihak penjual maupun pembeli.

Berawal dari transaksi Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20240416/MPL/3855199217, yang dikomplain customer karena barang tidak kunjung sampai dengan resi SiCepat: 005242607501. Bolak-balik saya telepon SiCepat, dengan hasil barang dinyatakan hilang dan diarahkan klaim penggantian.

Namun entah kenapa, sampai sekarang dan sudah hampir sebulan belum ada realisasi penggantian. Parahnya, yang muncul di Resolution Center hanyalah Virtual Bot yang menjawab template untuk disuruh menunggu tanpa ada estimasi atau kejelasan kapan penyelesaiannya.

Penjual dan pembeli gencar menanyakan kejelasan hampir setiap hari dan tetap direspons sama (tetap yang muncul bot). Jadi hampir setiap hari kita mengemis dan memohon untuk penyelesaian.

Saya betul-betul kecewa dan menyayangkan pelayanan serta tanggapan keluhan seperti itu. Terus terang saja, dari sisi penjual tentunya sangat terganggu akibat kejadian ini. Sebagai seller kecil, dana tersebut sangatlah besar untuk kami belanja lagi kebutuhan modal untuk kami putar.

Kami sampai meminjam uang untuk menambal kekurangan tersebut. Namun menyelesaikan komplain seperti sebercanda itu dengan merespons hanya virtual bot dan hanya sebatas disuruh menunggu. Semoga masih ada perikemanusiaan baik dari sisi Tokopedia maupun SiCepat, dalam menyelesaikan komplain hingga tidak berlarut lama. Minimal bisa memberikan batas waktu penyelesaian agar pihak penjual maupun pembeli tidak cemas setiap harinya.

Sekiranya sekian surat pembaca ini saya buat. Mohon maaf apabila ada pihak yang tidak berkenan dengan hal ini, karena sabar dan kecewa saya sudah sampai pada kapasitas yang bisa saya tahan.

Serta untuk Media Konsumen, semoga orang-orang yang terlibat di baliknya sukses selalu karena sudah memfasilitasi dan menjadi wadah orang-orang yang bingung mencari harapan.

Sekian dan terima kasih.

Fadli Kurniawan
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tokopedia Resolution Center Kenapa? Klaim Barang Hilang Pengiriman SiCepat Terlalu Lama”

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Fadli Kurniawan dengan judul “Tokopedia Resolution Center Kenapa? Klaim Barang Hilang Pengiriman SiCepat Terlalu...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Tokopedia Resolution Center Kenapa? Klaim Barang Hilang Pengiriman SiCepat Terlalu Lama

  • 21 Mei 2024 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Memang serem jualan online dengan standar pelayanan dari pihak marketplace dan kurir pengiriman yang agak begitu lah. Saya juga pernah kena. Lama bener beresnya, musti komunikasi sama sana situ.

    • 21 Mei 2024 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Ini ga cuma 1 bang, aku ada 1 transaksi lgi blm aku publish, barang dibawa kabur driver ojol. Udah mau setahun belum kelar2. Alasannya masih BAP.

  • 24 Mei 2024 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Toped bangkrut ikut jejak simerah, apalagi tdk ada perbaikan kinerja asuransi yg jd blunder penjual malah dipalak kenaikan biaya tanpa ada perbaikan layanan

  • 25 Mei 2024 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Sampai detik ini masih sama ya kondisinya belum ada realisasi penyelesaian komplain dan jawaban masih sama, baik dari sicepat ataupun tokopedia.

  • 27 Mei 2024 - (04:17 WIB)
    Permalink

    Sampai detik ini masih sama ya kondisinya belum ada realisasi penyelesaian komplain dan jawaban masih sama, baik dari sicepat ataupun tokopedia dan saya ttp masih jd pengemis di diskusi komplain meminta hak Saya.

  • 28 Mei 2024 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Update hari ini masih sama ya, kedua pihak marketplace dan ekspedisi msh blm menyelesaikan masalahan dengan baik dan terkesan lempar-lemparan.

  • 2 Juni 2024 - (04:57 WIB)
    Permalink

    Terimakasih Media Konsumen, klaim saya sudah selesaj dan dana sudah dicairkan. Semoga berkah dan sukses selalu untuk semuanya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Resolution Center Kenapa? Klaim Barang Hilang Pengiriman SiC…

oleh F. Kur dibaca dalam: 1 menit
8