Transaksi QR Jenius di Hoka-Hoka Bento Mall Metropolitan Sudah Mengurangi Saldo, Namun Pesanan Malah Dibatalkan

Kemarin, tanggal 25 Mei 2024, jam 14:45, saya mampir ke restoran Hoka Hoka Bento untuk makan siang di Mall Metropolitan, Bogor. Kebetulan hari itu ada promo Hokben dari Jenius untuk pembayaran QR. Paket Simple Set seharga Rp9.999.

Transaksi QR sudah berhasil, saldo saya sudah berkurang Rp9.999, namun terjadi masalah pada rekening dari pihak merchant. Ada tulisannya “no transaction”, maka dari itu kasir membatalkan pesanan.

Saya sudah komplain ke kasir dan menunjukkan bukti bahwa transaksi sudah berlangsung dan alamat tujuannya adalah Hokben Mall Metropolitan, saldo saya sudah berkurang. Namun kasir tidak mau tahu dan memberitahu saya bahwa “pesanan tersebut dibatalkan, walau saldo saya sudah berkurang sesuai jumlah yang berlaku karena dari pihak merchant tidak mendeteksi adanya transaksi”. Malah dengan tidak tahu malu, si kasir menyarankan untuk transaksi ulang.

Tentu saja saya menolak dan berkata, “kalau nggak masuk lagi ke rekeningnya, berarti saya rugi 20 ribu nggak dapat makanan dong?”

Dengan enaknya kasir bilang “iya”, kemudian tanpa simpati apa pun, tanpa peduli apa pun dia langsung beralih ke customer lain dan mengabaikan saya.

Saya sudah mengajukan pengaduan ke Jenius dan meminta bantuan agar saldo saya dikembalikan. Pihak Jenius sudah berjanji mau menyelidiki kasus ini. Namun saya jadi ragu saldo saya akan dikembalikan setelah keesokan harinya saya cek di riwayat transaksi yang mengatakan bahwa transaksi Hokben kemarin sudah dinyatakan sukses. Kalau seperti ini, saya ragu pihak Jenius mau mengembalikan dana yang saya keluarkan dengan sia-sia akibat pelayanan buruk kasir Hokben tersebut.

Dari kejadian ini, saya belajar bahwa lain kali, kalau saldo saya sudah berkurang, saya akan perjuangkan hak saya sampai saya dapat. Saya tidak akan meninggalkan merchant sampai saya dapat barang yang sudah saya beli. Karena kalau mengandalkan CS, mereka pasti akan meminta bukti bahwa saya tidak menerima pesanan saya untuk menghindari penipuan, dan hal tersebut tidak bisa dibuktikan. Sama ketika kita komplain makanan GoFood yang kita pesan tidak diterima, kita tidak bisa membuktikannya, sehingga tidak bisa mengklaim apa yang hilang.

Untuk selanjutnya, kalau memang saldo saya tidak dikembalikan, saya tidak berniat lagi untuk mengikuti promo-promo Jenius, dan saya berharap ada tabungan berbasis VISA lainnya yang lebih baik dari Jenius. Ketika saya menemukannya, saya akan tutup rekening Jenius tersebut. Buat apa bekerja sama dengan pihak yang tidak bisa dipercaya? Uang saya tidak aman di sana. Tapi kalau saldo saya dikembalikan, saya akan memaafkan Jenius.

Febe Sutanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

3 komentar untuk “Transaksi QR Jenius di Hoka-Hoka Bento Mall Metropolitan Sudah Mengurangi Saldo, Namun Pesanan Malah Dibatalkan

  • 28 Mei 2024 - (19:16 WIB)
    Permalink

    Memang seram trend pembayaran serba aplikasi, serba e-wallet. Kalo ada masalah teknis, kaya ngak ada yang mau bertanggung-jawab. Padahal sebenarnya saya yakin orang-orang maklum kalau pembayaran ada masalah teknis begini. Masalahnya yah kaya penulis, mau kasirnya mau customer service ngak ada niat membantu gitu. Padahal itu duit. Enak bener ditilep begitu.

  • 29 Mei 2024 - (06:45 WIB)
    Permalink

    Up terus gan, bukan masalah mominalnye, tp profesional penyelenggara gmn dlm ngadepin komplenan kyk begini… jitak aje tuh kasir belegug,.. 😅

  • 29 Mei 2024 - (23:56 WIB)
    Permalink

    Budaya +62 gitu kalo pake promo/vcr langsung dijutekin kasir kurangnya edukasi dr atasan, promo=ngemis/rendahan

 Apa Komentar Anda?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Transaksi QR Jenius di Hoka-Hoka Bento Mall Metropolitan Sudah Mengura…

oleh Abyss dibaca dalam: 2 menit
3