Surat Pembaca

Barang COD Ditukar Isinya, Lazada Lepas Tangan Menolak Klaim Kami yang Sudah Sesuai SOP

Kami ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat kami.

Kami adalah penjual di Lazada dengan nomor ID: ID10BHR yang berjualan handphone, mobiles, dan tablets. Pada tanggal 23 Maret kami menerima paket COD pengiriman gagal oleh kurir Lazada dengan nomor dan resi berikut:

  • Nomor Order / Resi: 1388221283248524 // NLIDAP1742282722
  • Nomor Order / Resi: 1396048346236218 // NLIDAP1740729287

Paket sudah dikembalikan ke seller dalam kondisi packing yang sudah dibobol total. Ada 2 paket dan kami sudah klaim sesuai SOP dengan laporan 2500000145035742 tanggal 23 Maret 2024. Namun, pihak Lazada menolak klaim kami yang sudah kami lampirkan bukti lengkap dengan alasan tidak ada pembongkaran paket dengan bukti foto saja (foto sudah kami lampirkan di bawah).

NO LAPORAN 2500000145041523 - PENOLAKAN KLAIM KAMI HANYA BERDASARKAN FOTO DARI JAUH YANG TIDAK JELAS, SEDANGKAN BUKTI DARI KAMI SANGAT KUAT SEPERTI YANG KAMI LAMPIRKAN SEBELUM NYA

Sedangkan dari pihak kami mempunyai bukti kuat, yaitu:

1. Video Pengemasan Produk Pada Saat Dikirim

    • Video pengemasan nomor pesanan 1388221283248524: Tautan Video

    • Video pengemasan nomor pesanan 1396048346236218: Tautan Video

2. Video Pada Saat Kurir Pick Up Paket Kami ke Driver Pick Up pada Tanggal 7 Maret 2024

    • Video kondisi paket saat diserahkan ke driver pick up nomor pesanan 1388221283248524 tanggal 7 Maret 2024: Tautan Video
    • Video kondisi paket saat diserahkan ke driver pick up nomor pesanan 1396048346236218 tanggal 2 Maret 2024: Tautan Video

3. Video Unboxing saat Paket Dikembalikan ke Seller, Dibuka di Depan Kurir yang Mengantar Tautan Video

Terlihat sangat jelas paketnya dibobol dan dipacking ulang.

4. Bukti BAP Serah Terima Barang Hilang Ditukar Isinya

    • Sudah kami buat dan kami lampirkan pada laporan nomor 2500000145035742 tanggal 23 Maret 2024.

Semua sudah kami lakukan sesuai prosedur SOP Lazada baik dalam pengemasan dan pengiriman, serta pada saat menerima paket gagal dari pihak kurir.

Kasus ini sangat merugikan kami karena kami dirugikan dengan nilai barang sebesar Rp4.543.137 dan Rp4.131.000. Nilai tersebut sangat merugikan kami sehingga kami tidak bisa berjualan lagi di Lazada karena khawatir akan terjadi kejadian yang terulang.

Kami meminta itikad baik dari pihak manajemen Lazada untuk menyelesaikan dan memberikan hak kami. Semoga dengan surat ini pihak Lazada akan segera membantu kami untuk menyelesaikannya.

Demikian informasi ini kami buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat kami,

Thomas
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya bukan penjual di lazada, tapi mau tanya, emang kalau di lazada fitur COD ga bisa di nonaktifin ya? Harus aktif?
    Soalnya untuk nominal 4 jutaan, apalagi barangnya iPhone, aktifin COD aja udah riskan sih buat saya.
    Karena si pemain bisa menyamar sebagai pembeli, dia order COD tanpa perlu repot urus pengembalian dana dll, tinggal retur beres.
    Beda halnya kalau si pemainnya order non COD, kan dia udah bayar duluan, pasti ada tahap pengembalian dana segala macem nya ke dia, jadi duitnya bisa di hold juga sama pihak marketplace. Kalau begini si pemainnya belum bayar apa apa ke marketplace, belum ada duit yang masuk, jadi dia bebas buat ngincer toko lain untuk melakukan modus serupa.

    • Saya juga setuju, saya penjual di lazada dan shopee dan tokopedia, aku beberapa kalo rugi dgn cod dikembalikan lewat marketplace lebih banyak sih terjadi hal2 begini di shopee, tapi saya jalannya bukan barang berupa elektronik tapi nilai jualan saya rata2 diatas 200 ribuan. Saya pernah jual komputer bekas pakai saya senilai 10 juta di tokped pembeli dr Jambi alamat kurang jelas dgn alamt dusun2 gitu tapi gak cod. Saya video semua segala sisi dan saya potong nama barang dilabelnya. Untung gak terjadi apa2.

    • cod bisa di non aktifkan , kebetulan saat itu kita sedang menggunakan fitur cod untuk dapat trafik tp ternyata malah beresiko di bobol oleh oknum .

      se

  • Saya juga jualan di lazzada untuk layanan ekspedisi saya memang menghindari pakai JNE dan ninja ...ya karena ada beberapa alasan yang memang tidak bisa di jelaskan khususnya ninja ....saya akan memakai ekspedisi jnt . Semoga masalah anda cepat terselesaikan ...

    • di lazada kita wajib pakai LEX tidak bisa pilih ekspedisi. terima kasih doa nya , semoga saja di selesaikan oleh pihak lazada karena kami sdh klaim 3x dan di tolak oleh karena itu kami menulis disini semoga pihak lazada akan membantu kami

  • Itu barang returnya dari pembeli yg sama atau gmn ya ?

    Klo paket cod trs ditolak pembeli pada saat paket dateng, itu barangnya juga belom sampe ke tangan pembeli dan pasti belom dibongkar kecuali pake cod cek dulu seperti di aplikasi orange. Jadi paketnya masih dikurir buat dikembalikan lagi ke gudang, Kecuali pembeli udah terima paket trs ngajuin retur. Itu kemungkinan udah dibongkar dulu oleh pembeli.

    Jadi kasusnya seperti apa ya? Ditolak langsung atau diterima dulu lalu ngajuin retur ?

    • ini blm sampai di pembeli karena gagal kirim ke pembeli , jadi status nya retur ke penjual...
      pada saat retur brg sdh di bongkar isi nya di tukar seperti video yg kami lampirkan

  • Sebenarnya itu belum di ajukan ke ninjaxpress nya bro , itu baru di tanganin di internal lazada, yg urusin klaim nya pasti nama cs nya kalo gak Arta atau Mia ya? Ini mereka emang sering banget tolak klaim seller walau bukti udah lengkap jadi mereka tuh sengaja nolak biar ga masuk ke penanganan ekspedisi bro gue udah 3x paket ditukar ditanganin sama cs Arta selalu ditolak alesanya sama kaya bro tidak ada indikasi pembongkaran paket wkwkwkwk

    • kadang beda cs beda keputusan... case ini kami ada 4 yg di bobol dengan modus yg sama dan waktu yang berdekatan dan aneh nya 2 di setujuin klaim nya dan yang 2 di tolak klaim nya padahal kasus nya sama ... membingungkan psc lazada ini kita klaim ulang sampai 3x jawaban nya sama tdk ada indikasi pembongkaran... jd video yg kami lampirkan tidak di lihat mereka arti nya ....

      mungkin dari teman2 seller ada saran untuk case ini....

      mohon komentar nya ....

      • suruh cs yg menyatakan "tidak ada bukti pembongkaran" menjelaskan soal tulisan yg tidak beraturan pada video unboxing, menit 3:57.

        jelas itu tulisan tumpang tindih, bukti sudah dibuka, dan ada stiker merah yg utuh, ini membuktikan paket dibuka sebelum ditempel stiker bundar warna merah (stiker merah bundar itu stiker drmn?)

        saran saya : laporkan cs yg menyatakan "tidak ada bukti pembongkaran"

        kapan stiker merah tsb ditempel? pasti ada datanya, dr situ bisa diketahui kapan paket tsb dibuka, jd penyelidikan dimulai dr sebelum stiker itu ditempel atau dr orang yg menempelkan stiker tersebut.

      • Bener beda admin yg tanganin itu beda bro , belum lama paket saya juga ditukar udah klaim sampai 4x ditolak semua bukti gak diliat sama sekali dan anehnya kalo klaim sudah di ajukan 1x harusnya tidak bisa diajukan ulang lagi kecuali saat kita ajukan klaim itu sama agent PSC nya gak di ajukan ke ekspedisi ybs makanya bisa kita ajukan ulang lagi , padahal dari SOP aja lazada ga sesuai loh kaya bukti yg diperlukan di halaman soal klaim ga ada harus ada video ini itu tapi sebagai seller harus antisipasi buat video packing dan retur jasa kirim mereka Lex id juga ga sesuai SOP kalo ada paket retur dikembalikan ke agent kita kirim paket ga diantar ke alamat gudang hahaha mereka banyak melanggar sop sendiri tapi kalo seller yg dianggap melanggar langsung uang dimakan gada ampun

  • Ini aneh.... anda bilang kejadian pengembalian paket ini sering terjadi. Padahal paket belom diterima oleh pembeli. Nah pertanyaan nya... Mengapa paket yg anda kirim sering ditolak oleh pembeli....? Alasan mereka apa? Apa karena ga ada duit atau krn mereka ga merasa pesan ?

    Yg jelas dalam kasus ini pihak pembeli bukanlah pihak yg menukar paket ... Jadi kemungkinannya hanya 2 pihak yg bisa dicurigai yaitu pihak ekspedisi yg menukar paket atau pihak yg penjual yg mengarang cerita supaya mendapat penggantian....

    Sekian dan terima kasih

  • Ya benar kurang lebih ada 2 kemungkinan aja , kami dr sisi seller ada bukti smua nya klo kami mengirim paket sudah sesuai , dari sisi ekpedisi kan paket nya sdh jelas packaging nya sdh pernah di bongkar dan di packing ulang .

    Terima kasih

  • Itu pemain udah lihat celah ,barang gak diterima atau gak diantar seolah olah pembeli menolak ,atau ada permainan pembeli dengan kurir ,jadi kemungkinan dari oknum pengiriman lebih besar tersangka nya ,kalau penjual udah punya bukti rekaman saat mempacking

  • Udah ada lanjutannya belom biasa nya kalo di up di sini lgsg di hubungi lazada