Klaim Asuransi Barang Hilang di Tokopedia, yang Melelahkan dan Tidak Ada Kepastian

Terima kasih karena saya sudah diizinkan memuat cerita saya di sini terkait komplain barang hilang di Tokopedia. Pada kesempatan ini saya ingin bercerita dan berbagi pengalaman saya kehilangan kiriman paket dengan asuransi di Tokopedia, dan semoga dapat dibaca oleh pihak Tokopedia dan ditindaklanjuti.

Pada tanggal 23 Mei 2024, saya membeli sebuah HP Poco X6 5G senilai Rp3.889.000 dari Toko @omgamer dengan nomor invoice: INV/20240523/MPL/3922630319 dan nomor resi pengiriman JNE: TKP01-ND1LPHX8.

Pada hari Senin tanggal 27 Mei 2024, saya lacak pengiriman di Tokopedia, statusnya menunjukkan kurir sudah ditugaskan dan pesanan akan segera diantar ke pembeli, tertera pukul 16.23. Namun, pada hari yang sama pukul 20.43, status terupdate bahwa alamat pembeli tidak ditemukan, padahal alamat sudah betul, lengkap, dan jelas, serta tercantum nomor WA penerima.

Pada tanggal 29 Mei 2023, status pengiriman update kembali bahwa kurir sudah ditugaskan dan pesanan akan segera diantar ke pembeli, tertera pukul 20.23. Lalu, semenit kemudian statusnya update kembali menjadi “pesananmu hilang dalam proses pengiriman, mohon hubungi kami di pusat bantuan Tokopedia untuk proses klaim”.

Saya kaget karena baru pertama kali mengalaminya, lalu saya mengajukan komplain pada hari yang sama. Pihak Tokopedia dan kurir JNE meminta pembeli dan penjual menunggu sampai tanggal 5 Juni untuk menyelesaikan proses investigasi internal. Sampai di tanggal 5 Juni, penjual lalu melakukan klaim asuransi.

Saya tidak mengira prosesnya akan selama ini. Hingga saat ini, tanggal 16 Juni 2025, hampir 20 hari sejak barang dikomplain, belum ada kejelasan proses klaim barang hilang ini akan selesai. Saya sudah coba beberapa kali menghubungi Tokopedia Care tetapi jawabannya lambat dan seperti balasan robot, bahkan seperti tidak mau menanggapi pertanyaan saya sebagai pembeli.

Di sini saya sangat kecewa karena bukan satu dua kali saya bertransaksi lewat Tokopedia, sudah ratusan kali dengan nominal ratusan juta, karena saya percaya dengan Tokopedia dibanding marketplace yang lain. Bagi Tokopedia mungkin nilai uangnya tak seberapa, namun bagi saya itu adalah modal usaha.

Saya mohon agar pihak Tokopedia, pihak asuransinya, dan pihak JNE segera menyelesaikan masalah ini. Saya telah kooperatif mengikuti alurnya, saya harap pihak terkait pun menghargai kami sebagai konsumen.

Agus Kamal
Kab. Bandung Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

14 komentar untuk “Klaim Asuransi Barang Hilang di Tokopedia, yang Melelahkan dan Tidak Ada Kepastian

  • 17 Juni 2024 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, karena ketidak telitan penulis, terjadi kesalahan penulisan tahun pada artikel/surat terbuka di atas.
    1. 29 Mei 2023 seharusnya 29 Mei 2024.
    2. 16 Juni 2025 seharusnya 16 Juni 2024.

    Mudah mudahan pihak-pihak terkait membaca, dan bijaksana menyelesaikan masalah tersebut.

  • 17 Juni 2024 - (11:18 WIB)
    Permalink

    seharusnya kalau barang hilang oleh kurir, dana pembeli harus langsung dikembalikan ke pembeli, toh dana pembelian ada di kantong tokopedia, utk asuransinya dibayarkan ke penjual sebab produknya hilang dalam pengiriman.

  • 17 Juni 2024 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Kalau tanpa asuransi, iya langsung ke pembeli dananya. Tapi berhubung transaksi dgn asuransi, dan dibayar serta terbit a/n pembeli, maka pembeli lah yg menunggu klaim cair.
    Meski begitu, harusnya proses tunggu tidak ber lama” dan tidak ada kepastian hanya disuruh nunggu.

      • 17 Juni 2024 - (18:22 WIB)
        Permalink

        ya.. gak ada asuransi yg rugi tokonya.. cuma diganti 10x ongkir..
        makanya heran banyak toko yang berani tanpa asuransi (opsional)

      • 17 Juni 2024 - (19:30 WIB)
        Permalink

        Di posisi sbg buyer, jika bisa dimatikan asuransinya, biasa sy ngga pake sih… Tapi resikonya kalo penjual salah kirim produk, biaya returnya kemungkinan besar pembeli yg tanggung (kalo aktif asuransi, retur bebas biaya dan ada opsi pickup kurir utk ekspedisi tertentu). Repotnya di sana aja sih.

  • 17 Juni 2024 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Saya setuju, karena urusanya klaim asuransi itu urusannya sama penjual bukan sama pembeli.
    Uang pembeli seakan akan jadi jaminan, selama belum kelar urusan nya, uang kita menggantung, rugi materi dan rugi waktu juga…

  • 17 Juni 2024 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Uang pembeli harus kembal 2×24 jam ketika status dinyatakan hilang.
    Ini duitnya ditahan dulu, timbul kesan disengaja dengan maksud tertentu.

    • 17 Juni 2024 - (18:19 WIB)
      Permalink

      Iya,
      Kalo batas waktunya jelas sih, mungkin kita tidak akan up di media.
      Sebab ketidak jelasan dan ketidakpastian nya, kita terpaksa mengadu… Siapa tau mereka membaca dan menanggapi hal ini.

  • 18 Juni 2024 - (06:26 WIB)
    Permalink

    Update dari…
    *Tokopedia Care”
    “Hallo Kak, kami bantu analisa komplain Kakak sudah selesai dari Pusat Resolusi dengan solusi klaim. Kami infokan pengajuan klaim Kakak sedang dalam pengecekan oleh pihak asuransi. Kami bantu koordinasikan dengan pihak asuransi untuk memaksimalkan proses pengembalian dana klaimnya. Mohon kesediaan Kakak menunggu terlebih dahulu …”

    Ngecek nya kok lama,? berminggu-minggu…

  • 18 Juni 2024 - (15:21 WIB)
    Permalink

    search aja “asuransi tokopedia” di MK, ntar juga tahu kenpa kok lama.. baru minggu2an, ada yang sampai setengah tahun

 Apa Komentar Anda?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Barang Hilang di Tokopedia, yang Melelahkan dan Tidak A…

oleh Agus Kamal dibaca dalam: 1 menit
14