Keputusan Sepihak Shopee Melanggar Kebijakan Bebas Pengembalian terhadap Produk Custom & Pre Order yang Sangat Merugikan Penjual

Saya menulis di sini ingin mengungkapkan kekecewaan saya sebagai penjual di Shopee, terutama atas kasus bebas pengembalian yang dilakukan semena-mena oleh pembeli dan sudah pasti dimenangkan oleh Shopee tanpa memandang bukti apapun yang diberikan oleh penjual saat banding.

Sebagai penjual, kami sungguh merasa hak kami telah diambil oleh Shopee untuk menyuarakan tentang keputusan satu ini, bahwa alasan “berubah pikiran” sangat merugikan penjual karena pembeli bisa seenaknya mengembalikan barang padahal barang yang dikirim sudah sesuai gambar dan keterangan yang tertera di deskripsi produk.

Pada tanggal 6 Juni 2024, saya menerima orderan dari pembeli untuk sebuah gelang custom made yang dibuat mengikuti ukuran pembeli seharga Rp320.000. Proses pembuatan gelang adalah minimum 2-3 hari kerja dan sudah dilisting sebagai produk pre-order.

Melalui orderan tersebut, pembeli menuliskan catatan ingin diberikan gelang yang dominan berwarna biru tanpa ada warna putihnya. Sebagai penjual, kami sudah menjelaskan kepada pembeli melalui chat bahwa yang saya jual adalah batu alam yang sudah memiliki warna bawaan dari alamnya, tidak bisa memilih tidak mau ada warna putihnya. Pembeli pun menyetujui hal tersebut dan meminta untuk proses pesanan.

Kemudian pada tanggal 13 Juni 2024, kami menerima permintaan retur bebas pengembalian dengan alasan berubah pikiran, dikatakan kualitas tidak sesuai.

Sebelum barang tersebut dikirimkan, kami sudah memberitahukan perihal tentang warna yang tidak bisa dipilih dominan biru sebagaimana bawaan alam batu tersebut. Shopee menyetujui komplain pembeli dan dana telah dikembalikan ke pembeli meski bukti video packing, video unboxing, screenshot deskripsi barang custom made, dan pre-order di deskripsi produk kami telah diberikan ke pihak Shopee.

Melalui syarat dan ketentuan bebas pengembalian Shopee, dikatakan semua barang custom dan pre-order dikecualikan dalam persyaratan bebas pengembalian. Namun pada kenyataannya, produk saya tetap ada label bebas pengembalian meski sudah tertulis pre-order dan custom.

Kami menelpon CS Shopee dan juga bertanya di fitur Help Care Shopee. Kami mengalami kekecewaan lebih dalam lagi karena nampaknya karyawan Shopee tidaklah bisa menjawab pertanyaan saya. Apakah karyawan Shopee ini tidak memahami bahwa produk custom made dan pre-order seharusnya tidak termasuk dalam kategori bebas pengembalian?

Saya meminta pertanggungjawaban dari pihak Shopee terkait hal ini, karena peraturan Shopee dilanggar sendiri oleh pihak Shopee. Kami para penjual tidak punya hak sama sekali untuk membela diri. Padahal tanpa adanya penjual, tidak akan ada pembeli bukan? Kenapa seakan-akan Shopee merajakan para pembeli dan tidak peduli sama sekali tentang usaha dan kesejahteraan penjual bahkan merugikan para penjual?

Kalau peraturan yang Anda buat Anda langgar sendiri, kami penjual harus mengadu kemana?

Tolong diperbaiki semua sistem kerja di Shopee. Kami para penjual betul-betul sudah lelah dan merasa kecewa dengan program bebas pengembalian Shopee.

Shierly
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Keputusan Sepihak Shopee Melanggar Kebijakan Bebas Pengembalian terhadap Produk Custom & Pre Order yang Sangat Merugikan Penjual

  • 17 Juni 2024 - (11:06 WIB)
    Permalink

    “Kalau peraturan yang Anda buat Anda langgar sendiri, kami penjual harus mengadu kemana?”

    laporkan ke YLKI kak, penjual sebagai konsumen bisa mengadu ke YLKI.

    pixiehollow27 – block!
    padahal dia sendiri jualan loh di shopee, belum pernah “dikerjain” produknya dikembalikan yah?
    pembeli bayar pakai Spaylater, kalau produk dikembalikan, dananya cair kemana yah?

    • 20 Juni 2024 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Gak kemana2 masuk ke seabank punya shopee. Seller ga dpt duit jualan, buyer ttp harus bayar cicilan. Ini modus biasa dan dah sering terjadi. Thats why mereka bikin kebijakan pengembalian dan bandingpun ga ngaruh. Krn tujuan nya emang ngumpulin duit angus begini.

  • 17 Juni 2024 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Selama orang masih mau jualan dan belanja di Shopee yah bakal begini terus ampe kiamat. Ngak ada marketplace satu pun yang berasa konsekuensinya karena peraturan aneh2 ataupun pelayanan yang buruk. Mau ratusan ribu artikel muncul di Media Konsumen juga sebodo amet, selama tetap laku.

  • 18 Juni 2024 - (23:03 WIB)
    Permalink

    betul tindakan shopee ini sudah keterlaluan, mereka memberlakukan pengembalian oleh pihak pembeli itu pasti di setujui dan buyer pasti kalah, itu sudah terbukti, sedangkan penjual yang tidak nakal pasti merasa geram dengan jawaban shopee dan jangan lupa yang paling menjengkalkan, barang dipakai pembeli, di kembalikan dus kosong pun menang pembeli, plus penjual harus bayar ongkir PP dari pembeli, apakah tidak ada lawyer atau lembaga konsumen yang mau menggugat pihak shopee untuk kasus shopee ini, pasti banyak penjual-penjual di shopee yang mau keadilan ditegakkan, paling tidak jika pembeli komplain itu masuk ke banding seperti dulu kala, kemudian jika pembeli terbukti melakukan tindakan bohong atau komplain yang mengada-ada, pembeli bisa di beri sanksi tidak bisa mendapatkan vocer dari shopee dan keuntungan lainnya dari shopee, itu lebih fair, jangan menembak penjual terus

  • 3 Juli 2024 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Emang ngeri sih Bebas Pengembalian ini. Apalagi yang jualan “Custom Preorder”. Bayangin aja, kaos/mug/barang lainnya sudah dicetak sesuai keinginan pembeli, tapi dikembalikan dg alasan berubah pikiran. Itu barang custom ga bisa dijual lagi ke orang lain, krn desainnya sudah sesuai request masing-masing.

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Keputusan Sepihak Shopee Melanggar Kebijakan Bebas Pengembalian terhad…

oleh Shierly dibaca dalam: 2 menit
5