Refund Pembelian Shopee Tidak Kunjung Dibayar

Singkat cerita, pada tanggal 29/03/2019 saya melakukan pemesanan 1 unit powerbank di Shopee. Tanggal 06/04/2019 barang pun saya terima dan saya coba, ternyata setelah dicoba barang tersebut tidak berfungsi. Saya pun melakukan komplain ke penjual. Setelah memberikan bukti video atas kondisi barang yang saya terima penjual pun setuju untuk mengembalikan dana atas pembelian barang tersebut yang tercatat dengan nomor pengajuan 190406214607397.

Tidak butuh waktu lama, tanggal 11/04/2019 dana dikirim oleh penjual ke pihak Shopee untuk diproses pengembalian ke pembeli, akan tetapi karena pembelian saya melalui transaksi debit online maka sesuai aturan Shopee memerlukan waktu sampai 60 hari kerja (waktu yang sangat lama mengingat dana sudah diterima Shopee dan tinggal diteruskan ke pembeli). Tapi saya tidak bisa komplain akan hal itu karena sudah aturan Shopee. Beberapa kali chat dengan CS Shopee mempertanyakan pengembalian dana saya dan terakhir CS Shopee menginformasikan untuk menunggu sampai tanggal 17/07/2019. Saya pun sabar menunggu.

Akhirnya tanggal 17 pun tiba tapi dana refund belum juga saya terima. Saya pun coba menanyakan ke CS Shopee berhubung tenggat waktu sudah sampai, tapi lucunya pihak CS Shopee malah meminta bukti bahwa dana refund belum masuk ke rekening saya (WHAT ???). Memang sangat lucu bila dipikir, yang harus melakukan pengembalian premi adalah pihak Shopee tapi pembeli yang disuruh tunjukkan rekening kalau dana belum masuk.

Kepada pihak Shopee, mohon segera responnya atas masalah ini. Perlu ditekankan bahwa bila dana refund pembeli tidak dikembalikan maka itu termasuk penipuan karena dari penjual sudah mengembalikan dana ke Shopee.
Pihak yang harus membuktikan dana sudah dikembalikan adalah pihak Shopee, bukan pihak pembeli. Jadi bila Shopee merasa sudah mengembalikan dana saya, maka mohon kirimkan bukti transfernya dan akan saya urus sendiri ke pihak bank saya.

Mohon CS nya ditraining yang benar karena bila customer sudah komplain ke media sosial maka customer sudah kecewa walaupun akhirnya masalah diselesaikan, hal ini harusnya menjadi masalah yang benar-benar harus diperhatikan semua OL Shop, apa gunanya CS bila hal-hal yang dikomplain customer tidak ditindaklanjuti dan baru ditindaklanjuti setelah dimasukkan di medsos.

Saya menunggu itikad baik dari pihak Shopee ata pengembalian dana saya.

Susanto
Medan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Penilaian Rata-rata: 0]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Refund Pembelian Shopee Tidak Kunjung Dibayar

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Refund Pembelian Shopee Tidak Kunjung Dibayar

susanto 1 menit
1