Merasa Tertipu Beli Barang di Akulaku, Nomor Resi Palsu tapi Pesanan Tidak Bisa Dibatalkan

Saya akan copas isi email yang saya kirimkan ke pihak Akulaku saja ya karena panjang banget kalau harus nulis ulang ada hal lain juga yang harus saya kerjakan.

Hallo Selamat Sore

01 Oktober 2019 sekitar jam 14.44 saya menghubungi pihak Akulaku lagi via tlp untuk menanyakan perihal status barang saya bagaimana kenapa belum sampai juga sampai saat ini

Tgl 13 Sept 19 saya pesan Notebook HP Pavilion 11 lewat aplikasi Akulaku dengan cicilan 0%, dari awal saya sudah chat ke pihak penjual menanyakan “Min ini pengirimannya dari mana ya?” jam 15.08 saya tanya ga ada respon, dan tetiba gatau kenapa kalau ada yang ga beres pasti hati gelisah dan jadi mau cari tahu soal ini olshop sama belanja di Akulaku tuh gimana si, terpercaya atau engga dll nya, sampai akhirnya saya nemuin banyak berita yang ga enak soal Akulaku dan olshop “Immanuel Shop” ini, jujur kaget banget dan merasa nyesel banget kenapa saya ga cari tahu dulu tentang belanja via Akulaku tuh gimana, jadi banyak yang ngeluh dikasih resi palsu, barang nya ga sampai-sampai udah 10 harian, barang belum diterima tapi udah muncul tagihan, beli barang baru tapi dikasih nya kaya udah diotak-atik gitu, dllnya. Pihak Akulaku nya juga kaya ga ada tindakan apa-apa gitu yang tegas ke pihak olshop kata review nya begitu. Saya mikir, apa iya begini? Kalo iya ini jahat banget dan kacau si, karena ini ngerugiin pembeli banget, biarpun nyicil tapi ga boleh diperlakuin kaya gini.

Tgl 16 Sept 19 saya cek lagi akun Akulaku nya dan mucul pengiriman barang menggunakan jasa JNE jam 00.03, aneh ga si ada pengiriman tengah malem gitu? Kalaupun mau upload bukti resi biasanya tuh ya jam kerja gitu jam 08.00-21.00 gitu kek ya, masa ini tengah malem, ANEH.

Sebelum tgl 16 saya terus menerus chat pihak olshop nya untuk nanya barang saya udah dikirim apa belum, saya minta responnya, tapi ga ada respon sama sekali.

Sebelum tgl 16 saya tlp pihak Akulaku untuk menanyakan perihal barang saya bagaimana, udah dikirim apa belum dan saya ceritakan bahwa saya jadi takut karna abis baca review buruk tentang Akulaku tetapi mba operatornya coba nenangin saya dengan bilang jangan khawatir bahwa barang saya sudah dikirim dan mohon ditunggu gitulah katanya, oke saya tunggu 2-3 hari estimasi saya, karna pas saya baca review nya ini olshop katanya ada di Jakarta dan rumah saya di Tangerang Selatan, dan dari situ saya mikir pasti ga akan lama sampenya.

Pada saat tgl 16 resi itu muncul, saya seneng dong akhirnya barang saya dikirim juga, pake JNE, eh tapi setelah saya cek itu resi Not Found astaghfirullah, disitu saya langsung wah udah fix ini penipuan si. Dan saya tanya ke pihak JNE, kata beliau resi nya emang not found. Abis itu langsung lah saya tlp pihak Akulaku untuk mendapatkan penjelasan ini maksud apa kok saya dikasih resi palsu, dan kata mba operatornya itu resi sementara mohon ditunggu aja barangnya, lah dari situ saya mikir dong, mana ada sih resi sementara? Kalo emang beneran jujur dikirim mah itu resi pasti bisa dilacak, masa ini malah not found. Ini resinya : 019276934821666. Sumpah disitu saya kecewa banget denger mba operatornya ngomong dan kesannya kaya ngegampangin banget gitu. Oh iya sebelum saya tlp pihak Akulaku nya, saya email dulu sekitar jam 11an, panjang isi emailnya yang intinya saya meminta resi yang asli udah itu aja biar saya bisa lacak itu barang. Tapi jawaban diemail tuh bikin saya murka karena kaya robot jawaban nya sama aja, ga ngasih solusi dan saya juga ga dikabarin lagi gitu. Jawaban emailnya katanya Akulaku belum bisa memproses kendala yang saya alami karena memerlukan info lebih lanjut, yaudah oke saya tunggu. Terus saya lupa di tgl 16 saya tlp pihak Akulaku 1 kali atau 2 kali, tapi saya inget banget mba nya bilang mohon ditunggu sampe 5 hari kerja untuk barangnya, berarti harusnya itu barang tanggal 20 Sept udah sampe dong, saya tunggu-tunggu ga ada juga, kesel banget.

Saya email terus pihak Akulaku nya 19, 20, 23 Sept, pada tgl 20 saya agak banyak nge-emailnya sengaja gitu biar direspon sama pihak Akulaku biar ga digampangin, tapi ga ada solusinya, saya telponin terus juga tuh hampir setiap hari sampe pulsa abis&rugi banget si menurut saya, tapi mau gimana lagi ya, Akulaku nya ga jelas&tegas gitu bikin gregetan. Terus kalo saya tlp pihak Akulaku pasti malah saya nya yg disuruh ngepush chat pihak olshopnya, lah saya chat dari awal aja ga ada balesan, gimana sih? Makannya saya ngadu&minta tolong nya ke pihak Akulaku gitu, kan Akulaku yang menjembatani antara cust dengan penjual nih.

Jujur saya sampai capek sendiri dengan hal ini, kaya harus nanyain terus, harus tlpin terus, harus jelasin lagi, sedot banyak pulsa juga.

Tanggal 25 saya coba tlp lagi pihak Akulaku nya sore hari dan jawabannya tuh sama, saya disuruh tunggu 14 hari kerja dulu katanya, nanti kalo setelah 14 hari kerja ga ada tanggapan dari si olshop dan barangnya ga sampe baru akan ditindaklanjuti gitu sama Akulaku nya, dan berarti ini barang harusnya sampai itu tanggal 29 kan, tapi karna hari minggu pasti ga ada pengiriman dan yaudah saya tunggu sampe hari senin tgl 30 tapi apa, barangnya ga dateng juga, berarti pihak Akulaku bohong juga dong?

Dan hari ini 1 Oktober saya tlp lagi pihak Akulaku nya untuk menanyakan gimana jadinya barang saya, jujur saya tlp sambil kesel, marah, dan nahan nangis, kenapa? Ya karna saya bener-bener udah capek sama hal ini, capek harus terus-terusan ngejelasin, capek nunggu kejelasannya, merasa kecewa dan sangat ditipu si ini. Dan kata mas nya tadi saya disuruh email ke pihak Akulaku untuk dibantu memecahkan hal ini gitu lah ya bahasanya atau mencancel nya serta saya diminta untuk mengirimkan bukti chat dengan pihak olshop yang ga ada tanggapan sama sekali.

Dan emang sudah beberapa hari saya tidak mengecek akun Akulaku milik saya, setelah tadi saya tlp Akulaku karna disuruh kirim bukti chat, saya kaget banget kenapa status barang nya jadi “Sudah Diterima” padahal Demi Allah saya tidak menerima barangnya sama sekali loh. Ini permainan tipuan macam apa si? Barang ga saya terima tapi statusnya Sudah Diterima 1 Oktober, kan ini namanya sudah tidak wajar, barang saya belum terima sudah muncul tagihan juga, aneh banget.

Saya tuh harus gimana si? Waktu itu saya minta untuk dibatalin aja katanya ga bisa karna udah dikirim barangnya, tapi saya dikasih resi palsu, sekarang barangnya ga sampe juga tapi status sudah diterima barangnya, siapa yang nerima, ga ada, saya selalu dirumah.

Dan gini sih sebenernya sederhana banget nih ya, saya sebagai pembeli hanya meminta kejelasan Resi Asli nya mana kalo emang beneran dikirim? Kalau emang udah dikirim logika normal nya pasti Resi bisa dilacak ya, masa ini engga? Masa Jkt-Tangsel sampe berhari-hari kaya ngirim ke Luar gitu, kan aneh. Kalau emang barangnya ga ada ya dicancel aja. Masa pihak Akulaku perusahaan yang cukup besar tidak bisa mencari tahu hal ini? Tidak bisa menyelesaikan ini dengan cepat dan tegas? Kalau jualan coba yang jujur.

Saya minta cancel katanya yang bisa mencancel pihak olshop nya, what? Sedangkan ini olshop bisu gitu, curang gitu, masa Akulaku gamau turun tangan dengan tegas untuk menyelesaikan masalah ini? Mau berapa orang lagi yang ditipu begini? Harusnya pihak Akulaku bisa mencancel orderan yang bermasalah gini, harusnya pihak Akulaku bisa melacak keberadaan barang ini, harusnya pihak Akulaku bisa chat itu olshop nanya kenapa bisa begini, dan harusnya Akulaku bisa selektif lagi dengan pihak-pihak olshop yang curang tipu-tipu seperti ini.

Saya capek loh harus kaya gini, capek nunggu hal yang ga jelas gini, saya juga sebenernya gamau ya marah-marah kaya gini, tapi saya jujur udah kecewa banget, udah kesel banget.

Saya udah ga butuh ini barang dari Olshop ini, udah males dan kecewa, jadi dengan saya kirim email ini, saya minta barang ini diusut dan dicancel, karna barang sudah lama tidak datang, saya berasa dikerjain, saya udah males nunggu dan saya juga gamau kalo nanti barang yang datang adalah bukan yang ori, dan juga saya malas memperpanjang hal ini, jadi mending dicancel aja dan saya lebih baik membeli ditempat lain yang lebih sangat terpercaya dan menjamin kenyamanan konsumen serta tegas bertindak.

Tolong banget saya mohon hal ini diurus dengan segera, saya yakin dan tahu bahwa barang saya itu tidak dikirim tetapi pura-pura sudah dibuat terkirim dan sudah diterima agar pihak olshop mungkin mendapatkan uangnya, tolong lah jangan begini, ini sangat jahat.

Saya disini tidak bermaksud kasar atau mengancam juga ya, tetapi saya akan sebarkan hal ini ke medsos agar orang lain tidak mengalami hal seperti saya ini.

Berikut saya lampirkan bukti SS percakapan nya

Dan mohon untuk benar-benar dituntaskan dengan segera.

Terimakasih

Karina Nur Azizah
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
Tanggapan Akulaku Indonesia atas Surat Pembaca Ibu Karina Nur Azizah

Menanggapi dimuatnya Surat Pembaca di Mediakonsumen.com yang ditulis oleh Karina Nur Azizah pada tanggal 20 Oktober 2019 dengan judul “Merasa...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Merasa Tertipu Beli Barang di Akulaku, Nomor Resi Palsu tapi Pesanan Tidak Bisa Dibatalkan

  • 3 Oktober 2019 - (17:50 WIB)
    Wadoh yg sabar mbk. Disini jg saya pernh kena tipu ama akulaku mbk tdk pernh melakukan transaksi pln 50rb tp aku terhutang di app akulaku. Hub cs berkali percuma g ada solusi sama sekali, akhirx saya yg merelekan saya bayar krn malu. App akulaku bisa membajak no di hp kita dan menghubungi tmn2 kita kolega kita mbk. Hati2 dg akulaku meskipun tergabung ojk ternyata saya coba buka mau komplain. Berkas ojk online ribet menurut saya dan panjng. Tp klo kasus mbk mending komplainx sampai ojk.
  • 9 November 2019 - (05:26 WIB)
    Sama mbak.. Saya juga ditipu dg aku laku.. Sy melakukan pembelian hp dg cicilan, dr tanggal 31 oktober kemarin.. Sampai skrng barang gak sampai, tapi status sudah diterima, saya juga di kasih nomor resibpalsu, 4x saya telpon ke cs akublaku sampai habis pulsa banyak, malah di lempar suruh ngubungin tokonya.. Saya ngubungin tokonya gak ada jawaban, sekarang saya malah ada tagihan.. Gimana juga ya cara ngadepin oenipuan aku laku ini.. Cs nya gak profesional, komplain via e mail dan tlp tapi nihil semua..
  • 11 November 2019 - (17:46 WIB)
    Saya juga sama membeli laptop tgl 31 oktober sampai skr blm ada kejelasan padahal saya sudah dp 3.2jt..udh tlp cs akulaku jawabannya standart banget.. Saya kecewa dengan akulaku..

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Merasa Tertipu Beli Barang di Akulaku, Nomor Resi Palsu tapi Pesanan T…

Karina Nur Azizah 6 menit
3