XL Axiata Tidak Bertanggung Jawab dan Mempermainkan Customer

Hai pembaca,

Nama saya Rifky Rafsanjani pengguna provider XL Axiata sejak lama sekali. Beberapa waktu yang lalu saya mengalami masalah atas refund deposit XL Prioritas yang belum juga dikembalikan sampai dengan saat ini sejumlah Rp200.000.

Pada tanggal 17 Januari 2020 akhirnya saya mendatangi kembali XL Center Cabang Serang dikarenakan keluhan saya melalui Call Center, Twitter, Live Chat dan Email selalu mendapatkan jawaban yang sama yaitu “Kami bantu teruskan kepada tim terkait, mohon kesediaan menunggu prosesnya”. Sedangkan saya sudah menunggu selama berbulan-bulan dan harus sampai kapan saya menunggu?

Saat tiba di XL Center dan berbicara panjang lebar dengan Customer Service di sana, akhirnya diketahui saya mendapatkan laporan pengajuan refund deposit tertanggal 26 Desember 2019. Padahal saya migrasi dari pascabayar ke prabayar pada tanggal 3 Oktober 2019 dan seharusnya laporan pengajuan untuk refund deposit langsung dibuat terhitung pada tanggal migrasi, otomatis saya tidak terima dong?!

Setelah dicari tahu kembali, ternyata pengajuan refund deposit saya baru dibuatkan pada tanggal 26 Desember 2019 dikarenakan pegawai yang bertanggung jawab atas proses migrasi saya telat membuat pengajuan dan kebetulan juga sudah tidak bekerja di situ lagi.

Pada akhirnya saya diminta untuk menunggu prosesnya lagi selama 60 hari kerja, dan permasalahan yang membuat saya tidak terima adalah:

  • Mereka beberapa kali meminta saya mengirimkan Mutasi Rekening, Foto KTP, dan terakhir adalah meminta Foto Buku Tabungan yang saya simpan entah dimana, akhirnya saya mencari dan berhasil ditemukan walaupun harus mengacak-acak isi rumah dulu. Tetapi setelah dikirim, saya mendapat jawaban yang sama seperti sebelum-sebelumnya dan sampai sekarang uangnya belum saya terima.
  • Selama tertanggal 3 Oktober 2019 s/d sekarang pihak XL tidak memberikan penjelasan dan hanya menyuruh saya menunggu tanpa ada kepastian dan sekarang saya harus mengulang untuk menunggu seperti awal migrasi lagi.
  • Apa pertanggung jawaban pihak XL atas waktu saya yang terbuang untuk menunggu selama ini? Padahal murni kesalahan dari mereka, walaupun pegawai yang bersangkutan sudah tidak bekerja disitu lagi akan tetapi sewaktu menangani migrasi saya dia masih atas nama pegawai XL Center Serang, jangan main lepas tangan.
  • Saya merasa disepelekan karena saat saya berdebat dengan customer service disana mereka mengatakan “Emang nominalnya berapa mas?” , “Tunggu aja, nanti juga dibalikin kok” dengan nada yang tidak enak atau mungkin memang gaya bicaranya seperti itu saya tidak tahu dan tidak saya pikirkan. Akan tetapi masalahnya yang membuat saya tidak enak hati  adalah karena seenaknya saja mengatakan kata “Tunggu” dengan saya yang sudah menunggu sekian lama. Mendengar kata “Tunggu” lagi dan lagi itu rasanya tidak enak buat saya, baik di telinga ataupun di hati.

Sekian kejadian yang menimpa saya dan semoga tidak menimpa kalian para pembaca. Walaupun nominalnya kecil saya akan tetap memperjuangkan hak saya, karena salah jika kita diam saja tidak memperjuangkan apa yang seharusnya menjadi hak kita.

Terima kasih.

Rifky Rafsanjani
Kota Serang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:4    Rata-Rata: 1.3/5]
Tanggapan XL Axiata atas Surat Bpk. Kiki Rifky Rafsanjani

Dengan Hormat, Berikut kami sampaikan tanggapan atas keluhan pelanggan atas nama Bpk. Kiki Rifky Rafsanjani melalui mediakonsumen.com pada 13 Januari...
Baca Selengkapnya

Loading...

6 komentar untuk “XL Axiata Tidak Bertanggung Jawab dan Mempermainkan Customer

      • 13 April 2020 - (17:32 WIB)
        Permalink

        ini yg terbaru, saya membayarkan deposit dan menunggu deposit yg dinajikan akan ditransfer 60 hari.

        eh ternyata udah 3 bulan belum juga di transfer. kartu saya baru baru mati lagi karena dikantor dan di rumah kami lbh sering pakai wifi jadi ga tau kalau udah mati aja.
        lalu saya ke xl center, sesampai disana saya diwajibkan membayar deposit lagi.

        lalu saya mempertamyakan deposit saya yg lama saja belum di transfer. cs masuk ke ruangannya dan balik keluar dengan seorg cs lain. dia bilang depositnya terpotong dengan tagihan yg belum dibayarkan desember lalu.

        lalu saya bilang loh, gimana bisa terpotong tagihan belum terbayarkan. kan pas deposit baru itu saya sekalian membayar tagihan yg belum terbayarkan.

        pada intinya ga akan dibayarkan
        dan xl terlalu berat pakai kata xl prioritas karena sangat tidak prioritas.

        terpaksa saya matikan nomer ini, padahal nomer ini nomer bisnis.

    • 20 Januari 2020 - (06:12 WIB)
      Permalink

      Indikasinya sih sama pada akhirnya disuruh “MENUNGGU” juga. Memang XL tidak beres!! Banyak hal-hal lain yang membuat saya sudah tidak berkenan dengan XL. Salah satunya adalah pulsa berkurang terus sedikit demi sedikit padahal tidak digunakan sama sekali.

  • 20 Januari 2020 - (01:02 WIB)
    Permalink

    Selamat.
    Anda tidak mendapatkan kata “TUNGGU” lagi, tpi telah di ganti dengan kata “DALAM PENANGANAN”.
    (Kalau bagi saya sih sama saja, tpi tidak tau menurut anda? Note : lihat saja tanggapan myXLcare).

  • 29 Januari 2020 - (18:23 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah.. setelah sekian lama akhirnya saya menerima Refund Deposit saya dari PT. XL Axiata. Terima kasih untuk Media Konsumen dan para pembaca yang sudah membantu saya dan semoga pelayanan XL diperbaiki lagi agar lebih baik kedepannya.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

XL Axiata Tidak Bertanggung Jawab dan Mempermainkan Customer

oleh RIFKY RAFSANJANI dibaca dalam: 2 min
6