Shopee Tidak Kembalikan Dana Secara Utuh untuk Pesanan yang Dibatalkan

Sebelumnya saya ingin menyatakan kekecewaan saya terhadap Shopee. Saya sebagai pembeli merasa dirugikan akan pengembalian dana yang tidak utuh.

Pada tanggal 14 Februari 2020 saya telah melakukan pembelanjaan di beberapa toko dengan 1 kali checkout pembayaran via Kredivo. Beberapa menit kemudian saya berubah pikiran dan berniat untuk mengubah beberapa item yang dibeli. Namun pengembalian dana tidak sepenuhnya dikembalikan. Yang dikembalikan hanya harga barangnya saja. Shipping fee dan biaya lainnya (mungkin biaya admin) tidak dikembalikan. Ini mengakibatkan timbulnya tagihan sebagian di akun Kredivo saya.

Bagaimana bisa saya membayar biaya tambahan dan biaya pengiriman barang yang jelas jelas tidak saya beli sama sekali? Sudah konfirmasi ke Shopee katanya harus menunggu 7-14 hari dan mereka bilang pengembalian dana dilakukan oleh Kredivo sendiri.

Saya konfirmasi lagi ke Kredivo. Pihak Kredivo bilang mereka sebagai media pembayaran saja, jadi apabila ada pembatalan ya mereka hanya pihak yang menerima, bukan pihak yang mengembalikan (logikanya iya juga sih).

Tepat hari ini tanggal 1 Maret saya mendapat jawaban lain lagi perihal dana yang tidak kembalikan ini oleh admin Shopee via Twitter. Mereka bilang sudah dikembalikan full. Dan biaya admin tidak bisa dikembalikan lagi. Dan transaksi saya menggunakan free ongkir.

Duuh emang bisa ya checkout di 3 toko bersamaan menggunakan 3 voucher ongkir sekaligus? Sedangkan salah satu toko yang saya beli ada yang tidak terdaftar dalam program ongkir manapun. Ini jelas sekali tidak sinkron dengan data yang ada. Sebelumnya pada tanggal 10 saya sempat ada pembatalan juga, untungnya dengan media pembayaran yang sama. Jadi bisa untuk perbandingan. Di pembatalan yang tanggal 10 ini biaya admin dan ongkos kirim semuanya dikembalikan.

Mohon tanggapannya dari pihak Shopee. Karena sampai saat ini saya masih tertagih atas biaya yang jelas jelas sudah saya batalkan.

Septariani Pramita
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Septariani Pramita

Pada kesempatan ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dibuat oleh Ibu Septariani Pramita pada Media Konsumen tanggal 4...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Shopee Tidak Kembalikan Dana Secara Utuh untuk Pesanan yang Dibatalkan…

oleh Septaria dibaca dalam: 1 min
0