Jaringan Internet Telkomsel di Wamena Sangat Lambat

Perkenalkan saya Anthonius dari Wamena, mau memberikan keluhan internet lambat yang sudah berlangsung lebih dari 10 tahun sejak 3G diperkenalkan di Wamena. Telkomsel selaku satu-satunya provider telekomunikasi yang beroperasi di Wamena sejak memperkenalkan 3G di Wamena, tapi internet di Kota Wamena masih saja lambat. Begitu juga dengan 4G yang sejak tahun 2016-2017 sudah dipasang tetap saja sangat lambat.

Kecepatan rata-rata transfer rate untuk download adalah 0,05 Mbps dimana kecepatan seperti ini di tahun 2020 sudah tidak layak pakai. PING-nya diatas 600 ms dimana membuat respon time saat browsing sangat lama. Bermain game online sama sekali tidak memungkinkan di Wamena dengan koneksi seperti ini.

Membuka aplikasi email, WhatsApp, LINE, Instagram, Facebook sangat lama. Untuk menerima pesan gambar dari WhatsApp saja bisa memakan waktu 5 hingga 10 menit. Tentunya komunikasi dan pekerjaan menjadi sangat terhambat. Untuk video call sangat tidak nyaman, wajah lawan bicara rusak tidak jelas, suara tidak jelas dan tak jarang panggilan diakhiri karena internet yang terlalu lambat.

Bukan hanya saya saja yang mengeluhkan masalah ini, tetapi SELURUH MASYARAKAT WAMENA. Juga masalah ini tidak pernah diselesaikan dengan baik bahkan sering tidak direspon oleh pihak Telkomsel sendiri dengan alasan yang tidak jelas.

Terakhir saya dengar, saat masyarakat unjuk rasa di kantor Grapari Telkomsel Wamena (16 Agustus 2019), pihak Telkomsel menjanjikan akan memperbaiki jaringan internet di Wamena saat Palapa Ring Timur sudah selesai dibangun. Saat ini jaringan Palapa Ring sudah selesai dibangun dan telah diresmikan oleh Pemerintah Daerah Jayawijaya tanggal 4 Maret 2020, tetapi hingga saat tulisan ini dibuat, jaringan internet masih sangat tidak layak.

Saya mengerti kalau kami bukan berada di kota besar seperti Jayapura dan Sorong, tetapi kami juga membutuhkan akses internet yang layak. Apalagi saat masa pandemi COVID-19 ini membuat kami harus bergantung lebih pada internet. Pegawai bekerja dari rumah terganggu dalam menyelesaikan pekerjaannya, pelajar yang sekolah di rumah kesulitan mengakses materi pelajaran dan bahkan ada yang tidak belajar sama sekali karena internet yang buruk.

Tolong pihak Telkomsel memberikan solusi yang nyata karena masalah ini sudah berlangsung 1 dekade lebih tanpa penyelesaian. Yang kami inginkan hanya akses internet 4G yang benar-benar 4G, bukan 4G tetapi malah lebih lambat daripada 2G.

Terima kasih.

Anthonius Widyan Sarira
0812894909**
Wamena

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkomsel Regional Maluku & Papua atas Surat Bapak Anthonius Widyan Sarira

Jayapura, 9 Juni 2020 Kepada Yang Terhormat Pemimpin Redaksi mediakonsumen.com Dengan hormat, Terkait pemberitaan tentang Telkomsel di halaman web mediakonsumen.com...
Baca Selengkapnya