Pelayanan Lazada Sangat Tidak Solutif dan Tidak Memuaskan

Pada tanggal 28 Mei 2020 saya order sebuah barang dengan nomor pesanan 414265095935120 dari lazada melalui fitur lazmall dengan Toko Planet Sport Asia yang terverifikasi untuk mendapatkan barang original. Setelah saya melakukan check out lalu saya membayar pesanan saya tersebut pada hari yang sama itu juga. Namun pada malam harinya tepatnya pada pukul 20:10 WIB sehingga dari keterangan yang saya baca, barang akan dikirimkan keesokan harinya dan katanya pesanan akan sampai tanggal 5 Juni 2020. Okelah saya mengerti.

Dan keesokan harinya pada tanggal 29 Mei 2020 saya konfirmasi ke penjualnya langsung apakah barang pesanan saya sudah dikirim, dan penjual menjawab sudah diproses sedang menunggu di-pick up kurir. Oke kalo gitu saya pikir pesanan saya aman.

Nah yang menjadi masalah adalah dari tanggal 29 Mei 2020 sampai tanggal 1 Juni 2020 pesanan saya tidak bisa di-tracking malah terhenti di laporan diproses penjual. Saya mencoba positif mungkin sedang error atau gimana sistemnya.

Lalu pada tanggal 2 Juni 2020 ada laporan bahwa pesanan sudah di-pick up kurir dan dalam perjalanan serta dicantumkan ekspedisi pengirimnya yaitu JNE. Nah dari situ saya berpikir mungkin sekarang sudah bisa di-tracking pesanan saya tersebut, namun yang terjadi tetaplah sama, pesanan saya tidak ada laporan tracking di situs cek resi, di aplikasi JNE nya juga. Bahkan saya datangi langsung JNE untuk mengecek posisi paket saya dan ternyata nihil, nomor resi yang tertera yaitu JNAP-0000606835.

Saya masih mencoba positive thinking, mungkin nomor resinya belum di-update oleh pihak JNE. Kemudian tanggal 3 sampai sekarang tanggal 5 Juni 2020 saya terus mencoba tracking paket saya ada di mana dan tetap tidak ada hasil. Melalui cek resi, melalui aplikasi JNE dan bahkan langsung ke pihak JNE nya, paket saya tidak ditemukan.

Dari masalah tersebut saya mencoba menghubungi layanan konsumen Lazada melalui nomor yang tertera di situs mereka untuk menanyakan kejelasan pesanan saya. Namun nomor yang tertera katanya bukanlah nomor cek pesanan melainkan nomor klaim dan keluhan jika paket belum sampai dan katanya disuruh menghubungi nomor layanan yang lain, saya coba hubungi dan yang menjawab adalah telepon bot.

Oh iya sebelumnya saya mencoba fitur chat customer care yang katanya 24 jam, dari situ saya pikir wah bagus nih cs nya bisa 24 jam per 7 hari, namun ternyata fitur chat tersebut dioperasikan oleh bot juga yang tetap sama, saya tidak menemukan solusi atas pesanan saya.

Yang ingin saya sampaikan disini adalah pertama penjual tidak responsif atas keluhan pembelinya, bahkan cenderung lepas tangan, kalau pun menjawab, jawaban yang diberikan tetap sama yaitu katanya pesanan sedang diproses mohon tunggu terima kasih.

Kedua layanan keluhan Lazada juga sangat tidak memuaskan, e-commerce besar sekelas Lazada layanan customer care nya menggunakan bot yang sama sekali tidak memberikan solusi. Dan layanan cs nya tidak mau bertanggung jawab, malah terkesan lempar tanggung jawab dengan menjawab bahwa nomor yang tertera di Lazada adalah layanan klaim konsumen. Bukankah karyawan Lazada adalah orang yang diseleksi secara ketat untuk bisa bekerja disana, namun kenapa seakan mereka tidak memiliki kualifikasi dan kualitas yang kompeten.

Saya tidak masalah pesanan saya mau 1 minggu, 2 minggu baru saya terima juga, yang penting adalah layanan konsumen pihak penjual dan pihak Lazada bisa komunikatif bukannya seakan tidak mau tahu atas segala keluhan pesanan yang dialami konsumen. Ini pesanan tidak bisa di-tracking, tidak bisa dicek dimanapun bukannya memberi solusi malah lepas tanggung jawab dan menyerahkan segalanya pada bot yang sudah tentu tidak bisa memberikan solusi.

Muhammad Erfan Nugraha
Ciamis, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 9/6/2020): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Pelayanan Lazada Sangat Tidak Solutif dan Tidak Memuaskan

    • 7 Juni 2020 - (08:33 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga mengalami kejadian yang sama, pesanan dari tanggal 26 Mei 2020 sampai sekarang belum dikirim juga, statusnya diproses terus, sy lihat rating sellernya lumayan bagus tanya ke seller ga jawab, tanya cs lazada pesanan lagi diproses ditunggu smpai tanggal 5, tp lwt tanggal 5 msh blm berubah statusnya, Hm…, jd fikir2 kalau mau belanja gede2. Respon ini akan saya hapus kalau pesanan sudah diterima

      • 7 Juni 2020 - (13:10 WIB)
        Permalink

        Iya ini apalagi, sellernya mall, official sama udah verified, tapi pelayanan kurang sekali, sebenernya mau paket terlambat atau lama juga yang penting komunikatif entah seller atau e commerce nya, bisa bisa nya gitu layanan konsumen pake bot, entah dimana pemikirannya

        • 7 Juni 2020 - (13:54 WIB)
          Permalink

          Hallo..biar tdk ditanggapi bot saat komplain ke lazada. Saat chat seller langsung ketik Live Agent lalu kirim..
          Lakukan smpai ada chat dr agent CS lazada. Semoga bermanfaat dan dicoba. ?

          • 7 Juni 2020 - (16:41 WIB)
            Permalink

            Sudah dicoba berkali kali, sampe ditungguin tapi ga ada jawaban sama sekali, malah dianggap meninggalkan percakapan ?

        • 7 Juni 2020 - (22:54 WIB)
          Permalink

          saya juga kena jebakan oleh Seller PURNAMA MALL (LAZADA) saya pesan sepeda gunung dengan no pesanan 407315174691565 sebesar Rp.595000 sepeda tidak ada uang saya pun tidak kembali sampai sekarang.tolong seller PURNAMA MALL uang saya kembalikan.

    • 7 Juni 2020 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Sudah Tau Lazada Paling Tidak Bisa di percaya… masi saja ada yg belanja di sana (sekarang anda tertipu dan pusing ? )))

      Bila buka Google : Tulis “Lazada”, semua yg tertulis adalah Kejahatan belanja On Line.

      Lazada adalah: Tempat kerja sama antara para penipu, perompak dan penyamun !!???

      “Viralkanlah seluruh Indonesia”

      Khasian uang rakyat negri kita yang di tipu semua.

      • 8 Juni 2020 - (18:52 WIB)
        Permalink

        Iya tidak juga dan mungkin iya
        Saya dah ratusan kali belanja d Lazada
        Dari asesoris, smartphone, pakaian dan lain-lain semua aman kok..
        Begtu pula belanja di shopee, buka lapak, Tokopedia, dan lainnya..

    • 7 Juni 2020 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Cara pamungkas ku mau ori,kw,murah,mahal atau lainnya ,cod pilihan ku .satu lagi bikin kesel pihak penyedia pengiriman dan apa yg disampaikan diatas keluhan konsumen mengenai estimasi waktu nah disitu juga bikin kesal ,apa iya estimasi dtg sampai ke konsumen,umpama tertera 7 hari sampai ternyata ditunggu2 meleset dan terkadang datang dadakan dan kurir pun seakan target2… harus hari itu terambil ,iya kalau konsumen dadakan ada hal lain yg genting masa mau jongkrok depan rumah nungguin paketan ,dibilang besok pasti ditebus nggk mau kurir nya ,alasan performa lah yg lain lah ,kan konsumen jga butuh pasti ditebus keesokan nya klo hari itu jga ada hal yg mendesak tidk ditempat

      • 7 Juni 2020 - (16:44 WIB)
        Permalink

        Nah itu, yang parahnya adalah udah e commerce ga komunikatif, pihak ekspedisi juga sangat sangat sulit dihubungi, apalagi kalo tracking udah stuck ga gerak beberapa hari, kalopun ekspedisi lagi penuh atau ada keterlambatan kan bisa dikomunikasikan atas nomor resi tertera

  • 6 Juni 2020 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Ditunggu dan bersabar saja. Mudah2an membuahkan hasil. Mungkin proses pickup ya butuh waktu lama karena padatnya pesanan. Namun aplikasi yang baik harus memberikan batas waktu maksimal yang. Yaitu apabila setelah 3 hari resi belum diinput atau tdk valid maka pesanan akan di batalkan dana akan dikembalikan kepada pembeli. Dianggap bahwa seller tdk mampu menyediakan barang.

    • 7 Juni 2020 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Saya coba berbagi,sebagai seller di lazada.untuk info,kode resi awalan JNAP itu kita drop off paket di Lel express,dan akan diteruskan melalui jne.sedangkan paket yg langsung kita drop off ke jne menggunakan kode JNAC.sy juga kurang paham sistemnya,kenapa ada order yg harus drop off di Lel express dan ada yg langsung ke jne.apakah otomatis atau pilihan dari buyer.karena tidak seperti olshop lainnya,di sini tidak ada fitur pilihan kurirnya.dan sama dengan kasus buyer diatas,kita juga seller kesulitan untuk berinteraksi dgn pihak lazada.karena fiturnya sama,chat maupun hal lainnya dilakukan bot.mungkin saja kasus diatas paket belum didrop off di lel express,atau sdh di drop off tapi belum diteruskan ke jne.jadi tidak ada data nya di jne.

      • 7 Juni 2020 - (13:15 WIB)
        Permalink

        Nah ini sih jadi kasihan sama penjual yang memang menjaga amanah dan kejujuran, jd nantinya konsumen bakal berpikir bahwa semua penjual di lazada itu sama, ga punya pertanggung jawaban, padahal kan yang salah adalah pihak lazada dan para penjual yang cuma cari duit tanpa memikirkan kualitas layanan mereka

    • 7 Juni 2020 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Sebenernya ga masalah sih mau pesanan sampe 2 minggu juga, tapi yang penting pihak penjual dan e commerce nya komunikatif, sama cepat tanggap dalam melayani keluhan
      Supaya apa yang menjadi permasalahan bisa membuat semua pihak merasa diuntungkan

  • 7 Juni 2020 - (13:57 WIB)
    Permalink

    Biar tidak ditanggapi oleh bot,langsung ketik Live Agent saat anda chat CS Lazada.
    Ketik Live Agent lalu kirim.. lakukan berulang-ulang sampai anda ditanggapi oleh Agent CS. Biasanya 2 smpai 3 kali sdh cukup.. semoga bermanfaat jika ada keluhan / mau komplain ke lazada. ?

  • 7 Juni 2020 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah klau selama ini saya Pakai lazada baik cod/transfer tdk ada masalah hanya kadang diluar waktu estimasi paling ada telat dua hari dari estimasi dan utk kurir,saya sdh langganan jadi kalaupun ada barang datang tapi saya sdg tdk ada dirumah kurirnya suka nalangin dulu utk dibayar ke gudang jadi besoknya datang dan jika mau kirim barang suka tlp langsung utk konfirmasi ada atau tdk saya dirumah dan jika saya pesan barang lalu saya salah klik malah dua padahal pesan satu yg satu bisa dibatalkan oleh kurir dari gudang.

  • 9 Juni 2020 - (06:13 WIB)
    Permalink

    Alhamdulilah untuk pesanan sy yang tanggal 26 Mei 2020 sudah dibatalkan dan saldo saya sudah direfund sama admin Lazadanya tgl 09 Juni 2020, saya sundul terus CS Lazadanya dgn baik2 sebelumnya, mungkin masukan aja buat pihak Lazada supaya lebih diperbaiki lagi sistemnya seperti OLShop lain, ada estimasi proses packing, barang tdk dikirim dalam 3 hari sistem automatis ngebatalin dan saldo lsg refund.

  • 9 Juni 2020 - (16:26 WIB)
    Permalink

    Saya jg baru saja mengalami hal tersebut diatas.Hari ini tgl 9 juni 2020 saya melakukan pembelian namun stlh sy transfer (krn tdk bs COD) dan pilih pengiriman langsung (max.3 jam sampai) ternyata sampai sy menulis komentar ini (krn sy ingin tau apakah ada yg mengalami hal yg sama) blm jg direspon dan rdk jelas prosesnya. Saya baru pertama kali belanja online di lazada dan sgt kecewa dgn pelayanan/servicenya krn tidak sesuai harapan saya,pdhl di app onlineshop lainnya servicenya slalu cpt & baik. Tidak ada respon sama sekali dr kedua pihak baik seller maupun lazada hanya bot.Cukup tau saja dan kemungkinan saya kapok belanja online di app ini.

  • 23 September 2020 - (22:25 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai Seller juga bingung sudah 3 hari proses pengiriman COD Stuck tidak ada satu paket pun yang terkirim dari total 109 paket yang di kirim ,
    entah kenapa dan bagaimana nasib paket nya .. koq ga seperti biasanya

    • 28 September 2020 - (14:25 WIB)
      Permalink

      Gmna kak sampai saat ini dari proses pengiriman cod nya masih stuck sama sekali belum terkirim? Soalnya saya sebagai customer mengalami stuck tracking untung nya saya pakai cod sebagai sistem pengiriman nya

  • 2 Oktober 2020 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga lagi ngalamin sekarang pesen tgl 30 ,ga bisa cek resi , tanya ke penjualnya cuma dijawab “keterangannya sedang dalam perjalanan BU”,, dari tgl penulisan artikel ini smpe skarang trbukti sistemnya ga berubah ,, baru PERTAMA KALI belanja di lazada sih, eh baca ini jadi khawatir paketannya bakal nyampe atau ga ,, krna bner2 resinya zonk gabisa di lacak, kok bisa ya olshop trkenal sistemnya gini , saya kira sama kaya yang laen BISA CEK RESI

    • 13 Desember 2020 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Kalo boleh tau sampenya kerumah mbaknya kapan ya mbak? Saya juga baru pertama nih di lazada cod lagi jadi deg degan wkwk.. terus juga saya mesen 6 barang dibuat dua paket 1 nya dikemas dan 5nya masih diproses penjual.. jadi khawatir itu bentukkannya gimana nyampenya apa dua duanya langsung atau gimana wkwk.. rasanya di shopee nggak pernah gini 🙁 lagipula perdana pake JNE aish… wkwk

  • 31 Januari 2023 - (16:56 WIB)
    Permalink

    KALAU DIABAIKAN / DIDEBATIN OLEH CS, BIASANYA MEMANG PERLU MENULIS SURAT PEMBACA DI MEDIA KONSUMEN ATAU DETIK ATAU KOMPAS AGAR MASALAH KONSUMEN DISELESAIKAN DENGAN BAIK OLEH PIHAK PERUSAHAAN MANAPUN.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Pelayanan Lazada Sangat Tidak Solutif dan Tidak Memuaskan

oleh N dibaca dalam: 2 menit
24