Hati-Hati Berjualan di Shopee, Barang Sudah Digunakan Dikembalikan oleh Pembeli dan Dibenarkan CS Shopee

Saya adalah penjual Shopee dengan ID mommynme Jogja, saya meminta pertanggugjawaban buat tim Shopee untuk barang yang sudah digunakan oleh pembeli dan dikembalikan ke saya atas persetujuan CS Shopee, dengan nomor order 200505AP2VRGEV.

Kronologi permasalahan:

Pembeli dengan account farelshidqi, mengajukan pengembalian dana dengan alasan expire dekat dan texture kering (padahal expired lebih dari 6 bulan dan harga yang dibeli adalah harga promo). Pembeli diberikan waktu lebih dari 24 jam untuk mengupload video produk tersebut. Setelah hampir 2×24 jam, video diupload pembeli tetapi hanya menunjukan kadaluwarsa saja.

Barang dikembalikan ke saya via pengiriman J&T, setibanya saya segera merekam video unboxing dimana jelas terihat lipstick sudah digunakan oleh pembeli. Saya langsung mengupload foto lipstik sudah terpakai ke CS via aplikasi Shopee. Kemudian saya jelaskan pula ke CS bersangkutan bahwa saya tidak bisa mengupload video karena tidak ada pilihan upload video pada aplikasi yang disediakan.

Akhirnya saya memberikan video tersebut via WhatsApp ke RM Shopee, tetapi karena bertepatan dengan libur lebaran tidak ada balasan dari tim CS. Tetapi dengan seenak hati tanpa mempertimbangkan foto dari saya, kurang dari 24 jam pengembalian dana diberikan ke pembeli dengan alasan tidak ada video dari saya.

waktu diberikan kurang dari 24 jam
waktu diberikan kurang dari 24 jam.. jam 9 malam itu jam istrirahat cs, pagi hari juga harus kerja, siang bgtu dibuka sudah dibatalkan

Disini saya merasa diperlakukan tidak adil oleh tim CS SHOPEE. Apakah Shopee sebagai market place sudah menjadi wadah yang adil untuk kedua belah pihak? Terlihat jelas CS dengan sabar menunggu bukti dari pembeli tetapi memutuskan seenak hati tanpa melihat penolakan atau sanggahan dari sisi penjual.

Saya harap tim CS Shopee bisa lebih diberikan pelatihan, jangan asal memperkerjakan CS yang hanya berorientasi pada jumlah penyelesaian masalah, bukan quality dari solusi yang diberikan.

Marina
Sleman, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan di Shopee:
[Total:44    Rata-Rata: 3.2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Hati-Hati Berjualan di Shopee, Barang Sudah Digunakan Dikembalikan oleh Pembeli dan Dibenarkan CS Shopee

    • 27 Juni 2020 - (16:59 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah senasib gan, jualan gaun Anak, ceritanya begini, akun a/n feifysampul membeli 5 gaun baju, kemudian melakukan pengembalian dengan alasan bajunya kekecilan lah dsb, ternyata setelah saya terima barang pengembalian bajunya sudah melar dipakai dan ada bau badannya…dlu Shopee ga seperti sekarang, ada penengah admin Shopee untuk mengatasi solusi. Jadi bingung kalau ada kejadian seperti ini report kemana….pernah juga dari JNE salah ngetik alamat pengiriman, padahal sudah jelas alamatnya saya tulis di paket, terpaksa saya harus ganti rugi, barang dikembalikan karena salah kirim, dan ongkir saya tanggung pula. Sedihlah untung juga paling 20 rebu, ongkir 30 rebu plus barang dibalikin

  • 26 Juni 2020 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Di sopee memang gak ada menu buat upload video ka. Saran saya videony di upload ke youtube. Terus link youtube nya di copy ke halaman chat admin sopee. Ada 1 toko arloji mahal juga di tkopedia yang pakai cara ini stiap mau packing dan unboxing paket returan.

  • 26 Juni 2020 - (17:33 WIB)
    Permalink

    itu belum seberapa, jualan saya di block tanpa konfirmasi di nilai memanioulasi harga utk kepentingan pribadi, saya di minta faktur pembelian setelah saya berikan bukti pembelian dari distributor dan surat pernyataan distributor bahwa toko saya menjual harga wajar tetap di block tanpa kejelasan yg di maksud manipulasi harga yg mana, akhirnya flash sale produk saya gagal terlaksana. setelah flash sale gagal baru di buka blokir nya. hehe kebayang hancur nya usaha saya 1 minggu tidak jualan. heran sekali shopee menghancurkan toko yg menjaga nama baik shopee

    • 26 Juni 2020 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Bantu untuk menjawab ya, sepengetahuan saya jika alasanya memanipulasi harga adalah karena harga barang yang dijual tidak sesuai ketentuan dari shopee itu sendiri. sama saja seperti jualan sepatu tulisanya original bnib dengan harga miring tapi ketentuan dari merk nya harga minimalnya ngga segitu. begitu ya. kalo untuk masalah ini baiknya diajukan ke team cs agar bisa dijelaskan secara rinci. saran aku ya soalnya pernah gini juga dan pas dijelasin alasannya, alhamdulillah ngerti

  • 26 Juni 2020 - (18:04 WIB)
    Permalink

    Saya kecewa dengan shopee, komplain mengenai kurir JNE dari jakarta ke sampang, madura dikirim tgl 16 juni sampai skrg tgl 26 juni pembeli menerima paket saya, saya lacak masih sdh di sampang tapi 6 hari belum dikirim jne kerumah pembeli, saya chat ke cs shopee, saya sdh email ke cs jne tidak ada balasan, telp ke ktr pusat jne nomor tulalit, saya heran seller komplain ke shopee karena yang kerjasana kurir jne dgn shopee kan mereka? Seharusnya SHOPEE membantu masalah pengiriman kurir2 bermasalah bukan lepas tangan, seller dan buyer shopee jadi rugi, barang tdk jelas kemana oleh jne?

    • 26 Juni 2020 - (20:39 WIB)
      Permalink

      aku pernah juga gini, saranku sih cs shopeenya mending ke email jangan via chat. kalo di email akan lebih runtun dibanding chat yang dibatasi waktunya. dibantu kok sama shopee & kalo pengiriman gini sih murni salah dari JNE nya ya sebenernya

    • 13 Juli 2020 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Saya juga begitu. Sebelum kirim, pembeli chat nanya ukuran n minta difotoin detail dan saat dipakai. Dan sudah saya lakukan. Setelah order dan saya kirim pembeli tdk langsung terima dan saya chat utk mengingatkan 2 hari setelahnya komplain sempit padahal sudah saya ingatkan sebelumnya utk ukur sendiri. Tp saya males ribet yaudah saya ok in dan dia bilang ongkir dipotong dari dana yg dia co. Tp baru seminggu kemudian dia kembalikan, dia perpanjang garansi utk kembalikan barang. Alasannya suami nya sakit. Logika utk kembalikan barang kenapa sampai seminggu lebih? Dan voila begitu sampai sepatu yg dia order ternyata rusak. Saya banding. N dia di mediasi shopee nuduh saya kirim sepatu lapuk, berbeda dgn awal dia bilang sempit. Saya kirim bukti foto dan rekam layar berisi chat dan video unboxing barang yg dikembalikan ke shopee melalui mediasi sedangkan pembeli cuma ngoceh2 nuduh doang, dimana video saya upload di YouTube. Tp ditolak shopee dgn alasan konyol PEMBELI SUDAH MENGIRIMKAN KEMBALI BARANG meski barangnya rusak. Dan ongkir sewaktu saya kirim pertama yg awal dijanjikan pembeli dipotong dari dana yg dia bayar semua dikembalikan ke pembeli oleh shopee. Shopee tidak adil. Saya sudah berulang x komplain dan tdk ada winwin solution dan alasan shopee krn saya memilih KEMBALIKAN DANA SEHARGA PRODUK. Sedangkan pilihan itu tdk ada di sistem. Shopee sangat tidak adil. Jangankan ganti rugi produk saya yg rusak, ongkir juga saya harus tanggung. Padahal dari awal saya sudah banding.

  • 27 Juni 2020 - (01:07 WIB)
    Permalink

    Hai Admin Shopee.
    April lalu sy membeli produk HT BAOFENG UV S9 di Shopee dengan Pelapak/Penjual ElectronicsBuy, tapi pihak penjual mengirimkan produk yang tidak sesuai, yaitu HT BAOFENG UV 860.
    Sudah komplain tp akhirnya sy cancel komplain sy.
    Lalu sy order HT lagi di BukaLapak yg ternyata Dropshiper. Dropshiper ini memesan orderan sy yaitu HT Baofeng UV S9 melalui Shopee dengan Penjual yg ternyata juga ElektronicsBuy.
    Lagi2 Saya dikirimkan barang yg tidak sesuai,yaitu HT Baofeng UV 860.
    Yang ingin Saya beritahukan ,Toko ElektronicsBuy yg menjadi Penjual di Shopee adalah PENIPU.
    Saya mohon pihak Shopee memberikan pinalty pada akun ElektronicsBuy dengan membekukan account nya.
    Saya lupa no transaksinya, tp anda dapat mengecek komplain di bulan april 2020 atas nama Saya, Thayeb Brahmaji.
    Terima Kasih

  • 27 Juni 2020 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Ini toko langgananku di shopee. Uda sering beli di sni ga mengecewakan. Tp skrg bukan shopee mart lg ya. Mungkin krna masalah ini. Semoga cpt clear ya ka.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Hati-Hati Berjualan di Shopee, Barang Sudah Digunakan Dikembalikan ole…

oleh Marina dibaca dalam: 1 menit
11