Dirugikan Sepihak oleh Shopee Akibat Pembayaran IndiHome Belum Terbayarkan

Pada tanggal 20 Agustus 2020 pukul 23:30 saya melakukan pembayaran IndiHome dengan nomor pelanggan 152305119675 via aplikasi Shopee dengan metode pembayaran Shopee Pay, dengan no pesanan 2020082100210737715 karena tanggal 20 Agustus jam 12 malam adalah batas terakhir pembayaran IndiHome.

Di status aplikasi Shopee muncul tulisan tagihan sudah dibayarkan dan sedang diproses dan akan selesai sebentar lagi.

Besoknya tanggal 21 Agustus 2020 saya kaget karena Internet IndiHome saya diputus. Lalu saya cek ke IndiHome dan dapat jawaban bahwa tagihan belum terbayarkan. Langsung saya hubungi pihak Shopee dan minta dibatalkan saja pembayaran saya agar saya bisa membayar lewat tempat lain.

Dan jawabannya dari pihak Shopee yang bikin saya lemas, kecewa dan merasa marah. Saya disuruh menunggu 3 sampai 5 hari kerja untuk proses oleh tim terkait. Yang berarti keluhan saya baru bisa ditindaklanjuti hari Senin tanggal 24 Agustus 2020 estimasi 3 sampai 5 hari kerja. Dan selama menunggu itu saya tidak berdaya apa-apa harus menurut saja aturan mereka. Sedangkan internet saya tetap diputus karena dianggap belum bayar oleh IndiHome, tanpa ada kompensasi apapun dari pihak Shopee. Apakah demikian kebijakan dari pihak Shopee kepada konsumennya? Sistem mereka yang semrawut konsumen yang jadi korban.

Saya sudah laporan sampai 9 kali kepada pihak Shopee. Tolong kembalikan dana saya segera agar saya bisa membayar via aplikasi lain, karena saya tidak ada dana lagi untuk membayar lagi di tempat lain. Tetap saja jawabannya sama disuruh menunggu proses oleh tim terkait. Sampai surat ini saya tulis belum ada tanggapan apapun dari pihak Shopee selain disuruh menunggu.

Saya himbau kepada yang lain agar berhati-hati bila bertransaksi di Shopee agar kejadian yang saya alami ini tidak menimpa kepada yang lain. Karena aturan aturan dari Shopee yang mau menang sendiri tanpa peduli kepada konsumen. Terima kasih.

Rommy Manuve
Sidoarjo Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:28    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Dirugikan Sepihak oleh Shopee Akibat Pembayaran IndiHome Belum Terbayarkan

    • 24 Agustus 2020 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Sampe detik ini masalah saya belum terseleaaikan, saya sudah laporan lagi 5 x sejak ditelp kemarin siang, dan hanya diberi jawaban jawaban yang aama dengan awal, disuruh menunggu proses tim terkait, stop pembodohan konsumen lewat cara cara seperti ini, anda tidak tau bagaimana saya mengumpulkan uang tersebut agar bisa membayar, nyatanya sampe sekarang tidak ada penyelesaian sama sekali, Internet diputus, denda berjalan dan dana saya masih ditahan oleh pihak shopee, dan tidak ada penyelesaian sama sekali,

  • 24 Agustus 2020 - (02:03 WIB)
    Permalink

    Kalo bayar online gtu harus jaga2 kalau2 ada gangguan sistem atau apapun itu. Saya saja maksimal 1 hari sebelum jatuh tempo baru dibayar. Jgn sampai hari jatuh tempo baru dibayar, apalagi 1/2 jam sebelum tengah malam. Itu ga ada kewaspadaan sama sekali.

    • 24 Agustus 2020 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Tidak semua orang ada uang untuk membayar jauh jauh hari, saya juga pingin nya tiap tgl 1 sudah membayar semua tagihan, lunas

  • 24 Agustus 2020 - (07:11 WIB)
    Permalink

    Bayarnya terlalu mepet. Harusnya dikasih jarak waktu. Mau pembayaran lewat marketplace apapun usahakan ada jarak waktunya.

  • 24 Agustus 2020 - (09:41 WIB)
    Permalink

    Sampe dengan detik ini masalah saya belum Terselesaikan, memang kemarin siang ada telepon dari pihak shopee dan dijawab bahwa setelah saya tutup telepon, masalah saya akan diprioritaskan dan akan selesai kemarin, nyatanya sampe aaat ini belum ada penyelesaian atau itikad baik dari shopee, mengenai masalah pembayaran yang mepet memang saya akuin saya bayar nya mepet, karena saya mesti mengumpulkan uang dulu untuk bisa Membayar tagihan ini, gk semua orang punya uang lebih untuk bisa membayar jauh jauh hari, dari tgl 21 saya sudah minta dibatalkan saja dan kembalikan dana Saya agar saya bisa membayar lewat tempat lain, nyatanya sampe sekarang dana saya nyangkut disana, internet diputus, denda berjalan dan pihak shopee tidak mau tau, yang saya tekan kan disini, bila pembayaran gagal segera kembalikan dana konsumen, jgn ditahan tahan, apalagi sampe disuruh menunggu sampai berhari hari, mungkin bagi shopee uang tersebut tidak seberapa, tapi bagi saya uang tersebut sangat berarti. Terima kasih

  • 24 Agustus 2020 - (10:15 WIB)
    Permalink

    Sekedar masukan, walaupun “katanya” & di-gembor2kan bahwa zaman now dengan teknologi online & internet maka transaksi & bayar2 & transfer bisa 24 jam sehari & 7 hari seminggu, sudah jadi kenyataan maupun rahasia umum bahwa transaksi di luar hari & jam kerja, apalagi dekat2 tengah malam (dekat2 sebelum maupun setelah pukul 12 malam) lebih riskan nyangkut.
    Katanya “penarikan transaksi harian” lah atau whatever.
    Herannya kenapa gak dimatikan saja internet/mobile banking nya selama proses tersebut, supaya tidak timbul resiko terhadap nasabah?

    Lah jangankan yang tengah malam begitu, di hari & jam kerja aja transaksi bisa nyangkut kan. Bahkan pake internet/mobile banking resmi dari bank ybs aja, sudah banyak komplen di MK ini maupun di berbagai sosmed.

    Nah, itu yang dari pihak bank langsung.
    Ini sekarang lewat marketplace, artinya bertambah lagi 1 tangan di tengah2 proses pembayaran tersebut. Karena kemungkinan besar marketplace bayarnya yah pake bank lah, sehingga entah lah yang error pihak marketplace ataupun pihak bank.

    Sehingga kesimpulannya, sangat tidak disarankan untuk transaksi2 keuangan (transfer, bayar2) dekat2 tengah malam.
    Yah saya tahu ada kesulitan keuangan. Tapi ya begitulah kondisinya, akhirnya bayar tengah malam malah nyangkut kan? Jadi sama aja dong dengan bayar besok paginya di jam kerja…

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Dirugikan Sepihak oleh Shopee Akibat Pembayaran IndiHome Belum Terbaya…

oleh Delta dibaca dalam: 1 menit
8