Lamanya Proses Refund Bank BNI terkait Pembatalan Transaksi di e-Commerce Luar Negeri

Assalamualaikum wr. wb.

Salam hangat teman sejawat para penduduk Indonesia, baik yang sedang ada di dalam maupun di luar negeri., Atas nama TKI, saya adalah salah satu orang yang mengalami kendala di bidang finansial. Nama saya Kholil, saat ini saya berada di luar negeri sebagai pejuang devisa untuk negara yang saya cintai. Saya cinta Indonesia karena betapa rindunya ketika seorang pribumi berada amat jauh dari negaranya sendiri.

Nah kali ini saya akan membahas tentang masalah refund dana ya. Saat ini saya berada di negara Saudi Arabia. Saya adalah seorang yang gemar sekali berbelanja online, karena mudah dan lebih hemat biaya serta menyingkat waktu. E-commerce adalah salah satu penunjang platform yang lagi viral semenjak 10 tahun terakhir.

Seperti yang kita ketahui bahwa platform belanja online saat ini sangat banyak, mulai dari yang lingkupnya nasional maupun internasional. Noon adalah salah satu e-commerce terbesar di Saudi Arabia, bahkan di timur tengah. Singkat cerita kejadian yang tidak saya inginkan terjadi.

Pada tanggal 10 Agustus 2020 kemarin saya berbelanja di aplikasi Noon, yaitu membeli sebuah handphone “Nokia 2720” seharga 359 SAR/Riyal (sekitar 1 juta 400 ribuan kalau di-rupiah-kan). Saat itu saya menggunakan metode pembayaran via kartu BNI (Mastercard). Namun setelah 2 hari kemudian tepatnya tanggal 12 Agustus 2020, saya memutuskan untuk membatalkan pesanan saya dikarenakan saya mau membeli hp lain. Seketika itu langsung saya cancel. Kemudian saya kontak pihak Noon.

Pada saat itu pula, uang saya dikonfirmasi untuk refund. Namun ketika saya lihat di rekening (BNI mobile banking) tidak muncul satupun berita terkait refund. Setelah itu saya konfirmasi lagi katanya 14 hari kerja akan muncul. Namun sampai hari ini 28 Agustus 2020 tidak ada tanda-tanda muncul.

Setelah itu saya konfirmasikan lagi ke pihak Noon dan ternyata saya diberikan nomor referensinya serta kode approval-nya oleh pihak Noon. Beberapa hari sebelumnya saya sudah pernah mengirim email ke BNI Call namun tidak ada hasilnya diputer-puter saja. Saya telepon bank BNI menggunakan BNI international call dan ternyata tidak diangkat selama 3 menit, hanya berbunyi “Anda sedang dalam antrian, customer service masih melayani nasabah lain”. Terus saja bunyi begitu hingga 3 menit berlangsung. Tidak ada jawaban. Dan herannya selama 3 menit, pulsa saya tersedot hingga Rp54.000.

Di sini saya kadang merasakan sedih, tidak ada hasilnya, malah uang dan pulsa hilang. Ini adalah pengalaman pertama semenjak saya menggunakan layanan perbankan BNI. Padahal sebelumnya saya menggunakan Bank Mandiri lancar saja. Tidak ada masalah. Paling lama hanya 48 jam kerja uang sudah kembali. Sangat disayangkan responnya lambat. Saya yakin bukan hanya saya yang merasa kecewa dengan pelayanan Bank BNI.

Saran saya untuk teman-teman, jika mau membeli sebuah produk di e-commerce online apapun itu, mending gunakan pembayaran via COD. Meski mahal tapi memuaskan dan terbukti, ketika barang gak datang uang kita pun tidak akan hilang, alias aman saja.

Moh Kholil Sidik
Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BNI:
[Total:3    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Lamanya Proses Refund Bank BNI terkait Pembatalan Transaksi di e-Commerce Luar Negeri

  • 29 Agustus 2020 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin soal refund yang lama.
    Tapi kalau boleh saya ingin komentar soal paragraf terakhir tentang saran “mending menggunakan COD.”

    Terlepas dari segala keuntungan metode COD, kalau terkait soal “uang hilang” akibat proses refund yang lama & tidak jelas, saya pastikan bahwa itu bukan melulu hanya karena “kalau beli online & kemudian refund, maka uang hilang ataupun proses lama,” namun saya kira itu lebih banyak terhubung dengan merk bank penerbit kartu yang digunakan. Karena bisa silakan di-search di MK ini saja, cukup banyak surat yang ditayangkan terkait bank yang 1 ini, menandakan bahwa memang merk bank ini kurang mantap sistem2nya.

    Sayang sekali mas nya gak pake bank BUMN yang 1 lagi, yang padahal juga sudah terbukti mas nya sendiri mengatakan: lancar.
    Sekedar info, saya memang tidak ada rekening maupun produk kartu dari 2 bank di atas, tapi saya ada kartu dari beberapa bank swasta, & sering sekali saya gunakan untuk pembayaran secara online (internet) baik dari situs dalam maupun luar negeri, termasuk beberapa x mengalami refund baik dari dalam maupun luar negeri juga (dalam rupiah maupun juga dalam valas). & sejauh ini transaksi maupun refund saya sama sekali tidak ada keluhan.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BNI?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Lamanya Proses Refund Bank BNI terkait Pembatalan Transaksi di e-Comme…

oleh Mohammad dibaca dalam: 2 menit
1