Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

Assalamu’alaikum,

Saya Utami, dengan akun Shopee: utamirahayu94. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini. Kronologinya, pada September 2020 saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini, bahkan nominal Shopee PayLater beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 3 juta rupiah, tapi dengan syarat harus mengisi Shopee Pay saya sebesar 1 juta dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar 3 juta tersebut. Akan tetapi saya tidak mau, karena kondisinya saya sedang tidak punya uang. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BRI saya dan saya pun mengiyakan.

Tidak lama saya mendapat SMS banking dari BRI bahwa saya mendapat transfer sebesar 3 juta dari Shopee Pay dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Dari situ saya disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang disebutkan pelaku yang muncul di layar hp saya. Ternyata pelaku mencoba masuk gmail saya dan mengaku bahwa dia sedang mencoba mengkonfirmasi hadiah tersebut oleh pihak BRI dan saya harus memberikan akun gmail saya untuk dikelola oleh pihak BRI.

Bodohnya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode OTP yang ternyata untuk masuk ke akun BRI mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol rekening saya, pelaku sudah mentransfer uang 3 juta dari Shopee saya. Maka saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

Tak lama pelaku meminta nomor ATM saya dan dari situ saya mulai curiga. Saya tutup teleponnya. Tak lama ada SMS banking bahwa uang 3 juta sudah ditransfer ke nomor OVO. Setelah itu hp saya mati karena sudah direset oleh pelaku.

Saya langsung menghubungi pihak BRI untuk memblokir akun saya dan pihak BRI memberi tahu transaksi OVO ke nomor mana. Pihak BRI memberikan solusi untuk menelpon pihak OVO, tapi tidak ada jawaban pula dari pihak OVO. Saya pikir ya sudah, karena uang yang dia transfer juga yang ia ambil lagi, jadi saya hanya membetulkan hp saya yang direset.

Tak lama saya mencoba masuk ke Shopee untuk mengecek akun Shopee saya dan ternyata sudah dibekukan oleh pihak Shopee sebelum saya menanyakan masalah ini ke pihak Shopee. Saya mencoba menelpon CS Shopee tapi sedang sibuk.

Saya login ke akun Shopee lain dan chat ke Shopee untuk dibantu mengaktifkan kembali akun Shopee saya. Lalu akun Shopee saya aktif kembali. Saat saya login, dan ternyata kemarin tanggal 11 Oktober tiba-tiba ada tagihan Shopee Pinjam sebesar 3 juta. Dari situ baru saya ingat kalau pelaku mentransfer saya yang sumbernya dari akun Shopee saya sendiri. Tidak berhenti di situ, saya mencoba mencari solusi menghubungi pihak Shopee dan jawabannya hanya tunggu sampai 1-3 hari kerja. Saya chat, saya telpon dan kirim email, saya chat ke Instagram dan Twitter belum ada jawaban.

Tagihan saya terus menumpuk karena terlambat bayar. Yang membuat saya kecewa kenapa keamanan Shopee begitu lemah sekali sampai akun saya bisa diretas. Adakah itikad baik dari Shopee untuk masalah ini? Sedikitnya beri jawaban bagaimana solusinya. Karena kalau dibiarkan akan terus menumpuk tagihannya.

Kalau dipikir-pikir secara logika, itu salah Shopee kenapa akun saya bisa diretas. Kalaupun saya tidak terkena bobol gmail dan BRI mobile pasti Shopee Pay, Shopee PayLater, dan Shopee Pinjam saya tetap akan disalahgunakan pelaku. Lalu pada saat Shopee tahu akun diretas, kenapa transaksi Shopee Pinjamnya disetujui? Seharusnya kalau ada yang mencurigakan jangan disetujui semua transaksi sebelum pemilik akun mengkonfirmasi ke Shopee bahwa benar pemilik yang melakukan transaksi. Kenapa ini tidak sama sekali ketahuan kalau akun sedang diretas?

Bukan saya saja yang sudah alami tetapi sudah banyak sekali korban. Harusnya permasalahan seperti ini ditindaklanjuti. Mohon Shopee untuk tidak lari dari permasalahan. Kalian berjaya juga karena konsumen. Selama ini saya menggunakan Shopee PayLater itu tidak pernah telat bayar, yang untung siapa? Pihak Shopee juga kan? Akan tetapi ketika masalah terjadi pada konsumen, prosesnya lama sekali.

Semoga setelah saya menulis ini ada itikad baik dari Shopee untuk memberikan solusi. Terima kasih.

Wassalamualaikum.

Utami Budi Rahayu
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:82    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee P…

oleh Umma dibaca dalam: 3 min
136