Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

Assalamu’alaikum,

Saya Utami, dengan akun Shopee: utamirahayu94. Saya sangat kecewa dengan pihak Shopee, karena sangat lambat mengurus kendala yang saya alami ini. Kronologinya, pada September 2020 saya mendapat telepon dari nomor tak dikenal, saya angkat, lalu dia bilang dari pihak Shopee. Awalnya saya tidak percaya, tapi setelah dia menyebutkan semua data saya di Shopee, hingga transaksi yang saya lakukan akhir-akhir ini, bahkan nominal Shopee PayLater beserta Shopee Pinjam dan lain sebagainya yang seharusnya orang lain atau akun yang lain tidak akan tahu, tetapi dia tahu dan semua benar.

Dari situ saya langsung percaya bahwa benar adanya ini dari pihak Shopee. Lalu bilang bahwa saya mendapat hadiah sebesar 3 juta rupiah, tapi dengan syarat harus mengisi Shopee Pay saya sebesar 1 juta dan otomatis akan bertambah saldo Shopee Pay sebesar 3 juta tersebut. Akan tetapi saya tidak mau, karena kondisinya saya sedang tidak punya uang. Tidak habis akal pelaku memberi pilihan untuk ditransfer ke rekening BRI saya dan saya pun mengiyakan.

Tidak lama saya mendapat SMS banking dari BRI bahwa saya mendapat transfer sebesar 3 juta dari Shopee Pay dan saya sangat percaya bahwa saya mendapat hadiah. Dari situ saya disuruh untuk menekan angka yang sama dengan yang disebutkan pelaku yang muncul di layar hp saya. Ternyata pelaku mencoba masuk gmail saya dan mengaku bahwa dia sedang mencoba mengkonfirmasi hadiah tersebut oleh pihak BRI dan saya harus memberikan akun gmail saya untuk dikelola oleh pihak BRI.

Bodohnya, saya klik nomor yang sama tersebut. Tidak lama kemudian pelaku meminta kode OTP yang ternyata untuk masuk ke akun BRI mobile saya. Saya turuti saja apa maunya pelaku karena sebelum ia membobol rekening saya, pelaku sudah mentransfer uang 3 juta dari Shopee saya. Maka saya percaya saja semua yang pelaku katakan.

Tak lama pelaku meminta nomor ATM saya dan dari situ saya mulai curiga. Saya tutup teleponnya. Tak lama ada SMS banking bahwa uang 3 juta sudah ditransfer ke nomor OVO. Setelah itu hp saya mati karena sudah direset oleh pelaku.

Saya langsung menghubungi pihak BRI untuk memblokir akun saya dan pihak BRI memberi tahu transaksi OVO ke nomor mana. Pihak BRI memberikan solusi untuk menelpon pihak OVO, tapi tidak ada jawaban pula dari pihak OVO. Saya pikir ya sudah, karena uang yang dia transfer juga yang ia ambil lagi, jadi saya hanya membetulkan hp saya yang direset.

Tak lama saya mencoba masuk ke Shopee untuk mengecek akun Shopee saya dan ternyata sudah dibekukan oleh pihak Shopee sebelum saya menanyakan masalah ini ke pihak Shopee. Saya mencoba menelpon CS Shopee tapi sedang sibuk.

Saya login ke akun Shopee lain dan chat ke Shopee untuk dibantu mengaktifkan kembali akun Shopee saya. Lalu akun Shopee saya aktif kembali. Saat saya login, dan ternyata kemarin tanggal 11 Oktober tiba-tiba ada tagihan Shopee Pinjam sebesar 3 juta. Dari situ baru saya ingat kalau pelaku mentransfer saya yang sumbernya dari akun Shopee saya sendiri. Tidak berhenti di situ, saya mencoba mencari solusi menghubungi pihak Shopee dan jawabannya hanya tunggu sampai 1-3 hari kerja. Saya chat, saya telpon dan kirim email, saya chat ke Instagram dan Twitter belum ada jawaban.

Tagihan saya terus menumpuk karena terlambat bayar. Yang membuat saya kecewa kenapa keamanan Shopee begitu lemah sekali sampai akun saya bisa diretas. Adakah itikad baik dari Shopee untuk masalah ini? Sedikitnya beri jawaban bagaimana solusinya. Karena kalau dibiarkan akan terus menumpuk tagihannya.

Kalau dipikir-pikir secara logika, itu salah Shopee kenapa akun saya bisa diretas. Kalaupun saya tidak terkena bobol gmail dan BRI mobile pasti Shopee Pay, Shopee PayLater, dan Shopee Pinjam saya tetap akan disalahgunakan pelaku. Lalu pada saat Shopee tahu akun diretas, kenapa transaksi Shopee Pinjamnya disetujui? Seharusnya kalau ada yang mencurigakan jangan disetujui semua transaksi sebelum pemilik akun mengkonfirmasi ke Shopee bahwa benar pemilik yang melakukan transaksi. Kenapa ini tidak sama sekali ketahuan kalau akun sedang diretas?

Bukan saya saja yang sudah alami tetapi sudah banyak sekali korban. Harusnya permasalahan seperti ini ditindaklanjuti. Mohon Shopee untuk tidak lari dari permasalahan. Kalian berjaya juga karena konsumen. Selama ini saya menggunakan Shopee PayLater itu tidak pernah telat bayar, yang untung siapa? Pihak Shopee juga kan? Akan tetapi ketika masalah terjadi pada konsumen, prosesnya lama sekali.

Semoga setelah saya menulis ini ada itikad baik dari Shopee untuk memberikan solusi. Terima kasih.

Wassalamualaikum.

Utami Budi Rahayu
Magelang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

210 komentar untuk “Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee Pinjam yang Disalahgunakan

  • 22 April 2021 - (16:23 WIB)
    Permalink

    saya juga kena tipu hari ini dan totalnya Rp. 11.250.000 ??????
    saya sudah lapor ke pihak shopee tp hanya di tanggapi yg akun saya kena blokirnya saja
    perihal uangnya tidak ada tanggapan
    mba yg udah kena tipu apa tetap bayar spinjam itu?

    • 13 April 2022 - (20:18 WIB)
      Permalink

      Aku engga kak, karena aku merasa ngga gunain uangnya, dan tiba-tiba login di shopee aku, enak aja kita udah ketipu uang ludes tapi suruh bayar tagihan, enak bener idup nya, saya nyesel sekali dengan shopee dan ngga gunain aplikasi itu lagi.

      • 18 Januari 2023 - (15:19 WIB)
        Permalink

        Kak mau nanya pas kakak nggk bayar tagihan tersebut apa sampai sekarang masih ada tagihannya atau bagaimana kak ? Terimakasih kak mohon jawabannya kak

    • 20 November 2022 - (05:54 WIB)
      Permalink

      Saya juga kena. 2000000. Padahal saya gak merasa nerima dana pnjamanya. Saya baru sadar pas buka aplikasi shopy, kok tiba tiba dah ada cilicilan yg blum di bayar selama 2x. Ini gimana yah. Saya pengen tau yg nerima dananya di reqening siapa. Kira kira ada yg tau cara ceknya gak yah, soal’nya saya cari gak ketemu buat liat transaksi kluar masuknya dana pinjamanya itu. Yg tau bantu solusi dong trimakasih

  • 25 April 2021 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum saya juga kena tipu nih kak, saya dapat telpon dan wa atas nama shopee. Terus katanya saya dapat shopee pay 2 jt. Lalu saya dsuruh isi shopee pay dulu agar bisa masuk dananya sebesar 300rb. Dan akhirnya saya pun menuruti. Lalu saat dia minta no atm saya mulai curiga dan saya patikan hp. Lalu saya cek saldo shopee pay saya sudah kosong. Lalu saya ganti password akun, no akun saya dan telpon cs akhirnya shopee saya dibekukan. Tapi password shopee pay saya belum diganti dan shopee pay later saya belum di aktifkan juga. Apakah dengan hal itu saya sudah aman kak? Saya ikhlas jika yg hilang hanya 300rb. Tpi saya takut akun saya diretas dan dimanfaatkan dengan leboh lagi. Mohon solusi kak

  • 25 April 2021 - (15:45 WIB)
    Permalink

    Sistem shopee harusnya lebih tanggap dengan hal2 seperti ini karena sudah banyak korban yang terkena.

  • 29 April 2021 - (23:34 WIB)
    Permalink

    Saya jg terkena tipu dan akun saya diretas sama pihak tdk bertanggung jawab dan kronologinya kurang lbh spt mba diatas.dan skrg saya dihubungi terus menerus dr pihak spinjam.bolehkah qt sama2 bwt grup korban dr penipuan akibat peretasan akun agar dpt saling sharing apalagi keadaan saya org tdk punya yg tanpa tw menahu ada dana Spinjam 7,5 juta dan skrg dana yg hrs dibayar sdh hampir 9juta.

    • 21 Juni 2021 - (22:04 WIB)
      Permalink

      Ayokkk buat mbaaa… Biar bisa berbenah shopee nya.. rasanya seperti dihipnotis. Krena dgn mudahnya mengikuti arahan pelaku.

      • 22 Juni 2021 - (04:55 WIB)
        Permalink

        iya mba, aku jg baru tanggal 21 kmaren ketipu 1,5jt,, dn aku ga cek spaylater / spinjam, gatau di ambil jg atau ngga, smoga engga,, udah abis semua ungkuu ?

  • 3 Mei 2021 - (23:53 WIB)
    Permalink

    Apakah bapak ibu yg sudah terkena penipuan ini sudah ada yg dapat solusi yang memuaskan dari shopee,masalahnya saya tetep ditelfon untuk membayar pinjaman yg bukan saya lakukan,dan apesnya penipu itu menggunakan virtual account untuk transfer pinjaman tersebut,mohon pencerahannya apa bisa nomer virtual account dilacak supaya kita tahu pemiliknya?

  • 31 Mei 2021 - (07:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama…tanggal 26 Mei 2021
    Saya ditelfon ngakunya dari CS shopee….akun saya diretas …rekening saya dikuras 8,5juta shopee pay saya juga diambil 2juta…ada tagihan SPinjam 12juta
    ???syaa sudah hubungi call center shopee dan chatt prioritas shopee…dengan mengirimkan data data nomor Ovo…akun shopee pay penipu….tapi tidak ada penyelesaian….mohon pencerahannya misalkan pinjaman itu tidak dibayar…apakah akan berbunga seterusnya…. Terima kasih banyak ….saya sangat menunggu bantuan dari shopee

    • 31 Mei 2021 - (09:12 WIB)
      Permalink

      Itu namanya ditipu bukan diretas. Sebagai buktinya anda dihubungi pihak yg ngaku2 dr shopee yg pastinya minta otp dgn cara apapun, misal iming2 hadiah, link phising dll. Sedang kalau diretas mereka tdk perlu hubungi anda, dgn keahliannya dia bisa masuk akun anda, menyalahgunakan akun anda. Nah sudah tau kan? Anda ditipu atau diretas?

      • 13 April 2022 - (20:21 WIB)
        Permalink

        Iya ditipu terus diretas, jadi anda gimana maksudnya? Mau menyalahkan kami? Ini kami korban loh, shopee juga tidak ada solusi terkait hal ini, pelakunya pun tidak diusut sampai sekarang, dan parahnya minta kita yang bayar, hello maksudnya apaa hah? Greget ni gua lama-lama yaa, coba dah di posisi kita gimana rasanya udah ketipu tapi disuruh bayar? Gimana kalau itu orang kurang mampu? Pikirin kek solusi, bukan gitu jawaban yang bener

    • 21 Juni 2021 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Kak..bagaimana akhirnya penyelesaiannya…? Apa ttp bayar di shopee lalu tanggaoan shopee bagaimana? Saya pun kena.

      • 1 Juli 2021 - (17:42 WIB)
        Permalink

        Kakak juga kena ya? Saya juga kak, penipuan atas nama shopee, malah akun SPinjam saya disalahgunakan juga, padahal saya gak pernah minjem

  • 31 Mei 2021 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Shopee keamanan nya kurang…data data di akun mudah sekali diretas…banyak pelanggan yg mengalami kerugian….dan tidak ada bantuan ataupun jalan keluar mengenai SPinjam…yg jelas jelas bukan pemilik akun yg melakukan nya

    • 22 Juni 2021 - (05:49 WIB)
      Permalink

      Salah sendiri nyalahin Shopee. Suruh siapa angkat telepon orang ga dikenal? Mau sebagus apapun keamanannya kalau anda sendiri mudah ditipu ya sama aja bohong. Data apapun juga pasti dikasi ke penipu.

  • 16 Juli 2021 - (20:43 WIB)
    Permalink

    saya baru kejadian tadi …saya di telp by wa a/n shopee saya memenangkan cashback 7.7 1.5juta…herannya mreka bisa meyakinkan saya utk menerima topup di shope pay saya…saya diminta dengerkan telp yg akan memberikan id pemenang 6digit lalu saya ikuti menyebutkan ke sana dan saya diminta buka konfirmasi pemberitahuan proses topupnya di template pesan pada setingan disitu diminta masukan pass shopepay saya.. dan juga cek prosesnya di shopepay transaksi terakhir 9(beneran muncul topup 1.5 dengan status sedang diproses) namun ga lama dibilang gagal jdi diminta nomor rekening dan 16 kode area cabang saya langsung sadar karna kok kode area 16 digit??? knapa juga gagal ke shope pay??kan menang cashback shopee?knapa maksa ke rekening…saya langsung matikan wa trus ditelp dengan nomor biasa saya ga angkat saya langsung ganti pass shopeepay saya..dan chat live ke shopee agent lalu saya memastikan dulu apakah jika saya ganti pass shopeepay saya maka smua shopee pay later dan pinjam tunai akan berubah juga pass nya? shopee jawab ya kseluruhan akan berubah juga …langsung saya ceritakan saya kena tipu dan sdh sampai memberikan id 6 digit yg ternyata adalah otp dan pass shopee pay saya…maka pihak shopee memberikan solusi dibekukan sementara…dan akan dikabarkan di email…semoga aja saya ga sampai kebobolan…stelah aktif kembali nanti akun saya… kalo sampai kebobolan juga ini aneh ..dan mungkin saya akan ikut meminta pertangungjawaban ke shopee juga..smoga kali ini shopee berhasil memberantas kasus kayak gini…saya msih menunggu proses pembekuan sementara ini…

  • 2 September 2021 - (12:00 WIB)
    Permalink

    https://surveyheart.com/form/61023052b773c3182d3dd359
    (Email yang di berikannya syarat undian shopee berhadiah)

    Assalamualaikum KK, saya huflatul Khamisah beberapa Minggu yang lalu hari Kamis tanggal 29-07-2021 saya kena tipu undian berhadiah shopee dan mengatas namakan staff shopee. Bahwa nomor saya mendapatkan undian berhadiah 3 JT. Mereka bilang ini mau di hadiah tunaikan atau dijadikan uang belanja dshopee ?? Saat itu saya percaya karna saya memang sering berbelanja di shopee jadi mereka meminta kode OTP dan saya juga lagi butuh uang jadi saya mau ditunaikan ke rekening. Padahal disitu sudah ditulis jangan berikan pada siapa pun. Tapi say berikan karna saya merasa ini beneran. Dan saya berikan semua yang mereka suruh, karna katanya apliasi shopee ada ga gguan sistem jadi mereka memakai akun saya. Kata mereka hanya sebentar. Dan mereka menyuruh saya mendownload aplikasi easycash melakukan pinjaman. Katanya diajarkan sampe selesai mendapatkan undian. Saya menuruti. Karna saya memang lagi buntu. Dan d aplikasi easy cash gagal karna tidak mencantumkan foto usaha saya.alu mereka bilang download lagi ada kami. Saya pun menuruti. Ternyata KTP saya digunakan untuk melakukan pinjaman saya pun juga menuruti. Dan akhirnya mereka berhasil menipu saya. Saya pun juga menuruti apa kata merke. Dan samapai sekarang saya menanyakan Giman aplikasi dan tagihan di ada kami. Mereka menjawab harus lanjutkan lagi tahap selanjutnya untuk mengikuti syarat selanjutnya. Untuk mendapatkan akun saya kembali. ?? Tolong saya. Saldo saya Rp. 119.300 lumayan menurut saya karna saya jualan pulsa. Tapi skrg mau apalagi kena tipu.
    Saya juga sudah melaporkan semuanya ke shopee.id belum ada tanggapan
    Dan juga sudah mengirim email karna saya di tipu harus pinjam uang di ada kami. Tapi belum juga ada balasan ?

    Dan saya juga disuruh cs. Shopee download aplikasi ada kami lalu melakukan pinjaman Rp. 700 RB selama 7 hari. Saya mengikuti dan akhirnya selesai semua mereka gak ada kabarnya lagi. Dan nomor wa GK aktif lagi. ??? Dan saat ini saya yang ditagih. Saya gak akan membayar karna saya sendiri tidak memakai sepeser pun.

    +62 812-3631-2697

    +1 (226) 270-6124

    +62 877-9404-8972

    +1 (346) 416-8022

    Tolonglah selesaikan. Saya pusing di tenor katanya saya banyak tagihan.
    Saya disini tertipu undian. Dan mereka menyuruh pinjaman online dan sudah di lakukan di ada kami. Skrg mereka yg mengaku dari pihak shopee dan ada kami nelpon saya mempunyai banyak tagihan. (Mereka berjanji akan membayar semua tagihan di shopee maupun ada kami)

    Tapi saat ini semuanya meneror nomor hp KK, ibu, dan bapak saya

    Saya sudah banyak mengadu ke pihak shopee. Tapi balasannya selalu 1-3 hari kerja baru diinfokan sudah mengeluh dan lapor tapi tetap saja ditagih. Gimana pihak shopee ini selesai kan masalahnya. ?????? Solusinya juga gak ada. Tapi malah menagih dan menagih. Nyesal saya belanja di shoppe.

    Tolong lah selesai kan penipu berkedok undian ini. ???

  • 9 November 2021 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Krain cuman saya saja yg mengalami ternyata banyak sekali dan saya kesal kepihak shopee trus menerus menelepo wa saya supaya bayr ,,,saya pas waktu kejadian langsung lapor ke pihak shopee tapi mna tidak membantu sma sekali malah bikin saya makin pusing udah mh uang ludes terus suruh bayar spinjam harus yah pihak shopee bisa bertindak apa lagi ini ada bukti”nya

  • 13 April 2022 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Saya sangat kecewa dengan shopee, waktu chat CS nya juga tanggapannya tidak memberikan solusi, bilangnya mau diusut tuntas tapi pembohong besar, janji gratis ongkir juga bohong belaka, ada kasus penipuan malah tagihan dibebankan kepada konsumen yang setia memakai shopee, saya sangat jengkel, mengapa keamanan shopee sangat mudah diretas bahkan saya tanpa menyadari sang hacker yaitu penipu masuk ke akun shopee saya, dan parahnya lagi shopee meneror seluruh keluarga saya, ini sangat tidak adil bagi saya karena saya tidak mengambil uang itu sepeserpun. Sampai saat ini saya trauma dengan shopee dan beralih ke market dan bisa mengajukan pengembalian. Padahal selama ini saya selalu merekomendasikan shopee ke orang-orang terdekat Saya. Enak aja palalu peyang kita udah ketipu malah suruh bayar. Enak bener idup lu pi shopee

  • 6 November 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Saya juga alami sperti itu saya sedih karna uang saya ledis 4juta dan spinjam 3juta harus saya byar dan nyampe skrg jdi berbunga besar karna saya tidak membyarnya karna bukan saya yg memakainya malahan saya rugi uang saya juga di ambil boro”byar ????????

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 210 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Saya Diretas, Data Bisa Diambil dan Berujung pada Shopee P…

oleh Umma dibaca dalam: 3 menit
210