Penjual Dirugikan oleh Pihak Shopee yang Tidak Bijak dalam Mediasi Pengembalian Produk

Dear Media Konsumen,

Saya selaku seller di Shopee sangat kecewa dengan keputusan pengembalian barang yang pada akhirnya pembeli yang menang dan merugikan penjual. Nomor pengajuan: 201007180227855. Berikut kronologinya:

  1. Pembeli dengan akun Shopee bernama margaretha19** melakukan pembelian produk, memilih warna hijau untuk produk Les Catino Marvella Tote. Saya sudah mengirimkan produk yang sesuai, tapi pembeli minta tukar ke warna mint.
  2. Pembeli mengajukan pengembalian dana dengan alasan gak sesuai warna. Padahal tim Shopee jelas-jelas sudah mengiyakan bahwa penjual sudah mengirimkan sesuai, tapi tiba-tiba Shopee berbalik memihak ke pembeli, alias menyetujui pembeli buat mengembalikan produk. Ini sangat sangat tidak adil, untuk penjual. Bisa-bisanya pengembalian produk karena berubah pikiran disetujui oleh Shopee!
  3. Oke gak masalah, saya turuti keputusan Shopee, yaitu menerima pengembalian barang dari pembeli. Akan tetapi ternyata setelah barang saya terima dari kurir J&T, paket tidak dibungkus plastik dan posisi dilipat, menyebabkan tas produk saya jadi reject bekas lipatan dan dustbag kotor. Saya naik banding ke Shopee, menunggu 2×24 jam.
  4. Saya ada konsultasi dengan tim CS Shopee bernama Arga, bahwa pengembalian produk harus dikemas oleh pembeli, dibungkus menggunakan plastik agar produk tidak kotor (artinya pembeli yang packing produk tsb), bukan pembeli memberikan produk ke ekspedisi dan minta dikemaskan/dipacking-kan. Di sini jelas pembeli tidak melakukan pengemasan, pembeli tidak sesuai aturan dari Shopee.
  5. Keputusan Shopee sangat membuat saya kecewa, dana balik ke pembeli dan penjual menerima produk cacat yang tidak bisa dijual kembali, alias merugikan penjual. Sangat aneh dengan Shopee untuk pembeli yang berubah pikiran karena tidak suka dengan warna yang sudah dia pilih disetujui, lalu untuk produk cacat ini penjual harus terima tanpa ada penyelesaian tersendiri ke penjual!

Saya sangat kecewa dengan Shopee. Sampai kapan pun berita ini tidak akan pernah saya turunkan, tidak akan pernah saya minta untuk hapuskan. Karena pernah ada kasus sebelumnya, ketika saya tulis di media, tim Shopee memohon-mohon untuk menghapus postingan di Media Konsumen.

Di sini saya sudah dirugikan, dan tidak ada itikad baik dari Shopee ke penjual. Padahal kita semua di sini saling membutuhkan, Shopee tanpa penjual tidak akan bisa hidup, penjual tanpa pembeli pun tidak akan bisa hidup. Namun Shopee sangat memihak ke pembeli dan tidak menghiraukan penjual!

Saya sangat kecewa dengan keputusan tim Shopee yang sangat sangat tidak bijak. Produk cacat harus dengan lapang hati penjual menerimanya. Buat seller-seller lain, semoga kalian tidak menemukan pembeli seperti margaretha19**!

Dewinta NF
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Penjual Dirugikan oleh Pihak Shopee yang Tidak Bijak dalam Mediasi Pen…

oleh Baby Zein Shop dibaca dalam: 2 menit
26