Perbedaan Ongkir Tokopedia dan SiCepat Merugikan Penjual

Saya menuliskan surat pembaca ini karena merasa kecewa dengan cara CS Tokopedia menyelesaikan masalah saya. Pada tanggal 29 Oktober 2020 saya mendapatkan orderan 2 pcs Rinso 1,8 Kg dengan nomor invoice: 20201029/XX/X/663431676. Dalam invoice tersebut customer membayar sebesar Rp24.000 untuk 4 Kg.

Invoice customer

Saya mengirimkan menggunakan kardus yang dimensinya sudah saya ukur untuk menghindari terhitung volume. Ternyata beratnya gak sampai 4 Kg, untuk berat kardus sendiri sekitar 300 gram. Sayangnya saat itu tidak saya dokumentasikan karena percaya ekspedisi akan menimbang secara aktual produk saya.

Setelah produk saya sampai ke pembeli, alangkah kagetnya saya, karena penghasilan saya dipotong dengan alasan harga ongkir aktual lebih besar dari invoice. Di sana tertera harga Rp32.000 dan berat aktual 4.05. Kalau menilik dari berat aktual, berat masih masuk ke dalam 4 Kg, karena toleransi maksimal ekspedisi SiCepat Reg sebesar 4.30 Kg.

Keterangan pemotongan ongkir

Yang saya permasalahkan, kenapa kalau masih terhitung 4 Kg dan customer membayar untuk 4 Kg sebesar Rp24.000 kemudian tarifnya berubah menjadi Rp32.000? Saya sudah mengajukan masalah ini ke CS Tokopedia dan menjanjikan akan segera dihubungi maksimal 5×24 jam atau sekitar tanggal 6 November 2020.

Janji cs tokped

Namun sampai saat ini, tanggal 7 November 2020 saya belum juga mendapatkan penyelesaian untuk masalah saya, dengan alasan masih menunggu penyelidikan dari SiCepat. Pertanyaannya, untuk sekelas Tokopedia problem solvingnya kenapa buruk seperti ini?

Nur Aini Tethawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Tokopedia:
[Total:40    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Nur Aini Tethawati

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Nur Aini Tethawati berjudul (https://mediakonsumen.com/2020/11/09/surat-pembaca/perbedaan-ongkir-tokopedia-dan-sicepat-merugikan-penjual) pada tanggal 9 November 2020, kami menyampaikan permohonan maaf...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Perbedaan Ongkir Tokopedia dan SiCepat Merugikan Penjual

    • 10 November 2020 - (01:56 WIB)
      Permalink

      Pindah di shopee aja kak, subsidi ongkir shopee lebih jelas, semua di potong oleh shopee gak ada pengurangan ongkir kek Tokopedia maupun bukalapak, kalau olshop sih bagusan shopee sih free ongkir sampai 0 rupiah dan penjual juga free karena sudah di bayar otomatis oleh system shopee, enak di shopee beneran! Kalau soal ongkir, apalagi voucher ongkir bisa di gabung ama voucher cashback mantap cuaan banget, gak kek si ijo ama merah ongkir mahal promo sedikit pelit, nyari untung banyk promo dikit

      1
      2
    • 10 November 2020 - (05:12 WIB)
      Permalink

      Oh walah…. Gini toh layanan konsumen si cepat…? ” masalah sdh di utarakan malah nya ya, ada yg bisa dibantu, he…. He….. He….

    • 11 November 2020 - (02:15 WIB)
      Permalink

      Bego .. cs robot gini nih ..keluhan udah jls kok msh nanya bisa di bantu .. pingin ketawa ..

  • 9 November 2020 - (21:58 WIB)
    Permalink

    @sicepat ekspres , dibaca atuh… koq nanya. Jelas” diatas udah diungkapin keluhannya.

  • 9 November 2020 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Kasus kesekian kali sicepat,beda berat dan volume. Kejat terus.sengaja dr oknum agen sicepatnya di kasus satunya.minta ganti rugi langsung.gini mau saingan sm ekspedisi yg lbh besar. Malas ambil franchise sicepat jg

    • 10 November 2020 - (00:12 WIB)
      Permalink

      Case close, tokopedia sudah merefund selisih ongkir yang disebabkan adanya update harga dari ekspedisi.

  • 10 November 2020 - (05:30 WIB)
    Permalink

    Pengalaman yang sama dalam menggunakan jasa Sicepat, paket saya dinyatakan BAD dan d return, padahal dgn alamat yang sama dengan jasa JNE paket bisa sampai. Sicepat atau si???

  • 11 November 2020 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Akhirnya ada yang senasib, saya juga pernah mengalami hal ini bahkan yang saya ongkinya per kg 50k lebih dan harus saya ganti sebesar 2kg sedih sih tp masih ada untung cuma ga banyak… Saya orangnya ga terlalu mau ribet karna pernah claim yg kaya gini tuh bisa di urus cman males harus ksna kesini lempar sana lempar sini akhirnya kita cape ga mau urus… Karna biasanya kalo ada human eror gaji pekerjanya yg d potong mkannya kaya sngaja biar males urus.

  • 11 November 2020 - (22:26 WIB)
    Permalink

    iya ini kejadian sama ama saya si cepat cilodong depok, saya timbang dirumah 1,6 KG, waktu barang sudah sampai saya dapat notifikasi pemotongan 24.000, waktu saya komplain ke tokopedia care ,di balas sudah sesuai, saya juga ga ada bukti karena awalnya percaya aja sama karyawan sicepat, waktu saya komplain ke sicepatnya cuman bilang ” maaf mas itu anak baru” , ya udah deh saya iklasin kali ini,pelajaran kedepan tiap paket ditimbang mesti difotoin sebagai bukti buat jaga2

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Tokopedia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Perbedaan Ongkir Tokopedia dan SiCepat Merugikan Penjual

oleh Teth dibaca dalam: 1 menit
12