Akun Akulaku Diretas Hacker

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen yang telah menyediakan wadah untuk konsumen berkeluh kesah. Pada tanggal 28 November 2020 pukul 17.40 WIB di HP saya ada notifikasi kalau akun Akulaku saya login dari perangkat lain. Sebelumnya saya tidak pernah mendapatkan kode OTP.

Saya kaget dan setelah itu saya coba untuk login ke akun saya, tapi tidak bisa dengan keterangan: nomor tidak terdaftar dan Gmail saya telah diubah. Saya telepon CS Akulaku dengan nama petugas Faisal pada waktu itu.

Setelah saya menceritakan kronologi si CS coba verifikasi data saya dan ternyata memang nomor saya yang saya daftarkan di Akulaku tidak terdaftar. Saya verifikasi pakai NIK dan bisa akhirnya. Benar saja, apa yang saya khawatirkan setelah saya bisa login lagi ke akun Akulaku saya, di sana banyak pembelian di Bukalapak dengan total 20 transaksi masing-masing Rp495 ribu berupa pembelian voucher, KTA Kilat Rp2.260.000 dan pembelian polis asuransi atas nama saya.

Total limit saldo Rp10 juta, tinggal tersisa Rp81.000. Padahal saya hanya memakai limit saldo pada bulan November 2020 sebesar Rp108 ribu saja. Yang saya sayangkan dari Akulaku tidak ada sama sekali itikat baik kepada saya sebagai pengguna, dimana ketika saya telepon CS hanya menjelaskan akan menginvestigasi dulu dan waktu yang dibutuhkan sekitar 1 mingguan.

Lah saya kaget bukan main, di sini jelas-jelas akun saya diretas oleh hacker, kenapa tidak ada tindakan cepat? Saya tidak akan mau apabila dari pihak Akulaku membebankan tagihannya kepada saya dan apabila tidak ada penyelesaian yang adil dan saya akan lapor kepada OJK dan lembaga terkait yang berhubungan dengan fintech.

Buat masyarakat yang merasa dirugikan karena lemahnya sistem dari Akulaku dan akun kalian dibobol serta disalahgunakan, mari sama-sama kita blow kasusnya agar kita sebagai konsumen yang terkena musibah semakin tidak dirugikan!

Giarso B Dimin
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:22    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Akulaku atas Surat Pembaca Bapak Giarso

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Bapak Giarso pada tanggal 1 Desember...
Baca Selengkapnya

38 komentar untuk “Akun Akulaku Diretas Hacker

  • 1 Desember 2020 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Semenjak maraknya akun akulaku di bobol tanpa kode OTP,saya langsung mengajukan pembekuan limit saya yang tersisa di akulaku via email.
    Dan Alhamdulillah Akulaku langsung responsif dan membekukan akun saya,saya sudah coba dengan menyicil barang dan hasilnya gagal/tidak bisa.
    So,saya bisa lebih merasa aman & nyaman,tinggal membayar sisa cicilan yg tersisa.

    10
    1
    • 2 Desember 2020 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Akun #akulaku saya juga diretas hari ini, kronologisnya
      19.00; ada permintaan masuk tanpa OTP di hape saya, setelah itu ada notifikasi di hape saya kalau saya melakukan transaksi di #bukalapak sebesar 68.000 selama beberapa kali, setelah saya menyadari kalau saya tdk sama sekali melakukan transaksi hari ini,
      20.22; saya coba masuk ke akun #akulaku saya dan tdk bisa (notelp tdk terdaftar)
      20.30; saya coba browsing di google utk mencari tahu no telp CS #akulaku yg bisa dihubungi keluar situs callakulaku.com dan saya diarahkan ke nomor 0816-4248-323 utk berbicara dengan CS Akulaku. disitu CS (sy lupa menanyakan namanya) memberitahu saya klo limit saya sdh habis dipakai, dan utk lebih lanjutnya silahkan WA ke nomor ini, muka dan ktp saya. namun saya sejenak tersadar apakah no CS itu pake no Hape? dan setelah saya browsing lagi di google ternyata benar saja no ini juga penipuan. krn no CS Akulaku itu 1500920 dan hanya beroperasi dr jam 08.00-21.00 tapi ketika saya telepon di pukul 20.35 sdh tdk ada respon.
      21.01; ada 2 kali panggilan masuk dr nomor 0816-4248-323, ketika saya angkat tdk ada suara.
      21.15; saya coba browsing cara mendapatkan akun saya kembali, dan akhirnya berhasil dengan verifikasi NIK dan serentetan pertanyaan. dan benar saja setelah saya dapatkan akun saya kembali sdh ada trx sebesar 552.000(6X), 249.000(1X) dan 468.000(3X). ini trx yg saya tdk lakukan sama sekali/dibajak.
      21.37; saya mengirimkan email ke cs.id@akulaku.com dan collection.indonesia@akulaku.com perihal penipuan ini, namun hanya dijawab otomatis oleh mesin.

      Jika ada konsumen lain yg merasa senasib, yuk kita blow up masalah ini ke @YLKI, @MabesPolri, @Cybercrime, @OJK, krn lemahnya sistem akulaku yg gampang di hack dan lambat/tdk sigap dalam menangani keluhan.

      • 3 Desember 2020 - (09:41 WIB)
        Permalink

        Untuk para korban peretas akun akulaku tanpa kode otp dan buka buka link pishing sebaiknya segera bikin pengaduan ke #ojk#ylki dan #kepolisian. Karena kita korban dari lemahya sistem akulaku. Korban sudah banyak bukan satu hanya dua orang.

        • 3 Desember 2020 - (10:11 WIB)
          Permalink

          Jam 09.28 tadi saya telepon ke 1500920, respon pertama mereka (CS a.n Mba Sandra) menerangkan bahwa akulaku hanya sebagai perantara pembayaran saja dan kita sebagai konsumen klau utk melakukan pembatalan trx harus ke mitra #bukalapaknya, lho dr mana saya tahu itu trx di mitra mana saja? dan saya jg tdk punya akun #bukalapak, saya coba push klo pihak #akulaku tidak ada itikad baik dlm melindungi nasabahnya/konsumennya saya juga tdk mau tahu saya tdk akan bayar semua tagihan transaksi per tanggal kemarin. dan saya sebutkan laporan saya ke konsumen@ojk.go.id dan cybercrime@polri.go.id perihal ini, akhirnya pihak #akulaku melunak dan mau melakukan investigasi dan membekukakn akun saya, walaupun sdh terlambat krn limit saya juga sdh habis. saya masih menunggu follow up selanjutnya dr pihak akulaku. klo memang tdk ad itikad baik utk membatalkan semua trx per tanggal kemarin. saya akan buat laporan lagi ke #YLKI dan #OJK.

        • 25 Juni 2021 - (09:25 WIB)
          Permalink

          Sama akun saya juga di retas, tiba tiba ada tagihan di akun akulaku,
          Mohon solusinya dr yg pernah mengalami nya juga,
          Apa ada solusi terbaik?

      • 3 Desember 2020 - (09:59 WIB)
        Permalink

        Saya juga sudah email ke cs.id.akulaku.com tapi di jawab otomatis oleh mesin saja. Saya di intruksikan untuk melakukan pengaduan dari akun Akulaku saya dengan mengetik pusat bantuan. Logikanya di mana. Akun Akulaku saya kan dalam masalah email saja sudah di rubah oleh si peretas akun Akulaku saya???

        • 5 Desember 2020 - (00:01 WIB)
          Permalink

          saya juga terkena hack akun tanpa OTP mas, limit saya abis kurang lebih 3 jutaan. laporinnya gmn ya?

          • 5 Desember 2020 - (05:17 WIB)
            Permalink

            Telpon ke Cs akulaku Mas. Bilang akun di bobol tanpa kode otp dan Masya nga pernah buka buka link phising. Jangan mau kalo suruh nangung cicilan yang bukan Mas ya lakuin. Komplen ke akulaka masalah sistem keamana nya yang bobrok gampang di hack. Coz bukan 1 atau dua orang yang punya kasus akun bisa di retas. Tapi banyak dan sering. Lapor @ojk juga @ylki sama ke polisian kalo seandaiya nanti ada DC yang nangih cicilan Akulaku Mas yang di hack. Intinya jangan mau suruh nangung cicilan nya.

          • 5 Desember 2020 - (05:52 WIB)
            Permalink

            Blow up juga masalah akun Akulaku Mas ya yang di hack ke media biar semua pada tahu sistem keamanan Akulaku yang bobrok. Karena selama ini sudah banyak korban tetepai dari pihak Akulaku tidak ada sama sekali pembenahan diri. Dan supaya OJK dan lembaga terkait e-commerce dan fintech tahu juga dan segera menindak karena banyak konsumen yang di rugikan.

          • 22 Desember 2020 - (15:08 WIB)
            Permalink

            Akun akulaku saya juga kemarin di retas juga. Login di aplikasi orang lain. Tapi untung nya saya masih ada tagihan yg belum dibayar. Untuk selanjutnya gimana ya saya takut dipake lagi kalo saya sudah tidak pakai akun aplikasi saya. Saya jadi resah dan was was. Mohon info nya saya harus berbuat apa dan bertindak apa?

      • 8 Februari 2021 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Saya juga korban #akulaku akun di retas untuk pinjaman online. Saya kaget ada tagihan dari #akulaku padahal saya tidak merasa pinjam online. Sudah lapor CS tgl 29 Desember 2020, dan Tgl 6 Januari 2021, terakhir barusan tgl 8 Feb 2021. Tetep tidak ada iktikad baik dari akulaku. Tetep harus membayar pinjaman yg saya tidak pinjam. Padahal saya tidak punya rekening bank mega yg untuk mencairkan pinjol. Sudah saya adukan akulaku tetep akulaku tidak mau tahu. Saya sebagai konsumen sangat kecewa karna di tuntut untuk membayar pinjaman yg saya tidak pinjam. Akulaku aplikasi pemeras uang konsumen

    • 18 Desember 2020 - (14:30 WIB)
      Permalink

      Makasih berkat baca-baca disini
      Saya yang semula cuek akhirnya mengikuti jejak anda

      Meminta membekukan limit kredit saya

      Gimanapun juga mencegah mengantisipasi sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik kurasa

      Dan sekarang limit saya sudah diblokir berasa sedikit tenang sejak kemarin agak was-was karena banyaknya akun nasabah akulaku dibobol.

    • 4 Maret 2021 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Selamat pagi pak, saya juga sebagai korban dari lemahnya sistem di akulaku, kronologi akun akulaku di tgl dr THN 2019 bulan Desember sampai di bulan Mei tgl 13 thn 2020 saya sudah uninstall aplikasi akulaku, lalu di tgl 13 Mei 2020 siang tepatnya saya dapat TLP dr pihak akulaku memohon maaf atas kebobolnya akun saya oleh orang lain dan di hari itu saya langsung juga install aplikasi akulaku lagi guna pengecekan namun saat saya login ke aplikasi akulaku nomer login saya sudah tidak bisa masuk ke akun saya karna sudah berganti nomer lalu saya fikir pihak akulaku sudah meminta maaf saya fikir selesai ternyata tidak, padahal otp tidak ada yang masuk sama sekali
      kesaya, tepatt di tgl 12 Juni 2020 saya di call dengan akulaku bahwa harus menyelesaikan tagihan di sini lah saya kaget karna tagihan ke saya, lalu di tgl tersebut saya compain ke bagian cc Teryta tidak ada solusinya, saya datang ke kantor akulaku di tgl 26 OCT 20 lt. 18 ternyata tidak ada lagi solusinya sampai hari ini 4 Maret 2021 DC datang ke rumah saya minta surat jalannya pun gak di kasih, ini sangat mengganggu sekali apalagi terhadap keluarga dan orang tua, kita lapor sama sama gimah mas ke polisi dan ojk

  • 1 Desember 2020 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Akulaku ini di bawah pengawasan OJK kan yah? Udah banyak kejadian seperti ini kok seperti tidak ada evaluasi dan tindakan dari OJK? 🤔

    • 1 Desember 2020 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Makanya saya pribadi juga bingung. Ini saya saja baru tahu kalo Akulaku banyak bermasalah karena selama saya 3 tahun pakai fine fine saja. Pas kemaren saya kena hack dan saya searching di google teryata Akulaku banyak bermasalah. Seharusnya OJK menindak Akulaku.

      • 25 Juni 2021 - (12:40 WIB)
        Permalink

        Saya juga kena bembobolan akun akulaku kemarin pagi ada yang menelepon dia tau data data saya bahkan nomer nik saya dia tau bahkan transaksi terakhir saya makanya saya percaya kalo itu cs dari akulaku, ternyata dia menghipnotis sya memberi saya link dan membobol akun akulaku saya melakukan transaksi dibukalapak dengan mengunakan akun akulaku saya miris saya nangis totalnya Rp3,228.000 mirisnya ketika saya langsung sigap menelpon akulaku tanggapan akulaku sangatlah santai dan tidak mau menanggapi dan bilang kalo itu bukan tanggung jawab akulaku . Saya heran kenapa mereka berkata kaya gitu akhirnya saya lanjut memutuskan untuk menghubungi pihak bukalapak mungkin pihak itu bisa membantu saya akhirnya saya tlpn dan langsung di tanggapi oleh pihak bukalapak dengan sigap walaupun hari ini bukalapak mengatakan bahwa akun tersebut sudah berhasil menggunakan uang sehingga tidak bisa dikembalikan ke akulaku ,saya ga nyerah gitu aja saya lapor ke ojk untuk menangani kasus saya yang saya miris itu pihak akulaku bahkan tidak menindak lajuti permasalahan saya dan berkata saya aku tetap bayar tagihan selama 12 bulan,bahngin syok ga?? Padahal kalo data ga bocor ini ga mungkin terjadi jelas sangat jelas lemahnya keaaman di akun akulaku untuk melindungi data para custumer saya ngabisin pulsa 150rb hasilnya ente miris kalo mereka berkata saya harus membayar hutang yang bukan saya yang mengunakanya . Harusnya pihak aku laku sadar bahwa ini bukan full kesalahan saya posisinya saya juga dihipnotis dan mereka yang kurang aman menjaga data cust nya sampe tahu nik,nama alamat email bahkan transaksi terakhir saya . Saya hanya minta bebaskan saya dari cicilan itu kalo itu hutang saya saya pasti bayar tapi itu bukan hutang saya kenapa gitu akulaku tidak menyaring semudah itu melakukan pembayaran buka lapak di akulaku harusnya akulaku lebih teliti liat dulu alamat,namanya sesuai atau tidak dengan aku yang digunakan untuk membayar😪 suguuh miris keamananya dan tidak ada tanggapan lagi. Saya tidak mau membayar tagihanya itulah resiko kalo kurang keamanan pasti banyak akun yang dibobol dan disalahgunakan .

  • 1 Desember 2020 - (17:52 WIB)
    Permalink

    lapor aja bu , saya juga kena tipu tapi totalnya ga banyak tapi sedih aja bisa dihack begitu

    • 1 Desember 2020 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Pasti akan saya laporkan ke OJK,YLKi,ke polisian kalo sampai Akulaku lepas tangan dan saya harus menanggung cicilanya. Karena saya di sini korban.

  • 1 Desember 2020 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Buat yg belum kena hack, lebih baik dibekukan saja akun y, daripada kejadian lagi dan lagi, soalnya bukan cuma 1 – 2 yg cerita gini

  • 2 Desember 2020 - (08:58 WIB)
    Permalink

    Asem panik gw mana ada cicilan 5x lagi di akulaku, langsung beli pulsa dah telfon cs akulaku minta pembekuan limit dulu sekarang

  • 2 Desember 2020 - (22:48 WIB)
    Permalink

    mana nih ga ada tanggapan nya dari pihak AL semenjak banyak kasus kaya gini , parah ni kampret uda banyak orang dalam nya juga yg bermasalah

  • 7 Desember 2020 - (15:17 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami kejadian serupa di tanggal 28 October 2020 yang lalu dimana terdapat 2 transaksi jika di total keseluruhan kurang lebihnay senilai 7.500.000 ( +/- ) yang masuk tanpa ada nya kode OTP yang saya terima. Saya sudah melaporkan dan melampirkan barang bukti ke pihak akulaku namun jawabannya tetap tagihan menjadi saya. Apakah seperti itu caranya pelayanan jika kami korban sudah memberikan semua barang bukti yang mana sesuai dengan KUHP sudah di atur tapi dari pihak akulaku tetap membebankan tagihan tersebut kepada kami ? jika menyalahi aturan KUHP apakah bisa kita simpulkan bahwa akulaku sudah melawan hukum ?

      • 18 Desember 2020 - (14:26 WIB)
        Permalink

        Saya sudah melakukan itu dan melaporkan kepada YLKI dan juga OJK namun belum ada respond. Sampai saat ini banyak yang teror dari DC ke saya dan saya sudah melaporkan kasus ini ke Polisi. Please advice apa lagi yang bisa saya lakukan ?

      • 19 Desember 2020 - (20:32 WIB)
        Permalink

        Ini saya juga mengalami hal seperti temen2. Dan sampai sekarang banyak tagihan apalagi masuk di email dengan tagihan saya ada bunganya… mohon solusi apakah kita laporan atau gimana tindaklanjutnya

        • 20 Desember 2020 - (10:03 WIB)
          Permalink

          Call Cs Akulaku Mas jelasin kronologinya,lapor ojk,YLKI. Lagi marak kasus akulaku di bobol. Di FB banyak kasus nya tiap hari

  • 28 Desember 2020 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Kejadian yang di alami teman2 semua terjadi juga kepada saya….mendadak tanggal 26 desember di tlp untuk di tanyakan tagihan yang memang saya tdk gunakan dr bulan november. Kaget itu pasti….akhirnya sore td di tlp kmbali oleh bagian penagihan lalu terputus, awal saya cuek tp bingung. Akhirnya sy putuskan tlp ke CS nya alangkah kagetnya tagihan ku meledak 4 jtan diminta agar bayar tagihannya….usut punya usut akun akulaku diretas tp ada kode otp dan sebagainya. Mari kawan kawan kita blow up masalah ini…. kemana harus kita laporkan ke polisi dahulu atau ke OJK? Gmn kita sama2 laporkan?

  • 14 Januari 2021 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Sama gan akun ane jg kena hack dr akhir November 2020 n sprt biasa gk ad tindakan sama sekali dr akulaku yg ad di telpon terus untuk melunasi pembayaran,parah nie akulaku

  • 18 Januari 2021 - (12:46 WIB)
    Permalink

    Bener2 akulaku gk profesional dlm hal akun yg banyak di retas sesuatu yg aneh n ketika saya balik bertanya tentang no XL yg meretas mereka hanya menjawab dlm penyelidikan padahal sudah hampir 2 bln n aneh ny ketika saya bertanya kepada cs perihal no XL yg pake akun saya Meraka menjawab belum menghubungi luchu yaaa

  • 24 Januari 2021 - (17:08 WIB)
    Permalink

    Sama seperti saya pada tanggal 28 november2020 akun saya juga kena heck tapi cs akulaku lepas tangan begitu saja dan saya juga di teror sama dc akulaku tanpa confirmasi kesaya saya juga sudah lapor ke tim investigasi ojk tapi belum ada respon sama sekarang dan ylki juga belum ada respon bagaimana ini

  • 26 April 2021 - (17:30 WIB)
    Permalink

    halo gan tanya dong.. dari semua orang yang akunya kena hack solusi atau jalan keluar biar gak ditagih debt collector dari akulaku gimana gan. share dong…

  • 25 Juni 2021 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Akun saya juga ke hack,
    Tiba tiba ada tagihan juga di akulaku,
    Bagi yg pernah mengalami tolong minta solusinya,
    Apa ada solusi terbaik?

  • 26 Agustus 2021 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Saya jg baru kena hack tolong solusi ya biar saya ga bayar cicilan ya….misalkan kita lapor polisi bikin surat penipuan apakah itu bisa buat biar kita ga bayar cicilan….

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Akun Akulaku Diretas Hacker

oleh Asho dibaca dalam: 1 menit
38