Bingung dalam Mengatasi Sengketa di Shopee

Saya adalah pembeli di Shopee. Saya gabung di Shopee sudah beberapa bulan. Sudah banyak transaksi pembelian saya lakukan, dan semuanya lancar.

Tanggal 21 Januari 2021 saya melakukan pembelian produk berupa headset dan kabel data, senilai Rp264.480, dari toko raja_aksesoriss di Shopee, yang beralamat di Jalan Dewi Sartika no 41, Depok, Jawa Barat. Semua lancar, barang pun bagus. Namun ketika saya melakukan pembelian kedua pada tanggal 12 Februari 2021, berupa headset 40 pcs senilai Rp398.569, dengan nomor pesanan: 210215134647371, ternyata barangnya semua rusak. Semuanya reject, spool speaker headset kendor, sehingga kalau digoyang bunyi upluk-upluk.

Saya pakai sistem COD, uang sudah saya serahkan ke kurir. Jadi saya ajukan pengembalian barang dengan nomor pengajuan: 210215134647371. Namun penjual banding. Sempat adu argumentasi dan saya pun menyertakan video penunjang. Akhirnya penjual mau retur, barang akan ditukar dengan yang bagus.

Saya pun disuruh kirim balik, dikasih alamat, dan disuruh batalkan pengajuan pengembalian. Saya pun setuju. Namun pas mau saya kirim, pihak ekspedisi minta nomor retur dari penjual. Lah, penjual tidak memberikan nomor tersebut. Akhirnya pengiriman saya cancel.

Saya pun mengajukan pengembalian kembali dengan nomor: 210215192642184. Akhirnya diskusi kembali terjadi. Pihak penjual berbalik tidak mau retur dan sampai saat ini penjual belum merespon chat saya, juga belum merespon pengajuan pengembalian.

Jujur saya bingung harus bagaimana, karena baru kali ini mengalami sengketa di Shopee. Mohon saran dari pembaca sekalian.

Terima kasih.

Isa Anshori
Pekalongan, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Mediasi Shopee:
[Total:19    Rata-Rata: 1.8/5]
Loading...

16 komentar untuk “Bingung dalam Mengatasi Sengketa di Shopee

  • 17 Februari 2021 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Setau saya bila pengajuan pengembalian diselesaikan disana, jangan dibatalkan. nanti setelah diberikan alamat pengembalian (biasanya setelah ada penengah dari shopee dan chat bukti dll dan disetujui pengembalian) barang dipacking ulang lalu diserahkan ke expedisi. Klo jnt biasanya dikasih resi kalo expedisi lain kita input resi sendiri bayar sendiri. Uang balik shopeepay.

    • 17 Februari 2021 - (16:28 WIB)
      Permalink

      Kondisi terkini, akhirnya penjual mau menyetujui pengembalian barang,,
      Karena saya punyi bukti baru yang kuat,
      Yaitu ketika saya melakukan transaksi pembelian,di deskripsi ada jaminan 1 tahun
      Nah waktu saya komplain, garansi itu dihapus sepihak untuk menghilangkan jejak..
      Dua screenshot tersebut saya gunakan untuk melaporkan penjual kepada shopee.

      Juga saya tegaskan kepada penjual,
      Jika tidak kooperatif,maka resikonya adalah lapak dia bisa digulung pihak shopee
      Karena kasus penipuan…

      10
  • 17 Februari 2021 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Itu kan ada batas respon penjual, kalau penjual tidak respon dana akan dikembalikan ke pembeli sebesar yang dikomplain. yang penting selama masalah belum beres jangan pernah membatalkan komplain (pengajuan pengembalian dana). Jika penjual minta batalkan komplain jangan mau.

    • 17 Februari 2021 - (16:32 WIB)
      Permalink

      Kondisi terkini, akhirnya penjual mau menyetujui pengembalian barang,,
      Karena saya punyi bukti baru yang kuat,
      Yaitu ketika saya melakukan transaksi pembelian,di deskripsi ada jaminan 1 tahun
      Nah waktu saya komplain, garansi itu dihapus sepihak untuk menghilangkan jejak..
      Dua screenshot tersebut saya gunakan untuk melaporkan penjual kepada shopee.

      Juga saya tegaskan kepada penjual,
      Jika tidak kooperatif,maka resikonya adalah lapak dia bisa digulung pihak shopee
      Karena kasus penipuan…

  • 17 Februari 2021 - (15:36 WIB)
    Permalink

    Jangan lakukan pengiriman diluar sistem shopee, sebaiknya jika retur gunakan resi yg di sediakan shopee

    • 17 Februari 2021 - (16:29 WIB)
      Permalink

      Iya ka.. untung pihak ekspedisi jg ngingetin gitu..
      Jadi barang saya tarik kembali

    • 21 Februari 2021 - (04:47 WIB)
      Permalink

      Kondisi terkini.
      Proses Pengembalian dana sudah selesai tadi malam pukul 23.00 WIB

      Dan uang di shopeepay sudah saya belanjakan lagi di shopee..
      Maaf komentar pakai akun lain,
      Karena akun yang buat nulis artikel tidak bisa login..

      Terima kasih shopee..

      Ttd
      Isa Anshori

  • 17 Februari 2021 - (23:06 WIB)
    Permalink

    Gas trs jgn kasih kendor.. mendingan anda ajukan pengembalian dana, harga barang + ongkir.

    Soalnya gw pengalaman dpt seller yg ampun dah..
    Gw tetep kekeh mw minta pengembalian dana+ongkir. Tdnya seller ga setuju, cuma karena dibantu mediator shopee dan bukti mendukung. Akhirnya duit gw balik full.

    Intinya kl kita emang bener udh gas trsjgn kasih kendor

    • 17 Februari 2021 - (23:26 WIB)
      Permalink

      Mantap ka.. saya awalnya melunak, ngikutin arahan seller, namun setelah tay hampir terjerumus dalam jebakan, saya akhirnya kasih pelajaran, saya laporkan seller ke pihak shopee karena penipuan.
      Berdasarkan screenshot deskripsi barang
      Karena pas saya beli, di deskripsi ada garansi 1 tahun.
      Namun pas saya komplain karena barang rusak, garansi dihapus daru deskripsi,,
      Untung perubahan itu saya screenshot semua..
      Mungkin pihak shopee sudah memberikan teguran kpd seller,
      Karena tiba2 seller melunak, dan mau menyetujui pengembalian dana..

      Info terkini
      Barang sudah saya kirim balik ke seller,
      Dan sdh diterima tadi sekitar pukul 18.00

      Dia sdh chat saya
      Katanya barang lagi di cek
      Saat ini saya sedang menunggu kelanjutannya
      ..🙏🙏

      • 18 Februari 2021 - (13:42 WIB)
        Permalink

        Makin lama transaksi marketplace online bukan makin mudah, malah makin rumit. Harus screen shot deskripsi barang sebelum beli dan sesudah beli segala. Amit2 begini katanya mau memajukan transaksi elektronik indonesia.

      • 20 Februari 2021 - (05:33 WIB)
        Permalink

        Kondisi terkini.
        Proses Pengembalian dana sudah selesai tadi malam pukul 23.00 WIB

        Dan uang di shopeepay sudah saya belanjakan lagi di shopee..
        Maaf komentar pakai akun lain,
        Karena akun yang buat nulis artikel tidak bisa login..

        Terima kasih shopee..

        Ttd
        Isa Anshori

  • 18 Februari 2021 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Kemaren ada yg ngomong katanya jualan di shoppee enak bagi penjual karna tim mediator nya selalu memihak penjual kalo ada masalah dengan pembeli

    • 18 Februari 2021 - (14:27 WIB)
      Permalink

      Kalo itu saya kurang tau ka,
      Tapi sejauh ini saya sebagai pembeli masih merasa berimbang..
      Namun kita liat aja deh ka akhir sengketa ku gimana..
      Soalnya pengembalian barang sudah sampai ke tangan yang bersangkutan..
      Namun sampai hari ini masih belum di klik konfirmasi
      Masih ada tenggat waktu 4 hari
      Jika tetap tidak dikonfirmasi, maka sistem yang akan klik,
      Dan uang saya akan dikirim ke shopeepay secara otomatis..

      Mudah mudahan lancar

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi Shopee?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Bingung dalam Mengatasi Sengketa di Shopee

oleh Isa dibaca dalam: 1 menit
16