Lazada Terindikasi Sengaja Menahan dan Tidak Membayarkan Dana Penjualan Seller

Terima kasih untuk Media Konsumen memberikan tempat kepada saya untuk menyampaikan kendala yang saya alami. Saya di sini adalah sellerControl Pest Distribution” di Lazada Indonesia, dengan ID seller: IDJ2MIC5.

Sejak periode 7 Desember 2020 hingga sekarang 4 Maret 2021, pembayaran saya ditahan oleh pihak Lazada senilai kurang lebih totalnya Rp200 juta, yang mana sudah hampir 90 hari atau 3 bulan. Pembayaran penjualan yang ditahan mencakup berbagai macam produk.

Pada periode 7 Desember 2020, pertama kali pembayaran saya belum dibayarkan oleh Lazada, dan pada tanggal 13 Desember 2020 pengenaan atas poin pelanggaran sebanyak 16 poin atas produk yang mereka anggap melanggar ketentuan dan langsung melakukan pemblokiran pada produk tersebut. Padahal sebelumnya produk tersebut tidak pernah bermasalah dan pembayaran dari Lazada pun selalu berjalan lancar. Namun sejak tanggal 13 Desember 2020 saya sudah tidak lagi menerima pesanan dan produk yang melanggar ketentuan sudah dinonaktifkan oleh tim Lazada.

Pada tanggal 1 Februari 2021 saya menerima email resmi dari lazada yang menyatakan “Terkait pembayaran yang belum diterima mohon kesediaannya menunggu proses pembayaran pada hari Selasa tanggal 02 Februari 2021 dengan estimasi selambat-lambatnya diterima pada rekeningnya pada hari Rabu, 03 Februari 2021 pukul 23:59 WIB”. Berdasarkan pernyataan pada email tersebut muncul kewajiban tim Lazada melakukan pembayaran dan hak saya menerima hasil penjualan.

Terkait poin pelanggaran yang saya terima serta penonaktifan produk yang melanggar 1 ketentuan dari 3 ketentuan produk, tidak menjadi wajar bagi Lazada untuk tidak membayarkan hasil penjualan saya. Karena ketentuan tersebut dinotifikasi kepada saya pada tanggal 13 Desember 2020, yang mana penjualan setelah tanggal tersebut terkait produk yang melanggar sudah tidak dilakukan. Untuk email setelah tanggal 1 Februari 2021, saya sudah tidak lagi melakukan pelanggaran atas tuduhan email tersebut.

Dengan ini secara tegas saya meminta pembayaran yang seharusnya diterima paling lambat 3 Februari 2021 diproses segera.

Tim Lazada sendiri bisa melihat record history email ataupun pembicaraan via telepon dengan saya atas nama sellerControl Pest Distribution”. Mulai dari tim PCS yang setiap menelepon tiba-tiba seperti sengaja dimatikan ataupun sambungan sengaja tidak dinormalkan dan setelah itu case diselesaikan begitu saja. Via chat juga kadang diakhiri begitu saja. Apakah hal ini memang disengaja? Sehingga informasi yang didapatkan oleh seller menjadi terbatas?

Terkait ketentuan lain di luar agreement awal tidak diperlihatkan kapan pembaruan terakhir dilakukan. Dari sini saya atau orang umum bisa saja menyimpulkan Lazada terindikasi sengaja dan mencari celah agar seller melakukan kesalahan dan hasil penjualan tidak dibayarkan, karena pembatasan informasi dan keputusan kebijakan sepihak.

Hormat saya,

Arya Yudith Prasetia Ritonga
Control Pest Distribution
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:63    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Lazada atas Surat Pembaca Bapak Arya Yudith

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 5 Maret 2021, mengenai “Lazada Terindikasi Sengaja Menahan dan Tidak...
Baca Selengkapnya

Loading...

16 komentar untuk “Lazada Terindikasi Sengaja Menahan dan Tidak Membayarkan Dana Penjualan Seller

  • 5 Maret 2021 - (12:58 WIB)
    Permalink

    terlepas dari kamu benar atau salah, lazada benar atau salah,

    saya komen aja judulnya lucu
    terindikasi sengaja menahan dan tidak membayarkan
    kalau memang menahan dan tidak membayarkan ya sudah fakta namanya, g usah indikasi2an wkwkwkwkkwkwkwkwk
    terus terindikasi sengaja lagi, nda sengaja itu gmn bang?

    langsung aja judul nya, “lazada menahan dan tidak membayarkan dana penjualan seller”

    udah, komentar itu saja, iya g penting

    2
    19
  • 6 Maret 2021 - (13:29 WIB)
    Permalink

    Lazada menahan dana hasil penjualan seller?
    Itu cerita lama bukan anda yg pertama mangalami. Cek aja komplain tentang Lazada di Media Konsumen. Dulu dana saya ditahan 4 bulan dengan alasan tidak jelas. Setelah mereka bayar, saya langsung tutup lapak di Lazada..
    Semoga permasalahan anda segera diselesaikan

    • 8 Maret 2021 - (14:09 WIB)
      Permalink

      Bener yaa, di media konsumen buanyaaak bgt itu keluhan soal Lazada, padahal di e-commerce lain gak ada kasus seperti ini

  • 11 Maret 2021 - (01:27 WIB)
    Permalink

    Status terkini, Senin tertanggal 8 Maret SPV Lazada menelfon, tapi jaringan mereka nggk bagus, katanya si suara kita nggk kedengaran, atau mereka pura2 nggk dengar kali ya? 2 kali tersambung, namun blm sampai ke inti penyelesaian nya bagaimana, setelah itu tidak ada lagi dari tim Lazada menghubungi kami, per Rabu10 Maret laporan keuangan di akun ada penyesuaian mines 197 JT Luar biasa Lazada ya 🤫 sudah bisa dibilang “LAZADA MENGAMBIL ALIH SEPIHAK UANG PENJUALAN SELLER” tolong tanggung jawab LAZADA ada dimana?

    • 11 Maret 2021 - (10:19 WIB)
      Permalink

      Benar ini, bagaimana tim Lazada? dimana tanggung jawabnya? tidak hanya 1 atau 2 laporan, dari pihak penjual ataupun pembeli, ketentuan yang kalian bikin dan pelayanan kalian sangat tidak beres, hati-hati buat yang lain ya
      tolong SPV yang menghubungi saya pada hari senin menghubungi saya segera.

  • 26 Maret 2021 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Apakah permaslahan kk sudah terselaikan??
    Tadiny sy tenang karna mengaanggap lazada adalah ecomerce yg kompeten..tpi setelah melihat keluhan demi keluhan..sy menjadi waswas
    Sy baru ini ketahan 130jutan d periode 15maret-21maret..sampai skrng blom ad infirmasi jelas kapan trun..apakah teman2 yang merasa d rugikan bsa berkumpul bersama kita adakan pertemuan segai seller yang d rugikan..tlong pencerahan teman2..

    • 27 Maret 2021 - (19:46 WIB)
      Permalink

      informasi terkhir yang kami terima akan dibayarkan selasa depan 30 Maret 2021 kak, case ini sejak 7 Desember 2020, mnurut saya lazada akan tersistem meng hold hasil penjualan, ketika transaksi, atau jumlah transaksi tidak wajar, atau jomplang dengan penghasilan periode2 sebelumnya, dalam agreement, mereka punya waktu sampai dengan 90 hari maksimal untuk mengecek apakah transaksi kakak melanggar ketentuan atau tidak, saran saya, setiap terima telfon dari tim lazadanya di rekam, history email disimpan, jika kk nya dikenakan poin pelanggaran, mohon dibaca bgt ketentuan apa yg kakak langgar, lazada sangat ketat dalam aturannya, namun ketika kk tidak melanggar apapun dari ketentuan dan tidak merugikan pihak manapun, atau tidak ada tuntutan dr pihak ke3 lainnya, uangnya bakalan cair kak, cumaa ya prosesnya lama, mesti rajin2 mantaunya kak, coba baca Lazada University nya, setiap ketentuan disana jelas tertulis konsekuensinya.

  • 30 Maret 2021 - (11:47 WIB)
    Permalink

    Permasalah sudah selesai, dan uang sudah di bayarkan oleh Lazada. Terima kasih Media konsumen dan Lazada

  • 6 April 2021 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Kak intan dan teman2 lainnya, hari ini Selasa dan jadw pembayaran dana seller. Saya periode 22-28 maret belum cair, periode 29 – 4 April masih tanda tanya??? Bagaimana caranya agar mereka bertanggungjawab? Saya live chat setiap hari jawabannya suruh tungggggguuuuu trus tanpa ada dateline dan kejelasan???

  • 6 April 2021 - (18:35 WIB)
    Permalink

    desak terus di live chat kak, penangannan mereka harusnya 3x24Jam, jadi klo sudah lewat 3 hari, tiap ahri live chat, sebelumnya perhatikan dlu, apa kk ada melakukan pelanggaran poin, trus poin atas apa? baca detail konsekuensi atas pelanggaran di lazada university kak

    • 2 Juli 2021 - (16:34 WIB)
      Permalink

      bukalapak pun sama menahan. dana. sy. tapi alhamdulilah. . masih 700.000 ribuan.

      tadi ny mau join sama bukalapak. karna lewat lazada eror truss. tapi sama juga. aduuh

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Lazada Terindikasi Sengaja Menahan dan Tidak Membayarkan Dana Penjuala…

oleh Arya dibaca dalam: 2 menit
16