Korban Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee

Saya customer Shopee dengan nama akun: dizah1234. Akun saya di-hack dan saya harus menderita kerugian Rp4.200.000. Kejadiannya tanggal 24 Maret 2021, sekitar pukul 7 malam, saya menerima telepon via WA yang mengatasnamakan Shopee. Mereka bilang bahwa saya menang voucher Rp2 juta dan bisa diuangkan atau dikirim menjadi saldo Shopee Pay.

Awalnya saya bilang kirim ke saldo Shopee Pay, mereka pun menyuruh saya menuliskan nama lengkap nomor KTP, kode OTP Shopee yang masuk dan juga menyuruh saya menuliskan PIN transaksi Shopee saya. Saya mengikuti dan mereka kembali bilang bahwa uangnya sebagian akan dikirim ke rekening saya.

Mereka meminta saya juga menuliskan nomor rekening, nomor ATM, 3 digit angka di belakang ATM dan masa berlaku ATM. Saya mengikuti dan menuliskan di template pesan Shopee, itu letaknya di pengaturan chat Shopee.

Sekitar pukul 9 kurang saya memutus teleponnya dan melapor ke pihak Shopee bahwa akun saya di-hack. Saya melapor karena firasat saya tidak enak. Saya melapor saya menceritakan kejadian dan memberi screenshot percakapan dan telepon kepada pihak Shopee. Mereka membekukan akun saya dari tanggal 24 sampai 25 Maret 2021.

Tanggal 26 Maret 2021 saya menerima email bahwa akun saya sudah normal. Saya sangat senang dan mengecek kembali akun saya. Saya mengganti sandi Shopee dan PIN transaksi, tapi waktu saya cek Shopee Pinjam saya, saya benar-benar terkejut karena ada transaksi Rp4.200.000 pada tanggal 24 Maret 2021. Jumlah yang sangat besar untuk saya.

Saya tidak mengajukan pinjaman apa pun pada waktu itu. Saya melapor kembali ke pihak Shopee, tapi jawaban mereka mereka akan cek kembali. Dari tanggal 26 saya melapor berulang kali. Saya kirim chat ke Shopee, tapi belum ada jawaban pasti. Saya chat ke IG dan FB Shopee, tapi tidak ada jawaban. Saya chat ke Shopee via live chat, tapi jawaban mereka cuma kami akan bantu cek.

Saya lapor lagi via email dan mereka menyuruh mengirim semua screenshot-nya. Saya sudah lakukan, tapi belum ada jawab. Tanggal 28 Maret 2021 mereka menyuruh saya menunggu 3 hari kerja untuk mengecek akun saya, dan sampai sekarang belum ada jawaban pasti.

Saya heran, kenapa mereka cepat sekali memberikan pinjaman jumlah besar? Sementara waktu saya mengajukan pinjaman Rp300.000 pada awal bulan 3 (saya ingat, saya mengajukan pinjaman hari Jumat sore), baru dicairkan Senin pagi. Kenapa kali ini hanya dalam hitungan jam saja? Jelas-jelas saya sudah melaporkan bahwa akun saya di-hack.

Saya merasa dirugikan, jumlah segitu sangat besar untuk saya, bagaimana saya bisa membayar dengan jumlah uang yang tidak sedikit? Saya kecewa, saya berharap pihak Shopee memberi jawaban pasti untuk saya, agar saya bisa tenang.

Saya takut menceritakan kejadian ini kepada orang tua saya. Saya hanya memikirkan masalah ini sendiri. Saya harus mengganti kerugian yang begitu besar, saya mohon kepada pihak Shopee untuk penyelesaian atas kasus saya, dan saya harap hal ini tidak terjadi lagi.

Siti Nurhadizah Lubis
Tebing Tinggi, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:4    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

25 komentar untuk “Korban Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee

  • 2 April 2021 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Itu kartu ATM-nya udah diblokir dan minta ganti yg baru ke bank belum? Jangan sampai nanti rekeningnya diisi, trus disedot lagi sama dia, karena mbak udah ngasih nomor kartu, CVV dan expire date nya ke dia. ☹️

    1
    1
    • 2 April 2021 - (08:42 WIB)
      Permalink

      Yg saya herankan juga begitu mb, knpa dalam sehari pinjaman sebesar 4,5jt bisa cair dalam bbrapa menit aja, saya jg ketipu di spinjam mb sebesar 4,5jt pdahal saya lngsung lpor tapi katanya uangnya udah cair dan udah diambil si penipu.

      • 2 April 2021 - (09:04 WIB)
        Permalink

        Nah ini juga harusnya jadi masukan buat perbaikan sistem Shopee. Harusnya ada jeda waktu, misalkan SPinjam baru bisa dicairkan 3×24 jam setlah pengajuan, dimana pinjaman masih bisa dicancel sebelum dicairkan. Ini ngasih kesempatan buat korban yg baru sadar telah tertipu.

      • 2 April 2021 - (15:28 WIB)
        Permalink

        Iya kk, hanya hitungan jam saja,bahkan anehnya saya sudah melaporkan ke shoppe akun saya dihack dan dihari itu juga akun saya dibekukan sma pihak shoppe tpi transaksi mash saja bsa terjadi

    • 2 April 2021 - (14:49 WIB)
      Permalink

      Saya sudah lapor ke pihak bank, dan pihak bank mengganti ATM saya utk keamanan

    • 2 April 2021 - (15:25 WIB)
      Permalink

      Sudah, besok nya saya langsung ke bank buat ngurus dan pihak bank mengganti ATM saya

    • 6 April 2021 - (14:17 WIB)
      Permalink

      iya. nomor rekening mbaknya juga sudah diambil alih sama dia. segera diblokir aja nomor rekeningnya mbak. sudah disalahgunakan itu rekeningnya

  • 2 April 2021 - (08:47 WIB)
    Permalink

    diminta apa saja dikasih semua sama korban.
    sekuat apapun security dari sebuah aplikasi , kalo user nya kayak gini mah pasti jebol semua.
    sebelum menggunakan aplikasi/produk digital ,syarat dan ketentuan penggunaan nya itu di perhatikan baik-baik.

    • 2 April 2021 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Ah sudahlah, dan terjadi lagi.
      Mau empati, ga bisa lagi.
      Mau simpati, ga bisa lagi.
      Pasrah saja bayar kelalaian anda seharga 4,2jt

      • 2 April 2021 - (21:44 WIB)
        Permalink

        Benar. Ini murni kecerobohan. Kalap dan kilaph gegara iming iming hadiah. Namanya Otp atau tiga angka rahasia ya buat keamanan pribadi.

    • 2 April 2021 - (15:00 WIB)
      Permalink

      Seharusnya seperti itu, jdi walau pun korban sudah memberikan kode otp atau apa yg dimintak si pelaku, korban masih bisa membatalkan transaksi

    • 2 April 2021 - (15:20 WIB)
      Permalink

      Tpi kalau pengajuan pinjaman diproses 3 ×24 jm mungkin hal seperti ini bsa dicegah, begitu bnyk korban, bukan cuma saya dan bukan ini yg pertama x nya, bukan kh seharusnya pihak shoppe bisa memberlakukan proses 3×24 jam

    • 13 Juli 2021 - (16:52 WIB)
      Permalink

      kak, barusan saya juga kena tipu. dan kasih nomor rekening melalu aplikasi Shopee. dari pengaturan chat. saya fikir emang benar karena masuk melalui aplikasi shopee. dia menelfon saya melalui WhatsApp dengan nomor bisnis shopee. dan ternyata saya kena tipu, uang 900.000 saya sudah lenyap. akun Shopee dan M-Banking saya aman kah atau bagaimana ya? saya harus apa selanjutnya? saya sudah menghubungi pihak shopee dan akan dibekukan akun saya, tapi untuk akun M-Banking saya bagaimana? moho bantuannya

  • 2 April 2021 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Anda bukan korban penipuan dan akun anda bukan di hack, anda hanya tergiur iming-iming dari penipu yang mengaku dari Shopee.

    Modus penipuan klasik macam itu mudah dikenali, biasanya penipu menghubungi via telepon atau WA dan menginformasikan dapat hadiah atau voucher jutaan rupiah, saking gembiranya Anda memberikan semua yang diminta oleh penipu seperti password, kode OTP, NIK, nomor rekening bank hingga nomor kartu ATM dan CVV.

    Penipuan macam itu bukan dilakukan oleh hacker, tapi oleh penipu siber dengan memanfaatkan teknik sosial engineering. Penipu coba mengelabui pemilik akun yang mudah tergiur untuk mendapatkan informasi data-data pribadi atau akses yang diinginkan penipu.

    Berhati-hatilah menggunakan akun digital e-commerce, ewallet dan akun mobil banking. Jangan pernah memberikan informasi sensitif kepada orang yang menelpon dari nomor tidak jelas, bahkan kepada orang dalam pun tidak boleh diberikan kode rahasia.

  • 3 April 2021 - (01:11 WIB)
    Permalink

    Di artikel ini anda gak ada sekalipun menulis kata yang menyadari kesalahan anda sendiri, malah melempar ke pihak Shopee dengan kalimat “saya heran blablablabla.. ”

    Mbak, jujur aja, kejadian begini berawal dari sifat tergiur anda akan hadiah 2 juta itu, kalau anda berpikir rasional “mana ada uang gratis dijaman sulit seperti sekarang?” atau “mana ada akun resmi chat pake nomor pribadi?” pasti gak akan kejadian. 😃

    Terima aja, anggap nominal 4 jutaan itu sebagai “kursus” mahal untuk anda agar kedepannya jangan mudah tergiur dan tetap rasional. Nyesek emang, tapi dari rasa nyesek itu semoga anda gak terjatuh ke lubang yang sama.

    9
    1
  • 3 April 2021 - (03:45 WIB)
    Permalink

    Saya tau saya salah, saya juga sudah ditelfon pihak shoppe, saya terlalu percaya dengan omongan org lain, dan ini bener2 jdi pelajaran buat saya, bahwa tdk usah percaya siapa pun, dan anda benar saya tergiur dengan hadiah yg ditawarkan, saya juga manusia biasa yg bisa khilaf, saya bukan org pintar bukan org kaya yg gk bakalan tergiur dengan hadiah yg ditawarkan, saya mengirim artikel ini bukan ingin menjatuhkan pihak shoppe tpi krn saya ingin setdknya keluhan saya didengar dan ditnggapin pihak shoppe, dan semoga tdk ada org bodoh seperti saya lagi, krn setelah kejadian ini saya jdi bnyk tau bhwa bnyk juga yg mengalami hal yg sma kyk saya rasakan,saya tdk sedikit pun berniat mengambil keuntungan dri artikel ini,saya hanya menceritakan keluhan saya yg mungkin anda anggap saya menceritakan kebodohan saya sendiri yg ingin terlihat benar kemudian menjatuhkan pihak shoppe, maaf saya tdk sedikit pun merasa seperti itu, saya mungkin tdk memiliki bnyk pengalaman seperti anda dan tdk punya wawasan tdk bijak mengunakan akun, saya hanya ingin berbagi, dan utk yg lebih pintar dari saya setdknya membantu memberi saya masukan dan nasehat yg tepat, terimakasih banget sama akun2 yg sudah menanyakan gmn ATM saya, dan mencoba berdiskusi dengan baik, ternyata hidup itu keras ketika kamu tertimpa musibah tdk semua org menganggap ini musibah,maaf yg sebesar besarnya utk kalian semua krna harus membaca artikel tentang kebodohan saya yg mungkin membuat kalian merasa muak, maaf utk pihak shoppe, dan terimakasih utk media konsumen krn kalian memberi saya kesempatan utk kembali mengingatkan agar hal seperti ini tdk terjadi lagi

    7
    1
    • 3 April 2021 - (16:46 WIB)
      Permalink

      Solusi nya kemungkinan tidak ada, dari shoppe pun saya pikir tidak akan mau membayar karena memang murni kesalahan mba nya

      Masukan nya ya apapun yg berhubungan dengan no kartu ATM, otp, data pribadi jangan di berikan ke org yg tidak di kenal

      Nasehat nya….. Mngkin sebelum pakai aplikasi, apapun aplikasi nya, harus di baca dan di pahami syarat dan ketentuan nya, semua nya sudah di jelaskan di sana

      Tambahan
      Semua org terlahir pintar asal mau belajar
      hp nya aja smart, masa orgnya engga.

    • 4 April 2021 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Sabar Mba, musibah memang tidak memilih antara orang pandai atau tidak, pengalaman atau tidak, hati – hati atau tidak. Kalau kita bisa ikhlas menerima, mudah – mudahan nanti Tuhan yang Maha Kaya akan kasih jalan yang terbaik untuk menyelesaikan semua itu dan dimudahkan. Terima kasih sudah berbagi disini untuk bisa dijadikan pelajaran buat kita semua.

      • 4 April 2021 - (19:33 WIB)
        Permalink

        Terimakasih buat komenannya dan nasehatnya, terimakasih utk doanya, saya sudah dapat jwban pastinya, saya tdk akan lari dri mslh ini, saya akan membayar penuh kerugian yg saya buat saya akan bertangung jawab, awal nya saya mintak keringan ke pihak shoppe tpi seperti yg abg bilang pihak shoppe tdk akn mau membantu saya sma sekali, ini adl pelajaran berharga buat saya, dan terimakasih bnyk buat yg berkomentar baik tdk menyakiti org lain semoga kalian tdk mengalami musibah seperti apa pun,,, amin

  • 11 April 2021 - (15:20 WIB)
    Permalink

    Yaaahh dikasih semua data2nya, yaudah kalo kayak gitu cuma bisa pasrah dan berdoa semoga rejekinya diganti. Aamiin..
    saya jg pernah kena phising cc belanja dari web luar negri dengan harga murah bgt, eh ternyata penipu, ilang deh 1,5jt yaudah mau gak mau bayar

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Korban Penipuan yang Mengatasnamakan Shopee

oleh Siti Nurhadizah lubis dibaca dalam: 2 menit
25