Driver Grab Membawa Barang Pesanan dan Menyelesaikan Order Tanpa Saya Terima Barangnya

Pada tanggal 12 April 2021, saya melakukan pembelian voucher (FnB) melalui e-commerce Tokopedia. Seller merupakan sebuah perusahaan (bukan perorangan). Saat itu saya memutuskan untuk menggunakan Grab – Sameday service, karena memang saya membutuhkan barang tersebut cukup segera.

Tanggal 13 April 2021 pukul 14:00 Grab baru menjadwalkan pengiriman. Singkat cerita sejak pukul 16:00 saya mulai melakukan tracking terhadap driver, driver bergerak tapi tidak pernah mendekati lokasi saya. Sekitar pukul 18:00 tiba tiba driver meng-upload cancellation image pada tracking dan muncul tanda silang pada status “Driver in-transit“.

Merasa tidak beres, saya langsung menghubungi Grab dan menanyakan status paket saya. Sangat mengejutkan, Grab menyatakan paket saya sudah terkirim. Dan benar saja, status pada Tokopedia adalah Delivered. Butuh sekitar 15 menit untuk meyakinkan CS bahwa saya belum menerima paket.

Masalah belum selesai, tiba tiba status Delivered pada Tokopedia berubah menjadi “Delivered“, penerima atas nama saya sendiri”. Iya, karena driver betul betul menyelesaikan order tanpa mengantarkan barang.

Kedua kalinya saya menghubungi CS Grab dan mereka menyatakan belum dapat menghubungi driver. Saya sendiri coba menghubungi driver, sempat tersambung namun di-reject. Beberapa kali HP driver mati. Jelas disengaja oleh driver.

Pagi ini, Rabu 14 April 2021, pukul 10:00

CS Grab menghubungi saya meminta maaf dan mengatakan “Driver tidak sengaja memasukkan paket saya ke bagasi motor dan pulang ke rumahnya”. Padahal jelas-jelas driver membawa kabur barang saya dan DENGAN SENGAJA MENYELESAIKAN ORDER.

Hal yang menarik dari CS Grab, adalah seakan-akan hal ini adalah lumrah/normal, bahwa driver melakukan kesalahan demikian. CS Grab menawarkan untuk mengirimkan barang lagi, tapi saya menolak. Karena saya sudah tidak butuh.

Saya sangat kecewa karena pihak Grab sangat protektif terhadap driver/mitra-nya dan sama sekali tidak memikirkan pengguna layanan. To be noted, driver yang mengantarkan paket saya adalah driver bintang 5 (5.0) atau sempurna.

Pihak Grab secara implisit menyatakan bahwa mereka TIDAK AKAN GANTI RUGI, namun hanya akan melanjutkan issue ke pihak Tokopedia, agar masalah diselesaikan berdasarkan alur jual-beli di Tokopedia.

Melalui artikel ini saya ingin mengingatkan pembaca bahwa layanan Grab (dalam hal ini adalah GrabExpress) tidak akan bertanggung jawab atas kegagalan pengiriman, atau kehilangan barang. Dan Grab akan senantiasa sangat protektif kepada mitra/driver TANPA PEDULI dampak kegagalan pengiriman apalagi kehilangan barang dan tidak peduli atas kualitas layanan ke pelanggan. Parahnya lagi, Grab akan melempar masalah anda ke pihak lain (biasanya e-commerce, atau seller).

Terima kasih.

Ismail Rizky Harlin
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Grab Indonesia:
[Total:287    Rata-Rata: 4.1/5]
Tanggapan Grab Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Ismail Rizky Harlin

Kepada Bapak Ismail Rizky Harlin dan Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com, Pertama-tama kami sangat berterima kasih atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Driver Grab Membawa Barang Pesanan dan Menyelesaikan Order Tanpa Saya Terima Barangnya

  • 14 April 2021 - (16:40 WIB)
    Permalink

    Jika transaksi di tokopedia dan mengalami kejadian seperti ini tidak perlu emosi/panik, cukup masukkan pesanan ke diskusi komplain saja bahwa barang belum diterima. Nanti akan diinvestigasi. Memang seperti itu alur prosesnya. Percuma saja ribet dengan cs grab toh yang pegang dana kan tokopedia.

    Masalah dampak nya itu anggap saja memang lagi apes, namanya belanja online tidak selamanya lancar, kadang bisa kena beginian. Saya sudah beberapa kali mengalami seperti ini baik sebagai penjual atau pembeli.yg penting uang kita aman. Ini lah resiko belanja online.

    9
    8
    • 14 April 2021 - (20:27 WIB)
      Permalink

      Kalau saya dulu beli di Tokopedia paket dibawa lari driver Gojek , ya lapor Tokopedia aja di Pusat Resolusi. Dulu malah penjual yang laporin, jadi saya tinggal nunggu aja. Kalau Grab/Gojek sekedar laporin driver nakal aja biar kena sanksi. Herannya lariin CatFood bwt apa ya ? Hehe . Jelas2 ditaruh kresek CatFood 1,2 kg kok dibawa lari. Penjual juga terheran2

  • 14 April 2021 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya lain kali pakai layanan grab instant jadi hanya barang 1 orang saja yg dibawa. Kalau sameday itu kurir bawa barang kiriman beberapa orang. Koreksi kalau salah.

    • 14 April 2021 - (18:39 WIB)
      Permalink

      lebih mahal yang instant.. dan lagian menurut saya jika driver berniat “jahat” malah yang instant lebih beresiko karena order pengiriman bisa diterima oleh “driver” yang mana aja.
      kalo yang sameday biasanya driver tiap hari memang kerjaannya kirim paket

    • 16 April 2021 - (10:08 WIB)
      Permalink

      Pengiriman paket oleh driver dengan menggunakan aplikasi yg integrated dgn map, lokasi membuat pihak aplikator dengan mudah mendeteksi kecurangan yg di lakukan driver.
      Driver diharuskan mem foto barang saat pengambilan dan mem foto penerima dgn barang atau lokasi yg mudah di kenali spt no rumah dlsb. dengan mem foto, lokasi akan di sematkan di foto, kalau transit berarti driver terlalu malam sehingga di bawa pulang. apapun bs terjadi saat di bawa pulang.

      Grab dengan mudah mendeteksi kecurangan driver, dan menurut sy driver tersebut sudah di PM atau putus mitra, kalau tidak driver akan bisa menghubungi penerima atau grab untuk minta bantuan apabila ada masalah.
      dengan di bekukan akun dan PM driver tidak dapat meng akses aplikasi Grab Driver.

      Jadi apabila ingin melakukan pengantaran barang, paling aman menggunakan Instan Delivery, krn driver hanya mengambil 1 barang untuk di antarkan, tidk ada cerita transit dan anda bisa melakukan tracking dan menghubungi driver bila drived mampir ngopi/makan/ telat/ berhenti dan molor dari waktu yg di tentukan.
      Memang Instant jauh lebih mahal tetapi waktu dan uang anda tidak akan sia2, ada harga ada kualitas dan keamanan.
      saya sering antar dokumen, barang urgent dengan biaya 100K dan sy tidak pernah mengecewakan mereka.

    • 14 April 2021 - (21:01 WIB)
      Permalink

      yup, beda kalo misalkan pengiriman paket dilakukan langsung melalui apilkasi grab nya , silahkan ngamuk ke CS grab sepuasnya 🙂

      4
      2
    • 14 April 2021 - (21:02 WIB)
      Permalink

      seharusnya tidak, sama halnya dengan kurir ekspedisi lainnya
      semuanya menjadi opsi buat pembeli untuk memilih

  • 15 April 2021 - (04:01 WIB)
    Permalink

    Sah-sah saja laporan ke tokped, grab dan MK. Tapi tolong jangan di generalisir. Sering kerjadian tapi tidak semua.

  • 16 April 2021 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Dear All,

    Case sudah closed.
    14 April saya sudah deal dengan Grab agar driver mengembalikan barangnya ke seller untuk selanjutnya diproses refund (biarpun saya merasa keberatan kalau hanya refund).

    Namun driver malah datang ke apartemen saya ngemis-ngemis minta paketnya diterima.
    Dia datang sama istri dan menjelaskan situasi bahwa dia sakit dll.
    Saya tetap tidak datang menemui driver namun istri saya kasihan dengan dia dan turun menerima paketnya. Jadi saya terhitung beli barangnya 2x. Rugi, tapi tidak apa-apa agar jadi pembelajaran semua pihak.

    Saya sudah berdamai dengan Grab dan Tokopedia.
    Sudah menutup kasusnya. Namun driver masih dibekukan, dan driver sempat terror saya ngemis2 segala macem. Saya tidak bisa unfreeze karena itu urusan driver dengan Grab.

    Tokopedia memberikan saya bingkisan juga kemarin sebagai bentuk terima kasih.

    1
    1
  • 12 Mei 2021 - (04:37 WIB)
    Permalink

    Hai kak, berapa lama kah proses dari pelaporan sampai ada refund? Saya juga mengalami hal yang sama kemarin 10-05-2021 pesan grab express status pesanan sudah diantarkan tapi tidak sampai ke saya 😔 dan kurirnya juga ga hub saya saat melakukan pengiriman, sudah saya laporkan ke pusat bantuan grab belum ada solusi

  • 1 November 2021 - (17:13 WIB)
    Permalink

    saya juga sekarang sedang tunggu produk sudah 3 kali ganti driver semoga tidak diantar supaya bisa batal.

    Sebelumnya juga sama menghadapi hal yang sama ini order ke-3 karena saya butuh cepat produknya, saran saya kalau tidak mampu sameday lebih baik kurangi coverage atau mau kurangi customer? silahkan pilih

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Indonesia?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Driver Grab Membawa Barang Pesanan dan Menyelesaikan Order Tanpa Saya …

oleh Ismail Harlin dibaca dalam: 2 menit
14