Dapat iPad Pro Seharga Rp1.000 dari Flash Sale Shopee, tapi Dibatalkan Sepihak oleh Shopee

Saya berhasil mendapatkan iPad Pro seharga Rp1.000 pada flash sale Shopee Big Ramadhan tanggal 30 April 2021 pukul 00:26 dengan nomor pesanan 210430C3RNS2E3. Langsung saya bayar saat itu juga. Namun kemudian pada pukul 02:01 pesanan tersebut dibatalkan sepihak oleh pihak Shopee dengan alasan ada aktivitas tidak wajar. Dana pembayaran langsung dikembalikan ke ShopeePay.

Kemudian pada pukul 02:06, akun saya dibatasi (diblokir). Kejadian ini tentu sangat mengecewakan.
Cara pemesanan yang saya lakukan adalah menggunakan HP. Flash sale dimulai pukul 00:00 dan barang langsung habis. Saya melakukan refresh berulang-ulang dan menekan tombol buat pesanan berulang-ulang.

Saya menghubungi customer care Shopee dan dikatakan tim Shopee akan menghubungi via email. Email pertama dari Shopee hanya menulis ulang apa yang tertulis di aplikasi bahwa ada aktivitas tidak wajar, dan meminta supaya saya mematuhi aturan Shopee.

Saya balas dengan menceritakan kronologi aktivitas saya dalam proses pemesanan tsb, dimana saya menggunakan HP dan melakukan refresh page berulang-ulang dan menekan tombol buat pesanan berulang-ulang. Saya meminta Shopee untuk memberikan penjelasan aktivitas yang tidak wajar apa yang saya lakukan, supaya saya tidak melakukan lagi aktivitas yang dianggap salah oleh Shopee. Saya tidak membuat pesanan ini dengan menggunakan laptop dengan bot seperti yang viral dulu.


Lalu dibalas dengan email kedua tetap tidak mau memberi penjelasan pelanggaran pemesanan yang saya lakukan itu apa. Kembali disebutkan bahwa pesanan dibatalkan karena aktivitas tidak wajar yang terdeteksi oleh sistem, dan ditambah pernyataan bahwa akun saya akan dinonaktifkan jika pelanggaran berulang.

Saya bingung, pelanggaran tidak diberi tahu, tapi akun saya akan dinonaktifkan kaena melakukan pelanggaran lagi. Pelanggaran apa? Saya tetap belum tahu. Saya merasa belum pernah ada peringatan dari Shopee sekalipun sebelum akun saya dibatasi. Saya mengirim email balasan untuk meminta penjelasan lebih lanjut.


Email balasan Shopee berikutnya menyebutkan saya mempunyai lebih dari 1 akun untuk melakukan promo flash sale. Saya bingung, saya hanya mempunyai 1 akun, tapi memang masih terpasang di HP lama, sehingga ada 2 HP yang terhubung ke Shopee dengan akun yang sama.

Aplikasi Shopee tidak membatasi seperti Whatsapp. Whatsapp akan langsung me-logout akun di HP lama, jika akun tersebut terhubung ke HP lain. Sehingga saya berasumsi 1 akun aktif di 2 HP diperbolehkan. Setahu saya menggunakan 2 HP dengan akun yang sama tidak akan mempengaruhi/mempermudah perolehan pesanan iPad Pro tersebut, bahkan tidak bisa.


Harapan saya agar pihak Shopee bijaksana dalam menyikapi pembatalan pesanan saya ini dan memberikan solusi terbaik yang adil. Jika memang dianggap ada pelanggaran dalam proses pemesanan saya, supaya dijelaskan, dan tidak mencari hal-hal yang sebenarnya tidak berpengaruh pada proses pesanan tersebut.

Saya hanya pengguna biasa yang memang tidak pernah mendalami dan memahami aturan Shopee, hanya tahu cara pembelian barang dan berusaha secepat-cepatnya melakukan pemesanan saat flash sale.

Terima kasih atas kesediaan Media Konsumen untuk menyampaikan keluhan saya ini.

Elizabeth Novita Soesanto
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

 Apa Komentar Anda mengenai Flash Sale Shopee?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Dapat iPad Pro Seharga Rp1.000 dari Flash Sale Shopee, tapi Dibatalkan…

oleh Novita dibaca dalam: 2 menit
48