Pembatalan Pesanan Lazada Dipersulit, Seperti Memaksa Konsumen untuk Tetap Membeli

Saya adalah konsumen yang senang belanja di e-commerce, salah satunya di Lazada. Pada tanggal 19 Mei 2021, saya tidak sengaja melakukan pemesanan produk 1 unit AC 1/2 PK LG AC DUALCOOL dari LazMall. Tadinya saya cuma mau cek besar cicilan jika memesan dengan kartu kredit selama 6 bulan, tapi karena Lazada tidak pakai sistem OTP, pesanan saya terproses by accident.

Pesanan pertama saya saya batalkan jam 16.07

Nomor pesanan saya adalah #610548966623557. Saya pesan pukul 15.56 dan notifikasi kartu kredit saya pukul 16.05. Sadar saya telah order barang by accident, saya batalkan pesanan saya dengan mengisi form pembatalan, dan itu berhasil dibatalkan, tapi tidak ada notifikasi dana dikembalikan.

Ini notifikasi kartu kredit saya

Kemudian saya cek pesanan saya, ada lagi pesanan barang yang sama dengan nomor pesanan #610545787523557 pada pukul 16.07. Lucunya pesanan yang ini tidak ada notifikasi potongan kartu kreditnya dan anehnya lagi tidak bisa dibatalkan.

Gak bisa dibatalkan pesanan kedua

Saya hubungi customer care di aplikasi Lazada, tapi tidak ada tanggapan. Saya hubungi seller, katanya gak bisa membatalkan dari pihak mereka. Saat itu status orderan sedang diproses dan estimasi barang sampai tanggal 31 Mei 2021. Saya panik dong, akhirnya saya kirim DM ke Lazadaid di Twitter pukul 6.23 dan CS-nya bilang gak bisa dibatalkan.

Cs bilang pesanan kedua saya dibuat jam 16.07

Saya tidak merasa melakukan orderan yang kedua, karena jelas-jelas saya sudah batalkan. Namun CS-nya tetap gak ada solusi. Saya kirim semua bukti, termasuk tangkapan layar notifikasi kartu kredit saya yang pukul 17.05 dan pesanan kedua yang dibuat pukul 17.06 . Dia janji mau melaporkan ke tim Lazada. Namun pas saya lagi ngobrol sama CS, status malah jadi naik menjadi “Sedang dikirim” dan estimasi barang sampai berubah jadi tanggal 25 Mei 2021.

Pesanan kedua tidak saya yang bikin karena notif cc cuma sekali

Saya merasa dijebak dan dipaksa untuk membeli barang yang saya tidak setujui untuk membeli. Mohon bantuannya agar pesanan saya bisa dibatalkan dan limit kartu kredit saya kembali. Saya lampirkan semua bukti tangkapan layar yang memuat lini waktu prosesnya.

Terima kasih sudah membaca keluhan saya. Mohon hak konsumen jangan dicederai dengan alasan sistem. Sistem dibuat untuk membantu manusia bukan memberatkan apalagi memaksa.

Rosyidah
Kab. Sijunjung, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:12    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

9 komentar untuk “Pembatalan Pesanan Lazada Dipersulit, Seperti Memaksa Konsumen untuk Tetap Membeli

    • 24 Mei 2021 - (18:26 WIB)
      Permalink

      Saya ga pernah Belanja via MP ini naming apakah ada kaitannya dengan status penjual adalah LazMall sehingga barang otomatis langsung diterima dan diproses karenanya pesanan Tidak bisa dibatalkan
      ?

  • 21 Mei 2021 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Jeda waktunya berapa lama ya, dari proses pesanan dibuat sampai dengan pengajuan pembatalan diajukan? Biasanya kalau pengajuan pembatalan masih dalam hitungan menit, masih bisa diproses (dibatalkan) kok. Tapi kalau pesanan sudah diproses dan dikemas memang setahu aku, sudah tidak bisa diklik lagi itu pembatalan. Apalagi belanja melalui LazMal yang otomatis biasanya prosesnya cepat.
    Memang diakui, cuma Lazada doang (setahu aku) yang dari banyak e-commerce di Indonesia yang tidak pakai OTP, makanya harus hati-hati.

    • 24 Mei 2021 - (17:23 WIB)
      Permalink

      Waktunya hitungan menit mas. Makanya saya komplain . Alhamdulillah skrg udh dibantu batalkan dari pihak lazada

    • 24 Mei 2021 - (17:26 WIB)
      Permalink

      Iya yg jd masalah saya sudah batalkan dan pas cek pesanan ada pesanan lagi bukan saya yg bikin. Satu menit kemudian dibatalkan gak bisa. Klo kata lazada bisa jadi karena sistem. Dan sekarang setelan direview lazada barang bisa dibatalkan dan bisa refund penuh.

  • 21 Mei 2021 - (14:37 WIB)
    Permalink

    Siap2 ribet lg utk proses pengembalian dananya,sy pd bulan juli 2021 pernah beli dilazada dan trx sy batalkan karena barang tidak dikirim2(karena tdk ada pembatalan otomatis setelah melebihi batas estimasi waktu kirim) dan smpi sekarng tdk/belum balik juga dananya.
    Sudah capek komplain berkali2 baik lewat CS,TWITTER,EMAIL tp ttp sama saja.infonya dr pihak LAZADA dana sdh balik ke rekening(karena pembayaran menggunakan debit online)dgn diinfokan no id tf tp setelah dicek di Bank no tsb tdk ada,dan kebetulan kerena tdk bnyk akhirnya sy iklaskan tdk sy urus lagi smpi sekarang

  • 21 Mei 2021 - (17:53 WIB)
    Permalink

    kok rasanya tidak mungkin sekali tidak sengaja ya, apalagi alasannya untuk melihat cicilan,
    di halaman produk yang anda akan beli, sudah anda bisa lihat simulasi cicilan, banyak bank yang tertera di situ, tidak usah klik apa2 lagi
    okelah, anda klik beli sekarang atau dari keranjang, anda proses, mulai membayar
    dalam arti anda memilih opsi cicilan kartu kredit
    nah dari situ anda kan disuruh milih bank tuh, abis milih bank anda milih jangka waktu cicilan
    di pilihan bulannya sudah ada simulasi nya per bulan berapa, tidak usah klik apa2 lagi
    okelah, anda pilih simulasi cicilan yang anda mau, setelah itu anda isi nomor kartu, nama, sama tanggal expired nya? serta CVV nya juga? ngapain kalo ga beli?
    okelah, anda sudah menyimpan data kartu kredit anda di lazada, sehingga tidak perlu mengisi lagi, abis gitu anda masih harus klik konfirmasi pesanan! buat apa anda klik apabila tidak mau beli?

    itu sudah banyak sekali step yang harus anda lalui untuk “tidak sengaja” membeli barang, jangan bercanda

    • 24 Mei 2021 - (17:20 WIB)
      Permalink

      Keluhan saya sudah ditanggapi lazada dan pesanan sudah dibatalkan. Memang order yg saya bikin pertama sudah berhasil saya batalkan dalam hitungan menit. Yg jd masalh itu ada pesanan kedua yg terproses tanpa saya tau penyebabkan. Penjelasan Lazada emang sistem, bisa jd karena jaringan internet. Dan dalam hitungan detik jg saya coba batalin gak bisa. Makanya saya komplain dan alhamdulillah Lazada bisa bantu penyelesaian dgn tanpa biaya apapun. Saya nulis disini jg sebagai awareness buat yang lain supaya lebih berhati hati utk balanja dgn kartu kredit apalagi di e-commerce yg tidak menggunakan otp dalam konfirmasi pembayaran.

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Pembatalan Pesanan Lazada Dipersulit, Seperti Memaksa Konsumen untuk T…

oleh Potato dibaca dalam: 1 min
9