Transaksi COD di Shopee Gagal, Barang Saya Tidak Jelas Ada Di Mana

Tanggal 4 Juli 2021 saya menerima pesanan nomor 210703VB3HRBT3, dengan sistem pembayaran COD di Shopee. Kemudian tanggal 5 Juli, pesanan saya proses dan dikirim via Shopee Express Standard: ID018699271537.

Selang beberapa hari, saya cek status pengiriman ada dua kali gagal kirim ke pembeli. Yang pertama alasan karena pembeli tidak ada di tempat, yang kedua karena pembeli tidak melakukan COD. Wah fix, berarti ini pembeli gak bener.

Tanggal 7 Juli 2021, status di Shopee saya cek barang akan diretur (dikembalikan) kepada saya selaku seller.

Tunggu, tunggu, sabar, sabar.. Saya juga menghubungi pihak Shopee dan disuruh menunggu maksimal 6 x 24 jam dari tanggal 8 Juli 2021 (tanggal mulai dilakukan retur).

Tanggal 10 Juli status barang retur ada di gudang Shopee Express Kabupaten Wonoayu, Sidoarjo, satu wilayah kota dengan tempat saya di Sidoarjo Kota. 3 hari ditunggu paket tidak bergerak. Tiba-tiba tanggal 13 Juli 2021 pukul 20.00 WIB saya cek status di Shopee bahwa paket saya sudah dikembalikan ke pengirim alias saya. Padahal saya tidak terima apa-apa. Waktu saya cek di Shopee Express, paket saya ternyata masih di Wonoayu. KENAPA STATUS DI SHOPEE, PAKET SAYA SUDAH DIKEMBALIKAN?

       

Saya bahkan bela-belain dari Sidoarjo kota ke Wonoayu  (jarak sekitar 15 KM) buat cek paket saya. Sesampainya di gudang Shopee Express Wonoayu, petugasnya janji akan dicek dulu dan akan kabari saya. Di mana paketan saya sebenarnya? Hilang kah?

Sampai saat ini saya masih menunggu itikad baik dari Shopee maupun Shopee Express tentang kejelasan paket saya. Yang membuat saya kecewa parah adalah tindakan Shopee yang menutup status paket saya dengan “Paket Telah Dikembalikan ke Pengirim.” Padahal jelas-jelas paket belum saya terima.

Melihat beberapa surat pembaca tentang Shopee dari seller, ternyata ada juga seller yang barangnya hilang di kurir terus tidak mendapat penggantian full. Ibaratnya seller sudah jatuh ditimpuk tangga pula. Jangan begitu lah. Toh Shopee juga dapat penghasilan dari sebagian penjualan seller.

Semoga ke depannya Shopee dan Shopee Express bisa lebih profesional. Memang paket saya mungkin nilainya tidak seberapa. Namun tanggung jawab tetap tanggung jawab, tidak peduli besar kecilnya suatu nominal.

Asri Anggun Salamah
Sidoarjo, Jawa Timur


Update (17 Juli 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Shopee sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee COD:
[Total:42    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

8 komentar untuk “Transaksi COD di Shopee Gagal, Barang Saya Tidak Jelas Ada Di Mana

  • 15 Juli 2021 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menjembatani saya dalam menyampaikan keluhan saya. Terima kasih sudah menghargai effort saya.
    Segera setelah artikel ini terbit, pukul 9.21 barusan saya dihubungi pihak Shopee yang berjanji akan memprioritaskan masalah saya dan memantau sampai barang saya benar-benar kembali.
    Saya tunggu janji dari shopee sampai barang saya kembali atau jika memang barang saya hilang, saya tunggu i’tikad baiknya.

    • 15 Juli 2021 - (09:49 WIB)
      Permalink

      saya turut prihatin atas permasalahan yang anda alami. berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna shopee baik sebagai pembeli maupun penjual. memang sering terjadi resi yang di aplikasi tidak update/tidak sesuai dengan kenyataan. kadang dinotifikasi tulisannya sudah diterima padahal barang belum diterima (ini kemungkinan besar kesalahan kurir dalam update data), kadang di resi masih otw tapi barang sudah sampai ditujuan (ini kemungkinan kurir yang telat update, atau sistem dari jasa pengiriman dan/atau shopee yang sedang ada masalah). sebagai seller saya juga pernah mengalami barang hilang di jasa pengiriman dan tidak/belum mendapatkan pergantian nilai barang secara full. dan dengan gampangnya shopee beralasan dengan mengirimkan link seperti ini https://help.shopee.co.id/s/article/Apakah-harga-pengiriman-di-aplikasi-sudah-termasuk-asuransi . Saran saya kepada semua orang yang sudah membaca tulisan ini semoga kedepan kita lebih berhati” dan lebih bijak lagi jika ingin terus menggunakan aplikasi shopee (baik sebagai penjual maupun pembeli). Jika memang ada yang belum jelas sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu kepada pihak ybs, supaya tidak terjadi kesalahpahaman dikemudian hari. sebagai informasi tambahan (mungkin bisa membantu menjawab keluhan terkait permasalahan ini) silahkan dibaca di link ini https://help.shopee.co.id/s/article/Apakah-ada-asuransi-untuk-opsi-pembayaran-COD
      seharusnya jika memang barang hilang/rusak menggunakan jasa pengiriman shopee express ada garansi 100%. Akhir kata, semoga permasalahan anda terkait hal ini cepat selesai dengan baik. Jika ada kesempatan boleh mampir ke surat pembaca saya juga di link https://mediakonsumen.com/2021/07/12/surat-pembaca/shopee-membatasi-akun-dan-menahan-dana-hasil-penjualan-tanpa-alasan-yang-valid
      Akhir kata, semoga permasalahan anda terkait hal ini cepat selesai dengan baik. Jaga kesehatan dan jangan lupa bahagia.
      terima kasih semoga anda sehat dan sukses selalu. Amin

      • 15 Juli 2021 - (10:32 WIB)
        Permalink

        Halo kak
        Terima kasih atas masukan dan do’a nya.
        Tadi malam sekitar pukul 21.00 pihak shopee express wonoayu menginformasikan ke saya bahwa barang saya sudah diserahkan dengan mengirimkan foto “si penerima”, orang asing yang tidak saya kenal dan jelas-jelas latar belakang nya bukan di daerah tempat saya tinggal ataupun daerah tempat pertama saya drop paket di konter shopee express.
        Entah itu siapa yang di foto dan di daerah mana.
        Saya sudah hopeless banget, saya sudah pesimis barang saya akan kembali.
        Tapi yang penting keluhan / uneg-uneg saya sudah di dengar. Shopee juga sudah menghubungi saya. Masih saya tunggu bagaimana penyelesaiannya.
        Do’a yang terbaik saja.
        Semoga kakak juga sukses selalu dan sehat selalu beserta keluarga. Amin

          • 16 Juli 2021 - (22:00 WIB)
            Permalink

            Tanggung Jawabnya
            Maaf silahkan tunggu ….x24 Jam
            Laporan sedang dalam tindakan wkwkwkwkwk

  • 15 Juli 2021 - (17:01 WIB)
    Permalink

    Masukkan ke media cetak juga, semacam Jawapos atau Kompas, biasanya nanti mereka akan malu dan langsung Head Supervisor/Department nya yg akan handle masalahnya.

  • 16 Juli 2021 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Matikan aja layanan COD nya..
    Saya udah 3x barang ilang pakai metode COD dan semuanya pakai kurir JNT..
    Sama persis seperti kejadian yang anda alami, berkali” saya tanyakan shopee maupun pihak agen JNT tapi jawaban mereka ya gitu” aja.. karena barang” saya cuma seharga 80rb anya wes saya ikhlasin aja…
    Layanan COD rentan dimanfaatkan oleh beberapa oknum seperti point” dibawah ini.
    1. Bom paket COD oleh oknum
    2. Fake order dari kompetitor
    3. Fake order Kurir yang ngejar intensif pick up maupun pengantaran dan juga intensif colecting agen
    4. Kurir maling yang emang sengaja melakukan order COD untuk maling berapa produk yg mana seller tersebut suka drop barang kesana.

    Setelah system COD JNT saya matikan, ga pernah ada barang hilang saat gagal kirim sekalipun akan kembali kepada saya..

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee COD?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Transaksi COD di Shopee Gagal, Barang Saya Tidak Jelas Ada Di Mana

oleh asri anggun dibaca dalam: 1 menit
8