JD.ID Menjual Barang Cacat dan Menolak Klaim Purna Jual

Saya melakukan pembelian TV merek Ichiko di JD.ID pada tanggal 7 Juli 2021, dan TV saya sampai tanggal 8 juli 2021. Namun saat saya test TV saya kemarin, ternyata TV tersebut cacat. Ada dead pixel di 4 sudut TV, dan 2 dead pixel berupa lingkaran di bagian atas tengah TV.

Saya pun mengajukan klaim purna jual dan kecewa sekali. Saya ingin dana saya dikembalikan karena saya sudah tidak percaya dengan produk tersebut yang cacat. Namun pihak purna jual JD.ID mengatakan pengajuan saya ditolak dengan alasan bahwa saya harus klaim garansi ke service centre.

Berikut nomor pemesanan saya: 1061392576 dan nomor pengajuan purna jual saya yang ditolak: 20277055.

Dalam ketentuan JD.ID, kita bisa melakukan purna jual pengembalian dana dalam 2×24 jam, jika barang yang diterima dalam keadaan cacat, dll. Bagaimana saya dan orang-orang yang mengalami hal serupa dengan saya dapat percaya dengan JD.ID? Apabila pelayanan marketplace terbaik se-Asia ini dengan mudah menjual barang cacat dan menyuruh customer yang terjebak dengan barang cacat untuk mengklaim garansi sendiri? Apakah pelayanan retur barang dan pengembalian dana hanya fiksi belaka?

Setahu saya pedoman JD ID adalah utamakan pelanggan, utamakan kejujuran guna menjaga kepuasan dan hak pelanggan. Dan JD.ID memiliki sistem perlindungan konsumen 100 %. Apakah pelayanan seperti ini yang memiliki sistem perlindungan konsumen 100 %? Pelayanan seperti ini kah yang menjaga kepuasan dan hak pelanggan?

Inosensius Lapidus
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:46    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

16 komentar untuk “JD.ID Menjual Barang Cacat dan Menolak Klaim Purna Jual

  • 17 Juli 2021 - (06:52 WIB)
    Permalink

    JD.ID semakin buruk saja, sebelumnya baik dan bagus, sekarang menjadi oenipu sampah!

    Saya sering kena tipu, otomatis system menerima oembelian saya, tetapi barang 2 minggu tak kunjung dikirim, chat tidak di respon. Berapa kali saya mengajukan refund kepada pusat bantuan akulaku, bosan saya denger keluhan pembeli terhadao JD.ID dan akulaku

    1
    2
  • 17 Juli 2021 - (07:06 WIB)
    Permalink

    Hadeh om bray ,kalo beli yang bermerek dunk ,,kalo harganya 3,8..mendingan beli LED realme 43inc ,,kalo JD.ID yang ada di AKULAKU kayanya bukan asli JD.ID ,,itu sengaja diklola sama oknum dari akulaku atas nama aja kayanya ,,soalnya kalo kita cheat sama JD.ID kaga direspon ,,

    • 17 Juli 2021 - (10:04 WIB)
      Permalink

      JD.ID sekarang bener2 kacau berati om, dulu sempet juga dapat barang sampah hp samsung rusak, tapi bsa langsung diretur/refund walaupun proses 2mingguan lebih,, skrg suruh nyervis sndiri? hahaha kacau JD.ID

  • 17 Juli 2021 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Ditanyakan dulu benar atau tidak dari jd.id langsng dikirimnya,,atau memakai pihak jasa ekspedisi lain.kalau memang pake jasa ekspedisi lain itu berarti kesalahan dari kurir yg ngirimnya…dan itu pun klaimnya ke pihak ekspedisi yg kerjasama sama JD.ID..
    ditanyakan dulu kebenarannya..apakah dari pihal JD.ID atau ekspedisi yg kerjasama sama aplikasi tersebut

    • 17 Juli 2021 - (16:29 WIB)
      Permalink

      Tagline “Dijamin Ori” sudah tidak berlaku, saya pernah beli barang di JDID dan pas datang barang palsu (setelah dicek dan dibandingkan dengan barang yg asli). Terakhir beli Xiaomi SmartTV (yang dikelola langsung oleh JDID) dan gila banget, dikirim tanpa pengaman apapun, digeletakin gitu aja di mobil kurirnya, untungnya gak ada cacat apapun! Semenjak itu udah stop belanja di JDID.

        • 21 Juli 2021 - (19:11 WIB)
          Permalink

          Ada kardusnya dan TV nya, namun alasan berbeda serial numbernya itu hanya alasan yang dibuat dibuat. Karena saya tanyakan serial. Number yang benar pun dari pihak CS JDID tidak. Bisamenjawab

    • 21 Juli 2021 - (19:04 WIB)
      Permalink

      TV tersebut dari JD ID official.. Sehingga pengiriman dari JD ID sendiri.. Jika memang kesalahan pengiriman tv tersebut pasti akan retak, namun tidak. Ada keretakan sama sekali, hanya ada lingkaran hitam di tv nya.

  • 17 Juli 2021 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Kalo saya beli elektronik GAK PERNAH di Online Krn Sangat15X beresiko. Apapun itu Aplikasinya. Mending beli di Glodok atau pusat penjualan elektronik yg diskonan, langsung tes dan PUAAAAASSSSSSSS

  • 17 Juli 2021 - (15:44 WIB)
    Permalink

    bukannya sudah dijelaskan di emaill itu karena Serial Numbernya beda dengan yang ada di sistem mereka??

    • 18 Juli 2021 - (04:34 WIB)
      Permalink

      aneh, koq bisa mereka mengirim produk yg berbeda serial numbernya? butuh video unboxingnya 🤔

    • 21 Juli 2021 - (19:06 WIB)
      Permalink

      Permasalahannya jika serial number berbeda? Berarti dari JD ID mengirimkan produk yang berbeda dengan serialnumber sebenarnya.. Itu hanya alasan dari tim purnajual yang tidak masuk akal karena menjebak konsumen dengan barang yang cacat.

  • 18 Juli 2021 - (14:55 WIB)
    Permalink

    wow masih banyak yg belanja di jd? trakhir belanja di jd 2018/2019,, dan sampai sekarang beberapa belanjaan belum sampe, pernah ke cs nya ngobrol ini itu, tp ya ttp barang ga nyampe uang ga kembali pula.. trs skrg ‘dijamin ori’, ori apaan ya? ori cina kw? untuk layanan purna jual pernah sekali, si cs nelpon, nanti dia smskan alamat untuk retur barang, dan alhasil sampai 2021 ga ada sms dr si cs tsb lol.. dan kl trakhir liat, jd ni masi blm punya wallet ya kyk tokopoin/ovo nya tokped, shopepay nya shopee, jd kl pembelian gagal uang kita lari kmn ya?

  • 28 Juli 2021 - (11:39 WIB)
    Permalink

    JD ID telah mengembalikan dana saya, setelah saya memposting keluhan saya di media konsumen, terimakasih kepada media konsumen membantu saya dalam menyelesaikan masalah ini. Peranan media konsumen sangat membantu dalam menyelesaikan masalah.

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

JD.ID Menjual Barang Cacat dan Menolak Klaim Purna Jual

oleh Inosensius dibaca dalam: 1 menit
16