Flash Sale Shopee Apakah Hanya “Flash Dream”?

Saya Gardeni. Pada tanggal 16 Juli 2021 pukul 18.00, saya berhasil melakukan transaksi pembelian Flash Sale di Shopee, dengan produk modem Mifi Pro-link, nomor pesanan: 2107163UAT36XN. Namun sampai sekarang produk Flash Sale tersebut belum dikirim.

Saya chat dengan penjual, mereka tidak mau mengirimkan produk Flash Sale tersebut dengan alasan salah harga, dan itu karena kesalahan Shopee. Saya perpanjang masa garansi Shopee dan kirim email ke CS Shopee. Mereka meminta saya untuk menunggu karena penjual masih mengemas produk tersebut.

Apakah kejadian bulan Juni terulang kembali? Pada bulan Juni, tepatnya 18 Juni 2021 pukul 00.01, saya berhasil melakukan transaksi pembelian produk Flash Sale Shopee, yaitu printer thermal portabel. Namun produk Flash Sale tersebut tidak diproses/dikirim, dengan alasan yang sama: salah harga produk Flash Sale.

Saya coba email CS Shopee, jawabnya tunggu, nanti juga dana Shopee Pay kembali utuh. Saya dihubungi oleh RM Shopee, untuk meng-klik pembatalan pembelian produk Flash Sale tersebut. Saya tidak lakukan, soalnya susah dapat Flash Sale. Kemudian tanggal 26 Juni 2021 pukul 00.01, pembatalan otomatis sistem Shopee terjadi. Dana Shopee Pay saya kembali utuh dan saya terpaksa menerima semua itu.

Saya bertanya dalam hati, apakah saya dapat Flash Sale atau Flash Dream? Karena seolah-olah transaksi tanggal 18 Juni 2021 tidak terjadi. Penantian saya sekitar seminggu, chat sana-sini untuk memperjuangkan hak saya, ternyata dianggap tidak ada.

Apakah kejadian tanggal 16 Juli 2021 akan berakhir sama?

Terima kasih.

Gardeni Arisandi
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Shopee atas Surat Saudara Gardeni Arisandi

Terima kasih atas masukan Saudara Gardeni Arisandi. Shopee berkomitmen untuk menyediakan platform berbelanja yang aman dan nyaman bagi para pengguna....
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kok bisa salah harga! Meskipun salah harga mestinya barang harus tetap dikirimkan, karena sudah ada transaksi yg terjadi! Apakah ini bukan berarti penipuan namanya. Terus berjuang, jangan menyerah! Sayapun nggak akan rela kalau pesanan saya dibatalkan begitu saja.

    • Terimakasih,atas support nya.
      Atas saran dari teman-teman saya, memberanikan diri untuk menulis pengalaman ini.
      Mereka berkata" Speak up for the truth"
      Sebelum nya saya hanya nerimo saja.
      Sampai sekarang pun untuk Flash sale 18 Juni 2021,saya belum rela.Dana kembali,karena terpaksa.

      • emak saya juga pernah di PHP flash sale. nama tokonya G0L4nd. udah girang dapet harga sale eh dibatalin sepihak karena salah input harga katanya.

        • Saya sekarang masih kecewa,mungkin sama seperti yang ibu anda rasakan saat itu.
          Saya menulis di Media Konsumen ini atas dorongan teman-teman sejawat saya dan tentunya Media Konsumen.
          Terimakasih sudah berbagi pengalaman dan informasi.

      • Ngapain nunggu flash sale. Kalau butuh sesuatu ya tinggal beli aja, bereskan.

    • Saya setuju dengan rekan rekan lainnya. Kalau pihak penjual salah pasang harga, atau ada error di dalam aplikasi menampilkan harga, itu adalah resiko mereka sendiri. Makanya kerja dengan benar dong. Masa pihak pembeli yang harus menanggung kecewa?

      • Setuju kak... saya sebagai pembeli masih kecewa atas transaksi produk flash sale printer tgl 18 Juni 202.
        Kena pembatalan otomatis,terpaksa dan kecewa.

  • Terimakasih, saya berkerjasama dengan penjual prolink.id,dan membuahkan hasil.Paket dalam proses pengiriman.
    Pelayanan prolink.id,sangat komunikatif, biarpun kita berdebat,dan saling memaafkan.
    Hanya untuk produk flash sale printer thermal, pembatalan terjadi karena batas waktu dan penjual tidak komunikatif (berkesan buang waktu)

  • Oren lagi oren lagi,, dasar banyak polah.. Ya mungkin saat ini No 1 di Indonesia tapi gak ada yg abadi yah.. Bentar lagi meroket ke bawah.. Terlalu banyak problem nih e-commerce..

    • Ada benarnya juga kak, menurut pengalaman saya selama 2 bulan chat sana-sini ( penjual,CS,RM Shopee ) banyak yang tidak sinkron dan saling menyalahkan.Mungkin perlu dibenahi,padahal penjual sekelas Shopee Mall rating hampir sempurna 4,9/5.0

      • saya udah coba semua ecommerce. dari awalnya l4z4d4, blinl1, tokped, buk4l4pak, akhirnya balik lagi ke si oren krn paling nyaman. kl masalah ya relatif sama aja semua :)

        • Hebat...sip kakak sudah coba semua e-commerce, terimakasih infonya.

    • Betul, saya PALING TIDAK PERCAYA dengan market place ORANGE ini.
      Menurut saya banyak barang dengan harga yang tidak masuk akal. Makanya kenapa dari dulu sampai sekarang Alhamdulillah tidak pernah pakai ORANGE.

      • Terimakasih atas masukan dan saran nya.Saya akan jadikan pertimbangan.

  • Itu sudh masuk ranah penipuan. Sebaiknya tempuh jalur hukum. Dijamin menang.

    • Terimakasih sarannya,bermusyawarah dulu seperti nya kak.
      Agar penjual dan pembeli serta pengelola,bisa lebih komunikatif dan ada jalan keluarnya.

      • Saran dari teman sejawat,gimana kalau pakai UUPK no.8 tahun 1999.
        Terimakasih.

  • Sebenarnya dari pihak Shopee nya juga tidak tegas, mungkin masukan dari shopee nya jikalau ada yang membatalkan/tidak mengirim produk flash sale bisa kena sanksi gitu... Agar penjual tidak semena mena, gitu aja sih...

    • Iya kak...itu dari sisi pembeli,tapi dari sisi penjual ada juga yang tidak tahu/sepakat dengan harga flash sale,tapi tetap di sebar/diupload.Karena RM.Shopee katanya salah input.
      Dan RM Shopee juga pernah mengirim kan email dan menyuruh saya untuk membatalkan pesanan saya.

  • Klw salah harga dari shopee kayanya ga mungkin. Sy juga pernah ikut flash sale. Yg menentukan harga flash sale itu 100% dari seller, bukan tim shopee. Jadi klw ada kesalahan harga, ya itu kelalaian admin seller.

    • Saya hanya pembeli dan chat dengan penjual, mengatakan tidak tahu harga bakalan segitu.Dan email yang saya terima dari RM Gozi, beliau mengakui salah input dan menyuruh saya membatalkan pesanan.
      Untuk email nya saya sudah lapor ke CS dan belum ada tanggapan.

      • Dulu saya pernah beli batre hp, harga per biji 80rb, tp beli 2 cuma 15rb. Ya saya beli 2 dan benar2 dikirim 2. Setelah barang says terima saya cek lagi harganya sudah berubah jadi 150rb untuk 2 buah. Jadi yg namanya kesalahan input harga oleh seller, tidak bisa seller memaksa buyer membatalkan pesanan karena salah input, itu namanya tidak bertanggung jawab, tidak profesional.

  • Itu mah salah seller yg salah input harga. Seller ngeles itu. Sbagai buyer mo gimana kalau seller gak mau kirim paling cancel by sistem otomatis

    • Betul kak....kalau seller tidak mau kirim produk pesanan, dengan alasan apapun sebagai buyer hanya bisa chat sana-sini minta keadilan dan hak nya.Begitu batas waktu berakhir dengan pembatalan otomatis.Dengan terpaksa dan tidak rela harus menerima dana kembali.

    • Betul kak... sebagai pembeli produk flash sale mana tahu kalau itu salah harga dan siapa yang input harga segitu.
      Flash Sale kan harga produk nya tidak bisa disangka yang pasti jauh lebih murah.
      Dan saya kecewa dengan Flash Sale tanggal 18 Juni 2021.
      Chat sana-sini ( penjual, CS, RM ) semua jawaban nya ngambang-ngambang tidak bertulang.
      Pembatalan terjadi 26 Juni 2021 pukul 00.01.
      Kecewa,tidak rela,malu sama keluarga,teman.dll.

  • Terima kasih sudah berbagi pengalaman kak. Ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk pembaca MK dalam bertransaksi Flash Sale ke depannya.
    Dan syukurlah order prolink sudah terselesaikan ya.

    • Alhamdulillah, layanan prolink.id sangat berkesan dan saya bersyukur bertemu dan bermusyawarah dengan penjual seperti anda.Seratus bintang untuk pelayanannya.Terimakasih.