XL Menipu Konsumen?

Jumat, 23 Juli 2021 (sebulan sebelumnya), saya adalah konsumen XL yang menggunakan paket data XL Xtra Combo Lite XL seharga 68.000 rupiah. Dengan total paket data 40 GB, unlimited (WA, Line, Gojek), nelpon ke XL/non XL 5 menit, dan kuota aplikasi movie pilihan unlimited yang berakhir pada 22 Juli 2021 pukul 23:59. Paket data tersebut akan secara otomatis diperpanjang pada waktu tersebut. Tanggal 23 Juli 2021, pukul 05:43 WIB, paket data tersebut mulai diperpanjang otomatis oleh pihak XL.

Bukti berhasil perpanjang paket data otomatis

Dari SMS tersebut sudah dapat dipastikan bahwa paket data saya berhasil diperpanjang otomatis, dengan total kuota seperti pada mulanya (40 GB). Namun ketika saya cek di aplikasi myXL dan dial up, kuota yang masuk ke nomor saya tidak sesuai dengan apa yang tertera di SMS tersebut.

Rincian paket data di aplikasi My XL

Bahkan 50% dari total kuota yang semestinya pun tidak masuk, hanya 16 GB yang terdapat di nomor saya.

Pagi, 23 Juli 2021 pukul 08:00 sampai dengan 12:00 siang, saya mencoba menghubungi customer service XL baik melalui email maupun live chat. Sayangnya pada saat saya menyampaikan permasalahan dan keluhan, mereka cenderung langsung mengakhiri percakapan. Bahkan ada yang menjawab “Sudah sesuai”. Padahal dari SMS yang masuk, sudah jelas tertera 40 GB.

Setelah berusaha keras agar bisa berkomunikasi dengan customer service XL, pukul 13:16 keluhan saya diterima dan ditindaklanjuti dengan nomor tiket keluhan C25979917. Hingga saat ini penjelasan dari tiket tersebut berstatus”Sedang ditindaklanjuti”. Sangat lambat sekali, hingga masuk minggu ke-2 dari pembelian paket data masih belum terselesaikan. Apakah e-tiket tersebut hanya sebuah “FORMALITAS” pihak XL?

Saya sangat merasa kecewa sebagai konsumen XL.

Vicky Akbar Subaktiaji
0877552215**
Pasuruan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Axiata:
[Total:125    Rata-Rata: 2.1/5]
Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Bapak Vicky Akbar Subaktiaji

Jakarta, 10 Agustus 2021 Ref.CM/CU/E/002/0821/MR Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Menanggapi keluhan pelanggan atas nama Bapak Vicky Akbar Subaktiaji...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “XL Menipu Konsumen?

  • 7 Agustus 2021 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Operator Indonesia gak ada satupun yang bagus. Kayak gini mau ke 5G ya? Pelayanan aja buruk.

  • 8 Agustus 2021 - (02:09 WIB)
    Permalink

    Saya pun sebagai pelanggan XL (XtraLemot) sudah berkali-kali di prank. Saya pernah beradu mulut dengan salah satu supervisor di suatu gerai XPlor. Selain nggak sopan, meremehkan nilai paket bermasalah yang saya beli, mereka malas dan bodoh, tidak mengerti apa permasalahan.
    Dan… Jeng jeng, akhirnya mereka bayar balik juga sih, balikin seharga dua paket itu. Karena sebulan lebih tidak selesai, udah ganti kartu, bolak ke XPlor.
    Mudah mudahan, ada solusi yang baik.

  • 8 Agustus 2021 - (05:33 WIB)
    Permalink

    Coba di cek melalu *123# apakah kuota yang masuk sama seperti di apk xl apa sama yang muncul di sms tersebut bisa jadi apk xl itu kadang error seperti itu tapi setelah di cek manual lewat *123# sama hasil nya seperti di sms tersebut

  • 8 Agustus 2021 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Pulsa saya sering dipotong dan gak jelas untuk apa ( dari mulai punya paket data ) sampai gak saya paketin data internetnya ( tidak saya pakai sama sekali / saya off kan ) tetap ada biaya pemakaian internet katanya 🤣😂 … saya complain pun jawaban cs nya ngambang … sampai sampai cs nya sudah tidak merespon lagi complainan saya karena mungkin terlalu sulit mencari jawaban yg real …
    Ya udahlah ya ganti kartu aza sama yang pasti2 😉

    • 17 Agustus 2021 - (13:45 WIB)
      Permalink

      kalau anda punya kuota, tp pulsa tetap terpotong, gw menduga jangan2 pulsa anda terpotong oleh sms konten? coba lihat histori pemakaiannya di aplikasi myxl, yah walaupun untuk transaksi lama seringkali historinya gak ada. di xl banyak sekali penyedia sms konten nakal, tp anda bisa minta ke cs agar nomor anda di blokir dari semua layanan sms konten, oh iya, kalau gak ada kuota jangan pakai jaringan 4G karna itu jaringannya ngebug, tetap di anggap terhubung ke internet walaupun data seluler mati. kontrol pulsa? fitur kontrol pulsa xl sama sekali gak berfungsi, coba anda artikel saya di mk yg berjudul kecewa dengan fitur kontrol pulsa xl yang tidak berfungsi

    • 17 Agustus 2021 - (13:50 WIB)
      Permalink

      ralat
      kalau anda punya kuota, tp pulsa tetap terpotong, gw menduga jangan2 pulsa anda terpotong oleh sms konten? coba lihat histori pemakaiannya di aplikasi myxl, yah walaupun untuk transaksi lama seringkali historinya gak ada. di xl banyak sekali penyedia sms konten nakal, tp anda bisa minta ke cs agar nomor anda di blokir dari semua layanan sms konten, oh iya, kalau gak ada kuota jangan pakai jaringan 4G karna itu jaringannya ngebug, tetap di anggap terhubung ke internet walaupun data seluler mati. kontrol pulsa? fitur kontrol pulsa xl sama sekali gak berfungsi, coba anda cari artikel saya di mk yg berjudul kecewa dengan fitur kontrol pulsa xl yang tidak berfungsi

  • 8 Agustus 2021 - (08:05 WIB)
    Permalink

    Kasusnya sama kuota lokal yang dimaksud tidak masuk hanya kuota reguler, sudah berulang kali lapor ke CS tapi tetap mereka bilang sudah sesuai.
    Hati² yg mau beli paket combo XL. Ditipu mentah² kita.

  • 8 Agustus 2021 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Sy jua penguna XL, mgk sdh puluhan tahun, emg XL bkin org kecewa, suka potong pulsa, pas paket abis pdhal aplikasi ksg, sinyal internet pun d matiin tetap aj d ptg pulsa…kyk merampok pulsa, sangat merugikan konsumen…..

  • 10 Agustus 2021 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Itu problemnya dari jaringan. Memang akhir2 ini bisa error kuota lokal yg masuk. Jaringan lambat merespon kuota lokal yg masuk krn tiap daerah bs berbeda jatah kuota lokal yg diberikan XL. Penjual (RO) sebagai mitra XL jg harus bs menginfokan ke pembeli total kuota yg bisa dipake didaerah tsb. Karna tiap minggu mitra outlet (RO) dikunjungi oleh sales XL. Kasusnya jg pernah terjadi ditmpt saya ditunggu s/d 3, 5 hari kuota sudah bertambah sendiri. Mudah2an ya. Ini jg masukan buat XL utk lbh baik lg dlm jaringan, layanan, & sistem. Terlalu sering ada keluhan dampaknya ke image pengguna yg buruk & pengaruhnya ke penjualan … 🙏

  • 12 Agustus 2021 - (09:50 WIB)
    Permalink

    Kasus ini sudah selesai sekitar 3 hari yang lalu, namun pihak @myXLCare belum memberikan tanggapannya di media ini. Saya selaku penulis sekaligus konsumen diatas sudah mendapatkan ganti rugi berupa reset paket data, sehingga kuota yang saya dapatkan sudah sesuai dengan ketentuannya.
    Terima kasih.

  • 17 Agustus 2021 - (13:38 WIB)
    Permalink

    xl dan axis itu buruk sekali pelayanannya, cs tidak kompeten, jaringan lemot, fitur kontrol pulsa xl tidak berfungsi, gw aja terpaksa pakai xl dan axis karna itu nomor sudah terhubung ke akun penting, ribet tahu untuk ganti nomornya. khusus untuk axis, ada alasan lain selain sudah terhubung ke akun penting, yaitu fitur lock button.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Axiata?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

XL Menipu Konsumen?

oleh Vicky dibaca dalam: 1 menit
24