Refund Transaksi Kartu Debit PermataBank di Tokopedia Tidak Segera Diproses

Dengan ini saya menyampaikan keluhan atas tindakan PermataBank yang tidak kunjung memproses refund transaksi kartu debit saya yang tersambung ke rekening PermataME nomor 412****633 melalui Tokopedia pada tanggal 15 Juli 2021. Kejadian ini bermula saat saya bermaksud untuk membeli sepeda anak secara online, untuk hadiah anak rekan kerja, melalui toko BRECHT.ID di Tokopedia.

Setelah mendapatkan info via chat dari admin toko bahwa sepeda yang mau saya beli available, saya segera melakukan pembayaran via kartu debit PermataBank senilai Rp790.700. Ternyata setelah saya bayar, admin info bahwa barang yang saya mau beli tiba-tiba kosong, sehingga transaksi harus dibatalkan dan dana saya di-refund. Sesuai informasi dari Tokopedia, proses refund diinfo paling lambat 14 hari kerja dan saya diminta untuk menghubungi bank penerbit kartu untuk mempercepat proses.

Karena saya kemudian harus membeli sepeda lain sebagai gantinya, pengeluaran saya jadi dobel dan dengan demikian tentu saja proses refund yang lama ini sangat merugikan saya. Namun saya tetap memenuhi permintaan data dari PermataBank terkait refund saya.

Hingga saat ini, saya belum mendapatkan kejelasan apapun akan kapan dana saya masuk, prosesnya sampai mana, ada kendala apa, dan sebagainya. Seolah-olah masalah saya tidak penting dan mereka tidak ada waktu untuk mengurusi uang kecil saya, dan tidak profesional. Saya hanya mendapat jawaban naratif permintaan telah diproses, harap bersedia menunggu, akan kami teruskan ke tim terkait untuk di-follow up, dan sebagainya.

 

Menunggu sampai kapan? Sampai tahun depan? Posisi dana sekarang di mana? Sekedar SLA saja saya tidak pernah diinfo jelas. Harus saya yang rajin email baru mereka membalas email saya. Update terakhir pada tanggal 6 Agustus 2021, setelah saya info akan saya adukan ke Media Konsumen, mereka balas bahwa laporan saya akan diprioritaskan. Berarti selama ini laporan saya dilupakan?

Lucunya rekan saya yang membayar melalui kartu kredit di Tokopedia dan mengalami refund, dananya bisa kembali dalam waktu 3×24 jam. Padahal itu kartu hutang. Saya yang transaksi lewat kartu debit, dana tabungan saya sendiri, malah tidak diurus. Refund juga terjadi bukan karena kesalahan saya.

Mungkin pihak PermataBank bisa hapus saja opsi pembayaran menggunakan kartu debit di e-commerce jika berpotensi merugikan konsumen seperti yang terjadi kepada saya. Kepada pengguna e-commerce juga hati-hati, jika menggunakan kartu debit PermataBank untuk pembayaran transaksi karena pelayananannya sangat tidak profesional dan laporan refund Anda bukan prioritas utama.

Riska Kusuma Wardhani
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PermataBank atas Surat Ibu Riska

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Riska Kusuma Wardhani, berjudul “Refund Transaksi Kartu Debit PermataBank di Tokopedia Tidak...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Refund Transaksi Kartu Debit PermataBank di Tokopedia Tidak Segera Diproses

 Apa Komentar Anda mengenai PermataBank?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Refund Transaksi Kartu Debit PermataBank di Tokopedia Tidak Segera Dip…

oleh Riska K Wardhani dibaca dalam: 2 menit
3