Penjual Suka-suka Mengirimkan Barang, Customer Service Lazada Tidak Membantu

Selamat sore,

Melalui media konsumen saya ingin mengajukan keluhan atas seller @lazada Indonesia yang tidak bertanggung jawab dan customer service yang bad attitude.

Pada tanggal 8 Agustus saya memesan beberapa batik di toko Zani Batik dengan estimasi pengiriman sampai tanggal 12-16 Agustus, dengan nomer order 663094781480138. Pada tanggal 10 Agustus status berubah dalam pengemasan. Pada tanggal 12 Agustus saya chat seller menanyakan update karena nomer resi yang diberikan belum tersedia. Info seller kurir akan datang hari ini.

Lalu pada tanggal 14 Agustus saya menanyakan kembali karena status belum berubah (proses packing) dan resi masih belum tersedia. Info seller menunggu kemeja (padahal saya tidak memesan kemeja). Lalu info kembali bahwa berberapa hari sedang libur dan akan dikirim hari Sabtu.

Saya tunggu hari Sabtu sampai pukul 9 belum ada update status barang saya juga belum berubah. Saya ajukan keluhan melalui live chat dan diinfo untuk menunggu sampai tanggal 16 agar bisa dibantu untuk pembatalan produk.

Senin pagi tanggal 16 Agustus saya info kembali ke customer service melalui live chat bahwa saya meminta untuk dibatalkan barang karena sampai pukul 10 pagi status barang masih dalam proses packing. Dan info akan dibantu untuk dilakukan pembatalan dengan nomer tiket 2050000049341725. Namun tiba-tiba pukul 11.47 ada notif bahwa seller mengirimkan barang via Ninja van ID.

Saya sangat kecewa seller yang sejak hari Sabtu tidak merespon chat saya seenaknya mengirimkan barang tanpa ada konfirmasi. Lalu ada perpanjangan pengiriman sampai tanggal 21 Agustus. Sungguh luar biasa, pesan tanggal 8 dan estimasi sampai 21 Agustus??

Pada pukul 14.58 customer service Lazada atas nama CN.R Hariono menelpon saya menginfokan bahwa saya harus menunggu paket sampai tgl 21 karena untuk saat ini paket saya tidak bisa di-cancel. Saya jelaskan dari kronologi sampai keberatan saya kalau harus menunggu lagi sampai tanggal 21 Agustus. Belum selesai tiba-tiba telepon dimatikan? Luar biasa sekali attitude-nya. Lalu tanpa ada permintaan maaf mengirimkan email bahwa saya tidak bisa membatalkan pesanan saya karena sudah dalam pengiriman. Saya sudah jelaskan ketika notif itu masuk saya sudah telepon dan email ninja van Id untuk meng-cancel dan tidak mengirimkankan barang tsb ke rumah saya.

Yang sangat saya sayangkan saya sebagai customer @lazada Indonesia sejak 2016 dan selalu rutin berbelanja mendapatkan pelayanan yang sangat tidak sopan oleh customer service kalian. Lalu saya beli barang bayar ya bukan minta. Seller kalian mengirimkan barang suka-suka tidak ada konfirmasi dan hanya jawab seenaknya ”kalau barang datang tolak aja”. Sedangkan saya dipaksa menunggu lagi barang datang saya harus report mengirimkan barang ke kalian lagi agar proses dana saya bisa dilakukan.

Tolong ya saya sangat amat kecewa dengan kalian memberikan pelayanan seperti ini.

Nurul Sepiana
Tangerang Selatan, Banten


Update (20 Agustus 2021): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tindak lanjut oleh pihak Lazada sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:24    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Penjual Suka-suka Mengirimkan Barang, Customer Service Lazada Tidak Membantu

  • 19 Agustus 2021 - (20:17 WIB)
    Permalink

    saya tidak pernah pakai lazada, kalau tokopedia seller 2 hari tidak kirim otomatis cancel. bahkan meskipun sudah ada resi kalau barang belum dipickup kurir 2 hari otomatis cancel juga. tidak perlu komplain uangnya langsung kembali, ada hitung mundurnya begitu sudah 0 uang langsung kembali.

    • 19 Agustus 2021 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Tergantung kapan ordernya. Kl order hr jumat atau sabtu untuk respon pesanan 24 jam, pengiriman 3 hr. Apalagi libur nasional biasanya diberi waktu lbh lama. Masa ppkm skrng semua marketplace juga memberi kelonggaran batas waktu pengiriman lebih lama.

      • 19 Agustus 2021 - (22:30 WIB)
        Permalink

        Saya pesan di tanggal 8 Agustus hari minggu , Dan di terima seller di hari selasa tanggal 10 Agustus bersamaan dengan di terbitkan nomer resi pengiriman .Namun sampai tanggal 16 Agustus senin jam 10 status order saya masih dalam proses packing Dan resi yg di berikan sudah tidak bisa di cek karena exp ,tanggal 16 itu batas akhir barang sya terima harusnya .Namun seller malah mengirimkan di tanggal 16 jam 11.47 yg menyebabkan perpanjangan otomatis Dan tidak bisa di batalkan , padahal di hari yg sama saya langsung menghubungi pihak ninja van I’d untuk membatalkan pengiriman Dan di setujui ,saya info kembali ke CS Lazada dengan mengirimkan bukti pembatalan pengiriman nmun CS hanya menyuruh saya menunggu Dan menerima barang bila tidak berkenan saya harus meretur di kembalikan ke seller , sop yg sangat ribet

        • 20 Agustus 2021 - (13:54 WIB)
          Permalink

          Iya emng lazada gitu sih. Aku beli barang 1x aja 1munggu paking nya

      • 20 Agustus 2021 - (08:44 WIB)
        Permalink

        Saya juga selalu tergiur harga murah di lazada, namun sering barang dikirim tidak sesuai pesanan.

    • 19 Agustus 2021 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Saya anggap ini sebuah pelajaran menggunakan Lazada sejak 2016 sampai saat ini selama ini pelayanan cukup bagus , seller pun bila barang kosong atau ada keterlambatan akan info namun untuk case ini seller sama sekali tidak ada informasi apapun bila tidak di chat , Bahkan chat saya yg terkhir hanya di baca Dan tidak di respon Bahkan ketika saya live chat dengan CS Lazada seller pun tidak merespon chat Dari pihak Lazada sehinggal pihak Lazada tidak bisa memberikan info apapun Dan hanya menyuruh saya menunggu Dan menerima barang

    • 20 Agustus 2021 - (13:53 WIB)
      Permalink

      Di tokopedia sitiap aku beli barang Udh di paking barang belum dikirim dalam 24 jam cancel.

      Kok aneh ya ada yg 2 hari, mungkin ada yg 3 hari keknya

      • 20 Agustus 2021 - (14:55 WIB)
        Permalink

        lazada termasuk ecommerce yang bisa diorder untuk iseng/santai, tidak mementingkan kecepatan. jika butuh yg cepat bisa ke ecommerce lain yang menyediakan kiriman ojol instan

        • 20 Agustus 2021 - (16:43 WIB)
          Permalink

          Sebenarnya saya memesan barang bukan untuk di Kirim di hari yg sama karena yg saya pesan batik bukan berupa makanan. Estimasi pengiriman barang yg di berikan Lazada adalah tanggal 12 Agustus- 16 Agustus menurut saya itu masih masuk akal bila saya memesan di tanggal 8 Agustus karena seller ada di daeraha jawa tengah Dan saya juga tidak akan mempermasalahkan bila seller cooperative, namun sejak tanggal 10 status pengiriman tidak berubah Dan seller sulit untuk di hubungi chat pun di balas seperti asal jawab saja yg membuat saya berpikir apakah order saya di Kirim atau tidak karena sampai tanggal 16 terakhir saya cek di website jam 10 pagi status masih di packing, untuk packing membutuhkan wkt 8 hari ? Ketika di Tanya sebenarnya stock barang ada atau tidak selalu di jawab barang ada tetapi kenapa tidak di Kirim ? Dan kenapa baru di Kirim jam 11.47 di tanggal 16 Agustus, pengiriman baru di lakukan di batas akhir estimasi penerimaan barang Dan yg saya permasalahkan juga kenapa Lazada tetap memaksakan saya menerima barang padahal saya sudah ajukan cancel berkali Kali . Namun saat ini sudah di konfirmasi oleh Lazada bahwa order saya sudah di cancel Dan akan di prose’s pengembalian Dana nya ,saya juga masih menunggu updatenya kembali Dari Lazada

      • 20 Agustus 2021 - (16:44 WIB)
        Permalink

        Biasanya pengiriman paling lama 3 hari sudah sampai ka, saya juga baru Kali ini mengalami pengiriman sampai selama ini

  • 19 Agustus 2021 - (21:44 WIB)
    Permalink

    Jadi gagal fokus karena penulisnya berasal dari South Tangerang.

    Tangerang Selatan = South Tangerang???
    Bahasa Indonesia yang di Inggris-kan. Biar keren.

    3
    13
    • 19 Agustus 2021 - (22:33 WIB)
      Permalink

      Hp saya auto teks pak, saya bukan ABG yg masih ingin di lihat keren untuk apa ? Tidak ada untungnya juga buat saya

      • 20 Agustus 2021 - (09:52 WIB)
        Permalink

        Setahun yg lalu Saya juga pernah ngalami hal tsb,pesanan bisa dicancel HANYA saja uang tidak balik smpi sekarang,sy melakukan pembayaran menggunakan debit online,suruh nunggu balik uangnya selama 90 hari kerja(luar biasa prosesnya kan)setelah masa tunggu selesai saya konfirmasi ke CS via live chat,email,dm twitter ktnya uang sdh masuk rekening saya dg diberi no trx tf,sy cek saldo blm masuk,cek ke bank langsung tdk ada tf msk dr no trx tsb/lazada,sampi akhirnya sy iklaskan berbelit2

  • 19 Agustus 2021 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Saya tahun 2016 pertama belanja di lazada beli 3 barang langsung tapi yang dateng beda jauh semenjak itu gak pernah belanja disitu lagi males juga komplain sistem robot uWu

    • 20 Agustus 2021 - (08:29 WIB)
      Permalink

      Untuk toko toko di lazmall biasanya kemiripnya barang hampir 90% Dan pengiriman juga cepat order sebelum jam 5, h+1 di Kirim namun untuk order yg ini saya yg Salah hanya berpatok Dari rating toko Dan foto2 customer yg lain mengenai produk namun tidak cek di yg lain yg ternyata ada yg sama casenya dengan saya

  • 20 Agustus 2021 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Mau aja nunggu 6hr kak, tuntut pengembalian barang sjaa sellernya parah. saya sih ogah nunggu lama takut barang tdk stok itu.

  • 20 Agustus 2021 - (09:56 WIB)
    Permalink

    Jadi belum dicancel dan refund oleh Lazada? Info dari kurir sudah dibantu cancel, menurut pemikiran orisinilitas saya yang tidak dipaksaan. Tapi seller infokan hal aneh, jika paketnya ada, seller cukup tunjukan foto paket dengan nomor resi tersebut, atau kurir ybs. Selanjutnya dst…

  • 21 Agustus 2021 - (00:49 WIB)
    Permalink

    Sudah 7 tahun saya jadi member lazada, pengalaman yang saya dari sekian banyak saya belanja di lazada mungkin hanya 20% dapat barang yang tidak sesuai dengan pesanan dan keterlambatan pengiriman & selebihnya recommended, saya lebih memilih e-commerce lazada karena dari segi ongkir lebih murah dibandingkan dengan e-commerce sebelah, karena posisi saya di dumai ujungnya Riau.
    Setiap ultah anak saya mulai dari balon & perlengkapan yang lainnya selalu di lazada
    Pernah cod smart tv senilai 3.6 juta hanya 4 hari barang sampai di rumah,
    Kalau menurut saya banyak nilai plusnya dibanding minusnya pakai lazada tapi semua kembali tergantung kepada pelanggan masing².

 Apa Komentar Anda?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Penjual Suka-suka Mengirimkan Barang, Customer Service Lazada Tidak Me…

oleh Nurul dibaca dalam: 2 menit
22