Lambatnya Penanganan Pengaduan di Aplikasi Akulaku

Jujur saya males nulis beginian, tapi karena menurut saya sistem Akulaku yang sangat keterlaluan akhirnya saya beranikan nulis seperti ini. Jadi aku punya akun di aplikasi Akulaku atas nama ibuku, Suripah.

Pada tanggal 05 Agustus 2021 saya melakukan pembelian di merchant AMETHYST, berupa TV LED tabung Polytron 24 inch, dengan pembayaran cicil 12 bulan tanpa DP, hanya membayar ongkir sebesar Rp93.000, dan cicilan sebesar Rp203.000/bulan.

Pesanan saya dikirim tanggal 07 Agustus 2021 dengan nomer resi: 1628269200000 menggunakan delivery pribadi dengan nomer HP: 082171082313. Setelah seminggu dari tanggal pemesanan, datanglah jatuh tempo per tanggal 11 setiap bulannya. Karena saya punya cicilan hp, sekalian saya bayar cicilan pertama, karena saya pikir pasti akan datang barangnya.

Setelah seminggu dari estimasi tanggal pengiriman, barang tak kunjung sampai. Merchant-nya pun di-chat tidak merespon/dibaca. Karena saya curiga, saya telepon CS dan disuruh menunggu 14 hari pengiriman dan CS akan membantu menghubungi merchant.

Setelah telepon CS, merchant anehnya langsung membalas chat saya, dan menanyakan nomer resi. Setelah dilakukan pengecekan, merchant menginfokan bahwa barang yang saya pesan pecah di tengah perjalanan, dan akan diganti dengan TV merek lain yang harganya jauh dari harga yang saya pesan.

Saya menolak dan mengajukan refaund dan merchant sudah setuju. Akhirnya saya menginfokan ke CS, tapi jawabannya “Apakah merchant sudah menulis kata setuju?”. Langsung saya chat merchant untuk menuliskan kata SETUJU. CS menyarankan untuk melakukan pengaduan di aplikasi.

Akhirnya per tanggal 18 Agustus 2021 pengaduan saya masuk. Saya disuruh menunggu 5 hari setelah pengaduan, tidak dihitung Sabtu dan Minggu. Nanti dari tim akan menghubungi via telepon/email, SMS.

Ternyata setelah 5 hari pasca pengaduan nyatanya tidak ada informasi apapun. Saya telepon CS lagi, dan jawaban CS hanya “Laporannya sudah masuk Bu, ditunggu saja dari tim akan menghubungi ibu, dan kami akan bantu follow up“. Namun nyatanya sampai saya membuat keluhan ini per tanggal 1 September 2021, tidak ada telepon,email/SMS dari Akulaku.

Saya mencoba live chat, jawabannya seperti waktu telepon CS, dan parahnya saat saya live chat kembali hanya dibaca saja selebihnya diabaikan. Yang saya heran, saat telepon CS mengenai refund, katanya sudah disetujui dan setelah 14 hari, pengiriman otomatis akan dibatalkan dan saldo akan kembali, serta uang cicilan dan DP akan dikembalikan. Nyatanya saya cek tagihan masih utuh.

Bagaimana ini sistem Akulaku? Sudah jelas barang saya dibatalkan, masa harus melakukan cicilan ke-2? Jika respon lambat begini bisa-bisa cicilannya keburu lunas. Tolong perbaiki sistemnya, terutama customer service dan merchant penipu.

Nur Fitriana
Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku:
[Total:4    Rata-Rata: 1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Lambatnya Penanganan Pengaduan di Aplikasi Akulaku

  • 3 September 2021 - (08:41 WIB)
    Permalink

    jauh jauh dari akulaku bun, dan banyak baca disini. banyak seller fiktif dan resi invalid ya kaya contoh di atas bun. setelah itu pasti para buyer komplain disini karena tdk ada tnggapan pasti kalo dari CS. semoga selesai masalahnya, kalo ada uang lebih mending beli case sekalian yg gede. ammin

    • 4 September 2021 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Iyaa Bun aku pake akulaku 2kali ini pertama beli HP Alhamdulillah Dateng yang ke 2 ini lagi apesnya ajaaa…mengecewakan sekali emng akulaku dari sistem,CS,sampai merchant banyak penipu

  • 3 September 2021 - (12:29 WIB)
    Permalink

    jangan pernah belanja di akulaku, akulaku gak aman, ojk jg diam aja. itu perusahaan legal jg.

  • 3 September 2021 - (15:41 WIB)
    Permalink

    waduh, akulaku lagi, sebaiknya jangan belanja di akulaku deh, udah banyak keluhannya yang responnya super lamabt dan tidak ada solusi nya

  • 3 September 2021 - (18:28 WIB)
    Permalink

    lama2 hidupku hampa kalo nggak ngebaca kasus penipuan akulaku dan seller fiktifnya

    karena tiap hari udah terbiasa baca

  • 5 September 2021 - (12:09 WIB)
    Permalink

    Banyak sekali keluhan soal akulaku di MK. Mending hindari deh berhubungan dengan akulaku. Buat sender, semoga masalahnya segera selesai.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Lambatnya Penanganan Pengaduan di Aplikasi Akulaku

oleh zefi dibaca dalam: 2 menit
10